10 Rumus Saya Dalam Menulis

Saya menerbitkan tulisan hampir setiap hari. Dengan kesibukan mengurus pekerjaan sehari-hari yang lumayan menyita waktu, saya membutuhkan rumus-rumus tertentu yang membantu memudahkan saya menghasilkan tulisan dengan tepat.

Ini 10 rumus sederhana saya yang selalu menemani ketika menulis blog.

1. Baca, berhayal dan tulis.
2. Judul jangan menipu.
3. Titik koma jangan lupa.
4. Spasi, spasi, spasi.
5. Jangan merasa sayang menghapus beberapa kalimat yang tak perlu.
6. Minimalisir tanda titik-titik…..
7. Sebisa mungkin buat daftar dengan angka.
8. Bertanyalah.
9. Baca sekali lagi.
10. Jadwalkan waktu terbit tulisan dengan benar.

Apakah Anda mempunyai rumus sendiri dalam menulis?

19 thoughts on “10 Rumus Saya Dalam Menulis

  1. Lengkap Mba rumusnya. Kalau saya paling baru 1,2,8,9. yang paling parah kalau saya adalah nomer 3. Kebiasaan saya menulis dengan kalimat yang panjang, kadang muter-muter dan berulang. Saya perlu banyak latihan menulis untuk mempraktekkan 10 rumus di atas Mba.
    .-= Badruz´s selesai [nulis] ..PPK =-.

    Jangan merendah terus Mas, mana yang muter-muter nggak ada kok…

  2. kaLo saya rumusnya: koma diganti dengan titik 2x.. titik diganti dengan titik 3x.. huruf L dtengah2 kata harus dtuLis dengan huruf kapitaL…

    Hehhehe, penganut prinsip makin banyak titik makin baik ya? 😆

  3. Jadwalkan waktu tulisan itu maksudnya “waktu untuk posting” ya? IMO sih ketika tulisan itu sudah jadi ya publish aja…

    Btw, kunjungan pertama ke blog ini. Isi-isinya menarik. Saya link ya…
    .-= Deddy´s selesai [nulis] ..My Wedding Video =-.

    Iya Dokter, jadwalkan waktu publish maksud saya. Berhubung saya menulis sesuatu yang lama “basinya”, jadi bisa diposting kapan saja. 😉

  4. 🙂 rumusku:

    Apa yang lewat di pikiran ya langsung di tulis. Ga peduli dengan tata bahasa. Yang penting di tulis.
    .-= Masrobertk´s selesai [nulis] ..Kartu As Perpanjang Nelpon dan SMS Murah – Konten Ridho & Rhoma Irama via UMB *100# =-.

    Iya, saya jugamenulis segala hal yang terlintas di kepala…

  5. Rumus saya masih seperti yang dulu yaitu JAMU SINGSED yaitu JELAS,MUDAH ,SINGKAT,SEDERHANA.
    Singkatnya relatif he he he.
    Salam singsed penuh rindu buat mbak Nunik seorang

    Mirip saya yang singsed kan PakDhe? 😳

  6. Komplit-lit-lit…! 😉 Emang sih Mbak, judul menipu kadang bikin kesal 👿
    .-= Adrie´s selesai [nulis] ..Payudara, Sexy dengan Bra? =-.

    Postingan saya ada yang bikin kesal nggak?

  7. haha kena banget saya di nomer 6…
    kebanyakan nulis titik titik…
    kayak yang ini…
    titik titik mulu…
    :mrgreen:

    Saya kalo di postingan jarang titik-titik. Kalo yang di komentar hampir semuanya pake titik- titik…

  8. PEMBUKAAN
    selamat pagi
    ISI
    saya menggunakan rumus seperti ini
    – jangan sambil menahan pup
    – mencari inspirasi sambil jungkir balik
    – berbicara sama rumput
    – E = MC kuadrat !!!
    PENUTUP
    terima kasih dan mohon maaf 😮
    .-= alisnaik´s selesai [nulis] ..tulisan untuk para fast-reader =-.

    Saya suka nahan pup, abis malem-malem, males, dingin. Yang penting tetep nulis… 😳

  9. Kalau engga salah sebut, titik-titik-titik yang beruntun itu namanya elipsis ya Mbaq… 🙂 ilmu nulis Mbaq Isnu saya sedot deh… 😀
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Sosok Ibu Dimataku =-.

    😥 😥 Saya baru tahu… Elipsis? Malahan baru denger. Makasih Mas casrudi sudah berbagi ilmu juga ke saya. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge