2 Pola “Ngeblog Untuk Uang” Yang Harus Diketahui Pemula

Perkenalkan nama saya Muhammad Syakirurohman. Seorang pelajar yang hobi ngeblog pemilik www.blogberbagi.com dan syakirurahman.blogspot.com. Mampir ke blog saya yaaah. 😉 Oh iya, di sini, sebagai seorang guest blogger, saya akan mengupas tentang 2 pola blogging for money. Sangat direkomendaikan bagi blogger pemula. Semoga bermanfaat..

Blogging for money atau blogging untuk mendapatkan uang telah menjadi fenomena yang berkembang pesat di dunia maya Indonesia saat ini. Banyak orang yang sudah menyelaminya dan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Blogging telah menjadi alternatif di tengah susahnya mencari pekerjaan saat ini. Namun, kebanyakan para pemula, biasanya sangat menggebu-gebu dan tidak sabar untuk mendapatkan uang dari blog mereka. Alhasil, di dalam 3 bulan mereka berhenti blogging karena ternyata uang yang mereka harapkan tidak ada di tangan. Nah, karena itulah saya menulis artikel ini dikhususkan untuk para pemula (walaupun saya sendiri bukanlah seorang professional hehe..).

Sesuai dengan judulnya, ada 2 pola blogging untuk menghasilkan uang lewat blog. 2 pola ini saya tulis dan simpulkan setelah saya melihat banyaknya blogger yang menghasilkan uang dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang dengan mudah dan cepat, ada yang susah banget sehingga bikin pemiliknya frustasi, ada yang selo aja walaupun uang nggak dapet-dapet dan lain-lain. Saya pikir jika anda adalah seorang yang ingin memulai menghasilkan uang lewat blog, anda harus memilih 1 dari 2 pola ini. Pilihan ini terserah anda karena tergantung pada karakteristik, aktivitas, bakat dan minat, hobi, kebutuhan, dan lain-lain.

Nah, berikut ini 2 polanya:

1. Cepat dapat uang, tapi anda bukan spesialis/professional dan tidak punya otoritas.

Pola ini dapat anda terapkan jika anda ingin cepat mendapatkan uang dari blog anda. Pola bloggingnya adalah anda mem-posting di blog anda sebanyak mungkin setiap hari. Minimum artikel yang anda posting setiap hari adalah 5 artikel. Blogger yang menerapkan pola ini tidak menulis artikel orisinil, tetapi biasanya mencopy-paste baik dengan izin maupun tidak, dengan menyertakan link sumbernya (ini wajib agar tidak dianggap mencuri konten). Blogging dengan pola ini biasanya tidak memiliki topik spesifik. Topiknya biasanya adalah tentang fakta unik, kesehatan, berita, selebriti, teknologi, internet, tips dan trik, dan lain-lain. Kadang-kadang, satu artikel dengan lainnya tidak memiliki hubungan topik sama sekali. Oleh karena itulah, anda tidak akan menjadi seorang spesialis/profesional karena niche blogging anda tidak spesifik. Anda tidak punya otoritas.

Karena setiap hari mempublish banyak artikel, blog anda akan cepat mendapatkan traffic pengunjung. Alhasil, biasanya dalam 3-4 bulan saja blog sudah dapat menghasilkan uang walaupun masih sedikit. Hal ini dialami oleh teman saya pemilik blog.mylittlenote.com.
Contoh blog yang telah sukses dengan pola ini adalah terselubung.blogspot.com dan apakabardunia.com.

Agar lebih jelasnya saya sajikan juga kelebihan dan kekurangan pola ini:
Keuntungan:
– Cepat menghasilkan uang.
– Tidak ada keahlian khusus yang diperlukan karena artikel anda adalah kutipan dari blog lain.
– Anda tidak perlu memiliki banyak ide untuk posting artikel anda.
– Blog anda akan berkembang pesat karena artikel anda adalah umum dan dicari oleh banyak orang.

Kerugian dari pola ini:
– Anda tidak akan merasakan sensasi betapa indahnya menulis dan berbagi ide, karena anda hanya membagikan artikel orang lain.
– Anda akan cepat bosan atau jenuh untuk karena anda akan merasa pekerjaan anda membosankan dan tidak mengesankan.
– Anda tidak akan menjadi seorang spesialis/profesional sehingga anda tidak terkenal.
– Jika anda terlalu sering memposting tanpa mengedit sedikit, blog anda beresiko diblokir oleh Google panda .
-Kemungkinan dicaci-maki dan dianggap blogger pencuri konten (makanya link sumber artikel sangat penting)

* Tips:
– Jika anda memposting, editlah atau tulis ulang artikel minimal 30% editannya. Baca juga artikel “tips untuk menulis ulang artikel dari blog lain”.
– Sesekali posting yang original.

2. Menjadi seorang professional/spesialist, punya otoritas dan terkenal. Tapi tidak cepat menghasilkan uang.

Pola ini biasanya diterapkan oleh orang-orang yang membuat ngeblog sebagai hobinya. Biasanya topik blognya spesifik seputar pekerjaan penulis, hobi penulis, minat dan bakat penulis. Penulis tidak terobsesi mendapatkan uang cepat dari blog, bahkan beberapa blogger dengan pola ini sama sekali tidak berniat menghasilkan uang dari blognya. Mereka santai saja karena mereka menikmati aktifitas ngeblognya. Mereka biasanya membagikan ide dan pengetahuannya, bahkan terkadang juga curhat seputar kehidupannya. Tujuan mereka adalah jangka panjang dan menjadi spesialis pada topik mereka.

Sebenarnya, ngeblog dengan pola inilah yang benar-benar layak di sebut “ngeblog”. Karena ini benar-benar aktifitas menulis dan berbagi. Biasanya, blogger dengan pola ngeblog ini lebih ramah dan akrab dengan para pembacanya. Setiap artikel mereka banyak komentarnya. Mereka biasanya memiliki banyak penggemar karena keahliannya. Penulis biasanya posting satu artikel/hari atau ada juga 3-4 artikel/minggu. Biasanya artikelnya ini sangat berguna dan berbobot. Blog semacam ini agak lambat berkembang dibanding dengan pola satu. Kira-kira membutuhkan waktu minimum 1 tahun untuk menjadi terkenal.

Tapi ketika mereka terkenal dan memiliki banyak penggemar, mereka akan sangat mudah untuk mendapatkan uang. Kesempatan untuk mendapatkan uang dari blog mereka juga sangat banyak. Tidak hanya sekedar dari memasang iklan. Kalau sudah terkenal dan punya otoriatas, pendapatan mereka dari blognya akan sangat jauh lebih banyak dibandingkan dengan pola pertama. Contoh blog dengan pola ini misalnya adalah blog isnuansa.com sendiri, blogguebo.com, dianarikasari.blogspot.com dan masih banyak yang lainnya.

Keuntungan dan kelebihan pola ini:
Keuntungan:
– Merasakan sensasi betapa indahnya berbagi sesuatu yang bermanfaat karena anda berbagi  ide anda.
– Anda akan menjadi spesialis pada niche anda dan anda akan terkenal.
– Anda akan memiliki banyak kenalan dan penggemar.
– Anda tidak akan merasa bosan karena pekerjaan anda sangat menyenangkan dan mengesankan.
– Peluang memonetisasi lebih banyak. Misalnya dengan membuka kursus secara online maupun offline tentang spesialis anda dan ini mudah dilakukan karena anda sudah memiliki brand.

Kelemahan:
– Anda tidak bisa mendapatkan uang dari blog anda dengan cepat.
– Ada keahlian khusus yang diperlukan.
– Anda membutuhkan ide segar untuk posting.
– Anda harus sabar dan gigih untuk blogging.

Nah, dari dua pola di atas, manakah yang lebih cocok untuk anda pilih? Semoga tidak salah pilih yah, hehe.. Hanya pendapat pribadi saja, blogging dengan pola kedua lebih baik, tetapi tidak semua orang dapat melakukannya. Akan lebih baik lagi jika anda mengkolaborasikan pola pertama dan kedua. Tetapi saya yakin, anda tidak akan dapat menjalankannya jika anda mengelola blog sendiri.  Hal ini karena anda harus sering posting dengan ide-ide segar pada niche anda, anda akan stres!!  Jika anda ingin berkolaborasi pola pertama dan kedua anda harus memiliki tim dan waktu yang cukup. Memang, jika anda bisa, anda akan cepat sukses. contoh blog dengan kolaborasi kedua pola di atas misalnya mashable.com dan techcrunch.com .. 2 situs yang tidak asing lagi bagi anda.

Oke .. itu saja .. Bagaimana pendapat anda? Anda setuju? Saya tunggu komentar anda 🙂
Happy Blogging 🙂

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

51 thoughts on “2 Pola “Ngeblog Untuk Uang” Yang Harus Diketahui Pemula”

  1. wah nice info gan, ane juga termasuk blogger pemula juga nie..saat ini ane msh menerapkan pola yang pertama gan.. dan emng ane fungsikan untuk bisa menghasilkan uang juga.. tapi untuk saat ini belum.. msh dalam tahap promosi blog n meningkatkan trafic.. silahkan berkunjung keblog ane gan sekalian kritik dan sarannya..nuwun..

  2. Untuk blogger pemula seperti saya, pilihan nomer satu cukuplah dulu. Lagian mayoritas pengguna internet Indonesia belum menghargai apa yang dinamakan authority seseorang dalam suatu bidang.
    Lihat aja Google Trends untuk Indonesia dari tahun ke tahun apa aja yang paling banyak di cari. Kebanyakan nyari frase2 keyword “sampah” semacam fb, download, kata2 atau cerita.
    aidhil pratama selesai posting Cara Mereview dan Mengevaluasi Sebuah Blog

  3. Saya kira pola make money paling bagus ya..

    jangan keburu ngasilin duit dulu.. penting terus posting artikel yang disuka pembaca.. 😀

  4. Saya ngeblog baru sekedar buat menyalurkan hobi menulis, latihan menulis dan belajar menulis. Syukur kalau terkenal dari menulis suatu saat itu tentu hasil dari usaha keras dan konsisten. Lha, sekarang saya kadang nulis tapi sering gak, hehe…
    Alris selesai posting Nostalgia

  5. klo aku sih tujuan dari awal ngeblog emang untuk berbagi ide, gak kepikiran ama monetisasy blog dan memikirkan tujuan mendapatkan uang lewat blog, ternyata lama kelamaan setelah memperhatikan perkembangan blog ternyata udh banyak yg lirik, banyak yg mengundang ke komunitas-2 serta banyak pula yg bertanya lewat email. Mungkin itu efek dari postingan hasil karya sendiri kali yah… dan sekarang langka ini seperti pada poin 2 diatas benar telah membawa saya dalam kemudahan untuk memonetisasi blog kesayangan… terimakasi sudah berbagi.
    Edyn Laskar selesai posting Promo Bonus 100% Sbobet, Ibcbet dan Casino Online dalam rangka HUT BAVETLINE yang kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge