3 Alasan Menghilangkan Shoutbox Dari Blog

Apa saja alasannya sehingga saya perlu menghilangkan shoutbox dari blog? Dulu, awal-awal saya ngeblog, saya pengen punya kotak yang bisa memuat pesan dari pengunjung blog. Ketika blogwalking dan mendapati adanya shoutbox, saya akan meninggalkan jejak di blog tersebut. Jujur, hal itu menyenangkan, karena kita tidak perlu membaca postingan -yang-terkadang-sangat-panjang-dan-membosankan-itu-, kita bisa tetap ‘berkomentar’ dengan cara yang lain: mengisi shoutbox.

Sekarang ini, saya malah menghilangkan shoutbox dari blog saya. Apa alasannya?

1. Shoutbox mulai disalahgunakan untuk meletakkan link-link spam. Biasanya link menuju situs-situs yang mereka pasangi iklan untuk mendapatkan uang dari online. Saya biasanya masih bisa mentoleransi jika pengunjung menulis shoutbox hanya sekedar say hello, atau minta pertukaran link, tetapi jika melakukan spam dengan hanya terkesan sekedar ‘menitipkan’ link blognya di shoutbox saya, untuk apa dipertahankan fasilitas seperti ini?

2. Saya telah berlangganan feed dari blog-blog yang saya ingin baca. Cara tersebut lumayan menghemat waktu saya untuk blogwalking. Jadi saya merasa bersalah juga jika ada yang sempat mampir di blog saya, meninggalkan pesan melalui shoutbox, namun saya tidak bisa berkunjung balik. Kalau shoutbox dipasang hanya sekedar aksesori, rasanya kurang tepat juga. Lagipula, menuh-menuhin tempat.

3. Saya tetap menyediakan kolom komentar di blog. Bagi yang hanya sekedar menyapa, atau terbiasa mengisi shoutbox, ya mohon maaf, di blog ini Anda memang ‘sedikit’ dipaksa untuk membaca dulu tulisan saya πŸ˜‰

Bagaimana dengan Anda, masih memasang shoutbox atau sudah mempunyai alasan tersendiri untuk menghilangkan shoutbox dari blog Anda?

————————————————————-

Artikel Lainnya:

1. Menulis Komentar di Blog. Anda mau kan jumlah komentator blog Anda banyak?
2. Trafik Tinggi ke Blog Anda. Bagaimana caranya mendatangkan banyak trafik ke blog?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

47 thoughts on “3 Alasan Menghilangkan Shoutbox Dari Blog”

  1. Memang sih banyak yang menyalah gunakan widgets yang satu itu.. Saya setuju mbak rani kalo di ilangin..
    kalo saya sih karna make wp gratisan jadi gak bisa pasang javascript shoutbox. lagian enakan ngawasin kolom komentar aja..

  2. Kalau saya masih suka pasang shout box mbak/ibu,,,soalnya ada keperluan lain nya kalau tetep di pasang gak papa kan mbak/ibu?

    salam sebaya dari saya,,,

  3. kebetulan dari awal saya memang tak pernah mau pasang fasilitas tersebut. padahal alasan awalnya cuma karena bingung dan pusing, seterusnya menjadi tidak suka.

  4. Yaaa… alasan orang2 niggalin komentar di shoutbox itu ya seperti kk dulu : tidak perlu membaca postingan -yang-terkadang-sangat-panjang-dan-membosankan-itu

    he he..

    Alasan diriku mempertahan kan shoutbox:

    > terkadang ada orang yang ngak tau harus komentar gimana tentang suatu post dan kemungkinan dia ngak punya blog (cma ngisi email)

    >klo wordpress engine kita rusak dan ngak bisa meng-entry komentar (seperti sering dialami banyak blogger), orang bisa ngasil tau lewat shoutbox itu

    >Diriku merasa risih klo ada orang yang komentar berbalas2an serasa chatting di kolom komentar

    1. Saya banget tuh, Dek, terkadang nggak tahu harus komentar apa -padahal-saya-sudah-baca-seluruh-postingan-dari-awal-sampai-akhir-dengan-teliti-namun-nggak ngerti-juga. Heheheh πŸ˜†

  5. Dari segi kelebihan, shoutbox lebih mudah dan flexible, namun sering diberi spam, bikin tidak efektif. Saya sudah sering pakai akhirnya saya cabut lagi

  6. Aku kok tidak begitu suka mbak dengan SB/SM itu, kan dia tidak menambahi jumlah komentar blog kita kan? Tapi kalo aku masuk blog Blogspot, aku suka masuk ke SB/SM, habis koneksiku lemot bahkan superlemot sih. Menurutku sih di blog ini nggak usah masang mbak. Kalo dipasang ya seperti di atas itu, isenglah, link lah ato dia nggak mau naruh komeng di new post kita.

  7. hmmm..
    shoutbox toh..
    aku baru nyari heHe..(maklum, newb..)
    gk dapet yg stand alone, jadi mo bkin aj, tp blm bs..:))
    klo gitu bikin shoutbox yg anti spam aj, gmn?
    (bisa gk ya..):)
    .-= nasirΒ΄s selesai [nulis] ..Sublime COTTON T-Shirt =-.

  8. wah, banyak info penting sy dpt di sini, pdhL br ptama bkunjung,, beneran nih, ga nggombaL,, jika mba bkenan kita link exchange yuk, dh t pasang dbLog ku…

  9. saya rasa tidak perlu memasang widgets semacam itu, toh dah ada box comment yg disediakan.

    Mas Yuliadi benar. Kolom komentar lebih pas untuk memberikan tanggapan atas tulisan kita. Toh, kita ngeblog untuk menuangkan pemikiran dalam bentuk tulisan, kan?

  10. gue sich dah gue buang jauh-jauh shoutbox. menuh-menuhin tempat alias bikin berat blog.
    terlihat kotor dan terkesan ngeblognya iseng-iseng

    πŸ˜†
    .-= awfx selesai posting Trik Mempercepat Koneksi Internet =-.

  11. pada dasarnya dulu aku juga seneng dgn aksesoris di blog, spt shoutbox ini, tp ternyata pd judul sdh tidak bisa nge link ke alamat website, jadinya percuma juga pasang….jadi mikir untuk ngilangin saja aksesoris ni…klo gak ada gunanya.

  12. Iya sih, dulu aku juga sempat hilangin shoutbox, tapi sekarang gak lagi…. Sekarang sudah ada kok shoutbox yang bisa memblok link url, jadi kalau ada yaog coba2 meletakkan link gak akan bisa… πŸ˜€

  13. Salam kenal..
    Saya sih dari awal juga sudah bisa membayangkan jika pake shutbox pasti dimanfaatkan akan digunakan orang untuk mencari backlink. dan memang link tersebut terpasang pada situs besar.. dan menguntungkan. Sementara mereka pesannya juga hanya formaliatas alias tidak serius.
    Endang Kusmana selesai posting Negeriku Sayang Negeriku Malang

  14. gitu ya? hehe.. baru tahu.. saya baru buat blog, belum seminggu.. jadi masi ga terlalu paham..
    thanks infonya ya.. πŸ™‚

    o iya, coba kunjungi blog saya ya di my.beauty-care.biz
    tapi maaf ya kalau artikelnya masih sangat sedikit, maklum, baru jadi sih.. ^_^’
    kalau ada kritik dan saran silahkan, akan saya terima dengan senang hati..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge