3 Nilai Personal Menjadi Narablog Tamu

Tulisan ini hasil karya Putu Sudayasa, pemilik blog tusuda.com. Jika Anda ingin menjadi Guest Blogger [menulis di Isnuansa.Com] baca peraturannya.

Suatu tantangan spesial ketika mendapatkan peluang bisa menjadi guest blogger atau narablog tamu pada sebuah blog yang menawarkan kesempatan itu, apalagi bila blog tersebut sudah terkenal dan dikenal sahabat blogger. Tantangan dan peluang ini menyangkut bagaimana memotivasi diri untuk bisa lebih berkreasi menyampaikan pengalaman dalam belajar ngeblog. Tidak gampang juga meyakinkan diri apakah layak untuk berbagi cerita, saat memutuskan menjadi blogger tamu, karena harus mengikuti ketentuan dan syarat-syarat yang berlaku Namun layak atau tidak layak, ada baiknya mencoba menjadi narablog tamu, mengingat banyak manfaat dan nilai tambah yang saling menguntungkan bisa diperoleh dalam dunia ngeblog, seperti yang sering dipaparkan para sahabat blogger. Menurut hemat tusuda, ringkasnya ada 3 (tiga) nilai personal yang didapatkan ketika meluangkan diri menjadi blogger tamu.

1. Ajang Apresiasi Spesial Kepada Sahabat Blogger

Saling harga menghargai merupakan budaya adiluhung bangsa yang perlu diwariskan dalam setiap kesempatan bersama, khususnya di dunia ngeblog. Blog penyedia blogger tamu memberikan apresiasi kepada kiriman tulisan guest blogger, tentu sebaliknya narablog tamu mendapatkan sumbangsih nilai spesial ketika pengalamannya layak dimuat.

2. Wahana Aktualisasi dan Ekspresi Pribadi

Ide-ide mendasar apapun yang telah dituangkan dalam wujud tulisan ngeblog merupakan salah satu bentuk pengembangan kemampuan diri, disamping kehandalan dalam mengekspresikan berbagai tema pokok sesuai dengan apa yang telah diketahui dan dialami bersama.

3. Media Promosi dan Sosialisasi Narablog

Pesan-pesan secara tidak langsung melalui medium narablog tamu, menjadikan kesempatan berharga ini untuk memperkenalkan jenis blog yang tengah dikelola sekaligus mengajak sahabat blogger berkunjung perdana atau datang kembali kendatipun hanya sekadar berbagi kata bersama.

Setiap tantangan dan peluang dalam bentuk apapun, sebaiknya tidak harus terpaku kepada nilai-nilai apa yang akan didapatkan. Sebab yang harus menjadi prioritas utama dalam pengalaman ngeblog, adalah bagaimana memanfaatkan peluang yang sangat terbuka tersebut, untuk mengembangkan kesempatan berbagi informasi bersama, sembari terus belajar membenahi diri. Seorang motivator taraf internasional pernah menyatakan bahwa, ”Semakin banyak yang diberikan, akan semakin banyak pula yang diperoleh”.

Comments
  1. 4 years ago
    • 4 years ago
  2. 4 years ago
  3. 4 years ago
    • 4 years ago
  4. 4 years ago
  5. 4 years ago
  6. 4 years ago
  7. 4 years ago
  8. 4 years ago
  9. 4 years ago
  10. 4 years ago
  11. 4 years ago
    • 4 years ago
  12. 4 years ago
  13. 4 years ago
  14. 4 years ago
    • 4 years ago
  15. 4 years ago
  16. 4 years ago
  17. 4 years ago
  18. 4 years ago
  19. 4 years ago
  20. 4 years ago
    • 4 years ago
  21. 4 years ago
  22. 4 years ago
  23. 4 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge