3 Nilai Personal Menjadi Narablog Tamu

Tulisan ini hasil karya Putu Sudayasa, pemilik blog tusuda.com. Jika Anda ingin menjadi Guest Blogger [menulis di Isnuansa.Com] baca peraturannya.

Suatu tantangan spesial ketika mendapatkan peluang bisa menjadi guest blogger atau narablog tamu pada sebuah blog yang menawarkan kesempatan itu, apalagi bila blog tersebut sudah terkenal dan dikenal sahabat blogger. Tantangan dan peluang ini menyangkut bagaimana memotivasi diri untuk bisa lebih berkreasi menyampaikan pengalaman dalam belajar ngeblog. Tidak gampang juga meyakinkan diri apakah layak untuk berbagi cerita, saat memutuskan menjadi blogger tamu, karena harus mengikuti ketentuan dan syarat-syarat yang berlaku Namun layak atau tidak layak, ada baiknya mencoba menjadi narablog tamu, mengingat banyak manfaat dan nilai tambah yang saling menguntungkan bisa diperoleh dalam dunia ngeblog, seperti yang sering dipaparkan para sahabat blogger. Menurut hemat tusuda, ringkasnya ada 3 (tiga) nilai personal yang didapatkan ketika meluangkan diri menjadi blogger tamu.

1. Ajang Apresiasi Spesial Kepada Sahabat Blogger

Saling harga menghargai merupakan budaya adiluhung bangsa yang perlu diwariskan dalam setiap kesempatan bersama, khususnya di dunia ngeblog. Blog penyedia blogger tamu memberikan apresiasi kepada kiriman tulisan guest blogger, tentu sebaliknya narablog tamu mendapatkan sumbangsih nilai spesial ketika pengalamannya layak dimuat.

2. Wahana Aktualisasi dan Ekspresi Pribadi

Ide-ide mendasar apapun yang telah dituangkan dalam wujud tulisan ngeblog merupakan salah satu bentuk pengembangan kemampuan diri, disamping kehandalan dalam mengekspresikan berbagai tema pokok sesuai dengan apa yang telah diketahui dan dialami bersama.

3. Media Promosi dan Sosialisasi Narablog

Pesan-pesan secara tidak langsung melalui medium narablog tamu, menjadikan kesempatan berharga ini untuk memperkenalkan jenis blog yang tengah dikelola sekaligus mengajak sahabat blogger berkunjung perdana atau datang kembali kendatipun hanya sekadar berbagi kata bersama.

Setiap tantangan dan peluang dalam bentuk apapun, sebaiknya tidak harus terpaku kepada nilai-nilai apa yang akan didapatkan. Sebab yang harus menjadi prioritas utama dalam pengalaman ngeblog, adalah bagaimana memanfaatkan peluang yang sangat terbuka tersebut, untuk mengembangkan kesempatan berbagi informasi bersama, sembari terus belajar membenahi diri. Seorang motivator taraf internasional pernah menyatakan bahwa, ”Semakin banyak yang diberikan, akan semakin banyak pula yang diperoleh”.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

29 thoughts on “3 Nilai Personal Menjadi Narablog Tamu”

  1. Dan akhirnya aku datang.

    Selamat hari Rabo yang cerah. Sudahkah kau menerbitkan posting hari ini, kawanku?

    Let’s spread the spirit of blogging!

    posted via email by David Khoirul

  2. Saya jadi tertarik, tapi masih belum ada ide nih. hehehe
    .-= Dimas Angga selesai posting Mengapa Saya Memilih Do Follow? =-.

  3. Selamat Bli sudah mencoba menjadi blogger tamu. Saya senang melihat tulisan rekan-rekan bermunculan sebagai postingan tamu.

    Secara prinsip, blogger tamu memiliki nilai personal, selain nilai sosial (pengakuan dari blogger lain).

    Sekali lagi, selamat Bli.
    .-= Kang Yudiono selesai posting Enam Kali Nomor Satu di Top 10 Lintas Berita: Studi Kasus Judul Heboh =-.

    1. 😉 Iya Kang, makasi supportnya. Proses belajar ngeblog yang memerlukan keberanian untuk mencoba, sebagaimana telah ditunjukkan dalam dukungan motivasinya Akang selama ini. Sekali lagi, Terimakasih banget atas segala inspirasinya 😎
      .-= TuSuda selesai posting MENGIRINGI PAWAI KHAFILAH MTQ XIII TINGKAT KOTA KENDARI =-.

  4. Bagi penulis tamu, manfaat utama yang bisa diperoleh jika menulis di blog yang basis pembacanya lebih besar ialah dari sisi penyebarluasan konten yang bermanfaat. Diharapkan tulisannya lebih banyak yang membaca.

    Efek positif lain yang diharapkan tentu saja membuka kemungkinan untuk memperoleh pengunjung-pengunjung baru ke blog penulis.

    Selamat buat Mas Putu.

    semoga komen ini nggak ilang lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge