3 Teknik Ini Meningkatkan Trafik Blog Saya

Bagi Anda yang melakukan blog monetization, tentu saja Anda paham bahwa trafik merupakan segala-galanya. No traffic, no income, mungkin begitu kira-kira slogan yang cocok. Namun, Anda tentu sudah merasakan betapa sulitnya sekarang membuat orang mau berkunjung ke blog Anda.

Berikut adalah 3 tips dari pengalaman saya sendiri dalam meningkatkan trafik pengunjung ke blog saya:

1. Konten Blog Anda Haruslah Berisi Informasi yang Dicari Orang

Pertama-tama, Anda harus membuat konten yang memang informasinya dicari-cari oleh orang. Ini aturan no. 1 yang harus dipatuhi. Anda bisa membuat blog yang berisi solusi, tips, how-to, referensi, informasi-informasi ringan yang unik-unik, dan sebagainya.

Contohnya, Anda bisa membuat blog seputar tips merawat mobil, cara melatih anjing, tips menghasilkan uang lewat blog, rekomendasi tempat makan, informasi wisata di Pulau Jawa, dan konten-konten berguna lainnya.

Dengan membuat konten yang dicari orang, maka orang akan senang hati membaca, berlangganan, dan bahkan berkunjung lagi dan lagi ke blog Anda.

2. “Cari Masalah”, Lalu Tinggalkan Link Anda Disitu

Apa maksud “cari masalah” disini? Maksudnya buka cari gara-gara. Maksudnya adalah, setelah Anda membuat sebuah konten yang menyelesaikan/ menjawab sebuah permasalahan, maka selanjutnya Anda tinggal mencari topik yang sedang membahas masalah tersebut.

Misal: Anda membuat blog tentang “Tips Melatih Anjing”. Kemudian, Anda tinggal mencari di internet orang-orang yang sedang ingin belajar melatih anjing. Setelah menemukannya, Anda tinggal memberikan link blog Anda sebagai referensi. Anda tidak akan dianggap spam dan link Anda akan dianggap relevan di mata Google, menarik bukan?

Pertanyannya, cari dimana?

Ada 3 sumber yang sering saya gunakan:

a. Yahoo Answer

Di Yahoo Answer, banyak orang yang menanyakan suatu permasalahan. Kunjungi Yahoo Answer, lalu search topik yang berkaitan, misalnya “how to train dog” atau “cara melatih anjing” dan sejenisnya.

b. Forum

Di forum terdapat komunitas yang membicarakan berbagai hal. Sering sekali, terdapat member forum yang sedang memiliki suatu masalah dan berusaha mencari jawabannya melalui diskusi di forum. Anda dapat search di forum permasalahan yang relevan dengan blog Anda, kemudian tinggalkan link sebagai referensi disana.

c. Blog

Blog juga dapat dijadikan sumber “cari masalah”. Terkadang, seorang blogger yang sedang memiliki problem akan menceritakannya di posting blog dia. Atau bisa juga salah satu komentator di blog tersebut yang menanyakan suatu masalah yang relevan dengan blog Anda. Kemudian Anda bisa ikut berkomentar dengan meninggalkan link blog Anda sebagai referensi.

3. Lengkapi Blog Anda dengan Fungsi Social Media

Social Media seperti Facebook dan Twitter memainkan peranan yang sangat penting dalam meningkatkan trafik pengunjung ke blog Anda. Untuk memaksimalkan social media dalam meningkatkan trafik blog Anda, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan:

a. Tambahkan tombol “Share This” dan “Tweet This” di setiap posting blog Anda

Dengan adanya tombol ini, maka akan memudahkan visitor Anda dalam melakukan sharing posting blog Anda di Facebook ataupun tweet di Twitter, sehingga meningkatkan kemungkinan blog Anda dikunjungi juga oleh teman-temannya atau followernya. Hal inilah yang disebut dengan efek viral.

b. Gunakan tombol “Likes” dari Facebook

Tombol “Likes” di setiap akhir posting blog akan memudahkan visitor Anda melakukan “Likes” jika mereka menyukai konten Anda. Setiap Likes tentunya akan dilihat juga oleh teman-teman visitor tersebut, dan meningkatkan peluang link blog Anda di-klik juga oleh teman-temannya, sehingga meningkatkan trafik blog Anda.

c. Share posting blog Anda di Facebook dan Twitter Anda sendiri

Daripada menunggu visitor Anda meng-share posting blog Anda, mengapa tidak memulainya sendiri dahulu? Anda bisa dengan mudah share konten blog Anda langsung dari akun Facebook ataupun Twitter Anda, dan jika isinya menarik pasti akan ada yang klik blog Anda tersebut.

Demikianlah 3 tips yang berdasarkan dari pengalaman saya langsung selama ini dalam melakukan blogging. Silahkan share pendapat dan opini Anda disini. 🙂

~~~

Tulisan ini hasil karya Hendra, pemilik blog Indolokbaktiutama. Andapun bisa menjadi Guest Blogger [menulis di Isnuansa.Com].

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

45 thoughts on “3 Teknik Ini Meningkatkan Trafik Blog Saya”

    1. Iya mas, blogwalking dan berkomentar di blog lain cukup efektif untuk mendatangkan traffic ke blog kita. Tentu dengan syarat konten blog kita berkualitas. Kalau isinya sampah, paling-paling sekali saja orang berkunjung, setelah itu mereka tak akan mau lagi.
      Abu Furqan selesai posting Facebook dan Dakwah

    1. Boleh tuh. Caranya dengan membantah setiap isi postingan blog yang kita kunjungi, mengkritiknya tajam dan membodoh-bodohkan pemilik blog. Ini pasti rame… 😀

      Ada yang mau coba? Kalau saya sih tidak mau…
      Abu Furqan selesai posting Facebook dan Dakwah

  1. cara no 2 menurut saya yang paling bagus mbak selain menambah pengunjung juga bisa meningkatkan PageRank, klo cara no 3 agak susah kayaknya, alna sya ga punya akun twiter hehehe, tapi bagus banget kontennya ke-3nya saya setuju banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge