3 Tips Dalam Menulis Judul

Saya pernah menulis betapa pentingnya arti sebuah judul postingan dan bagaimana membuat judul yang menarik. Ada baiknya Anda membaca dulu. 😉

Kali ini saya memberikan 3 Tips singkat untuk memilih judul yang baik untuk postingan Anda.

1. Tulis Judul Bukan Semata Untuk Search Engine. Meskipun menggunakan keyword, jangan berpikir 100% soal SEO. Dengan hanya memperhatikan SEO, kadangkala judul yang Anda susun tidak menarik sama sekali bagi ‘manusia’ dan hanya menarik bagi mesin search engine. Jadi, meskipun Anda bisa menduduki rangking pertama di hasil mesin pencari, siapa yang kan mengklik, kalau manusia yang mencari informasi tersebut tidak tertarik dengan judul yang Anda buat?

2. Sederhana Lebih Baik. Sesuatu yang berlebihan seperti menunjukkan tingkat ilmu kita yang tinggi di mata pembaca, atau memperumit dan memperpanjang judul postingan, semata menunjukkan keahlian, sebaiknya dihindari. Cukup berikan apa yang bisa mewakili isi postingan Anda.

3. Ulangi Yang Sudah Berhasil. Jangan bosan bereksperimen. Saya mencoba berbagai macam topik dan hal yang dibahas, untuk mengetahui mana yang menarik bagi pembaca dan mana yang tidak. Ulangi hal yang sama dengan bentuk judul yang mampu menarik pembaca Anda.

Saya belajar banyak soal judul postingan. Jika Anda pernah membaca blog saya sekitar tahun 2006 sd 2007, di mana setiap judulnya hanya terdiri dari 1 kata, pasti akan tertawa. Ya. Waktu itu saya sama sekali tidak tahu SEO. Pembaca blog saya ya hanya dari teman-teman yang blognya pernah saya kunjungi, saya komentari, dan berbaik hati -meluangkan-waktunya- untuk membaca tulisan saya.

Pernah salah satu teman berkomentar, “Kenapa judulnya nggak nyambung dengan isi postingan?”

Dengan polosnya saya jawab, “Saya bingung memilih kata apa yang bisa mewakili isi postingan saya yang panjang ini. Sedangkan KONSEP saya, saya hanya memakai 1 kata dalam setiap judul postingan saya.”

What?

KONSEP?

Konsep macam apa itu yang hanya memakai 1 kata dalam setiap postingan?

Saya lantas tertawa sendiri mengingatnya.

Ilmu SEO yang saya pelajari belakangan pun mengajarkan untuk memilih kata-kata dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi dengan memakai ‘Long Tail Keyword‘ daripada bertarung di keyword yang saingannya jutaan.

——————————————————————————

Bagaimana pengalaman Anda dengan judul postingan? 😉

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

17 thoughts on “3 Tips Dalam Menulis Judul”

  1. 1.Intinya,judul dengan isi harus nyambung;bukan untuk dilirik SEO thok tapi harus juga dilirik pengunjung, gitu kan mbak.

    2.Saya kadang iseng kalau membuat judul,maksudnya ya untuk menarik minat pengunjung.Saya jadi ingat Srimulat,judul lakonnya mesti aneh-aneh,apalagi kalau malam Jum’at.Misalnya :” Bancak-Doyok Bongkar Kuburan”

    3.Maju terus mbak.salam

  2. tiap kesini nambah ilmu nambah temen nih jadinya….. maju terus
    ISNUANSA (InformaSi daN UlasAN blogger indoneSiA)
    😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge