4 Cara Agar Blog Anda Mudah Ditemukan

blog-bagus

Tentu Anda sudah berpikir bagaimana caranya untuk membuat tulisan yang spektakuler. Tetapi masalahnya, bagaimana caranya mempromosikan diri agar blog Anda mudah ditemukan oleh orang lain? Tulisan Anda ingin dibaca [dan dikomentari juga] oleh banyak orang, bukan?

Diantara yang saya ketahui, inilah 4 diantaranya:

1. Berkomentarlah.

Ini adalah cara yang paling biasa dilakukan. Dan paling konvensional. Berkomentarlah, maka Anda juga [jika beruntung] akan mendapatkan komentar dari orang yang sama. Sayangnya, berapa kemampuan Anda dalam sehari untuk berkunjung, membaca dan memberikan komentar Anda di blog lain?

Dengan memberikan komentar yang berguna, orang lain akan berpikir bahwa Anda juga seorang blogger yang baik dan layak untuk dikunjungi blognya.

2. Gunakan Tag.

Ini yang mungkin tidak dilakukan serius oleh beberapa blogger. Tag memegang peranan penting agar blog Anda mudah ditemukan. WordPress menyusun blog-blog dengan tag yang populer diupdate pada hari itu. Technorati juga melakukan hal yang sama. Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh blogger lain jika menggunakan tag yang banyak diminati oleh blogger seperti ’politik’, ’gosip’, ’blogging’ atau ’make money online’.

3. Dapatkan Link.

Sudah barang tentu, jika Anda dilink oleh blogger lain, apalagi link di dalam postingan, link tersebut akan memberikan kepada Anda banyak kunjungan yang mereka referensikan.

Semakin banyak Anda mendapatkan link dari blogger lain, semakin mudah blog Anda ditemukan oleh orang-orang baru yang tidak Anda duga sebelumnya.

4. Promosi Melalui Email.

Kirimkanlah email secara personal tentang tulisan Anda dengan kualitas bagus. Jangan mengecewakan atau mereka tidak akan datang kembali selamanya ke blog Anda. Jangan membombardir, hanya sesekali saja dilakukan, dan evaluasi tingkat keberhasilannya. Jika tidak signifikan, tinggalkan saja.

Bonus: Belajar [lah] SEO.

Dengan memahami dan menerapkan Search Engine Optimization [SEO], maka blog Anda akan semakin mudah ditemukan oleh orang lain yang sedang mencari informasi. Dan ketika Google menampilkannya di halaman depan daftar hasil pencarian, maka Anda akan didatangi lebih banyak lagi pembaca.

Bagaimana cara Anda agar orang menemukan blog Anda?

—————————————————————–

Posting Terkait:
1. Keyword Dalam SEO: Bagaimana Anda menggunakan keyword dalam SEO? Sudah tepatkah jumlahnya?
2. Struktur URL Dalam SEO: Bagaimana Anda mensetting struktur URL blog Anda? Sudah sesuaikah dengan yang disarankan oleh Google?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

24 thoughts on “4 Cara Agar Blog Anda Mudah Ditemukan”

  1. Ato lewat iklan baris gratis bisa juga kah? Hmm…

    Yap, betul. Melalui media promosi baik gratis maupun bayar…

  2. Blogwalking, masukkan artikel social network atau bookmark, blog direktori, untuk SEO masih belajar lagi… Thanks infonya Mbak

    Sama-sama Mas, btw, keman nih jarang kelihatan beredar ke blog saya? 😉

  3. 😀 😀 Top dah, saya sudah sering berkomentar mbak, untuk yang Tag ini dibahas lagi donk, masih suka bingung kadang…hehehehe 😀

    Masukin keyword yang mau dibidik ke TAG

  4. Tp kok blog-mu gak nge-link ke mas GusKar ya? Tak cari kok gak ada?

    Saya nggak ngelink kemana-mana Bos. Nggak punya blogroll, jadi memang hanya orang tertentu saja yang bisa menemukan blog saya 😉

  5. Twitter, Facebook, Lintas Berita, dan Infogue merupakan tempat yang bagus untuk promosi blog. Pengunjungnya lumayan lho 😀
    .-= Blogodolar´s selesai [nulis] ..Saling Berhadapan #3: Medhy Aginta Vs Bayu Mukti =-.

    Yaps, betul sekali Mas Yudiono…

  6. Selamat pagi mbak.
    1. Untuk promosi via email hampir tak pernah saya lakukan karena sayapun jarang kirim atau menerima email.
    2. Tag selalu saya pasang hanya mungkin kualitasnya masih kurang.
    3. Komentar juga sudah saya lakukan dan hasilnya memang nyata.
    4. yang dimaksud dengan “halaman” ini saya agak kurang mengerti, halaman depan siapa sebenarnya? Jika saya ketik : abdulcholik.com, bukankah akan muncul blog saya mulai halaman 1, apakah itu yang dimaksud dengan halaman depan.Ataukah ada pengertian lain ?
    .-= Pakde Cholik´s selesai [nulis] ..Tip bagi pemula : Trackback =-.

    Betul, PakDhe. Halaman Home adalah halaman utama blog kita. seperti isnuansa.com tanpa embel-embel. 😆

  7. Waah… kalau saya masuk kategori yang mana yach? Yang pasti sih… saya masih menggunakan cara konvensional, dengan berkunjung kemana – mana tapi nggak ada yang nge-gendong loh yach 🙂

    Lagi pula saya berkunjung bukan mengharapkan akan adanya kunjungan balasan sih… saya cuma seneng banget ketika blogwalking, kemudian menemukan tulisan – tulisan yang bagus… Yang pasti sih, wawasan yang jadi bertambah…
    .-= Rizal´s selesai [nulis] ..HIDUP HANYA SEKALI =-.

    Berarti blog saya masuk kategori lumayan bagus ya Mas Rizal, sehingga betah di blog ini 😉

  8. weleh2 rumit banget, ya?

    saya kadang2 cari2 yg lain, tahu2 malah blog saya yang nongol berhalaman2. tak tau bagaimana caranya dan kok bisa …

    saya taunya cuma posting. kalau blog saya rata2 sehari di-hit 100-200, kadang bisa sampai 400. apakah itu artinya mudah ditemukan? apakah ada kriteria mudah ditemukan di-hit berapa kali sehari / seminggu ?

    sudah saya buka semua posting terkait utk nambah2 … 🙂

    salam kenal 😆

  9. Oya sobat ,,trimakasih ya tips dan triknya sangat berguna. bisa minta tolong komentar juga ya di salah satu judul di blog aku. karena aku baru buat blog jadi ingin agar blog aku cepat di index google….

    Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge