4 Cara Untuk Menyukai Blogging

Cara Blogging

Anda sudah punya blog. Tetapi selama ini merasa bosan dengan aktifitas blogging yang Anda jalani. Sudah berusaha membuat tulisan dengan susah payah, lalu blogwalking ke mana-mana. Tetapi target yang Anda buat belum tercapai? Blog Anda masih saja sepi komentar. Kalaupun ada, terkesan dari hasil fast reading dan asal komentar.

Bingung di bagian manakah yang salah dengan aktifitas yang Anda lakukan selama ini? Nah, saya akan mencoba membagikan cara untuk menyukai aktifitas blogging. Tentu yang sudah saya alami sendiri.

  • Pilah-Pilih Teman.
  • Bukan dalam artian yang negatif. Tetapi kita harus tahu dengan siapa kita berteman. Dalam kegiatan bloggingpun demikian. Saya memperhatikan, lebih banyak bloger yang membabi buta dalam meminta pertukaran link. Semua orang diajukan pertanyaan yang sama: “Tukaran link yuuk”. Dulu saya juga begitu, tetapi sekarang tidak lagi. Beberapa blogger yang merasa ‘setingkat’ di atas kita, lebih selektif dalam memberikan linknya di blogroll mereka, entah dengan alasan space yang terbatas, atau perhitungan algoritma Page Rank. Saya memilih untuk menggantikan fungsi blogroll dengan berlangganan feed blog-blog yang saya ingin baca. Pilah-pilih teman di sini juga bisa berarti bahwa Anda bisa memulainya dengan memilih teman yang memiliki hobi yang sama, atau memiliki bahasan blog yang sejenis. Jalinlah pertemanan dengan mereka, Anda tentu akan merasa memiliki semangat dalam ngeblog.

  • Fokus Pada Tema Yang Disukai.
  • Temukan teman-teman dari tema blog yang sejenis. Perhatikan apa yang mereka tulis. Berikan komentar pada mereka. Jika Anda melakukannya dengan baik, dapat dipastikan mereka akan mengunjungi blog Anda juga. Temukan lebih banyak lagi blog. Dari situ, Anda akan mendapatkan banyak ide tulisan yang tidak Anda duga sebelumnya. Percikan-percikan ide akan muncul dengan sendirinya ketika Anda lebih banyak lagi membaca tulisan-tulisan teman Anda dari tema yang Anda sukai tersebut.

  • Atur Waktu Blogging.
  • Memang tidak ada aturan khusus kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses blogging yang tepat. Hanya Anda sendirilah yang tahu. Jika Anda karyawan, tentu tidak tepat melakukan aktifitas ini ketika jam kantor. Tidak mau dipecat atasan gara-gara melakukan ‘kegiatan ilegal’ di kantor kan? Jika ibu rumah tangga, menyelesaikan tugas rumah tangga tentu prioritas utama dibandingkan blogging. Bukannya lebih nyaman melakukannya di saat senggang? Tanpa ada yang bisa mengganggu kesenangan Anda untuk blogging. Malam hari biasanya adalah waktu yang disukai. Beberapa bloger juga bersemangat melakukannya di pagi hari sebelum memulai aktifitas lainnya.

  • Mencari Peluang.
  • Dengan ngeblog, ada beberapa peluang mengasyikkan, termasuk mendapatkan penghasilan. Tetapi jangan terlalu terburu nafsu untuk segera mendapatkannya dalam waktu yang singkat. Jika Anda sudah dapat menghasilkan sesuatu dari blog Anda, dijamin Anda semakin menyukai aktifitas blogging, deh!

Apakah Anda sudah bisa menyukai aktifitas ngeblog? Bagaimana cara Anda agar aktifitas ngeblog tidak membosankan?

——————————————————-

Tulisan lain yang perlu Anda baca:

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

22 thoughts on “4 Cara Untuk Menyukai Blogging”

  1. Tips yang jitu mba. Kalau saya ngeblog sering di pagi hari sebelum beraktifitas rutin. sebetulnya saya semangat sekali untuk ngeblog, blogwalking. satu yang membuat saya tidak semangat, kebetulan koneksi/akses yang saya gunakan pelan sekali. jadi, kadang males. tidak hanya membuka, tapi juga menunggu. maklumlah hidup di desa yang banyak perbukitannya. andai saja rumahku di perkotaan, tak ada hambatan signal.

    Harus bisa menyesuaikan dengan keadaan kan Mas. Kalo aksesnya lelet, ya harus sabar…

  2. tipnya bagus mbak, tapi saya kalo posting cuma di pagi saja soale aksesnya lemot pake gprs.
    .-= hadi´s selesai [nulis] ..BMG: SMS Gempa Jakarta 8,5 SR Cuma Ulah Orang Iseng =-.

    Makasih ya. Ngeblog di pagi hari juga?

  3. walah, komen saya hilang mbak, tolong
    .-= hadi´s selesai [nulis] ..BMG: SMS Gempa Jakarta 8,5 SR Cuma Ulah Orang Iseng =-.

    Udah saya keluarin nih…

  4. saya beLum bisa menikmati bloggingnya mba,, maLah lebih menikmati ngrubah2 isi theme n ngutak2 plugins…

    Iya, nggak papa, rumahnya dibangun dan direnovasi, setelah puas, nanti kan nyaman ditinggali.

  5. komenku masuk spam ya
    .-= annos´s selesai [nulis] ..Kemewahan Pantai Parai Tenggiri =-.

    Belom dicek, tapi kalo titip URL ya masuk spam. Nanti juga saya keluarin, kalo memang komentar yang SAH.

  6. saya rasa 4 hal diatas memang yang paling tepat, terutama untuk pilih2 teman, saya kini mulai selektif, dulu setiap ada pengunjung baru saya pasti berkunjung balik dan berlangganan komentar di blog tersebut, tapi skg saya lihat2 dulu blognya, kalau saya suka baru saya berlangganan feed dari blog itu, kalau tidak ya cukup tinggalkan komentar ala kadarnya, hehe
    .-= wira´s selesai [nulis] ..Fenomena Kesurupan Massal Di Sekolah =-.

    Berarti suka dengan blogku kan? 😆 Soalnya rajin komentar di sini, hehehe…

    Saya juga suka gitu kok, terlalu semangat nambahin semua blog dalam feed, hingga terkadang ada 200an artikel yang update dalam satu hari. [Beberapa agregator juga saya submit]

    Sekarang mo dirubah kebiasaannya…

    Makasih Bli, pagi-pagi sudah mampir.

  7. nambah komennya mbakyu.. 💡 untuk motivasi saya punya beberapa sahabat yg aktif saling kunjung dan senang kalo ada yang kesasar lewat search engine..
    Begitulah mbakyu..

    Saya juga senang kalo banyak yang kesasar ke sini. Jangan2 Mas Tyas salah satunya nih…

  8. Kalo uang yang wempi keluarkan buat ngeblog dikit (gak melebihi target) maka wempi bakal stress 😆

    sebenarnya sih tergantung content. seperti isnuansa, tanpa blog walking dan tanpa harus melakukan kunjungan balikpun pengunjungnya pasti banyak (pengunjung maupun komentator)
    .-= Wempi´s selesai [nulis] ..Command Zebra Card P330i =-.

    :mrgreen: Saya memang jarang BW, terutama jika postingannya nggak saya ngertiin. Contoh Command Zebra Card P330i, nggak ngerti sama sekali. :mrgreen:

    Entah kenapa ya, Wempi jatuh cinta sama blog saya 😳 sehingga selalu berkomentar di postingan saya… 😆

    Tapi kalo saya lagi rajin, saya bisa melanglang buana blog hingga berjam-jam, lho…

    Sekarang memang lagi fokus ngerjain sesuatu, sehingga jarang BW. Stok tulisan yang biasanya 10an artikel kini sudah menipis nih, belom sempat nulis lagi… 😥

    Nah, Wempi kan udah bilang sendiri tadi: Tergantung Content. Ilmu dari Wempi: Tulislah konten yang akan banyak dikunjungi pembaca tanpa harus BW dan membalas kunjungan… 😆 😆

    Piis Wempi… 😳 😳
    *Kok, nggak ada emoticon cup cup muah muah ya ❓ *

  9. ngeblog tak membosankan bila blog bundo dikunjungi nunik 🙂 **ada jabatan menkominfo buat nunik di blog bundo, hehhe..

    Wah, dapet jabatan? 😆

  10. Emang perlu ada cara ya biar suka blogging, gak pernah terpikir sebelumnya, karena blogging saya punya tujuan tertentu, jadi ya menurut saya, suka atau tidak suka ya saya harus melakukannya kalau saya ingin mendapatkan tujuan saya.

    Terima kasih tipsnya agar menyukai blogging

    Terkadang kita bosan, itu aja sih tujuannya saya nulis artikel ini…

  11. Betul mbakyu..
    saya dulu emang pernah kesasar ke sini, tapi entah dulu pas lagi nyari apa.. yang jelas bukan lagi cari dawet! :mrgreen:

    Weleh, keyword saya manjur berarti…

  12. Saya setuju banget dengan poin 1 dan 2. Berusaha menjalin hubungan baik dengan beberapa blogger dan fokus pada tema/topik tulisan yang disukai. Itulah kunci utama untuk bisa enjoy dalam ngeblog.

    Kalo masalah penghasilan, jujur saja saya belum merasakan :mrgreen:

    Oya mbak, makin berbobot aja nih tulisannya 😛
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..Kelebihan Blog Do Follow dari Sisi SEO =-.

    Wah, makasih pujiannya. Berkat banyak baca tuh. Termasuk dari blognya Mas Iskandar… Temanya juga yang udah pernah dibahas oleh blogger lain, kok.

  13. Terus terang blog saya belum “menghasilkan” apa-apa, kecuali jalinan pertemanan yg diwarnai kekonyolan, lucu, sampe intelek2an juga ada… perasaan campur aduk itulah yg saya sukai dari ngeblog, sampe2 “kegiatan ilegal” sering saya lakukan… 😀

    Tambah lagi wawasan, coba hitung berapa artikel yang kita baca setiap hari, mgkn dalam satu hari bisa mewakili 1 exemplar koran kompas, halaman depan sampai belakang… 😀
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia? =-.

    Kegiatan ilegalnya ngeblog dari kantor ya? [Kaya saya :lol:]…

  14. ya saya cinta blogging, tapi memang saya belum bisa sepenuhnya memenuhi jurus-jurus di atas mbak, banyak benturan yang membuat saya belum maksimal..

    Kenapa tuh? Soal waktu yang belom banyak ya? Sama deh, kalo itu…

  15. saya menikmati blogging sejak awal ngeblog, krn benar2 mulai dr nol, nggak ngerti apa2 ttg blogging, taunya cuma nulis dan nulis saja.
    lama kelamaan makin mengasikkan setelah mendapatkan beberapa komentar juga mengunjungi blog lain.
    yang jelas selalu mendapatkan ilmu baru setiap hari,
    seperti saya berkunjung kesini, selalu dapat ilmu.
    salam.
    .-= bundadontworry´s selesai [nulis] ..Air Zam Zam dan keutamaannya. =-.

    Iya, Bund, pelan-pelan belajar, kita sama-sama. Mungkin karena saya lebih dulu aja, tapi nanti juga akhirnya sama, kok, Bunda makin tahu banyak tentang blog.

  16. Hmm kadamng2 bosen sama blog
    tapi gak lama biasanya satu minggu ajah 😉 kalo jenuh hehehe

    tips nyentil tuh yg nomer 3 😛
    pernah diomelin suami krn lupa masak dinner hahahha
    keasyikan ngeblog je
    .-= Eka Situmorang-Sir´s selesai [nulis] ..Misscommunication =-.

    Nggak papa Jeung, kan bisa beli matengan, atau dinner ke luar aja sekalian… 😆

  17. Seneng ngeblog sih mbak, bahkan kalo lama nggak ngeblog rasanya kangen banget. Tapi kadang pas lagi banyak pikiran suka males nyentuh kompie, apalagi online… he.he.
    .-= kolojengking´s selesai [nulis] ..SMK BISA APA? =-.

    Saya nggak ngeblog kalo banyak kerjaan offline

  18. Jangan sedi dan kecewa jika postingan tidak atau belum banyak komentarnya. Menulis itu juga sebagai ajang latihan dan mendokumentasikan kejadian atau pengalaman kita- yang jika tidak dituliskan mungkin tidak ada catatan “sejarah”-nya dalam kehidupan kita 🙂 So tetaplah menulis dan berbagi, lagian banyak juga silent reader yang membaca tulisan kita, tapi tidak menuliskan komentar 🙂
    .-= ningthea selesai posting Proses L/C =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge