5 Alasan Mengapa Google Membenci Blog Anda

Anda telah berjuang keras. Anda menulis konten-konten berkualitas sepanjang waktu. Tapi tampaknya semua tidak baik-baik saja. Blog Anda sulit ditemukan di mesin pencari.

Memang persaingan menjaring pengunjung semakin ketat. Ratusan atau bahkan ribuan blog diciptakan setiap hari. Tapi bukan berarti Anda merasa patah semangat dan pesimis. Jumlah pengguna internet masih terlalu banyak dan kesempatan memenangkan persaingan masih terbuka lebar.

Dan jawaban yang masuk akal mengapa sampai sekarang blog Anda hanya dikunjungi segelintir orang adalah Google membenci blog Anda. Dan itu kenyataan yang jarang diketahui bloger pemula.

Jika Google membenci blog Anda, tentu dampaknya terhadap jumlah pengunjung sangat signifikan. Blog Anda menjadi sepi pengunjung. Berikut adalah hal-hal yang membuat blog Anda dibenci Google dan harus segera Anda musnahkan jika Anda ingin bertahan di kerasnya dunia ngeblog:

1. Anda Menggunakan Teknik Black Hat

Ada banyak sekali trik dan tips ngeblog yang bisa Anda temukan di forum, blog, atau komunitas ngeblog. Sayangnya, jika Anda tidak berhati-hati, Anda mungkin tidak sengaja menggunakan teknik-teknik yang menyalahi kebijakan Google.

Biasanya Anda akan mendapatkan pengunjung yang melimpah dalam waktu singkat. Anda tidak menyadari bahwa teknik tersebut memiliki risiko besar. Ketika Google menemukan ketidakwajaran dan menganggap Anda telah berbuat curang, blog Anda akan terkena penalti.

Kemudian blog Anda ditendang dari halaman hasil pencarian. Dan Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada blog yang Anda bangun dengan susah payah.
Jadi, sebelum Anda mempraktikkan teknik atau tips apapun, sangat penting memastikan bahwa teknik tersebut bukan termasuk black hat SEO yang dilarang oleh Google. Anda bisa membaca “14 Teknik Black Hat SEO yang Bisa Menghancurkan Blog Anda” agar mengetahui teknik apa saja yang tidak boleh diaplikasikan dalam pengembangan blog Anda.

2. Anda Tidak Mengupdate Blog Secara Teratur

Bot Google secara teratur mengunjungi blog Anda. Tujuannya adalah mengindeks konten-konten terbaru sehingga mereka bisa memasukan konten Anda dalam database data mereka. Ketika konten Anda sudah terindeks dengan baik, tinggal menunggu apakah konten Anda relevan dengan search queries yang dimasukkan pengguna Google atau tidak.

Sayangnya, Google sangat membenci blog yang tidak diupdate dengan baik. Saat bot Google mengunjungi blog Anda dan tidak menemukan konten terbaru, maka bot tidak mendapatkan tambahan data buat database. Dan jika bot Google sering kecewa, rangking Anda pun akan semakin merosot. Jadi, sangat penting untuk mengupdate dengan teratur sebagai indikasi bagi bot Google bahwa blog Anda aktif dan terus menerbitkan konten-konten baru.

Lagipula blog Anda akan cepat kaya konten seandainya Anda teratur mengupdate blog. Dan tentu saja, semakin banyak koleksi konten Anda, semakin besar peluang Anda mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari.

3. Loading Blog Anda Lama

Masih belum meluangkan waktu untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog Anda? Itu berarti Anda dalam masalah besar.

Sejak beberapa tahun yang lalu isu mengenai kecepatan loading blog sudah menyita perhatian pelaku SEO. Google menginginkan agar semua website memiliki loading yang cepat sehingga penggunanya mendapat pengalaman menyenangkan dalam mencari informasi menggunakan mesin pencari Google.

Bahkan Google telah mengkonfirmasi bahwa kecepatan loading blog termasuk salah satu faktor yang menentukan rangking sebuah website dalam halaman hasil pencarian. Dan jika blog Anda loadingnya lambat, tentu saja Google akan membenci blog Anda.

Catatan :Jika Anda masih belum mengoptimalkan kecepatan loading blog Anda dan tidak tahu bagaimana melakukannya, maka Anda bisa membaca “Cara mempercepat loading blog dengan mudah“.

4. Anda Tidak Membangun Backlink

Dalam dunia internet dan pencarian informasi, Google menentukan kualitas suatu blog dari banyaknya situs yang memberi rekomendasi terhadap situs yang bersangkutan. Secara tidak langsung Google menggunakan perilaku webmaster untuk menentukan mana blog berkualitas dan mana blog buruk.

Memang terdengar tidak adil. Sekalipun Anda terus menciptakan konten-konten berkualitas, namun jika tidak ada backlink yang mengarah ke blog Anda, maka Google tidak akan ragu memasukkan Anda dalam daftar situs yang buruk. Walaupun kenyataannya Anda mungkin tidak seburuk itu.

Jadi, sisihkan waktu untuk membangun backlink menuju blog Anda. jika memungkinan, dapatkan backlink dari situs-situs yang sudah lama eksis sehingga Anda tidak perlu takut backlink Anda akan hilang karena situs tersebut tidak lagi aktif.

5. Konten Anda Tidak Berkualitas Menurut Google

Di dalam forum sering saya jumpai keluhan bloger-bloger yang menyatakan bahwa konten mereka sudah original. Namun mereka bingung mengapa permohonan Google adsense mereka selalu ditolak. Jawabnya adalah kesalahpahaman memaknai konten berkualitas.

Sesuatu yang Anda anggap berkualitas belum tentu dinilai berkualitas oleh Google. Anda boleh saja mengklaim bahwa konten Anda sudah original, tapi jika konten tersebut belum menembus halaman pertama, berarti Google belum menilai konten Anda telah berkualitas.

Dan jika Anda bersikeras tidak mau mengevaluasi kualitas konten sesuai harapan Google, blog Anda akan tetap dibenci oleh Google. Tanda-Tanda konten blog belum berkualitas adalah tidak ada peningkatan kunjungan dari hari ke hari.

Konten berkualitas itu identik dengan konten panjang. Dan yang terpenting, masih jarang yang membicarakannya. Selama Anda memegang dua konsep konten berkualitas tersebut, saya rasa Anda akan baik-baik saja.

Jadi, apalagi kira-kira yang membuat Google membenci blog kita? Saya akan senang membaca pemikiran Anda di bagian komentar. Jadi, luangkan waktu untuk mengisi kotak komentar yang telah disediakan.

Tentang Penulis:
Shiq4 adalah penulis artikel freelance. Anda bisa mengunjungi blognya Shiq4.wordpress.com untuk mengenal Shiq4 lebih jauh atau ingin memesan artikel berkualitas dengan standar SEO.

36 thoughts on “5 Alasan Mengapa Google Membenci Blog Anda

    1. Kalau nyari backlink di zaman sekarang khususnya blog indonesia yg penting blognya udah lama eksis. Soalnya klo blog baru percuma saja, biasa klo udah gak aktif link yg kita tanam pun akan hilang klo blognya tutup.

      cari aja blog yg udah lama eksis mas.

        1. Kalau nulis rutin ya bakal bagus lagi. Problemnya adalah seperti mulai dari nol lagi ngumpulkan pembaca setia, tapi dilihat dari segi SEO, umur domain lama membuat seo lebih baik lagi.

  1. woow… ngeri juga ya kalau sampai dibenci google. tapi memang yang terberat bagi saya pribadi adalah menulis konten berkualitas.

    bagaimana agar konten bermanfaat, disukai, tidak terlalu panjang/pendek, update, dan seterusnya…. benar-benar butuh keahlian tersendiri

    – my nursing home –
    nurseelvira.blogspot.com

    ” mengendalikan nyeri persalinan ”
    ternyata nyeri bisa dikendalikan.

  2. Yang sulit memang update postingan istiqomah dengan kualitas postingan yang baik, lainnya dari itu biasanya nanti di pencarian juga nongol sendiri meski optimasi ala kadarnya, nggak kayak blogku ini, hiksssss

  3. Duh, sedihnya belum bisa ngupdate blog secara teratur. hiks…gimana caranya ya biar bisa punya waktu terus buat ngurusin blog?

    btw thnx tipsnya,ngelus-ngelus Google dulu ah biar cepet naik peringkatnya 🙂

  4. Tambahan: Google paling benci sama blogger yang suka ngakalin sistemnya mereka… Ironisnya terkadang beberapa digital agensi dan mereka yg mengaku pakar SEO bahkan inbound marketing pun masih suka coba2 mencari celah buat naikin ranking/link building.

  5. Bagian ke-4 (Backlink) ini yang masih menjadi perdebatan. Katanya backlink harus senatural mungkin..

    Tapi banyak yang membangun backlink secara manual. Dengan menggunakan blog PBN misalnya.

    Apakah hal tersebut masih bisa dikatakan natural?

    Jujur Saya masih sangat lemah dalam hal backlink.

  6. untuk poin lima itu meskipun benar tetapi penjelasannya masih kurang lengkap. artikel yang berkualitas menurut google itu seperti apa? blogger profesional di luar negeri masih memperdebatkan kualitas versi google ini di beberapa postingan dan forum. meski google bilang kualitas versi google sama dengan kualitas versi human, kategori kualitas tersebut masih bisa diperdebatkan.

  7. Duh amit2… semoga blog saya tidak termasuk yang dibenci oleh Google. Karena alhamdulillah, wlpn masih sedikit, ada beberapa artikel yang bisa nangkring di halaman pertama pencarian. Semoga artikel-artikel yang lain bisa menyusul.

  8. Sukak banget sama artikelnya, saya jadi mengevaluasi selama ini kenapa Blog saya dengan keyword Photobooth Jakarta tidak bisa menembus page pertama google. Dulu saya diajari teknik spaming untuk menebar link menuju blog saya, jumlah pengunjung bertambah, tapi semakin lama saya merasa lelah dengan teknik spaming itu. Dan menurut saya pribadi, saya tidak suka dengan spam-spam yang ada… 😛

    Baru kali ini saya belajar membangun backlink. Dan saya menemukan artikel ini, yang menurut saya sangat bermanfaat untuk kelangsungan saya untuk nge blog. Duh jadi betah dan bookmark terus nih artikel dari isnuansa.com
    Photobooth Jakarta selesai posting Photobooth Itu Apa Sih…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge