5 Cara Membuat Blog Yang Mampu Mendatangkan Banyak Pengunjung

Blogpost ini hasil karya Alexandromeo L.G, pemilik blog Makinrajin.

Anda juga bisa menulis untuk isnuansa.com dengan membaca syaratnya sebagai Guest Blogger.

~~~

 

Membuat blog memang sangat mudah. Paling 5 menit langsung jadi. Tetapi, yang susah adalah mengembangkan blognya agar sesuai dengan tujuan seorang blogger.

Biasanya, tujuan seorang blogger rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk mengembangkan blog itu ada 3.

  • Agar blognya mendapatkan “banyak” pengunjung
  • Agar iklan PPC di blognya banyak di-klik
  • Agar banyak yang beli dagangannya sehingga terjadi closing

3 Alasan itulah yang merupakan alasan mayoritas blogger agar mereka semangat dalam mengembangkan blognya. Tentu saja tetap ada blogger yang menulis hanya sebagai hobi ya.

Untuk poin 2 dan 3 mustahil jika Anda belum mendapatkan poin pertama. Nah, untuk membuat blog Anda itu dikunjungi banyak pengunjung. Maka, Anda harus membuat blog Anda berkualitas.

Bagaimana caranya ?

Inilah teknik yang akan kita bahas sekarang…

  1. Tentukan Niche Blog Anda

Jika Anda sudah gagal dalam tahap ini dan salah memilih niche blog Anda, maka bisa dipastikan juga kedepannya blog Anda bisa gagal. Memilih niche terlihat sepele, tetapi kalau dilewatkan bisa fatal akibatnya.

Untuk memilih niche (topik) yang tepat, saran saya :

  • Anda menguasai bidangnya
  • Anda suka topiknya
  • Pastikan ada yang mencari topik tersebut

Jika Anda memilih topik tanpa kriteria di atas, Anda akan cepat bosan. Tetapi, Anda jangan membuat blog dengan niche yang mengundang permasalahan hukum seperti download MP3, konten dewasa, dll.

  1. Memilih Platform

Setelah menentukan topik, Anda harus memilih platform. Anda bisa memilih blogger.com, wordpress.com, dan wordpress.org. Banyak orang yang berkata bahwa blog yang sukses menggunakan platform  wordpress.org.

Hal itu tidak benar…

Lebih tepatnya begini : blog sukses->pindah ke wordpress.org. Bukan seperti ini : pindah ke wordpress.org->blog menjadi sukses.

Yang membuat blog itu sukses atau tidak adalah kontennya. Blog bisa sukses ataupun gagal tergantung kontennya. Menurut saya, platform yang paling nyaman digunakan adalah wordpress.org, karena fitur-fiturnya sudah lengkap.

Banyak orang yang menganggap wordpress.org itu kurang aman dan lebih mudah terserang malware karena menggunakan hosting sendiri dan bukan dari google seperti blogger.

Untuk yang belum tahu apa itu malware, bisa  baca artikel ini agar Anda tahu apa itu malware beserta contohnya.

WordPress.org itu setiap saat akan diperbaiki celah-celahnya sehingga tingkat keamannya semakin baik. Kerugian dari menggunakan wordpress.org adalah Anda harus membayar untuk domain dan hosting.

  1. Riset Kata Kunci

Banyak orang yang menerbitkan konten dan 1 hari kemudian kontennya berada di peringkat satu, tetapi blognya masih sepi pengunjung. Penyebabnya apa ?

Konten yang Anda buat tidak mengincar kata kunci yang dicari…

Itulah pentingnya riset kata kunci. Untuk mencari banyak pengunjung yang tertarget. Tidak hanya pengunjung yang “kesasar” dan “hanya baca”.

Untuk melakukan riset kata kunci, banyak orang yang langsung berkata “Google Keyword Planner”. Google Keyword Planner saja tidak cukup, Anda membutuhkan beberapa tools lain, apa saja ?

  • Keywordtool.io (Jika Anda mau yang otomatis), atau dengan mengetikkan kata kunci di google dan temukan LSI (Jika Anda mau yang manual). Prinsip kerja kedua metode ini hampir sama, tetapi untuk keywordtool.io akan menampilkan lebih banyak keyword yang relevan dengan keyword utama.
  • Termexplorer (Jika Anda mau yang otomatis), atau dengan SeoQuake (Jika Anda mau yang manual). Fungsi dari tools ini adalah untuk mencari tingkat persaingan kata kunci. Tidak hanya itu, masih ada banyak lagi fungsi dari kedua tools di atas.
  1. Membuat Konten yang “Berkualitas”

Banyak orang yang menganggap konten adalah raja. Konten yang seperti apa ? Konten berkualitas lah yang merupakan raja. Sebelum saya lanjut, saya ingin meluruskan persepsi Anda tentang konten berkualitas.

Ciri-ciri konten berkualitas adalah konten yang:

  • Kalau original itu pasti
  • Mampu menyelesaikan seluruh permasalahan pembaca
  • Isinya lengkap, membahas semua aspek yang berhubungan dengan kata kunci yang diincar, bukan hanya mengincar jumlah kata.

Banyak yang berkata bahwa konten adalah raja. Tapi, mereka tidak memperhatikan mereka sendiri. Saran saya, lebih baik Anda membuat konten yang ciri-cirinya sudah saya jelaskan di atas.

4. Mempromosikan Konten

Derek Halpern dari SocialTriggers menyatakan bahwa supaya blog Anda mendapatkan pengunjung, Anda harus mempromosikan konten dengan menghabiskan waktu 4x dari membuat konten.

Dengan kata lain, jika Anda membuat konten selama 2 hari, maka selama 8 hari Anda harus mempromosikan konten. Tujuannya agar konten Anda dikenal oleh orang-orang di “samudera” yang luas ini.

Tetapi, jangan sampai Anda promosi ke orang-orang yang tidak membutuhkan konten Anda. Anda bisa mempromosikan konten Anda di grup yang membahas topik tersebut.

  1. Analisa Konten

Jika Anda sudah melakukan 5 langkah di atas dan Anda belum mendapatkan pengunjung yang cukup banyak, maka Anda ulangi langkah-langkah di atas. Tetapi, jika Anda sudah mendapatkan pengunjung, Anda harus mempertahankannya.

Caranya dengan melakukan analisa konten menggunakan Google Analytics. Anda tinggal mendaftar di situs resminya Google Analytics.

Konten berkualitas adalah konten yang memiliki tingkat Avg. Time on Page yang tinggi dan Bounce Rate serta Exit yang rendah.

Avg. Time on Page yang tinggi itu menandakan bahwa pengunjung membuka konten Anda dalam waktu sekian detik. Semakin banyak waktu pengunjung di blog/konten Anda, maka semakin baik konten Anda.

Untuk Bounce Rate itu tingkat pengunjung berpindah dari artikel yang satu ke artikel yang lain. Jika Bounce Rate tinggi, maka kemungkinan besar setelah pengunjung membaca artikel Anda, dia tidak membaca artikel Anda yang lainnya.

Nah, untuk Exit adalah waktu pengunjung blog Anda menekan tombol back pada browser. Jika angka Exit tinggi, maka artikel Anda bisa dikatakan kurang berkualitas.

Itulah langkah-langkah dalam membuat blog yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Membuat blog itu gampang, tetapi mengembangkannya itu susah. Blog juga bukan cara tercepat mendatangkan uang.

Dengan kata lain, jika Anda butuh uang cepat, blog bukan merupakan solusinya.

38 thoughts on “5 Cara Membuat Blog Yang Mampu Mendatangkan Banyak Pengunjung

  1. Optimasi bounce rate masih bisa diakali, paling susah itu yang bagian exit ini euy~ apalagi sekarang banyak socmed yang embed browser. nah biasanya user setelah baca satu artikel langsung back lagi ke socmednya~ bingung jadinya 😀

  2. Ooohhhh…… Jadi jika saya bikin artikel satu hari. Maka 4 hari promosi… Apakah itu berlaku untuk blog yang membahas hal-hal unik dan lucu seperi blog saya..????

    Blog personal itu termasuk niche nggak….?????

    Terus bagaimanakah caranya, agar blog kita memiliki banyak pengunjung… Padahal kita hanya Update sebulan sekali..????

    Tolong dijawab yah…..

    1. Kalau niche unik dan lucu lebih berpeluang mendapatkan traffic dari sosial media seperti facebook, google, dll. Sangat jarang pengunjung dari search engine (google, dll). Ya promosinya tidak harus selalu setiap hari, yang penting jangan sampai ditelantarkan.

  3. Rata-rata kesulitan terbanyak adalah membuat dan menganalisa konten. sudah bisa riset keyword tp giliran membuat konten… luar biasa perjuangannya…

    kalau pemula bagusnya memang blogspot dulu.. kalau dh bisa barulah ke WordPress.org.

  4. Topik ini memang selalu menarik.

    Berdasarkan pengalaman pribadi, justru kalo boleh saran sebaiknya riset dulu atas niche yang menjadi minat. Kalau memang “terlihat” adanya potensi keuntungan baru deh lanjut beli hosting dan nama domain.

    Kalau sekedar berdasar minat, dan ternyata di tengah jalan blognya sepi, yang ada bakalan gulung tikar dalam 1 atau 2 tahun.

    Salam
    Okto selesai posting Beli Emas Antam Online Aman dan Terjamin

  5. Saya lagi menurun semangat sharenya. Karna merasa konten ahir ahir ini bernafas agama. Kurang menarik untuk umum. Di satu sisi ingin tetap menulis sesuai selera pembaca, sisi lainnya ingin blog saya bisa jadi album pesan buat anak-anak. Gimana tu,Mbak? Apa saya harus buka blog baru lagi, meski kurang perawatan? Hehe… Kayak gado-gado,soalnya 🙂
    mutia selesai posting Tulisan Untuk MIZAN

    1. Kalau menurut saya, daripada dipisah di beberapa blog tapi kurang update, lebih baik sih, tetep di satu blog saja Mbak, dibedakan kategorinya aja, hihi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge