5 Curug Di Bogor Yang Ingin Saya Kunjungi

Bogor itu dekat banget dari Jakarta, tetapi saya malah jarang lho maen ke sana. Tapi mulai tahun ini udah bertekat, mau main ke yang deket-deket aja. Ada banyak banget curug atau air terjun yang indah yang bisa dikunjungi di Bogor. Teman-teman dari luar kota juga bisa nih ke Bogor dengan terbang melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, lalu dilanjutkan dengan naik airport shuttle damri bandara ke Bogor. Untuk beli tiket damri bandara secara online bisa dilakukan melalui Traveloka ya.

Shuttle damri bandara ini melayani rute dari Halim menuju Botani Square dan sebaliknya. Berangkat setiap jam, dari Halim mulai jam 07.00 hingga jam 22.00, sedangkan dari Botani Square mulai jam 03.00 sampai jam 19.00. Selain tujuan Bogor, shuttle damri bandara ini juga melayani rute Halim menuju Bekasi dan sebaliknya.

Kalau saya sih, rumah di Jakarta, menuju Bogor ada banyak sekali pilihan moda transportasi, tetapi saya lebih suka naik kereta api. Apalagi sebentar lagi sudah nambah personilnya, bakal ada bayi, jadi kalau jalan-jalan sebisa mungkin memilih transportasi yang lebih nyaman.

Nah, curug mana sajakah yang menjadi incaran saya untuk liburan ke Bogor nantinya? Hasil googling sih buanyaakk banget curug yang indah. Lebih dari 10 nama yang muncul dan menarik perhatian. Tetapi saya akhirnya membuat catatan untuk 5 curug pertama yang ingin saya datangi terlebih dahulu.

Nama-nama curug lain yang muncul ada banyak sekali, misalnya: Curug Bidadari, Curug Luhur, Curug Cibaliung, Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Lieuk, Curug Putri Kencana, Curug Hordeng, Curug Ciburial, Curug Ngumpet, Curug Naga, Curug Cilember, Curug Cipamingkis dan lain sebagainya. Daftar itu bakalan lebih panjang lagi, masih banyak nama yang bisa disebutin.

Curug Cikawah

Udah bisa nebak lah ya, dari namanya dan lihat fotonya, Curug Cikawah ini pasti dekat dengan sumber air panas. Ada kawah dengan uap belerang di air terjun ini. Air terjun setinggi 45 meteran ini unik karena airnya sedingin es, tetapi di sekelilingnya adalah kawah-kawah dengan aliran air panas. Ish, baru tahu ada tempat yang seperti ini.

Rute trekking-nya menuju air terjun tentu saja tidak mudah. Butuh waktu sekitar 1,5 jam (bisa 2 jam mungkin ya kalau saya yang jalan, soalnya pasti banyak berhentinya, hehehehe) untuk mencapainya dari lokasi parkir. Pertimbangkan ya teman-teman kalau mau ke sini, karena ini sudah pasti berat.

Curug Seribu

Ini menarik karena saya baca di sebagian besar blog, selalu ada bau misterinya. Trek medannya cukup sulit, harus ditempuh dengan jalan kaki sekitar 1 jam. Dan aroma mistis air terjun ini tidak lepas dari jatuhnya korban meninggal dunia hampir setiap tahunnya, sehingga konon ada saja yang kesurupan saat mengunjungi air terjun ini.

Saya sendiri sih tidak begitu yakin akan sanggup mengunjungi air terjun ini dalam waktu dekat, tetapi tetap memasukkan dalam daftar tempat yang ingin saya datangi di Bogor.

Curug Kembar

Untuk wilayah sekitaran Jonggol, saya sudah agak familiar nih. Jadi diantara semua daftar air terjun di tulisan ini, yang paling mudah saya jangkau adalah Curug Kembar ini.

Berdasarkan info juga, jalur trekking-nya cendeerung lebih mudah meskipun waktu yang dibutuhkan juga sekitar 45 menit untuk sampai ke air terjun ini.

Curug Saderi

Ini masuk dalam daftar juga, padahal lokasinya tidak jauh dari Curug Cikawah. Tapi karena sama-sama bagus, jadi mungkin kalau datang ke sini sekalian nginep di Desa Wisata Ciasmara ya, jadi nggak bolak-balik.

Iya, iya, saya tahu trekking-nya pasti susah dan melelahkan. Buat saya yang pernah gagal berjumpa dengan air terjun, orang mungkin underestimate dulu, tapi saya akan berusaha.

Curug Pasir Reungit

Meskipun perjalanan menuju air terjunnya lumayan curam, tapi kalau sudah sampai lokasi, pasti rasa lelah langsung terbayarkan dengan pemandangan yang indah ini. Harga tiket masuknya pada bulan April 2019 adalah Rp. 10.000,- per orang.

Medannya memang agak berat, karena harus menuruni banyak anak tangga, tetapi tidak masalah sih sepertinya buat keluarga kami. Udah nggak sabar pengen leyeh-leyeh dan mandi di segarnya air terjun ini.

Doain saja semoga segera terwujud ya keinginan jalan-jalan ke Bogor mengunjungi 5 air terjun yang indah tersebut. Gambar semua saya ambil dari Instagram @kamana_ih. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge