5 Inspirasi Menulis Konten Yang Berkualitas

Setiap blogger pasti selalu haus akan ide ataupun inspirasi yang akan ia tuangkan dalam setiap kata dalam blognya.  Mencari inspirasi menulis konten blog bisa di dapat dari mana saja, kehidupan sehari-sehari, aktivitas pekerjaan, problema hidup, berita terkini ataupun meliput suatu acara.

Seorang blogger pasti akan menyempatkan sedikit waktunya untuk mengisi halaman tiap halaman pada blognya. Menulis konten atau artikel memang itu merupakan hak Anda, karena blog yang Anda miliki jelas itu milik Anda, Ingin menulis curahan hati, diary dan sebagainya.

Namun membuat konten yang menarik bagi para pembaca itu tidaklah mudah. Anda terkadang kebingungan dan tidak mendapat inspirasi untuk pembuatan artikel selanjutnya.

 

Berikut ini akan saya sajikan beberapa tips atau ide pembuatan konten yang menarik para pembaca.

List Panduan / Cara

Setiap orang pada dasarnya tertarik tentang blog yang berisi tentang panduan-panduan yang bermanfaat.

Contohnya Anda bisa membuat artikel dengan tema:

  • “Cara membuat.. “
  • “5 Tutorial tentang..”
  • “Panduan sederhana menghasilkan..”

Artikel semacam ini sangat di sukai dan bermanfaat bagi para pembaca dan ini terbukti dari postingan pada blog saya yaitu tips mengenai bagaimana cara pasang CCTV  yang telah menjaring 42244 pembaca dan hingga saat  ini terus bertambah

Postingan seperti itu sangat di sukai pembaca, berikan juga langkah-langkah yang mudah yang tertata rapih agar pembaca nyaman saat membaca postingan blog Anda

Wawancara

Wawancara merupakan salah satu ide yang patut Anda coba. Anda bisa mewawancarai salah satu tokoh terkenal atau bahkan blogger lain yang terkenal. Usahakan wawancari seseorang yang berkaitan dengan niche blog Anda, contohnya bila blog Anda berisi artikel tentang bisnis maka tokoh yang di wawancarai sebaiknya  yang berkaitan tentang bisnis.

Kesinambungan Artikel

Apakah kalian membuat “Single Post” atau postingan yang saling berkaitan satu sama lain? Usahakan isi artikel pada blog Anda antara satu sama lain masih ada kaitannya contohnya saja artikel saya sebelumnya yaitu “Bagaimana Cara Menjadi Blogger Yang Luar Biasa” yang masih ada kaitannya tentang posting saya saat ini. Buatlah artikel yang masih saling berkaitan satu sama lain, karena faktor “Engagment” antara penulis blog dan pembaca akan semakin kuat. Pembaca menunggu konten selanjutnya dan penulis berusaha memenuhi permintaan pembaca.

Review Post

Review post merupakan sebuah opini Anda terhadap suatu produk, barang atau bahkan website menurut pandangan Anda sendiri. Jika Anda menyukai gadget Anda bisa tuangkan pengalaman Anda tentang info gadget terbaru Anda, berikan informasi sesuai dengan apa yang Anda rasakan.

Membuat review juga dapat menghasilkan uang , saat ini banyak blog yang menawarkan jasa review kepada para penjual agar mau produknya di review di blog tersebut.

Permintaan Pengunjung Blog

Manakah yang lebih baik ? membuat banyak postingan namun tidak ada yang perduli dan membacanya ATAU tanyakan ke pada para pengunjung blog Anda apa yang mereka ingin baca dari blog Anda.

Cara ini merupakan cara terbaik bila Anda memang sedang kehabisan ide untuk membuat artikel selanjutnya. Tanyakan kepada pembaca setia blog Anda kira-kira apa yang ia mau, dan ketika Anda tahu segeralah mencari referensi dan membuat artikel atas permintaan pengunjung blog tersebut.

Mungkin cara ini sudah banyak orang yang mengetahui dan menerapkannya, saya disini hanyalah berbagi apa yang saya ketahui, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk lebih mengembangkan blog Anda.

 

Tulisan ini dikirim oleh Iqbal Maulana , yang kini sedang mengelola sebuah blog perusahaan dari PT Indolok Bakti Utama yaitu http://indolokbaktiutama.blogspot.com yang telah menerapkan telah menerapkan beberapa tips menulis konten yang menarik pembaca seperti diatas.

51 thoughts on “5 Inspirasi Menulis Konten Yang Berkualitas

  1. Cara yang terakhir itu bener banget, apalagi kalau sudah benar-benar buntu. Ada baiknya tanyakan pada para pengunjung dan pembaca blog tentang apa yang mereka inginkan.

    Kalau wawancara, sepertinya sangat menarik. Contohnya seperti di blogodolar dan blogguebo yang mewawancarai blogger terkenal dan pebisnis online sukses.
    Ari Kurniawan selesai posting Twitter dan Rahasia Bisnisnya

  2. Yang terakhir bner-bner saran orang frustasi… tapi pling logis. blog itu klo diibaratkan toko, pastinya kita mw ngejual barang yang laku dibeli… dan salah satu cara tau barang yang laku dibeli ya berarti banyak dicari… hihi…

  3. kalo tips saya, gunakan sosial media, sangat disarankan pakek facebook karena gampang dicatat komen2nya, untuk survey kecil2an yg menghasilkan artikel dengan berbagai pendapat orang lain. Tentu saja harus dipilih komentar yg berbobot.

    Banyak kok blogger yg udah begitu.. saya contohnya dan beberapa temen sudah menerapkan.. hehe

    Jadi postingan kita akan menarik, karena melibatkan banyak orang.. Yup, sudah jamannya melibatkan banyak orang untuk memabntu mendapatkan ide tulisan..

    Selamat mencoba
    ndop selesai posting Kamar Baru Disambut Hadiah dari Internet Sehat

  4. maaf mas., tapi judulnya sepertinya tidak relevan yah..

    Inspirasi >> hampir semua orang bakal ngira kayak sumber ide tulisan, misal dari situs a, situs b, dsb.
    Kalo ini ya beda lagi.. harusnya judulnya bukan ini.. misal “5 tipe tulisan yang disukai pembaca” mungkin bakal lebih menarik.

    trus satu lagi.. tulisan menarik belum tentu berkualitas. Yang boleh menyebut kualitasnya hanya pembaca.. yakni pembaca yang ngerasa terbantu atas tulisan yang ada di blog. Kalo sekedar menarik ya mungkin dari sekedar gaya bahasanya aja.. ga lebih.

    hehe, sekali lagi maaf ya.. saya bukannya menggurui, tapi kita sama-sama belajar dari situ. 😀
    Muflich Kamil selesai posting Riset 8 Artikel Tamu (Guest Post) Saya Gagal, Kenapa ?

  5. saya setuju2 saja seeh, soalnya konten blog itu luasss sekali, bahkan lebih luas dan bebas daripada konten semacam jurnalistik, jadi terkadang faktor2nya juga terlalu banyak untuk menilai kualitas, yg terpenting semoga konten blog2 indonesia secara umum ke depan lebih baik. karna menurut saya masih bnyk yg berbau negatif…salam….
    arif selesai posting Kumis Menpora

  6. Menyenangkan semua orang yang mengunjungi blog tentu bukan pekerjaan mudah. Apalagi untuk saya, yang menulis di blog hanya untuk mengeskpresikan isi pikiran saja. Kalau ada yang suka, alhamdulilah. Kalau ndak suka, ya ndak apa-apa. 🙂

  7. Saya sudah beberapa bulan tidak menulis di blog saya, bukan karena tidak ada topik tapi karena faktor2 pekerjaan dan kegiatan lain.
    Di akhir tahun 2012 saya membuat resolusi untuk menulis di blog lagi, sekarang setiap hari menulis.

  8. Bagi saya sendiri kualitas masih termasuk relatif yah,
    Ada yang berkualitas di mata google belum tentu berkualitas di mata pembaca.
    😀

    Tapi kalau sudah seperti artikel diatas saya rasa memang berkualitas.

    😀

    keep posting,
    *thumbs up*
    Bryant selesai posting Kunjungan ke Butik "CB"

  9. Karena saya blogger pemula, jadi untuk saat ini artikel yang saya tulis masih seputar apa yang pengen nulis aja dan untuk topik2 penting seperti di atas belum ada keinginan untuk mengarah kesana… 🙂

  10. Ada satu lagi yang ingin saya tambahkan, ini memang sebuah fenomena blogger. bisa dibilang hampir 70% blogger di indonesia adalah blogger copas murni, blogger tukang ringkas, dan blogger tukang edit artikel orang, sehingga banyak kita temui artikel dengan isi dan maksud yang sama berulang-ulang. Ini tidak munafik mungkin saya termasuk di dalamnya. Memang sih, umumnya mereka-mereka yang 70% itu orientasinya blognya hanyalah sebuah penghasilan atau pendapatan. sehingga mereka dengan mudahnya melakukan apapun itu agar mendatangkan banyak trafik baginya. Ini pendapat saya loh. kalau salah mohon di koreksi. Saya blogger sudah dari 2010, memang masih belum banyak pengalaman dalam dunia blogger. tapi kesimpulan saya itu memang merupakan fakta yang banyak saya temui ketika saya blog walking ke beberapa blog.

    satu hal yang kita sayangkan, bagaimana anak negeri, anak muda-muda kurang bisa berkarya sendiri, membuat tulisan hasil pemikiran sendiri. Menurut saya memang blog yang banyak pengunjung tersebut rata-rata mendatangkan penghasilan yang cukup, bahkan luar biasa. trafik hingga ribuan pembaca perhari. saya bukan iri, tapi hanya coba mengungkapkan keprihatinan. Blog semacam itu hanya akan mendatangkan keuntungan financial secara pribadi, tapi tidak pula mendukung pengembangan diri sendiri. Jujur saya lebih apresiasi terhadap kontent yang dibuat dengan gagasan, ide, dan penelitiaannya sendiri, walaupun trafik tidak begitu besar.. Tapi karyanya besar dan bermanfaat bagi orang lain. percaya atau tidak, tidak semua orang menyukai artikelnya di copas.. ada yang menganggap itu adalah sebuah pencurian edukatif. Tapi demi ilmu pengatahuan dan keanekaragaman kontent, ya sudah tidak papa artikelnya di copas.

    Ayoo…kita kembali kejalan yang benar, blogger yang mampu menjadi panutan. blogger yang lebih kreatif, menghasilkan banyak karya-karya sendiri. mari kita saling belajar, saling menggali ilmu, dan berbagi informasi. mari kita produksi artikel-artikel terbaru yang segar dan belum pernah di muat di media manapun. sungguh itu lebih mulia di mata tuhan. hehehe…salam blogger, salam persahabatan, salam kenal, salam semangat. maju terus blogger Indonesia.
    Suryapost.com – camera hantu selesai posting 4 Cara terbaik untuk melakukan diet sehat

  11. Mantap kali commentnya suryapost, memang seharusnya begitu. Menulislah untuk orang, uang akan mengikuti dg sendirinya. Salam super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge