5 Kerugian Software Bajakan yang Membuat Anda Berpikir Dua Kali

Sumber gambar.

Anda pasti tahu bahwa software bajakan itu ilegal. Namun karena suatu alasan, Anda tetap memakainya. Alasan paling klasiknya: enggak punya duit. Jadi enakkan pakai software bajakan.

Jika Anda berpikir demikian, sebaiknya kurangi atau bahkan hentikan penggunaan software bajakan. Mengapa? Simpel. Karena selain punya keuntungan, software bajakan juga punya kerugian.

Kerugian-kerugian software bajakan di bawah ini akan membuat Anda berpikir dua kali untuk memakainya kembali. 

1. Komputer Terserang Virus

Komputer atau laptop Anda sering lambat, hang, blue screen, atau kerusakan lainnya? Jika ya, sebaiknya Anda rencanakan untuk menghapus software bajakan komputer Anda.

Saya tidak bercanda, 90% kerusakan pada komputer acap disebabkan software bajakan. Hal ini karena software bajakan mengandung perangkat lunak jahat atau virus. Virus ada bermacam-macam: malware, adware, spyware, dan lain-lain. Yang jelas, setiap virus tersebut bikin Anda “gigit jari” ketika beraksi.

2. Tidak Bisa Update

Kerugian yang kedua adalah software Anda tidak bisa melakukan update karena crack/patch yang Anda gunakan untuk membajak software tersebut menutup fitur update. Hal ini sengaja dilakukan untuk mencekal warning dari developer.

Sayangnya, update software itu penting. Anda berpotensi ketinggalan fitur-fitur terbaru jika update tidak dilangsungkan dalam jangka lama.

3. Risiko Keamanan

Jika Anda sering menyimpan data-data pribadi Anda seperti kata sandi akun, kartu kredit, atau PIN di komputer, sebaiknya mulai sekarang simpannya di kertas atau buku note. Hal ini berlaku jika Anda pengguna software bajakan. Mengapa? Karena software bajakan punya tujuan lain yaitu mematai-matai data-data komputer Anda.

Ini sering dianggap remeh. Padahal ketika Anda menginstal software tersebut, Anda secara tidak langsung sudah mengizinkan software tersebut mengakses data-data Anda.

Risiko Keamanan

Tak heran, Windows mewanti-wanti agar Anda selalu menginstal software dari penerbit terpercaya, kan? Ya soalnya kalau dari penerbit enggak dikenal, takutnya enggak amanah sehingga sangat-sangat mungkin data-data yang mereka dapatkan dari pengguna mereka gunakan seenak udelnya.

4. Rugi Sendiri

Pakai sofware bajakan itu enggak selamanya “menguntungkan”, lho. Adakalanya Anda justru rugi secara finansial ketika menggunakan software tersebut. Mengapa? Ya karena komputer Anda jadi sering rusak, Anda mungkin saja jadi sering bolak-balik ke tukang servis dan menelan biasa yang tidak sedikit.

Bukan hanya itu, segala problem yang ditimbulkan perangkat ini menjadikan pekerjaan Anda terganggu dan tertunda sehingga menurunkan produkvitas Anda. Misalnya, baru mau mulai ngetik naskah, eh enggak lucu kan tiba-tiba laptop blue screen. Akhirnya Anda terpaksa searching berjam-jam atau berhari-hari di ponsel Anda untuk mengatasi blue screen.

5. Mental Gratisan

Keseringan pakai software bajakan menjadikan Anda bermental gratisan. Mental ini sebaiknya dihindari karena pelan-pelan menghilangkan rasa apresiasi Anda terhadap karya orang lain. Bukan hanya itu, mental gratisan juga membuat level hidup Anda stagnan karena selalu mengemis-emis yang gratisan.

Itulah lima kerugian memakai software bajakan. Sudah membuat Anda berpikir dua kali? Atau mau nambah lagi? He he he….

Pidana?

Untuk yang satu ini Anda bisa sedikit tersenyum karena faktanya belum ada pasal yang melarang penggunaan software bajakan. Memang ada beberapa kasus di mana developer menjatuhkan hukuman kepada pengguna bajakan, tetapi pengguna bajakan yang dimaksud adalah sekelas perusahaan. Secara umum, tidak ada alasan untuk developer menindaklanjuti pengguna bajakan rumahan atau personal.

Lagipula, menurut pasal 72 ayat 3 UU, yang dilarang adalah pemanfaatan software bajakan sebagai alat komersial atau dijual kembali. Berikut bunyi pasal tersebut:

Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)”.

Solusinya

Barusan saya sudah membahas beberapa kerugian memakai software bajakan. Tidak adil rasanya jika saya tidak menambahkan solusi bagi pengguna-pengguna yang belum bisa lepas dari software bajakan.

Solusi pertama dari saya adalah cobalah Anda mangganti software tersebut dengan alternatif software lain. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Internet Download Manager, Anda bisa menggunakan alternatif IDM yaitu EagleGet.

Contoh lain, jika Anda menggunakan Photoshop, cobalah GIMP 2. Software-software tersebut selain gratis juga mempunyai fitur-fitur yang enggak kalah dari software bajakan yang Anda gunakan.

Jika memang sulit lepas dari software yang sekarang ini Anda gunakan, entah karena memang butuh banget, maka ya coba biarkan saja. Anda bisa nabung dulu untuk membeli software tersebut nantinya. Dengan kata lain, Anda kurangi software bajakan di komputer Anda satu persatu ketika punya duit. Oke?

~~~
Profil Guest Blogger:
Ihsan Nurul Iman adalah seorang blogger part-time yang mendirikan BahasTeknologi.com dan Dakwatullah.com. Jangan lupa follow akun Facebook-nya di: https://facebook.com/ihsansfd.

7 thoughts on “5 Kerugian Software Bajakan yang Membuat Anda Berpikir Dua Kali

  1. Trims ulasannya. Membuka wawasan dan inginnya memang yg orisinal, cuma memang kadang finansial yg jadi hambatan. Trims sekali lagi bu…

  2. Poin terakhir tuh yang jleb banget…! Mental Gartisan…! 😀
    Memang sih sebaiknya kita menggunakan software yang ori. Tapi harganya itu loh… Ya kalo dipikir dari segi, pihak development software nya sih memang mahal, karena mereka membuat software itu ga sehari duahari dan ga seorang dua orang. Ya wajar sih kalo mahal.

    Tapi kalo udah bicara kebutuhan dan budget yang ada dikantong, ya… bajakan lah solusi tercepat. Kalo soal virus, tinggal gimana kita mengamankan data nya aja… 🙂
    Photobooth Jakarta selesai posting PHOTOBOOTH JAKARTA : PHOTOBOOTH SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge