5 Langkah Dasar Menulis Guest Post

Tulisan ini hasil karya Wira Utama, pemilik blog imadewira.com. Jika Anda ingin menjadi Guest Blogger [menulis di Isnuansa.Com] baca peraturannya.

~~~

Menulis Guest Post atau membuat tulisan yang akan di publish di blog milik orang lain adalah salah satu cara untuk meningkatkan trafik blog anda. Karena pembaca dan pengunjung di blog dimana anda menulis Guest Post bisa jadi akan berkunjung ke blog anda setelah membaca tulisan Guest Post tersebut. Selain itu menulis Guest Post memiliki banyak manfaat, yaitu meningkatkan Page Rank, melatih kemampuan menulis, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi, ayo menulis Guest Post (seperti saya saat ini). Bagi anda yang masih pemula menulis Guest Post, mungkin butuh sedikit persiapan dan langkah-langkah tertentu. Walaupun bukan langkah yang penting tetapi ada baiknya beberapa hal berikut ini perlu anda perhatikan sebelum dan ketika menulis Guest Post.

1. Mencari Blog Yang Menerima Guest Post
Langkah pertama tentu mencari blog yang menerima Guest Post, contohnya blog yang sedang anda baca ini, atau bisa juga di blog saya dan blog-blog lainnya. Saya sarankan anda untuk memilih blog yang memiliki Page Rank lebih tinggi atau sama dengan blog anda. Dan atau blog yang memiliki pengunjung lebih banyak.

2. Membaca Petunjuk Guest Post
Setiap blogger yang menerima Guest Post memiliki ketentuan tersendiri untuk tulisan yang diterima menjadi Guest Post. Baca baik-baik ketentuan tersebut, biasanya berisi tentang topik apa yang diperbolehkan, panjang tulisan minimal berapa kata dan berbagai hal lainnya, termasuk “bonus” apa yang akan diberikan untuk anda sebagai penulis Guest Post, biasanya publikasi berupa backlink.

3. Siapkan Tulisan Guest Post
Jika sudah menemukan blog dan membaca aturannya, siapkan tulisan anda. Ingat baca sekali lagi agar tidak ada kesalahan ketik atau pun kalimat yang aneh, karena tulisan ini akan dimuat di blog orang lain. Agar nantinya tidak merepotkan pemilik blog dimana tulisan Guest Post anda dimuat.

4. Kirim dan Tunggu
Kirim tulisan anda sesuai dengan petunjuk. Blog yang sering dan banyak menerima Guest Post tentu akan lebih selektif dan mungkin anda perlu menunggu hingga tulisan anda di publish. Tetapi pemilik blog biasanya akan segera merespon dan memberitahukan kapan tulisan anda akan di publish, atau jika tulisan anda mungkin ditolak karena tidak sesuai dengen ketentuan pemilik blog..

5. Publikasi
Setelah tulisan anda dimuat jangan berhenti disitu, buatlah review atau publikasi lainnya agar tulisan Guest Post anda semakin banyak pengunjung dan pembacanya. Jika sudah sampai disini, ulangi lagi dari awal. Menulis Guest Post secara reguler akan semakin membuat anda terlatih dan semakin dikenal, lalu berujung pada peningkatan trafik blog anda.

Saya sendiri sedang berlatih dan menulis Guest Post dengan topik umumnya tips-tips dasar tentang blog. Saat ini saya juga sedang mencari blog-blog lain yang menerima Guest Post, jika blog anda menerima Guest Post, jangan sungkan untuk mengundang saya untuk berpartisipasi.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

48 thoughts on “5 Langkah Dasar Menulis Guest Post”

    1. Bisa jadi saya sama Bli Wira emang seguru. Dan tulisan kami mirip, karena saya menulis dari apa yang saya baca. Siapa tahu berguna untuk yang belom pernah baca.

    1. Tidak lagi jika RPM Konten nantinya diberlakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. Seluruh konten adalah tanggung jawab penyelenggara!

      Termasuk komentar yang Mas Badruz tulis, itu tanggung jawab saya karena berada di blog saya. Jadi saya bisa dipenjarakan seperti Prita karena komentar yang diberikan oleh orang lain, tetapi saya loloskan di blog ini.

      Banyak sekali blogger yang protes tentang draft RPM Konten, hanya saja saya belom ikutan menulisnya. Silahkan Googling, dan jika sempat, menyuarakan pendapat Anda!

  1. Tawaran yg menarik.
    Tapi,blog kecil dan kemampuan seperti saya belum layak utk ikut,walau ada keinginan agar tulisan org lain yg lebih bermanfaat tampil di blog saya.
    TERIMAKASIH,Mba!

  2. Ini hal baru dan menarik bagi saya,Mba.
    Rupanya saya harus lebih banyak belajar dulu,baru layak tampil.
    Memang ada kerinduan agar ada tulisan org lain yg lebih bermanfaat muncul di blog saya yg ditulis seadanya.
    TERIMAKASIH,Mba.

  3. waduw saya bukan penulis yang handal jadi malu klo hrus mengirim tulisan heheheh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih

  4. Menarik juga. Apalagi saya blogger baru heheh 😳
    Tapi kudu banyak belajar dolo niii πŸ˜€
    .-= Arya selesai posting Comment on CSS Dasar – Layout by Arya Prakasa =-.

  5. jadi imadewira.com blog nya Mbaq Nunik juga ya ❓

    Kapan yah saya jadi tamu agung?…. πŸ˜€ ilmunya belum nyampe….
    .-= casrudi selesai posting Ulasan untuk Artikel Memasang Feed Blog di Facebook Karya Shita Diatasawam =-.

  6. wah 😯 gurunya sama gurunya made wira ❓ πŸ˜• OKB (okelah kalo begitu) komeng ku juga sama deh :
    baru ngeh dengan yang beginian, kemarin aku juga mbaca yang kek begini tapi masih blank. tapi solusi saling menguntungkan seperti ini bagus juga tapi harus sama2 menjunjung rasa kebersamaan. eee…… maksutnya jangan nulis di blog orang di standard 7 (biasa) tapi kalo di blog sendiri harus stardard 10 (perfect)
    πŸ˜‰ πŸ˜€ πŸ˜† πŸ˜€ πŸ™‚
    .-= sugeng selesai posting Masih Tentang Rantai, Cara Menyetelnya =-.

      1. Saya yakin semua guest blogger menulis konten dengan berusaha 1000% memberikan yang terbaik.

        [Soalnya saya juga pernah menulis Guest Blogger, dan merasa tulisan saya yang saya berikan, lebih baik dari pada yang ada di blog saya sendiri]

  7. Pengen juga menulis guest post, itung-itung sambil belajar nulis dapat backlink. Tapi menulis di blog sendiri aja masih susah.. :mrgreen:
    .-= adiarta selesai posting Kategori Bekerja Menurut Pengalaman Saya =-.

  8. ho..ho..ada yang nerima tulisan blogger lain juga yah, baru tahu Oyen, tapi tulisan Oyen mah gak pernah nggenah, jadi kayaknya cuman layak dipajang di Blog Oyen yang sama gak nggenahnya….wehehehehe, sementara Oyen belon nerima tulisan orang lain, masih pengen menuhin uneg-uneg pribadi dolo, tapi entar kalo Oyen udah propesional, boleh dah ngundang orang lain…wueheheheheee….thanks inpohnya

  9. Ih waw… sekarang semakin banyak aja cara untuk promosiin blog.
    Harus sabar, menunggu agar si empunya blog bisa mempublish post kita.
    Blogger tingkat tinggi seperti mbak ini pasti banyak banget permintaan guest post-nya.
    Selamat!!
    .-= ImUmPh selesai posting 1402210 I’m In Relationship =-.

  10. Insya Allah nantinya saya akan menulis di blog ini dan blog mas Made Wira. Trims buat pedomannya.
    .-= iskandaria selesai posting Tentang Menyukai dan Menguasai Topik dalam Ngeblog =-.

  11. Saya harus belajar banyak dulu ke Mbak Nunik biar bisa diterima di sini.
    Terima kasih atas tips2nya.
    Salam hangat selalu πŸ™‚

  12. Saya kalau menulis pasti ada sentuhan humornya sehingga kurang pas jika menulis soal blogging yg serius, apalagi di blog orang lain yang necis.
    Terima kasih step by step tutorialnya
    Salam rindu dari Surabaya

  13. Agak bingung juga kalo bahas mengenai guest post, bingung mau nulis apa,giliran udah nulis nanti g kepake.
    blm nyampe kayak nya ilmu saya klo untuk buat guest post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge