5 Tempat Liburan Seru Dan Dijamin Hemat Saat Mudik Lebaran Ke Klaten

Buat keluarga saya, mudik Lebaran itu selalu menjadi momen yang paling ditunggu dalam satu tahun. Biasanya, saya bisa mendapat libur 2 hingga 3 minggu lamanya. Sungguh menyenangkan, bukan? Liburan yang panjang berarti bisa jalan-jalan seru di beberapa tempat wisata di sekitar Klaten.

Liburan menjadi lebih hemat, hanya membutuhkan satu kali tiket mudik pulang pergi, banyak sekali tempat wisata yang bisa didatangi dalam waktu 2 minggu tersebut, di sela-sela silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Biasanya, saya mudik menggunakan tiket kereta api. Tiga bulan sebelum keberangkatan, saya sudah memesan tiketnya. Tetapi, tahun ini saya kehabisan tiket karena lupa dengan waktu pemesanan tiket.

Agak panik juga awalnya karena kehabisan tiket kereta api. Bahkan sudah hampir memutuskan untuk membeli tiket pesawat saja untuk kami bertiga mudik Lebaran tahun ini. Tapi bersyukur karena saya selalu menggunakan Traveloka, sehingga langsung mengetahui bahwa kita sudah bisa memesan tiket bus dan shuttle di sana.

Suami langsung gerak cepat mengamankan 3 buah tiket bus pulang pergi untuk liburan dan mudik Lebaran akhir bulan Mei nanti. Teman-teman juga bisa cek jadwal dan rute bus Efisiensi jika membutuhkan transportasi untuk mudik Lebaran tahun ini.

Tiket bus sudah aman di tangan, selanjutnya saya tinggal mencari tempat wisata yang bisa kami datangi selama liburan di Klaten. Sementara itu, berikut pengalaman mengunjungi 5 tempat liburan seru tahun lalu, semoga bisa dijadikan referensi oleh yang membutuhkan.

1. Camping ceria di tepi Pantai Ngrumput Gunungkidul

Kenapa saya sebut camping ceria? Karena teman-teman bisa camping di pantai ini dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Tenda dan perlengkapan camping bisa disewa di lokasi. Warung makan, mushola, toilet, kamar mandi dengan lampu penerangan yang cukup ada di pinggir pantai. Akses menuju pantai juga sangat mudah, hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari lokasi parkir.

Camping di pinggir pantai yang tidak ada sinyal operator, hanya berteman bintang di langit dan hamparan pasir putih yang sangat mulus, dijamin bikin liburan teman-teman sulit untuk dilupakan!

2. Menikmati indahnya Pantai Watu Karung di Pacitan

Ini pertama kami saya dan keluarga main agak jauh dari Klaten. Biasanya, paling hanya ke kota tetangga yaitu Jogja atau Solo. Karena ingin merasakan pantai yang ada di Pacitan, makanya jalan-jalannya berangkat agak pagi. Dan beneran nggak nyesel lho, pantainya bersih dan masih alami.

Pantai Watu Karung ini sangat terkenal di kalangan olahragawan selancar ombak, karena memiliki tipe ombak reef break, dengan ketinggian bisa mencapai 4 meter. Tapi tenang, yang mau membawa keluarga dan anak kecil juga bisa aman dan nyaman kok berwisata di pantai ini. Anak saya aja anteng main basah-basahan, sementara emaknya sibuk foto-foto, hehehe.

3. Main ke Candi Sukuh yang ada di Karanganyar

Bosen main ke pantai? Bisa mengunjungi tempat wisata sejarah seperti candi atau museum. Di Jogja ada banyak candi yang bisa kita datangi. Tetapi saya kali ini memilih yang berada di Kabupaten Karanganyar, kabupaten yang bertetangga dengan Kota Solo. Namanya Candi Sukuh.

Candi Sukuh merupakan kompleks candi Hindu dan bentuknya menyerupai piramida suku Aztec di Meksiko. Candi Sukuh memiliki banyak penggambaran relief erotis lingga dan yoni yang merupakan alat kelamin pria dan wanita. Lokasinya yang tinggi, sekitar 1.200 mdpl, membuat suasana adem saat kita berwisata di salah satu candi di lereng Gunung Lawu ini.

4. Trekking santai di Pantai Watu Lumbung Gunungkidul

Anak wedhok sudah bisa diandalkan jadi fotografer.

Pantai Watu Lumbung ini salah satu pantai yang di luar ekspektasi kami waktu jalan-jalan. Saya itu pengennya ke pantai yang berpasir putih agak kasar, ombaknya tenang, dan lokasinya tak jauh dari parkir. Tetapi ternyata pantai Watu Lumbung ini berada di bawah bukit, harus trekking selama 15 hingga 30 menit dari lokasi parkir, dan pantainya penuh batu!

Tapi saya nggak menyesal. Pemandangannya tetap bagus dan saya jadi punya pengalaman baru, juga mengajarkan dan mengenalkan hal-hal baru kepada anak. Di Pantai Watu Lumbung anak-anak bisa diajak mencari kerang yang menempel di bebatuan pantai.

5. Naik-naik ke puncak Candi Cetho yang cukup mistis

Untuk menuju ke Candi Cetho, kita harus melewati perkebunan teh Kemuning yang saat ini sudah banyak disulap menjadi spot foto kekinian yang Instagramable. Terus naik ke atas, candi ini berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl. Tidak ada transportasi umum ya untuk ke sini, dan yang terpenting kondisi kendaraan harus prima karena jalan mendaki terjal dan cukup sempit.

Terdiri dari 14 teras, mengunjungi Candi Cetho membutuhkan stamina yang cukup prima untuk mencapainya. Sering kali candi ini dijuluki candi di atas awan karena posisinya. Terdapat pula sendang yang dikeramatkan di komplek Candi Cetho yang berhawa dingin dan seringkali berkabut hingga menimbulkan kesan yang cukup mistis. Candi ini juga merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Lawu.

Gimana dengan rekomendasi saya tentang 5 tempat liburan yang seru dan hemat di sekitar Klaten? Semua tempat wisata tersebut tiket masuknya tidak ada yang melebihi sepuluh ribu rupiah, dan biaya parkir kendaraan dua ribu rupiah untuk sepeda motor hingga lima ribu rupiah untuk mobil. Dijamin liburan murah meriah deh, di sekitaran Klaten.

Sekarang saya sedang mencari rekomendasi tempat wisata baru yang bisa kami datangi di libur Lebaran tahun ini. Semoga nanti bisa menuliskannya di blog ini juga ya setelah liburan. 😉

One thought on “5 Tempat Liburan Seru Dan Dijamin Hemat Saat Mudik Lebaran Ke Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge