7 Kata Motivasi untuk Blogger Matre

Mohon jangan salah sangka. Blogger matre yang saya maksud bukan berkonotasi negatif seperti cewek matre yang sering disuruh ke laut, namun blogger yang mencari uang dengan serius.

Jika Anda termasuk blogger matre, Anda mungkin tahu bahwa menghasilkan uang dari blog itu tidaklah semudah membalik telapak tangan. Perlu waktu dan upaya berkesinambungan. Bahkan, pada kondisi tertentu, motivasi ngeblog Anda turun karena penghasilan blog dan pengunjung tidak sesuai harapan.

Tentunya, Anda perlu meningkatkan motivasi tersebut agar tidak terpuruk. Untuk membantu Anda meraih hal tersebut, berikut 7 kata motivasi dari tokoh dunia disertai dengan kiat praktisnya. 

  1. Tentang Sasaran

“Tidaklah penting dari mana Anda berasal. Yang penting adalah ke mana Anda akan melangkah.” – Brian Tracy

Banyak blogger pemula yang minder saat mulai ngeblog. Mereka silau dengan “kehebatan” blogger senior atau blogger sukses dan menganggap dirinya penuh kekurangan.

Jika Anda merasa seperti blogger pemula tersebut, hentikan perasaan tersebut. Seperti kata motivasi Brian Tracy di atas, tidaklah penting siapa Anda. Yang penting adalah Anda tahu ke mana Anda akan melangkah. Untuk itu, tetapkan sasaran ngeblog Anda.

Jika Anda ngeblog baru seumur jagung, saya menyarankan Anda membuat sasaran kecil agar tidak stres atau kewalahan. Misalnya, alih-alih menyasar 1.000 pengunjung sehari, lebih baik menyasar 100 pengunjung sehari dalam 2 atau 3 bulan ke depan.

  1. Tentang Fokus

“Konsentrasikan semua pikiran Anda pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Sinar matahari tidak akan membakar kecuali jika difokuskan.” – Alexander Graham Bell

Gagal fokus merupakan salah satu penyebab seorang blogger jauh dari kesuksesan. Ia memiliki banyak ide, misalnya membuat toko online, padahal ia sedang mengembangkan blognya.

Kata motivasi dari Alexander Graham Bell di atas sangat tepat sebagai pengingat (reminder) untuk kembali fokus. Agar bisa fokus, Anda bisa melakukan upaya di bawah ini:

  • Kerjakan satu pekerjaan atau proyek dalam sekali waktu.
  • Catat ide baru atau ide lain di buku saku atau laptop Anda untuk ditelaah setelah pekerjaan prioritas kelar.
  • Terapkan prinsip 80/20 – Misalnya, bila Anda memiliki 10 blog dan 2 blog yang menyumbang penghasilan terbesar, fokuslah mengembangkan 2 blog tersebut. Kesampingkan dulu 8 blog lain untuk sementara waktu.
  • Fokus pada satu sumber trafik dan satu sumber penghasilan.
  1. Tentang Bertindak (Action)

“Anda tidak harus hebat untuk memulai, tapi Anda harus memulai untuk menjadi orang hebat.” – Zig Ziglar

Banyak blogger yang menunda-nunda pekerjaan, misalnya menulis. Alasannya, malas, nanti saja kalau mood sudah baik, atau besok saja dikerjakannya.

Jika Anda seperti itu juga, ingatlah bahwa hampir mustahil mendapatkan waktu yang tepat untuk menulis. Seperti kata motivasi di atas, lebih baik Anda bertindak meskipun tindakan tersebut kecil atau sepele.

Misalnya, Anda menulis 50 kata saja. Masih terlalu banyak? Mulailah dengan menulis satu kalimat saja.

Percaya atau tidak, Anda akan menulis lebih banyak dari jumlah tersebut. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda dapat menyelesaikan sebuah artikel berkualitas meskipun Anda malas atau capai.

  1. Tentang Mengatasi Ketakutan

“Ketakutan tidak ada di mana pun kecuali di dalam pikiran.” – Dale Carnegie

Adakalanya, Anda dihinggapi rasa takut dalam aktivitas ngeblog Anda. Misalnya, takut Google AdSense Anda dinonaktifkan, takut Google membenci blog Anda, atau takut tulisan Anda tidak ada yang membaca.

Solusinya? Seperti kata motivasi dari mendiang Dale Carnegie di atas, ketakutan tersebut hanyalah ada dalam pikiran saja. Dengan kata lain, apa yang Anda takutkan belum tentu akan terjadi.

Jadi, jangan takut. Lakukan yang menurut Anda terbaik dan lihat apa yang terjadi. Sederhana, bukan?

  1. Tentang Mengatasi Masalah

“Kembangkan gairah belajar. Jika Anda mengembangkannya, Anda tidak akan pernah berhenti tumbuh.” – Anthony J. D’Angelo

Suka atau tidak suka, ada sejumlah masalah saat Anda ngeblog untuk menghasilkan uang. Jangan lari dari masalah. Jangan minta saran dari dukun. Jangan pula minta wejangan seorang kanjeng. Namun, kobarkan semangat belajar sehingga masalah apa pun yang muncul akan bisa diatasi.

Sebagai contoh, beberapa tahun lalu, salah satu masalah ngeblog saya adalah tidak bisa mentransfer blog dari satu hosting ke hosting lain. Saya selalu meminta bantuan teman untuk memindahkan blog saya ke hosting baru.

Karena saya ingin mengatasi masalah ini, saya cari di Google tentang cara memindahkan blog WordPress dari satu hosting ke hosting lain. Saya cari juga video tutorialnya di YouTube.

Alhamdulilah, dengan semangat belajar, saya bisa mengatasi masalah tersebut. Kini, saya bisa memindahkan blog WordPress dari satu hosting ke hosting lain.

  1. Tentang Bersyukur

“Bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki; Anda akan memiliki lebih banyak. Jika Anda tidak bersyukur, Anda tidak akan pernah merasa cukup.” – Oprah Winfrey

Jamak diketahui, banyak orang yang iri terhadap kesuksesan orang lain. Menganggap orang korupsilah, melakukan cara curanglah, dan sebagainya merupakan alasan-alasan yang biasa mereka kemukakan.

Sebagai blogger yang baik, Anda jangan seperti mereka. Lebih baik Anda lihat diri sendiri dan mensyukuri apa yang Anda miliki saat ini.

Sebagai contoh, pengunjung blog Anda 100 orang per hari. Bersyukurlah karena masih banyak blogger yang tidak memiliki pengunjung harian sebanyak itu.

Contoh lain, penghasilan Google AdSense Anda kurang dari $100 per bulan. Syukuri itu sebagai rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa. Pada kenyataannya, masih banyak blogger yang ditolak Google AdSense.

Mengapa harus bersyukur? Seperti yang dikatakan Oprah Winfrey di atas, dengan dengan bersyukur, Anda akan memiliki lebih banyak.

Tentu saja, bersyukur adalah salah satu langkah awal. Langkah berikutnya adalah bertindak untuk meningkatkan pengunjung dan penghasilan Anda.

  1. Tentang Bangkit dari Kegagalan

“Saya telah gagal dalam 9.000 tembakan. Saya telah kalah hampir 300 pertandingan. Saya 26 kali gagal saat  dipercaya menembakan bola yang memenangi pertandingan. Saya gagal dan gagal lagi dalam kehidupan. Dan itulah mengapa saya sukses.” – Michael Jordan

Tidak semua sasaran atau target Anda akan tercapai. Begitu juga dengan semua keinginan Anda.

Untuk itu, jadikan kegagalan tersebut sebagai proses atau jalan menuju kesuksesan. Ambil pelajaran penting dari kegagalan tersebut, dan terus mencoba hingga target Anda tercapai.

Sebagai contoh, Anda sulit menembus halaman 1 Google untuk kata kunci target. Evaluasi kualitas artikel dan profil backlink Anda. Jika artikelnya sudah bagus, kemungkinan backlink yang Anda bangun kurang.

Jadi, upaya yang dapat Anda lakukan adalah menambah backlink berkualitas, misalnya melakukan guest posting sebanyak 4-8 kali dalam sebulan.

Itulah 7 kata motivasi bagi Anda yang notabene blogger matre. Semoga membantu meningkatkan motivasi ngeblog Anda yang sedang turun. Jika perlu kata-kata motivasi lain, silakan Anda lihat kumpulan kata motivasi ini.

Tentang Penulis:

Herman Yudiono adalah blogger matre yang memiliki passion pengembangan diri. Kunjungi blognya TipsPengembanganDiri.com sehingga Anda mendapatkan kiat-kiat praktis pengembangan diri untuk menjalani hidup yang lebih baik.

46 thoughts on “7 Kata Motivasi untuk Blogger Matre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge