7 Perubahan Baik Setelah Berolahraga Teratur

IHIY. Pengakuan dulu ya, saya newbie banget di olahraga. Baru 2 mingguan ini secara teratur setiap hari jalan kaki antara 3 hingga 6 kilometer. Lumayan lah ya, buat newbie yang nggak pernah olahraga sebelumnya. *menghibur diri*

Dalam hati sih saya punya tekad, nanti pelan-pelan ditingkatin jadi lari. Sekarang ini larinya masih selang-seling. Dua puteran jalan cepat, satu puteran lari santai. Dua puteran lagi jalan cepat, satu puteran lari santai. Itu aja udah lumayan ngos-ngosan. HAHAHAHA.

Yang penting bisa konsisten, berlanjut terus olahraganya, nggak cuma semangat di awal aja.

Olahraga Lari Pagi

Nah, setelah mulai secara teratur berolahraga setiap hari, ada beberapa perubahan baik yang saya rasakan yaitu:

  1. Badan jadi bugar.

Dulu ya, tiap kali pulang dari kantor itu seringnya badan udah letoy. Trus, kalau sampai rumah lihat rumah yang berantakan itu kepala rasanya makin berat. Bener-bener nggak santailah hidup saya. Masalah yang kecil aja terlihat berat bener dihadapi, padahal solusinya gampang.

Setelah berolahraga, beneran badan itu jadi lebih bugar. Berasa enteng. Meskipun di kantor udah cape, pulang macet di jalan, sampai rumah masih bisa cuci piring dan membilas baju, setidaknya dengan muka biasa aja, nggak ditekuk.

  1. Bisa bangun lebih pagi.

Awalnya saya mulai olahraga sore hari, di akhir minggu. Tetapi saya pikir, nggak mungkin saya bisa pulang cepet terus setiap hari, jam 17.00 sudah sampai di rumah. Lalu saya ubah olahraganya di pagi hari aja. Jadi nggak ada alasan lagi nggak punya waktu karena pulang kantor udah kemaleman.

Mau nggak mau saya harus bangun lebih pagi biar bisa olahraga sebelum berangkat ke kantor. Ternyata lebih enak begini. Tidur lebih cepat, bangun lebih pagi. Padahal sebelumnya mata nggak bisa merem sebelum tengah malam, sekarang jam 21.00 aja udah sering pules. Yang biasa lihat saya online di sosmed tengah malam, pasti udah nggak pernah lihat saya lagi.

  1. Pekerjaan rumah tangga lebih cepat selesai.

Hidup jadi makin teratur pokoknya mah. Yang biasanya saya males-malesan nyuci piring nunggu segunung dulu, sekarang enggak lagi. Yang biasanya nyuci baju juga nunggu 2 atau 3 kali muter dalam setiap kali nyuci, sekarang tiap nyuci cuma 1 kali doang. Begitu juga dengan nyetrika baju. Biasanya entar-entar, sekarang karena suka bangun kepagian, jadi malah nyari apa yang bisa dikerjain sambil nunggu sinar matahari lumayan terang buat mulai olahraga.

  1. Pikiran lebih positif.

Ini mungkin karena saya jadinya ngurangin banyak waktu nongkrong nggak penting di sosial media ya. Nggak papalah ketinggalan hosip-hosip yang up to date, yang penting jiwa jadi sedikit lebih tenang.

Ya nggak semua jadi positif sih, sebenernya. Ada juga sisi negatifnya kalau mau jujur, dari mulai rutinnya kegiatan olahraga ini. Kantong jadi sedikit jebol. HAHAHAHA. Mulai berolahraga mendekati bulan puasa gini kan, pengeluaran jadi dobel. Dari bulan lalu yang udah mulai bebelian baju muslim wanita di ZALORA, harus ditambah dengan beli baju dan celana olah raga, yang nggak cuma satu doang. Total-total ya lumayanlah ngabisin gaji juga. :mrgreen: :mrgreen:

  1. Lebih kalem.

Udah lumayan bisa ngurangin marah-marah nggak jelas. Masih suka marah-marah juga sih, tapi udah kuranglah.

  1. Sakit ringan mulai menjauh.

Yang paling nyata ya hidung mampet mulai berkurang. Sebelum olahraga itu saya sempat ke dokter karena saat tidur hidung mampet, tapi kalau siang nggak kenapa-napa. Takutnya sinus. Kata dokternya bukan. Ya udah, saya nggak was-was lagi. Tapi kan tetep mengganggu ya, tidur dengan hidung mampet itu paling nyebelin. Sekarang udah mulai berkurang. Semoga bentar lagi hilang.

  1. Perasaan lebih senang.

Baru keringetan selama beberapa hari aja udah bisa lebih rileks, lebih santai, apalagi kalau udah bertahun-tahun olahraga teratur ya? Wah, saya nyesel kenapa nggak memulainya dari dulu. Buat temen-temen, saya saranin juga deh berolahraga teratur. Beneran, banyak manfaatnya buat tubuh.

Siapa yang mau ikutan (mulai) olahraga (teratur) juga?

28 thoughts on “7 Perubahan Baik Setelah Berolahraga Teratur

  1. aku masih males mba buat OLA hahaha..entahlah palingan cuman jalan dari parkiran yang mayan jauh ke kantor itu menurutku uda jalan sehat belum lagi naik tangga tapi klo niatin buat olahrga aku masih NO padahal mas anang YES πŸ˜€

  2. saya juga pernah baca tentang manfaat olahraga. Padahal pengen banget bisa olahraga secara rutin. Namun terkadang ada aja halangannya jadi gak bisa rutin. Semoga bisa ikut mba untuk olahraga rutin. πŸ™‚

  3. waduh-waduh,, analisa si mbak ini benar-benar tepat,
    karena olahraga ini di samping menyehatkan tubuh juga bisa menghilangkan sifat baperan,

  4. mbak boleh nambahin saran, lebih baik olahraga itu tiap hari saja yg ringan2 saja…

    saya juga olahraga pushup awalnya 5 kali dalam jangaka 1 bln udah kuat 50 kali
    saya rasa olahraga ittu sedikit2 tapi sering …

    salam kenal mbak.. dari Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge