Akun Twitter Saya Kena Suspend

Akun Twitter Saya Disuspend
Akun Twitter Saya Disuspend

Salah satu akun twitter saya kena suspend. Sayang sekali, padahal sudah punya 900an follower dan hanya memfollow sekitar 700an akun. Kesalahan yang saya lakukan, kemungkinan adalah mengirimkan tweet yang berisi link ke beberapa akun dalam waktu yang singkat. Nggak banyak sih sebenernya. Wong jumlah keseluruhan tweetnya saja baru ada 355 buah. Ya nasip, sudahlah. Tetapi efeknya, jadi takut membuat akun baru lagi, karena twitter ternyata sangat ganas. Saya takut malah twitter asli saya @isnuansa nanti yang bakalan kena imbasnya, maklum, baik komputer, laptop maupun handphone, semua pernah dipakai ngetweet secara bergiliran oleh akun-akun milik saya, adik dan pasangan. Jadi, kalau nanti kena imbas semuanya, ngeri deh.

Peraturan yang dibuat oleh twitter sangat banyak, dan saya yakin, teman-teman yang aktif ngetwit dan menggunakan twitter hampir setiap hari-pun banyak yang belum membaca dengan teliti, apa saja larangan oleh pihak twitter dalam menggunakan layanannya.

Dilarang Membuat Akun Berseri

Dari sini sudah jelas bahwa di twitter, Anda cukup memiliki satu akun saja. Tapi ya namanya juga pengen eksis, atau anonim, atau memang ada tujuan untuk branding blog, situs jualan yang kita miliki, dan lain sebagainya, terkadang kita berkeinginan memiliki banyak akun sekaligus. Memang sih dari bahasanya, yang dilarang adalah memiliki banyak akun dengan tujuan mengganggu. Jadi, sudah mulai berpikir untuk menghentikan proses β€œbeternak” akun?

Dilarang Memarkir Akun

Membuat akun twitter, berarti anda harus menggunakannya secara aktif. Jangan membuat akun hanya dengan tujuan menghindari orang lain menggunakan nama tersebut sebagai username, kemudian dibiarkan saja. Apalagi sampai membuat akun demi menjual akun tersebut kepada yang membutuhkan di kemudian hari. Anda juga tidak diperbolehkan memanipulasi supaya akun terlihat aktif, dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti twitter feed. Jika akun twitter Anda tidak aktif dalam 6 bulan terakhir, twitter berhak menghilangkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Mengerikan!

Dilarang Mengirim Spam dan Pornography

Yang ini sudah jelas banget seharusnya. Anda tidak boleh menggunakan layanan Twitter untuk tujuan spamming kepada siapa pun. Yang dikategorikan spam oleh twitter ini luas cakupannya, meliputi:

Follow Massal
Follow Massal

Dilarang memfollow banyak akun sekaligus dalam waktu singkat. Dalam satu hari, ada batasan jumlah akun yang bisa Anda ikuti. Jangan sampai kena peringatan, apalagi membandel, hanya demi mendapatkan follow back. πŸ˜† Penggunaan auto follow juga dilarang dalam hal ini. Anehnya, banyak yang masih melanggar, karena banyak berseliweran hashtag-hashtag di twitter seperti #TeamFollowBack dan #AutoFollowBack.

Berbahaya juga buat Anda jika memiliki perbandingan jumlah follower dan following yang sangat jauh. Jangan sampai Anda memfollow ribuan orang, sedangkan Anda hanya memiliki sedikit sekali follower. Ini masuk ke dalam kategori spam juga.

Dilarang membuat update tweet yang hanya berisi link, apalagi link tersebut menyesatkan orang, dan membuat banyak orang melaporkan Anda sebagai spammer, atau bahkan diblok. Jangan sampai mengirim reply ke banyak akun dengan isi yang sama, atau menggunakan penyalahgunaan hashtag # yang tidak sesuai dengan topik.

Dilarang Menyalahgunakan Badge

Beberapa waktu yang lalu saya masih melihat teman-teman saya di timeline menggunakan badge Verified Account di gambar profilnya. Padahal ini melanggar peraturan twitter, dan bisa juga mengakibatkan sebuah akun kena suspen.

Nah, kalau sudah tau sebagian besar aturan twitter, masih adakah yang berniat melanggar? Yang bukan pelanggaran di twitter antara lain menjadwalkan tweet dan menghapus tweet. Saya sendiri sekarang masih tersisa dua akun lagi setelah yang satu sudah kena suspend. Teman-teman ada yang punya pengalaman juga dengan akun twitternya yang disuspend?

77 thoughts on “Akun Twitter Saya Kena Suspend

  1. pernah bikin akun di twitter, tapi abis itu ga pernah ditengok lagi
    berarti sudah dihapus otomatis kali yah πŸ˜€
    gpp lah
    ga terlalu minat juga hheheeh

    so sorry, karena tidak bisa berbagi info tentang akun yang kena suspend yak πŸ˜€

  2. turut berduka ya mbak….
    baru tau soal aturan twitter yang mengerikan….
    btw, maksudnya menggunakan secara aktif tu apa ya?
    saya jarang banget ng-twit tapi selalu menyimak timeline….
    vitta selesai posting Sahabat Sejati

    1. Itu masuk kategori aktif kayaknya, Mbak. Soalnya tetep login kan, biar bisa nyimak tineline. Inactive itu kalo nggak pernah masuk ke akun sama sekali.

  3. Wah serem! Saya punya akun twitter tapi gak pernah di buka! hihi…
    Ternyata twitter lebih kejam dari facebook, kalo facebook sih masih mau ngasi maaf dengan monon-aktifkan aplikasi yg kita langgar dalam beberapa hari saja. hemm… πŸ™‚

  4. Memang kasus gini bisa merepotkan apalagi kalau ada dispute. Kita tak merasa melanggar, tetapi penyedia layanan menganggap begitu. Jika masih memungkinkan komunikasi melalui pengaduan, di tengah layanan untuk jutaan pengguna, semoga bisa teratasi.

    BTW, rada OOT, kemarin dua blog saya kena suspend karena ditengarai ada aktivitas berlebihan. Saya sih merasa tak mengaktifkan plugins yang membebani server dan trafik. Lantas saya pun mengadu dan beres πŸ™‚

    1. Saya males ngadu ke twitter, Paman. Soalnya saya ngaku salah. πŸ˜†

      Jadi ya biarin aja deh, sekarang nggunain dua akun yang tersisa dengan baik aja. Supaya nggak disuspend lagi.

  5. waduh mengerikan banget. bagaimana nasib akun twitter official yg hanya berisi feed ya? seperti @blogerbenteng misalnya. soalnya para adminnya jarang standby πŸ™

  6. saya blum punya akun twitter hihihi… liatnya kok jadi ribet ya?!?
    tp skrg di FB juga gitu kok, dalam 1hari kita terlalu byk nge”add” bakalan di hapus daftar fren req kita secara otomatis (pengalaman pny OLshop hihihi)
    dWi selesai posting Kepang Samping

  7. Duh, saya belum maksimal dalam memanfaatkan Twitter nih . . . selama ini masih berkutat pada Blog, Forum, dan FB saja . . .

  8. Wah, sungguh mengerikan…
    Aku juga ternak akun twitter je, tapi Alhamdulillah belum ada yg suspended. Semoga aja gak akan..hehe
    Apalagi yang @sajakrerindu

    Nuwun infone mbakyu πŸ™‚

  9. Keknya akun twitter saya sudah keblock nih, wong sudah lama gag dibuka buka. Baru tau juga dari sini kalo peraturan di twitter banyak banget ya πŸ˜›

    Salam.. .

  10. baru tau kalo following nya jauh lebih dikit dari follower nya bisa diblock.
    padahal bukannya twitter artis2 biasanya begitu ya? follower nya bisa puluhan ribu, tapi yang difollow paling cuma berapa…
    arman selesai posting Hasrat Terpendam

  11. Wah mesti lebih berhati-hati nih saat menggunakan twitter, yang paling bahaya kalo dianggap spam soalnya saya suka share link. Terima kasih peringatannya

  12. Dulu akun twitter saya jg pernah dibanned. Setelah lama nggak login, tau2 pas login udah nggak bisa.

    Bikin akun baru, tp nggak keurus..
    T.T

  13. sudah agak lama nggak tuit tuit, dan lama juga nggak mampir sini… soal peraturan emang berapa persen orang sih yang baca, paling ya, langung centang, saya sudah membaca TOS bla bla bla… πŸ˜€

  14. Tempat yg ada banyak orang memang harus punya aturan, kalo ga semuanya pada “se-mau gue” setuju ga Mbak??

  15. baru tau ternyata twitter seperti itu, banyak aturannya. lbh banyak ngplurk seeh. twit cuma sesekali buat promosi posting blog saja.

  16. Thanks bwt Info’ny yh? . Ngri Jga trnyata . Msti Hti2 nh..
    Kcau jg klw kmpulin followers tp hsil’ny suspend! . cm pnya stu sh tweeter’ny abys kya’ny bkal ssh ng’hapal password’ny dh.

  17. wah, kl suka update status aq banget tuh :3 aq juga kena suspend, trus aq ngirim email ketwitter, rada ribet ngirim emailx pake b.ing sih πŸ˜› tp untung aja kemaren akun aq uda bisa lagi πŸ˜€ aq nunggu email balesan dr twitter smpe 2mgu

    1. Setiap gadget yang kita pakai akan memberikan kode khusus sebagai identifikasi dalam jaringan internet yang disebut dengan IP.

      Memiliki akun ganda akan langsung diketahui oleh twitter. Tetapi selama tidak digunakan menyalahi aturan yang lainnya nggak masalah sih. πŸ™‚

  18. Aku juga pernah kena suspend gara gara unfollow terlalu banyak dalam satu hari, tapi sekarang sudah bisa dikembalikan setelah proses nego ke admin twitter selama 2 hari…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge