Alexa Links In Rank

4-alexa-links-in-rank

Seingat saya, ada dua orang yang secara langsung bertanya kepada saya: “Mbak, bagaimana caranya supaya nilai Links In di Alexa Rank segitu banyaknya?”

Waktu itu saya jawab, tidak tahu, dan sampai saat ini pun belum benar-benar tahu, tetapi setidaknya mungkin ada sedikit yang bisa saya bagikan di sini.

Nilai site links in pada gambar di atas saya ambil dari blog lain, karena saat saya menulis postingan ini, saya tidak terhubung ke internet dan hanya gambar itu yang ada di PC saya.

Jika nilai Alexa Rank semakin ramping [kecil] semakin baik, berbeda dengan nilai site links in. Links in yang semakin besar adalah semakin baik.

Alexa sendiri bilang, site links in menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap suatu halaman website. Mirip dengan Page Ranknya Google barangkali.

Google juga menunjukkan tingkat kepercayaannya [Page Rank] berdasarkan pada jumlah halaman yang me-link menuju pada website kita.

Nah, nilai site links in saya pada saat PakDhe Cholik bertanya adalah 166. Jika saya tidak salah lihat, kemarin nilainya sudah bertambah menjadi 186. Lumayan nambah 20 lagi.

Dari mana saya dapat?

Saya sendiri tidak tahu pasti jawabannya. Jika dilihat dari blog saya, tidak ada trackback baru menuju isnuansa.com, artinya dari nilai 166 yang diberikan Alexa kepada saya menjadi 186 [berubah 20 point], dalam kurun waktu tersebut, saya tidak menerima trackback. Tidak ada link menuju blog saya.

Kegiatan saya paling hanya blogwalking dan meninggalkan komentar di blog orang lain. Satu kebiasaan saya, saya tidak berganti-ganti nama dan link dalam ‘beriklan’. Selalu meninggalkan link pada halaman HOME, bukan menuju ke postingan.

Contoh:

Name [required]: Isnuansa. Mail [will not be published] [required]: xxx@xmail.com Website: www.isnuansa.com

Meskipun saat ini saya mengikuti kontes SEO Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang, saya tidak berusaha untuk meninggalkan link berupa http://isnuansa.com/kenali-dan-kunjungi-objek-wisata-di-pandeglang/ di kolom komentar blog lain. [Toh, hampir semua kolom komentar blog adalah Nofollow]

Saya lantas mencoba menelusurinya.

Saya membuka Alexa, menuju ke Site Info, dan melihat daftar “ Sites Linking To Isnuansa.Com ”

4-alexa-linking-sites

Seperti yang bisa Anda lihat, di sana semua daftar boleh Anda ketahui. Saya bahas satu per satu ya.

Nomer 1 ada dari halaman Kaskus. Sepertinya saya tidak pernah join di forum tersebut. Jadi bingung juga kenapa ada link menuju blog ini dari sana.

Yang ke dua dari who.is bla bla bla MegawatiDotNet adalah ketika saya ingin mengetahui atas nama siapa domain tersebut dipesan. Masa sih, hanya ngecek aja bisa ‘mendatangkan’ link? Kan pada saat ngecek, nggak perlu masukin alamat website kita segala seperti saat meninggalkan komentar di blog. Makanya, saya juga nggak tahu jawabannya.

Nomer 3, forum di Kompas, yang itu pasti saat Megawati [lulusan SMA] harus berdebat dengan SBY yang lulusan S3, saya komentar di sana.

Nomer 4 dari blognya Pak Sawali. Mungkin sudah 2 tahun lebih saya komentar di blognya Pak Sawali. Kalo dihitung lebih dua puluh postingannya saya komentari. Tapi entah kenapa, hanya satu yang ‘memberikan’ link menuju blog ini yaitu yang ‘berat’ tulisannya: Dilema Peran Kaum Perempuan Pasca Jawa. Tertanggal bulan Januari tahun 2008.

Nomer 6, saya hanya membaca, kok ada link menuju blog saya?

Nomer 7 dari Anangku. Komentar di blognya Anang saya molai jauh lebih lama lagi. Saya komentator ‘tetap’ juga di Anangku selain di Pak Sawali. Bukan begitu, Nang? 😉

Jadi kesimpulan saya, semua itu hanya murni saya dapatkan dari blogwalking. PakDhe Cholik saya amati jauh lebih lama waktunya dalam melakukan aktivitas blogwalking ketimbang saya. Itulah sebabnya nilai Alexa Ranknya lebih ramping: lebih banyak trafiknya, lebih banyak blogger yang mampir ke blognya. Tinggal tunggu waktu saja PakDhe, mendapatkan nilai site links in. Sabar dan konsisten ngeblog adalah kuncinya.

Berapa nilai site links in Alexa Anda? Sudah dicek belum?

———————————————————–
Posting Terkait:
1. Mengenal Objek Wisata di Pandeglang, Banten: Apa saja objek wisata di Pandeglang yang Anda tahu?
2. Hubungan Page Rank, Alexa dan SEO: Memangnya Page Rank, Alexa dan SEO terlibat cinta segitiga?
3. Tidak Perlu Shoutbox: Kenapa shoutbox perlu dihilangkan?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

58 thoughts on “Alexa Links In Rank”

  1. Hi.hi, iya ya, links in kok nggak ada data, padahal saya lihat backlink di yahoo banyak, Google ada beberapa puluh dan di technocrati juga ada lho.
    Tapi nggak apa2 kok, saya mau menaikkan traffic hingga pada posisi single yaitu 7 atau 8, syokur kalau bisa 2 atau 1. Wah mantap kali yaaa.
    Salam rindu buat mbak Nunik
    .-= Pakde Cholik´s selesai [nulis] ..Tip enteng : Balik Mudik Tanpa Panik =-.

    Nanti lama-lama juga ada Pakdhe.

  2. iya nih, saia juga bingung… padahal rank aleksa saya udah ratusan ribu, knapa link in nya gak da sama skali….. cariin tipsnya dooong…. hehe 😆 , kan saya member setia isnuansa.com, 😉
    .-= yudz´s selesai [nulis] ..YM Online Status in your blog =-.

    Saya juga masih bingung.

  3. Punya saya No Data, bingung cara dapatnya bagaimana… 💡
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Ketemu Kang Deddy Sang Full Time Blogger =-.

    Saya mendapatkannya dengan blogwalking dan meningalkan komentar di blog orang lain, mas. Itu saja.

  4. Saya jg dl mikirnya gt, mbak. Tpi sampai sekarang masih bingung. Sbnrnya link itu didapat dari mana… Pucing jg mikirnya. Haha..

    Paling saya dapat dari blogwalking dan meninggalkan komentar. Soalnya saya belom pernah menemukan postingan yang membahas soal hal ini…

  5. wah gimana meningkatkan rank alexa ya,,,kayaknya masih 0 nih,,,,oh ya trims ya udah post mengenai alexa saya yg pemula ini jadi tahu,,,thnx

    salam

    fikri

    Terimakasih Fikri, sudah berkunjung…

  6. nice tutorialnya mbak.salam kenal 😀
    .-= nanangsya´s selesai [nulis] ..Belajar Membuat Bar Chart (Management Construction for Civil Engineering) =-.

    Terimakasih Mas Nanang sudah mampir. 😉

  7. Masalah Links in saya juga masih bingung… 😕
    Kadang saya ngerasa udah banyak ninggalin link di blog orang,bahkan blog yang dofollow tapi gak di itung sama alexa…
    Atau kah links in juga tergantung dari kualitas koment yang kita berikan??

    Mungkin juga. Saya berkomentar dengan berusaha dulu membaca, meski kadang ya sedikit kurang mengerti atas apa yang saya baca. Sebisa mungkin berhubungan dengan isi tulisan. Soal dihitung atau tidak, saya sendiri tidak terlalu memusingkannya.

  8. Blog yang baru di buat jika buat di blogspot, pasti jumlah link nya 430-an padahal baru di buat,, kok bisa ya?? saya menduga alexa dah salah tuh menghitung linknya,, atau jangan jangan link yang di maksud itu adalah link yang menuju blogspotnya bukan sub domain blogspotnya ,,, ah embuh aku ra mudeng… mba…
    ~~~
    Ya kali, sama dengan yang di Blogdetik. Alexanya ngikutin blogdetik-nya. Bukan alexa per blog. 😉

  9. dulu pertama kali buat blog dengan blogspot memang alexa links in rank saya tinggi banget, tapi tau-tau jadi nol gitu terus sekarang naek jadi 18, ya lumayan lah daripada ga sama sekali, he…
    Tapi ya itu tadi saya tetep ga ngrti juga bisa dapet dari mana

  10. Kalau sy melihat postingan mbak kali ini sepertinya sama dengan yg saya alami. saya pemula dan sedang berusaha menaikkan trafict rank. sy gabung web directory kesana kemari sampai lupa uda berapa. Tiba2 kok blog saya dikunjungi orang dari situs ini dan itu, padahal sy tdk pernah manaruh apapun dan comment apapun ke web itu, dari mana mereka tahu blog saya, setelah saya cek ke situs itu juga tdk ada blog saya.
    ada beberapa yg tercantum blog sy, cuman darimana itu ya, siapa yg cantumkan itu?. rupanya web directory yg sy ikutin juga membantu berperan. hanya utk “Link in” yg sy msh blm pasti tahu bgm menaikkan itu.

    mbak bagi tispnya dong sampai bisa ikut contes SEO. please apa ada software tertentu untuk menaikkan Rank web kita ?
    emailme ya : sinyodendi@yahoo.com
    .-= Rido selesai posting BBM 5.0.0.66 Leak (Bocor) =-.

  11. 🙁 Duuh bingung….
    baca comment2 diatas orang2 lg pd bingung mikirin blog’nya yang link in’nya bnyak tp gk tau sumbernya darimana…
    Saya malah bingung mikirin blog sy yang no’data padahal ‘comment di postingan orang? sering, blogwalking? ampe lupa makan, nulis? lumayan suka’ Apalagi yang kurang yang mba…?
    Mohon pencerahan ya mba buat newbie yang atu ne….

  12. Saya ingin bertanya tentang Alexa rank dengan Alexa link maksudnya apa.
    Saya buat satu website, tapi lucu. Alexa rank-nya 2.190 sedang link 26. Itu maksudnya apa. Padahal saya buat blog dengan alamat website di kolom ini. Alexanya g ada data. Padahal umurnya lebih lama dari website saya yang baru …!! Napa bisa gitu ..?? Mohon pencerahan ..!!
    .-= Mawardi selesai posting Membuat konten Blog yang kaya dengan 6 Tips Sederhana =-.

  13. O…. begitu ya masalah link ini itu!
    Sengaja saya nyari info ini, soalnya penasaran koq di blog saya blom ada link in-nya 😀

    Salam kenal Mba,

    Vidzas Erdien

  14. maka cieh???? :mrgreen:
    .-= Agus selesai posting t=v1+v2 ,Cara meningkatkan Traffic dan Popularity dengan Cepat dan Alami. =-.

  15. Wah trimaksih mbak atas tulisannya ini saya juga lagi nyari referensi cara naikin alexa renk tp nemu blognya mbak ini btw salamkenal ya !

  16. trim pencerahannya dan ku kan giat jalan2 ke blog sambil komen2 gitu ya
    ya yang mau backlink gratis silakan mampir hehehehe promosi ya…..
    trim sebelumnya salam kenal aja

  17. Dapat disimpulakan link di alexa di dapatkan dari comment ya?? Tapi kenapa saya sering comment di blog dofollow dan ter approve tetapi alexa site linknya tidak muncul? Padahal kalo saya cek dengan software lain sudah banyak site link in ke web saya mb???

  18. Aku juga bingung waktu pertama kenal tante Alexa. Pertama kenal 3 bulan yang lalu di widget semuanya “no data” setelah 1 bulan baru nongol angkanya. Trus links in sampai sekarang masih “bertahan” di angka 6 he he. Makanya lagi rajin blogwalking biar bulan depan kalo bisa “memanen” links in dari tante Alexa.

  19. Wahh, ini nih mas, artikel yang saya cari, saya udah lama penasaran tentang Links In yang ada di alexa. Akhirnya , saya udah agak mengerti sedikit. 🙂

  20. Saya juga lagi mengamat-amati, karena links in saya baru berdenyut, baru menunjukkan angka lima hari ini, saya juga berpikir2 bagaimana caranya, karena seperti yang diceritakan diatas, saya komen udah lama di blog2 tsb, blog sy sendir belum 2 bulan usianya, terimakasih ya
    Robby Shadri selesai posting Syntax Highlighter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge