Anchor Text Berlebihan Dalam Kontes SEO

Salah satu penyebab blog saya makin mundur di hasil pencarian dalam kontes SEO Kenali dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang adalah karena saya tidak mau [memaksakan diri] membuat postingan dengan anchor text yang tepat.

Apa anchor text itu?

Anchor text adalah teks atau tulisan pada sebuah halaman yang berisi link menuju pada halaman yang sama atau bisa juga halaman lain, yang dapat diklik. Biasanya berwarna biru dan bergaris bawah, tetapi semakin berkembangnya desain blog, anchor text bisa berwarna seseuai dengan desain blog tersebut.

Anchor text merupakan salah satu yang umum digunakan dalam sebuah kontes SEO karena dengan menempatkan keyword yang relevan dengan halaman yang diikutkan kontes, maka search engine akan memberikan nilai kepada halaman yang dituju tersebut.

Namun penggunaan optimasi dengan membuat postingan yang memiliki anchor text berupa keyword serupa dengan halaman yang dilombakan, membuat sebuah blog terlihat berisi ‘sampah’ belaka.

Blogger menjadi ‘setengah terpaksa’ berulang-ulang menulis hal yang sama dari waktu ke waktu, yang tidak berarti apa-apa untuk blogger lain yang membaca, selain berguna sebagai alat optimasi blog kontes belaka.

Sering menjumpai blog seperti itu?

Sebagai contoh, misalkan mengikuti kontes SEO kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang. Dalam beberapa bulan ke dapan, postingan-postingan dalam blog tersebut pasti ‘berbau’ kata-kata kunci atau keyword dalam anchor text yang berlebihan. Judul postingan berikutnya tidak jauh dari:

  • Mengikuti kontes SEO lagi di Pandeglang.
  • Mohon dukungan untuk kenali dan kunjungi wisata Pandeglang.
  • Naik posisi di objek wisata Pandeglang.
  • Mencari backlink demi objek wisata.

Dan Anda dapat melanjutkan daftar postingan yang kira-kira isinya sejenis dan sama-sama saja: berupaya semaksimal mungkin memberikan backlink berupa anchor text yang memiliki relevansi dengan halaman yang dilombakan.

Fine. Buat pembaca yang hanya sekali lewat, mungkin tidak akan berpengaruh banyak. Tetapi buat blogger yang berlanggaan update blog kita, akan sedikit ‘mengganggu’ kenyamanan mereka karena terpaksa membaca tulisan ‘sampah’ tersebut.

Sebisa mungkin, seharusnya tidak sekedar menampilkan tulisan yang memaksakan anchor text berlebihan demi kontes SEO. Tetapi pertanyaannya: mau menang atau mau kalah? Nah, ini pilihan yang sulit. Usaha untuk menang tentu saja membutuhkan pengorbanan. Dan saya memilih belum siap kehilangan pembaca loyal blog saya. Makanya saya masih menghindari membuat postingan yang hanya mengulang-ulang keyword demi posisi yang baik untuk postingan saya yang diikutkan untuk kontes.

Bagaimana pembaca? Apakah Anda terganggu dengan isi postingan blog-blog yang mengikuti kontes SEO?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

58 thoughts on “Anchor Text Berlebihan Dalam Kontes SEO”

  1. Dapat keduaxx dan ketigaxx..ya teh ga enak banget jika kita baca postingan yang berisi ancur anchor text yang berlebihan..salamat pagi. assalamu’alaikum..

    Punya saya ancur juga ya?

  2. hahaha ternyata baru sekarang sadar bahwa SEO itu tidak sekedar hasil pencarian mesin, melainkan informasi tentang apa yang ditulis dengan kata kunci itu.
    .-= mandor tempe´s selesai [nulis] ..komponen pasif pada tegangan DC dan AC =-.

    Bener, harus semakin sering mengulang-ulang kata kunci dalam postingan. Kalo nggak kontes sih nggak perlu-perlu amat, tetapi kalo kontes, dimana pesertanya banyak banget dan semua nembak keyword yang sama, terpaksa harus optimasi lebih kenceng…

  3. 😀 😀 sebenarnya ndak papa mbak… toh kita mengerti kalo yang punya blog lagi ikut kontes… 😀

    selamat berjuang mbak.. 😀

    Saya nggak maksimal optimasinya karena males nembak keyword melulu… :mrgreen:

  4. klo sesekali bundo maklum.. tapi klo tiap posting begitu terus, bundo goodbye aja 😀

    Makanya, saya takut Bundo Goodbye dari sini, jadi saya pilih nggak bikin postingan semacam itu.

  5. Kalau menurut saya, sah-sah saja seorang peserta kontes membuat postingan dengan anchor text. Dengan kata lain, mengoptimalkan internal link untuk postingan yang diikutkan kontes SEO. Saya punya pengalaman, internal link berpengaruh postitif terhadap posisi di Google.

    Namun, saya merasa risih bila peserta kontes melakukan aktivitas spam. Misalnya, menggunakan keyword dan link postingan dalam berkomentar.

    Oleh karenanya, saya cukup satu kali saja ikutan kontes SEO. Dalam pandangan saya, kontes SEO adalah sia-sia karena SEO bukan untuk dikonteskan. SEO adalah untuk meningkatkan trafik dari mesin pencari.
    .-= Blogodolar´s selesai [nulis] ..4 Keuntungan Menyajikan Roundup Posts =-.

    Sepakat. Memang sah memakai anchor, tetapi saya memilih untuk tidak melakukan demi pembaca.

    Dan pilihan nyepam di komentar apalagi, saya tidak akan lakukan.

    Betul, saya akhirnya memilih SEO untuk meningkatkan trafik saja, bukan untuk kontes.

  6. Waaah… jadi posisi dimana mbaq?… Jadi kalo berlebihan engga baik ya?…

    Saya sering menemukan blog yang didalamnya semua tentang kontes yg dia ikuti. Sisi lain menarik untuk disimak, sisi lain ngebosenin juga… 🙂

    Semangat terus mbaq, baca postingan terbaruku ya…. ada nama mbaq kumasukin… 😆
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Ngecek Jumlah Error kode HTML pada Blog =-.

    Memang kita bisa nyuri ilmunya, kalo dia nulisin di postingan, tetapi kalo sekedar ngulang-ngulang keyword doang tanpa arti, ya males…

    Ok, saya meluncur…

  7. Fenomena yang lumrah saya temukan pada saat musim kontes SEO. Seperti kontes SDSA-nya Joko Susilo yang belum lama berakhir.

    Kalo buat saya sih yang penting penyisipan link kontesnya tidak terlalu berlebihan. Satu postingan cukup 1-2 link kontes aja sebenarnya sudah cukup kok. Yang masang berlebihan mungkin karena belum terlalu paham teknik SEO (alias baru belajar). Mungkin dikiranya kalo banyak nyisipin link di dalam postingan bisa menaikkan posisi. Padahal… :mrgreen:

    Dan yang terpenting postingan yang ditulis (walau buat optimasi) tetap punya “sesuatu” bagi pembacanya. Bukan sekedar alat memperkuat backlink 😥
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..Jumlah Postingan dan Pengaruhnya Terhadap Trafik Blog =-.

    Google kan ngitung yang masuk ke postingan dari search engine, bukan dari referer, bukan begitu Mas? Jadi meski pembaca banyak ngeklik link di postingan tersebut, nggak dinilai, kan?

  8. Ada yang menganggu ada yang tidak…
    tergantung kemasannya saja siy Is..

    namun kontes SEO itu ibarat memilih menang atau mempertahankan idealisme akan loyalitas pembaca.
    Sulit….
    .-= Eka Situmorang-Sir´s selesai [nulis] ..Balonku ada 5 =-.

    Bener. Saya ternyata sejalan dengan mengikuti kontes, pilih yang nomer dua…

  9. sebenarnya cukup terganggu, tapi masih dimaklumi, kalau tidak suka ya tinggal close saja, hehe
    .-= wira´s selesai [nulis] ..Kuta Karnival 2009 di Bali =-.

    Hak yang punya blog untuk menulis apa saja, dan juga hak pembaca untuk memilih membaca apa saja. 😳

  10. wew… ternyata ikutan juga nie seonya iya nie… ehhh,, ktmu bang casrudi comment di sini… hahahahah… pengunjung setia baca trus… huhuhu.. buat para master yg kumpul di sini, selamat berjuang seo pandeglang yang saia blum kuat tuk ikuddd…. hehe… kl udh dpt bl dr mas, x ja br dpet… hehe
    .-= Materi Kuliah´s selesai [nulis] ..Implementasi Strategik dan Cost Leadership =-.

    Saya mah diurutan paling buncit… 😆 Udah nggak optimasi lagi.

  11. Gimana cara penggunaannya..?? apa sama dengan membuat link biasa??? ❓ ❓
    .-= Adrie´s selesai [nulis] ..Pasang Kotak Komentar di Blog =-.

  12. Anchor text berlebihan? Peduli amat. Anchor text itu kata kunci yang tertulis di halaman blog/situs atau kata yang muncul saat kata kunci akan diklik. Walau berbeda dengan kata yang ditulis. Aku masih kurang jelas. Ada yang bisa memperjelas? Terima kasih.

  13. Kalo saya pernah ikutan kontes SEO di dokternasir dot web dot id, alhamdulillah ga terlalu ngejar target macem2 seperti kebanyakan anchor text, berkisah apa adanya saja sambil sesekali nyelipin anchor text. Begitu dibaca ulang udah pas dan enak dibaca, publish saja tanpa beban apa2, alhamdulillah beberapa bisa dapet. Tapi sampe sekarang masih suka bingung, kata mana yang layak ditebelin atau diubah jadi anchor text untuk postingan biasa. ada saran?
    .-= Abu Faris selesai posting Smart ways Controlling High Cholesterol =-.

  14. Klo jumlah anchor text yg diperbolehkan setiap posting blog berapa ya? Apa bebas semau kita atau setiap 100 kate begitu? mohon sharing nya…

  15. Wah, ane mulai ngerti ni apa yang dimaksud dengan anchor text, Makasih berat buat yang nulis ni blog. Sedikit mendapat pencerahan. Awalnya ane kira blogger yang memasang link yang menuju blog mereka adalah orang yang kurang kerjaan. Ternyata ane salah, dan semua ada artinya….

    Maklum newbie…
    Salam kenal…

  16. Saya setuju dengan postingan tersebut…tapi saya masih bingung…caranya buat anchor text itu bagaimana??? Apakah text yang berisikan link itu bisa disebut dengan anchor text??? Kemrin waktu cari info meningkatkan backlink juga ada info untuk menuliskan anchor text pada comment…tapi masih bingung…mohon pencerahannya…kirim ke email yupp…makacihh…masih newbie nech..he..he..

  17. yah semua juga usaha orang untuk mendapatkan traffic. saya juga setuju memang seiring meningkatnya traffic, kualitas content postingan blog juga harus ditingkatkan pula. sehingga orang yang datang ke blog kita tidak akan betah dan merasa menemukan apa yg mereka butuhkan.

  18. makasih mas untuk pencerahannya tentang anchor text.
    ini saya lagi nyari-nyari info tentang itu dan saya temukan disini.
    saya lagi belajar bikin blog. mohon pencerahannya ya….
    belajar seo dari awal selesai posting Langkah langkah SEO

  19. Iya ya jadi begitu cara kerjanya… cuma untuk menerapkan di online store sulit juga ya, apalagi kalau pakai engine online store seperti virtue mart, zen cart dll, kurang leluasa untuk memasang anchor text nya.

  20. bro, untuk anchor text, kira2 ada limit nya ngga untuk di pasang pada tiap post? dan kalau misalnya banyak pasang anchor limit ada resiko nya ngga yah ?

  21. Mungkin bagi “mesin google” anchor text bermanfaat untuk menambah khasanah link, tapi bagi manusia malah bikin puyenk bacanya. Kaya tulisan bocah baru belajar mengarang.

  22. Semua yang membahas masalah link, back link, do follow, no follow, content, relation, memang masih sangat membingungkan. Masing2 memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.
    adam selesai posting Contoh Skripsi

  23. sedikit riset dr ane yang masih nubie, menurut saya peran anchor text ga terlalu pengaruh buat seo. (konten unik + tanpa SEO ) VS ( konten 75 copas + seo ) = masih lebih baik yang konten unik, karena…
    pasir silika selesai posting Definisi Batu Pasir

  24. Pemakaian anchor text yang berlebihan memang membuat pembaca setia merasa terganggu karena tentu saja mereka pasti berfikir 3L, apa itu 3L yaitu postingan ( Lo Lagi Lo Lagi ) hal ini membuat pembaca setia merasa cepat bosan dengan tulisan yang telah disajikan.
    Jadi pergunakanlah anchor text sebijaksana mungkin kalau bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge