Apa yang Anda Butuhkan Untuk Menjadi Bloger Sukses?

Dewasa ini banyak orang mencoba peruntungan dengan menjadi bloger. Bagaimana tidak, potensi menghasilkan uang yang tidak terbatas merupakan alasan paling masuk akal yang mendorong seseorang untuk mulai menekuni aktivitas tulis menulis di dunia maya.

Modalnya pun tidak terlalu banyak. Hanya bermodal beberapa ratus ribu saja sudah mendapatkan sebuah domain profesional (dotcom, dotnet, atau dotorg) dan hosting yang bagus. Juga tidak diperlukan keahlian khusus untuk mengoperasikan blog karena beberapa penyedia domain dan hosting akan membantu kliennya langkah demi langkah menginstall sampai blog tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, jika Anda juga mempercayai bahwa blog bisa mengubah hidup Anda dan ingin mulai mendapatkan pemasukan dari blog, berikut adalah apa yang Anda butuhkan untuk menjadi bloger sukses:

1. Mencintai Aktivitas Menulis

Bloger adalah penulis. Kenyataannya tidak semua orang memahami hal tersebut. Itu mengapa sebagian besar bloger gagal mendapatkan uang. Karena mereka tidak pernah menyukai aktivitas menulis.

Sebagai bloger, kita dituntut untuk terus menulis. Bukan sebulan atau dua bulan. Namun sepanjang tahun. Jika Anda tidak mencintai aktivitas menulis, maka Anda akan tersiksa sendiri. Ujung-ujungnya malah malas sehingga ketidakkonsistenan Anda berakibat menurunnya trafik. Dan Anda pun akan mengalami kegagalan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan mencoba peruntungan menjadi bloger, alangkah baiknya jika Anda mulai berlatih menulis dan berusaha mencintainya terlebih. Setelah Anda terbiasa menulis, maka Anda bisa mulai ngeblog.

2. Anda Tidak Bisa Sukses Jika Melakukan Semuanya Sendirian

Banyak bloger yang terlalu mengandalkan kemampuan diri sendiri untuk sukses. Mereka terus menulis konten berkualitas sepanjang tahun. Namun masih saja mengalami kegagalan.

Mengapa demikian?

Karena mereka terlalu mengandalkan diri sendiri. Itu adalah kesalahan terbesar. Untuk menjadi sukses, Anda membutuhkan bloger lain. Anda butuh backlink dari bloger lain. Anda butuh komentar dari bloger lain. Dan Anda butuh bekerja sama dengan bloger yang membahas topik sejenis untuk saling mempromosikan konten-konten terbaik Anda.

Untuk menjalin hubungan dengan bloger lain, maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
• Berkomentar di blog lain sesuai dengan topik blog Anda
Menjadi penulis tamu
• Merekomendasikan tulisan bloger lain
• Berdiskusi melalui media sosial
• Bergabung di forum-forum bloger

Saat Anda sudah mampu menjalin hubungan baik dengan bloger lain, Anda sudah satu langkah lebih maju dibanding bloger pemula lainnya.

3. Menguasai Topik yang Anda Pilih

Banyak bloger ngeblog tanpa perencanaan yang matang. Mereka dengan optimis memilih topik yang tidak benar-benar mereka kuasai. Akibatnya, kontennya asal-asalan sehingga tidak menarik lebih banyak pengunjung.

Untuk menjadi bloger sukses, Anda perlu menjadi ahli di bidang yang Anda tuliskan. Agar konten Anda bermutu dan sesuai dengan ilmu pengetahuan atau perkembangan terbaru tentang topik yang Anda angkat. Itu berarti Anda harus terus belajar tentang topik blog Anda agar tidak kalah bersaing dengan bloger lainnya.

Sekarang tanyakan kepada diri sendiri, kira-kira topik apa yang Anda kuasai atau topik seperti apa yang Anda mau mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Dan jadilah ahli di topik tersebut. Maka dalam waktu singkat blog Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

4. SEO

SEO merupakan momok tersendiri bagi sebagian besar bloger. Tidak hanya rumit, tapi juga membutuhkan kesabaran tinggi untuk menguasai teknik yang satu ini. Tapi Anda wajib untuk mempelajarinya untuk menjadi bloger sukses.

Bayangkan ketika Anda telah menulis konten yang luar biasa bagus. Namun karena Anda tidak mau menggunakan teknik SEO, konten tersebut sulit ditemukan. Ironis, bukan?

SEO merupakan jaminan kesuksesan karena mampu membawa pengunjung organik yang tidak terbatas sepanjang tahun. Satu saja artikel yang duduk di halaman pertama Google untuk kata kunci populer, Anda akan kebanjiran ribuan pengunjung tanpa bersusah payah lagi. Itulah kekuatan SEO.

Jika Anda masih baru dan tidak mengerti tentang SEO, maka Anda boleh membaca “Cara Mudah Belajar SEO”.

Tentang Penulis:

Shiq4 adalah penulis artikel freelance. Anda bisa mengunjungi blognya Shiq4.wordpress.com untuk mengenal Shiq4 lebih jauh atau ingin memesan artikel berkualitas dengan standar SEO.

18 thoughts on “Apa yang Anda Butuhkan Untuk Menjadi Bloger Sukses?

  1. Kalau boleh menambahkan, ikuti juga beberapa kompetisi blog/competition. Namun tujuannya disini jangan dulu ngejar juara…

    Cukup niatkan untuk mengasah kemampuan menulis saja. Kalaupun dapat gelar juara, biar jadi BONUS. hehehe

    #CMIIW

  2. SEO ini yang sedikit membingungkan, apalagi jika algoritma google search berubah terus, bisa bisa kena pinalti jika teknih SEO jadul yang di pakai. Terima kasih atas artikelnya. Sangat inspiratif

  3. Yang paling susah memang mencintai aktivitas menulis. Yang saya rasakan, biarpun udah tau dikit masalah SEO, mencintai nulis itu susah banget. Cepet jenuh. -,-

  4. Salah satu yang menjadi kendala saya saat ini adalah menulis.. saya gunakan blogspot pun salah satu tujuannya adalah agar bisa nulis..
    Maaf mau tanya mas..
    Tips menulis itu bagaimana yeah ?..
    Terimakasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge