Apakah Artikel Anda Berkualitas?

Artikel ini ditulis oleh Leo Ari Wibowo dari Majuter.us

~~~

Saya yakin teman-teman blogger sudah sering membaca saran atau tips di berbagai blog yang menyarankan agar kita harus selalu membuat artikel berkualitas jika ingin berjaya di SERP Google.

Tapi sebagian besar tips yang diberikan lebih banyak mengambil sudut pandang dari sisi penulis. Menurut saya itu adalah hal yang ….. bukan salah, hanya kurang tepat.

Kenapa?

Karena kita tidak akan bisa menilai sebuah artikel tersebut berkualitas atau tidak jika kita menilainya dengan sudut pandang sang penulis artikel. Yang terjadi adalah penilaian kita akan selalu subyektif. Toh kita yang menulis artikelnya, tentu saja menurut kita artikelnya berkualitas (atau bahkan sangat berkualitas?).

Pendapat saya, yang berhak menilai artikel berkualitas atau tidak adalah sang pengunjung atau pembaca artikel blog kita.

Maka dari itu, jika kita ingin menilai artikel yang kita tulis tersebut berkualitas atau tidak adalah dengan mengambil sudut pandang pengunjung atau pembaca artikel. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan sebuah pandangan yang obyektif yang nantinya diharapkan akan membuat artikel kita menjadi lebih berkualitas.

Ajukan Pertanyaan

Hilangkan subyektifitas dan bayangkan anda adalah seorang pengunjung blog anda. Lalu ajukan beberapa pertanyaan berikut ketika membaca artikel anda….

  1. Apakah anda percaya dengan informasi di dalam artikel yang anda baca?
  2. Apakah artikel yang anda baca menjawab pertanyaan anda?
  3. Apakah wawasan atau pikiran anda terbuka ketika membaca artikel tersebut?
  4. Apakah artikel tersebut ditunjang dengan riset yang meyakinkan?
  5. Apakah artikel tersebut melewati quality control yang baik? Contoh : tidak ada salah ketik, salah sebut nama, dan sebagainya.
  6. Apakah anda tergerak untuk menekan tombol tweet, like/share, +1, atau memberi rating bintang 5 setelah membaca artikel tersebut, bahkan tanpa perlu dibujuk?
  7. Bila anda diposisikan menjadi blogger lain, akankah anda merujuk artikel tersebut sebagai sumber?

Sebuah artikel berkualitas akan memberi jawaban positif dari 7 pertanyaan di atas. Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana dengan artikel anda? Apakah artikel anda sudah berkualitas?

Comments
  1. 2 years ago
    • 2 years ago
      • 2 years ago
  2. 2 years ago
  3. 2 years ago
  4. 2 years ago
  5. 2 years ago
  6. 2 years ago
  7. 2 years ago
  8. 2 years ago
  9. 2 years ago
  10. 2 years ago
  11. 2 years ago
  12. 2 years ago
  13. 2 years ago
  14. 2 years ago
  15. 2 years ago
    • 2 years ago
  16. 2 years ago
  17. 2 years ago
  18. 2 years ago
  19. 2 years ago
  20. 2 years ago
  21. 2 years ago
  22. 2 years ago
  23. 2 years ago
  24. 2 years ago
  25. 2 years ago
  26. 2 years ago
  27. 2 years ago
  28. 2 years ago
  29. 2 years ago
  30. 2 years ago
  31. 12 months ago
  32. 9 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge