Ayam Betutu Di Renon, Enak!

Awalnya, gara-gara status di Facebook saya yang mengundang kontroversi. 😛 Saya bilang: Habis makan nasi Padang, saatnya tidur. Salah satu komentar yang masuk bilang: Ngapain jalan-jalan jauh ke Bali kalau hanya untuk makan nasi padang! Makan ayam betutu kek, atau sate lilit kek!

Doh, saya jadi tertantang juga buat makan Ayam Betutu dan Sate Lilit. Saya bilang ke teman sekamar soal status itu, sepertinya kita perlu coba tuh. Gampang, jawabnya.

Esok paginya, diajaklah saya ke Kuta. Dan teman yang kami kunjungi ini saya kompori buat nyobain masakan Bali yang direkomendasikan itu. Jadilah kami tanya ke sopir taksi, di mana tempat makan Ayam Betutu yang enak di Bali. Si sopir membawa kami ke salah satu rumah makan yang menyediakan ayam betutu yang terkenal di Bali. Ada di daerah Renon, di jalan Merdeka 88.

Saat tiba di depan rumah makan, saya nggak begitu yakin dengan rumah makannya. Apa pasal? Gambar di depan rumah makan Ayam Betutu itu adalah sebuah tokoh wayang (semar kalo nggak salah) yang digambar dengan seadanya di dinding. Saya perhatikan papan namanya, rupanya semar tersebut diperankan oleh orang (pemilik warung makannya?) yang didandani dengan lipstik merah dan bedak putih tebal. Nggak banget deh.

Bertiga kami order Ayam Betutu dan Sate Lilit sekaligus. Nasip kurang baik bagi kami karena sate lilitnya habis. Ya sudah, diganti dengan sate udang. Makanan tersaji dengan cepat, nggak sampai 5 menit langsung datang.

Hmmm, ternyata memang sedap bener yang namanya Ayam Betutu Bali ini. Ayam kampung yang dimasak dengan sedikit kuah berbumbu rempah. Nikmatnya… Wajib di coba jika Anda pergi ke Bali. Harganya pun tak mahal. Tiga porsi nasi dengan Ayam Betutu, minum jus jeruk dan satu porsi sate udang hanya Rp. 110.000,- Ayam betutu ini di makan dengan cah kangkung, sambal bawang merah mentah dan kacang goreng.

PS: Foto ada facebook saya, sulit ngaplot ke blog. Akan saya tambahkan jika sudah terhubung via laptop atau kompie.

29 thoughts on “Ayam Betutu Di Renon, Enak!

  1. Itu mah mahal mbak 😈
    .-= rauff risharasakti selesai posting Pilih MU, Arema Atau Milan? Di kandang Milanisti =-.

  2. Ha ha ha… ngakak saya bacanya. Mba Nunik, itu sih bukan Semar. Namanya Dadab, salah satu tokoh lawak di Bali.

    Kalau soal betutu ni…. jagonya itu di daerah saya. Tepatnya di Gilimanuk. Nama cikal bakalnya pembuat betutu ini namanya Men Tempeh. Yg lainnya tak kalah lezat; Bu Lina. Wah kalau di Gilimanuk… mmmm…. yummy… dijamin! pasti lezat pokoknya… la wong cikal bakalnya kok.

    Tadi saya nulis ttg Water-B, na itu tempatnya deketan, Men Tempeh itu di terminal Lama, Water-B di terminal Baru.
    .-= budiastawa selesai posting Melirik Water Beach, Gilimanuk =-.

    1. men tempeh didlm terminal lam gilimanuk ada 3 ya, yg satu di tengah warungnya tinggi, yg kedua persis disebelah yg 1 tp tmpat agak rendah, yg ke 3 dipinggir dkt jalan masuk terminal. Mana yg aslI?? apa malah semuanya asli? soale semua pake nama men tempeh

  3. @Bli Budiastawa: heheheh, sok tau ya saya nulis semar, padahal namanya Dadab, tokoh lawak di Bali. Baru tau saya.

    Di plang nama memang Ayam Betutu ini khas Gilimanuk. Saya lewat Gilimanuk kemaren jam 2 pagi, jadi nggak perhatiin kalo di Gilimanuk ada ayam betutu enak.

  4. Wahh..senang rasanya berwisata dan menikmati hidangan kuliner khas Bali. Coba yg lainnya juga Mbak, masih banyak menu istimewa masakan tradisionil yg lebih Mak Nyus rasanya…Selamat menikmati liburan n jalan-jalannya

  5. sepertinya enak banget, mbak. sayang saya tidak punya ongkos buat ke bali nya. nasiiib. 🙁
    .-= Den Hanafi selesai posting Test kebugaran from jayagiri to tangkuban parahu =-.

  6. saya juga pernah makan tuh..tapi lupa namanya apa..
    dan keknya harga 110K agak mahal..
    tapi mungkin sebanding ya ama kualitas makanan dan tempatnya..:)
    .-= Ipul selesai posting Cerita Tentang Bandara =-.

  7. Saya belum pernah makan ayam betutu deh. Di Jakarta ada tuh, tapi juga belum pernah makan juga he he he
    salam hangat dari Plesiran-blog tentang travelling sak jagad.
    Mau promo wisata di Klaten ? silahkan kirim email kepada kami. Sebuah buku akan saya kirimkan setiap artikel yang dipublish di Plesiran.
    .-= Plesiran selesai posting Tari Jaipong, Masih Populer Sampai Kini =-.

  8. Wah kayaknya suka makan2 nih, berarti gampang nebak teka-teki saya donk ttg nama makanan.
    Silahkan join dan dapatkan hadiah menarik berupa tas imut, bahan kain Kalteng dan buku sesuai pilihan anda.
    Salam hangat dari Andhok.

  9. tadinya saya mo komen kayak gt di fesbuk
    ternyata sudah ada yg mewakili 😀
    .-= Abu Ghalib selesai posting Enaknya Pake Baju Warna Apa Ya? =-.

  10. wah pada ngomongin bali ya,,, lam knal ja ma semuanya,,,, kbtulan sy dr bali uga, klo tntg ayam betutu slm ini yg paling sy suka sich tu ayam betutunya men tempeh gilimanuk… mak nyos susah tuk nglupain” muantap buanget pedesnya,,, ya klo yg laen ciri khas bali slain babi guling” ada srombotan tuch… sayuran yang dari klungkung seger buanget,,, ya kapan” klo mo kbali silahkan hub kami: siap tuk bantu teman” yg pingin tau bali lebih dalam lagi,,,, n kebetulan tgl 14 juni saya mo maen ke solo,, klo ad tmn” disana kt bs ktemuan yuk disana,, itung” nambah temen gitu dech…..

  11. btw di jln diponegoro (?) denpasar, di halaman ruko dpn ramayana ada sup kepala ikan karang yg mak nyuuuussss banget, tp memang kayaknya bukan khas bali sih soale penjuale orang jawa. tp nek soal maknyusnya…wah bikin merem melek deh!! sayangnya bukanya cuma siang aja, mulai jam 11 an

  12. Hello.This article was extremely interesting, particularly because I was looking for thoughts on this subject last Friday.

  13. Selamat malam rumah makan Ayam Betutu,mau tanya apakah ada ruang untuk pertemuan dngn jumlah 10 orang?minta nmr telepon yang bisa di hubungi.terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge