Baca Artikel Ini Sebelum Anda Memilih Blogger atau WordPress

(Ditulis oleh Alexandromeo sebagai Guest Blogger)

 

Blogger dan WordPress adalah sama-sama blogging servis gratis. Keduanya menyediakan jasa di mana Anda dapat mengoperasikan blog Anda. Sebelum membahas lebih jauh mengenai mana yang harus Anda pilih antara blogger atau wordpress ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Banyak orang sering salah kaprah dan menyamakan keduanya.

WordPress

WordPress.org atau sering disebut juga self-hosted WordPress adalah program web-platform di mana Anda dapat membuat website, namun Anda harus membeli web hosting dan domain sendiri. Berbeda dengan WordPress (self-hosted), wordpress.com sudah menyediakan domain dan hosting. Apa hanya itu saja perbedaannya? Lalu, bagaimana dengan Blogger? Bagaimana perbandingan ketiganya? Oke, simak penjelasan berikutnya.

Perbandingan Antara Blogger, WordPress.com, dan WordPress (Self-Hosted)

How Joyful (howjoyful.com) membuat tabel perbandingan antara ketiganya yang akan sangat membantu Anda dalam memahami ketiga web platform tersebut. Sebuah kesalahan besar jika Anda memilih salah satu dari ketiganya jika tidak mengetahui detail mengenai fitur serta kelebihan dan kekurangan masing-masing web platform tersebut. Pemahaman tersebut akan sangat membantu Anda dalam memilih blogger atau wordpress.

Berikut tabel perbandingan antara ketiganya.

WordPress.org (Self-Hosted)WordPress.comBlogger
BiayaProgram gratis, namun tidak untuk hosting dan domainGratisGratis
Tingkat PengaturanAnda dapat melakukan beragam pengaturan, di antaranya membuat tampilan seperti blog atau website, membuat slideshow, memasukkan PHP, Javascripst, dllAnda tidak bisa menggunakan theme custom, namun Anda tetap bisa mengatur CSS file.Memiliki pengaturan yang hampir sama dengan WordPress (Self-Hosted), namun dengan kapabilitas yang terbatas.
Tingkat PersiapanAnda harus mempersiapkan database, baru kemudian menginstal software WordPress di web hostingAnda tinggal membuat akun. Anda juga bisa memiliki banyak blog dalam satu akunAnda tinggal membuat akun. Anda juga bisa memiliki banyak blog dalam satu akun
Software UpdateSoftware dan plugin harus di-update sendiri (manual). Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika versi terbaru munculUpdate otomatis untuk software, tidak untuk pluginUpdate otomatis dengan (biasanya) adanya pemberitahuan terkait penambahan fitur baru
Memperbolehkan Pages (halaman)Bebas dan tidak terbatasYaSampai dengan 10 pages
Dukungan WidgetYaTidak. Dukungan untuk 3rd party scripts dan kebanyakan kode HTML tidak tersedia.Ya
Domain CustomYa, malahan Anda harus memiliki domain custom (bebas).Ya, Anda bisa menyambungkan link domain Anda dengan membayar biaya tambahan per tahun.Ya, Anda bisa menyambungkan link domain Anda dengan gratis.

 

Kesimpulannya, Pilih yang Paling Cocok dengan Visi dan Kebutuhan Anda

Dari tabel di atas, Anda dapat melakukan penilaian terhadap masing-masing web platform. Web-platform terbaik adalah web-platform yang paling memenuhi visi kebutuhan Anda. Ketika Anda memilih web-platform tersebut, Anda dapat menggunakan 2 pertimbangan berikut ini.

  1. Visi

Pikirkan dengan matang, apakah Anda akan membuat blog atau website untuk keperluan pribadi atau untuk keperluan bisnis. Perbedaan visi akan memengaruhi pilihan dan kenyamanan Anda. Perhatikan juga jangka waktu dari visi Anda, apakah Anda membutuhkan blog atau web untuk jangka waktu panjang atau pendek.

  1. Pengalaman

Jika Anda seorang pemula, maka sebaiknya pilih platform web yang paling user-friendly alias paling mudah digunakan. Jangan terlalu memikirkan konten dan bagaimana Anda mengoperasikan blog ketika suatu saat nanti menjadi ramai. Jangan terlalu banyak berpikir mengenai hal teknis. Lakukan saja dan coba dulu.

Jadi, Anda pilih yang mana? Blogger atau WordPress atau keduanya? Harsh Agrawal (blogger pro) menulis sebuah jawaban menarik mengenai dilema tersebut. Dalam artikelnya yang dipublikasikan di Shout Me Loud (shoutmeloud.com), Agrawal menganjurkan agar Anda memulai dengan menggunakan WordPress.com atau blogger. Setelah dirasa cukup dan berpengalaman, Anda bisa mencoba menggunakan WordPress (self-hosted).

2 thoughts on “Baca Artikel Ini Sebelum Anda Memilih Blogger atau WordPress

  1. Untuk blogger pemula memang kadang bingung. Di grup2 facebook sering saya temukan anak2 muda yg baru mau ngeblog nanya2 masalah platform. Tapi herannya, mereka kadang ngga jelas visinya. Apalagi dgn banyaknya ‘rayuan’ blogger2 lain ttg adsene, yah, jadi taunya mereka itu blog untuk dapet duit.

    Terus, maunya apa-apa gratis, jadilah banyak yg milih blogspot. Sama kayak pengalaman saya dulu hahaha

    Tapi kalau saya ditanya, mana yg lebih baik, saya tanpa ragu bilang WP self-hosted. Titik. Kalau ada yg ngeles kenapa harus keluar biaya dan macem2, well, saya tanya balik, kamu ngeblog itu tujuannya apa? Kalau utk curhat2an ya mending di medsos aja 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge