Bagaimana Cara Saya Menulis untuk SEO Content

Artikel ini kiriman Ridwan Alamsyah, pemilik Epic Creator. Teman-teman juga bisa menulis untuk blog ini dengan membaca ketentuannya di halaman Guest Blogger.

~~~

Setiap blogger memiliki caranya sendiri ketika menulis artikel blog. Dan salah satu tahap paling penting disebut membuat SEO content yang artinya artikel anda teroptimasi dengan baik di mata search engine.

Bagaimana saya menulis SEO content?

Bagi saya SEO content sama sekali gak gampang, khususnya pada orang yang memakai trik SEO ala kadarnya seperti saya. Tetapi, itulah tuntutan dan keharusan. Kita butuh mengopimasikan artikel bukan hanya untuk pembaca namun juga untuk search engine. Kita butuh traffic yang berasal dari search engine, karena jembatan yang menghubungkan kita dengan pembaca adalah search engine. Menurut opini saya, SEO content adalah kombinasi artikel berkualitas untuk pembaca dan optimasi yang simpel untuk search engines.

Jadi, apa yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik?

Baik di mata search engine tanpa mengurangi kualitas artikel untuk pembaca Inilah beberapa teknik menulis SEO content yang baik untuk pembaca maupun untuk search engine.

Rencanakan keyword sebelum menulis

Gunakan SEO tool seperti Google Analytics, Google Keyword Planner, Market Samurai dan lain-lain untuk membuat pilihan keyword terarah. Semakin sering anda mencari keyword yang tertarget, semakin banyak pengunjung yang mendatangi blog anda.

Mencari keyword yang spesifik adalah pilihan terbaik

Jika anda membidik keyword yang spesifik (biasanya memiliki 2-5 kata), lalu anda membuatnya menjadi artikel, anda akan kebanjiran pembaca dalam waktu singkat. Tetapi, masalahnya mencari keyword yang spesifik tidaklah mudah begitu pula saat anda membuat artikel tersebut.

Triknya adalah dengan mencari kumpulan keyword yang memiliki nilai “global monthly searches” yang tinggi dan masuk dalam kategori “low”/”averagecompetition, yang artinya orang-orang yang mencari kata tersebut lumayan banyak, namun hanya sedikit penulis yang membuat artikel dengan judul yang terkait.

Hindari pengulangan keyword yang tidak wajar

Ketika anda menulis tentang “tips ngeblog” sebagai target keyword. Hindari trik seperti contoh dibawah ini. Nah, sekarang saya akan menjelaskan tentang tips ngeblog, apa-apa sajakah tips ngeblog itu. Anda pasti penasaran untuk mengetahui hal-hal mengenai tips ngeblog. Inilah daftar-daftar tips ngeblog yang membuat blog anda menjadi no.1

Tolong, hindari cara penulisan seperti itu.

Pengulangan keyword yang tidak wajar disingkat “Keyword Stuffing” artinya mengulangi jumlah keyword lebih daripada yang seharusnya dibutuhkan. Biasanya trik ini digunakan untuk memperkuat keyword density. Idealnya keyword density (jumlah keyword per 100 kata) adalah 2 – 5 %, untuk mengetahui kepadatan keyword di artikel, saya menggunakan plugin Seoquake.

Tetapi, jika anda masih menggunakan trik seperti contoh di atas untuk mendapatkan peringkat di mata search engine, maka anda sudah ketinggalan zaman, cara tersebut malah bisa menurunkan peringkat anda di mata search engine saat ini.

Kesimpulan Menulis SEO Content

Menulis SEO content yang seimbang baik untuk pembaca maupun search engine bukanlah perkara yang mudah. Kita haruslah meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel yang baik dan terus mengupdate pengetahuan baru tentang SEO.

Teknik pribadi saya hanyalah teknik sederhana, seperti menggunakan <alt> tag pada gambar, mengganti <b> menjadi <strong>, <i> menjadi <em> dan teknik sederhana lainnya. Untunglah ada SEO tool seperti www.word2cleanhtml.com yang dengan cukup mudah mengoptimasi secara otomatis dan mengganti ke html format secara instan.

45 thoughts on “Bagaimana Cara Saya Menulis untuk SEO Content

  1. Tips yang sangat berguna untuk saya. Tapi, selama ini saya tak pernah memperhatikan soal SEO Content, yang penting saya terus menulis. Tak peduli apakah tulisan saya itu ramah di mesin pencari atau tidak. Mudah-mudahan ke depan saya bisa mempraktikkan kiat sederhana ini. Terima kasih
    Taufik Al Mubarak selesai posting Ini Kampungku, Mana Kampungmu?

  2. saya memang salah satu blogger yang tertarik dengan SEO meskipun saya nggak ngerti gimana cara naikin rank di google *apaan seh ini komentar*.

    tapi tetap, bagi saya menulis adalah refleksi diri dari keseharian kita. jadi ya, natural memang lebih oke. dan well, mungkin bisa sedikit disisipi kata kunci. Tapi latihan dulu kayaknya 🙂
    Miss Rochma selesai posting Nugget Sapi Ala Mama Arkananta

  3. Maaf, saya lemot, udah ibu2 estewe sih ya. Coba kalau dilengkapi screenshot atau video contoh pencarian keywordnya seperti tutorial2 gitu, mungkin lebih mudah ngerti. Selama ini udah baca buanyak banget tulisan ttg SEO tapi gak ada yg pake cara tsb jadi ya nggak mudeng2.
    Lusi selesai posting Suzie Icus: Guru Muda, Maju & Mandiri

    1. untuk keyword stuffing bukan begitu maksud saya,
      jika keywordnya “tips ngeblog”, maka kalau diulang sekali saja, tidak akan cukup untuk terlihat di mata search engine, tetapi jika berlebihan juga tidak akan disenangi oleh search maupun pembaca.

      lalu, cara untuk mengetahuinya apakah optimal atau tidak..
      salah satunya adalah dengan plugin Firefox yg saya jelaskan diatas… SEOquake

      nah, untuk penebalan/penggarisbawahan anda tepat sekali.
      ridwan alamsyah selesai posting Langkah demi Langkah Menuai Sukses dari Guest Blogging

  4. Dahulu ketika pertama kali ngeblog saya asal nulis saja dan banyak yang masuk halaman pertama dengan seo ala kadarnya, namun akhirn-akhir ini semua susah untuk masuk halaman pertama walaupun seonya sudah ditingkatkan, jadi ya yang penting nulis aja, ngeblog aja.
    Jack Ma selesai posting Resep Soto Gombong Yang Paling Maknyus

  5. SEO Ibarat Pisau bermata dua kalau tidak rajin mengasahnya akan “mencabik-cabik” blog kita dari posisi SERP namun bila kita sibuk dengan SEO kita jadi kehilangan makna dari menulis itu sendiri,

  6. Thanks banget untuk tulisannya, sangat bermanfaat sekali tentunya.
    Semoga semakin banyak blogger yang mengerti akan hal ini dan tentunya bermanfaat untuk dirinya dan orang-orang yang membaca tulisannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge