Bahagianya Saat Hamil Muda

Rasanya deg-degan ketika tepat sebulan yang lalu saya terlambat menstruasi. Saat itu, saya sedang tugas selama 4 hari ke luar kota. Dan nggak langsung ngasih kabar ke suami kalau sudah terlambat. Masih belum mau seneng duluan, eh, ternyata besoknya nongol. Sehari sebelum kepulangan saya ke rumah, saya baru mengabarkan kalau sudah tiga hari terlambat. Dan sebelum sampai rumah, saya mampir mini market buat beli testpack.

Pagi harinya, saya test sendiri, hasilnya meragukan. Ada satu garis merah yang nyata, dan satu lagi garis samar berwarna pink. Dari hasil baca-baca di websitenya pabrikan testpack tersebut, dijelaskan bahwa hasil test bisa saja false positive. Waduh, belum bisa seneng dulu nih. Tapi dalam hati saya sudah yakin, kalau ini bakalan positif hamil. Lima hari berikutnya, saya ke laboratorium buat ngecek kehamilan. Ternyata, hasilnya sama saja, masih meragukan, dan saya diminta datang lagi tiga hari kemudian.

Hari Jumat, 9 Desember 2011, barulah hasil test yang ketiga bisa disimpulkan bahwa saya positif hamil. Itu berarti, kalau menurut hitung-hitungan, saya mulai hamil sejak sekitar tanggal 18 November 2011. Hari ini, 18 Desember, berarti tepat satu bulan usia kehamilan saya. Masih sangat muda sih, masih rentan kata dokter. Nasehat-nasehat yang diberikan ke saya lumayan banyak –dan standar-, diantaranya nggak boleh kecapean, jangan makan yang terlalu pedes, nggak boleh naik turun tangga, rutin minum vitaminnya dan “istirahat” dulu ya.. πŸ˜‰

Saya sih udah lumayan rajin browsing segala hal yang berhubungan dengan masa-masa hamil muda. Dan untungnya, kehamilan saya ini nggak terlalu bikin repot. Yang pasti, saya nggak ngalamin yang namanya morning sickness. Sama sekali nggak mual-mual seperti bayangan saya akan orang hamil muda. Sinetron dan film kan selalu menggambarkan kehamilan, terutama kehamilan yang tidak diinginkan dengan muntah-muntah di wastafel. Dan kepergok sama mamanya, baru deh ketahuan kalau lagi hamil, hehe.. Saya sama sekali nggak mual. Alhamdulillah.

Soal ngidam, ini sih sebenernya mungkin bukan juga ngidam. Cuma manja dikit aja. Pengen ini itu, maunya dituruti. Seperti mau dibeliin gorengan, bubur ayam, atau pempek, yang akhirnya malah nggak jadi dimakan. Udah susah-susah dibeliin, akhirnya suami juga yang ngabisin.

Yang nggak bisa saya hindari adalah kebiasaan minum kopi, walaupun dengan berat saya kurangi dosisnya. Pada minggu-minggu awal kehamilan, saya ingat betul saat di luar kota itu, dalam satu hari saya bisa mengkonsumsi 3 cangkir kopi, setiap hari. Belakangan ini, sudah jauh berkurang, bisa dua hari satu kali minum kopi. Kalau teh manis, tetep jalan terus.

Efek hamil muda yang paling berat saya rasakan adalah mudah lelah dan mudah ngantuk. Jam biologisnya juga jadi kacau. Menguap dan kantuk tak tertahankan datang di jam 9 pagi. Malu juga kan, di kantor nguap-nguap terus, padahal masih pagi. Dan saya yang biasa tidur hampir tengah malam, atau justru menjelang pagi, sudah bisa lelap di jam 8 atau 9 malam gara-gara lelah tingkat tinggi. Suami dapat tugas mijitin sampai saya tidur. πŸ˜† Tapiii, jam 1 atau jam 2 dini hari, pasti terbangun dan susah tidur lagi sampai menjelang pagi. Padahal kan ya harus tetep bangun untuk kerja. Susah deh jadinya. :-(

Soal makanan, saya jadi pemalas. Gampang bosan memakan yang sudah pernah dimakan. Nggak nafsu lihat makanan. Jadinya hanya sedikit yang masuk ke perut. Dan karena sejak dulu saya nggak suka buah-buahan, ya tetep aja pas hamil muda saya juga nggak suka buah. Konon katanya orang hamil muda suka makan buah yang asem-asem, seperti mangga muda atau belimbing, saya sama sekali enggak. Dan demi memasukkan buah ke dalam perut, saya beli jus dalam kemasan karton siap minum. Dapat teguran dari Bulik, katanya jangan minum jus yang seperti itu, banyak pengawetnya, lebih baik bikin sendiri. Weleh, repot amat ya, kalau harus blender sendiri, hehe..

Dari dokter, saya dapat dua jenis vitamin. Yang satu saya nggak ngerti apa itu, berwarna kuning bulet kecil, dan sepertinya generik. Yang satu lagi bermerk ForMom keluaran Pyridam, yang saat saya browsing ternyata itu adalah suplemen vitamin dan mineral selama kehamilan dan menyusui. Kalau dibeli di pasaran harganya Rp. 1.500,- per butir, diminum sehari sekali. Kandungannya antara lain beta karoten, kalsium laktat, tembaga sulfat, vitamin B1, B2, B6, B12, C, dan vitamin D. Mantap deh. Oiya, saya juga minum CDR. *bukan iklan*

Meski bikin mudah lelah dan badan rasanya aneh karena perubahan hormon di dalam tubuh, ya harus tetep dinikmati deh masa-masa hamil muda ini. Bahagia rasanya karena akan menjadi ibu. Semoga sampai saatnya melahirkan nanti nggak merepotkan prosesnya. Buat teman-teman yang sedang menanti dianugerahi jabang bayi di dalam rahimnya, semangat ya! Semoga bisa segera nyusul saya. Amiin.

| Sudah dibaca 8,766 kali.

58 komentar di tulisan “Bahagianya Saat Hamil Muda

  1. Saranku, selama hamil terlebih nanti ketika sudah melahirkan, jangan terlalu mudah percaya pada banyak informasi yang ditawarkan buku dan internet mengko malah mundhak bingung dewe koyo bojoku mbiyen jaman mbobot anakku.

    Percayalah dan selalu menjadikan ucapan dokter sebagai pedoman.

    Sekali lagi selamat ya! Nanti pas aku mudik aku wes iso nggendhong ponakanku :)
    DV selesai posting Sondang

  2. Rutin saja periksa kehamilan ke dokter ataupun bidan.Semoga lancar saja Mbak,sang jabang bayi nantinya jadi anak sholeh atau sholehah yang berbakti pada kedua orang tuannya,amin.

  3. Waahh komen byk jowonya.. aku ora ngerti..

    Taoi bnran.mbak gak boleh naek tangga? lah wong aku di rumah ma dikantor naek tangga gt loh.. itu gimana? *ya elah nikah aja blm lo niee* hehehehe..

    1. gpp Niee, anggap aja mewakili saya pertanyaannya itu πŸ˜€
      soale saya juga tiap hari naik turun tangga, wong rumahnya tingkat jeee :(
      mosok ndadak bikin lift di rumah sih ahahahaha

    2. Sama, Niee, Mbak Nique, saya juga dua lantai, dan kamar di atas. Tapi karena dokter bilang gitu, dan hampir semua orang yang sudah tua (tetangga, Bulik, Mama) juga ngingetin hal yang sama, makanya saya langsung boyongan ke bawah. Sementara lantai dua nggak berfungsi.

      Berhubung di rumah cuma berdua sama suami, lantai dua jadi sarang debu karena nggak pernah dibersihin. Kalaupun terpaksa harus naik ke lantai dua, tak lebih dua kali maksimal dalam sehari, Mbak..

  4. murah2 ya mba obatnya, beruntugn banget πŸ˜€
    hla saya obat biar hamil aja mencapai 7 digit … matek ga tuh πŸ˜€

    seneng ya klo hamilnya ga rewel, sering kasian sih liat yang lagi hamil oek oek
    bikin lemes badan hehehe
    nique selesai posting BATUK 30 HARI

    1. Waduh, ngeri juga ya harganya , Mbak. Berarti beruntung banget ya yang langsung hamil secara normal tanpa harus bayar segala.

      Semangat, Mbak! Semoga segera berhasil program punya momongannya..

  5. Owww…. sedanng hamil thooo…..
    Selamat, yaaa…. Semoga janinnya sehat-sehat aja…
    Dijaga kandungannya, jangan terlalu cape, jangan makan duren, minum air kelapa ijo, kurangin ngopinya….
    (halaaahhh…. koq gw jadi bawel kayak ibu mertua. Hehehehe…….)
    Nando selesai posting Money Game (part #2)

  6. alhamdulillah, selamat mbak. kata si mbokku ngak boleh berbuat yang jelek jelek. santai saja mbak aku dah hamil empat kali baru bisa makan kalau kehamilanku masuk usia tujuh bulan dan puasa penuh satu bulan tetapi alhamdulillah bayi sehat. berat lahi mereka ada yang 3,5 kilo, 3,4 kilo, 3,2 kilo, dan 4 kilo.

  7. Selamat ya Is….
    Semoga kehamilannya lancar..
    Pengalamanku, kalau kita aktif bekerja….ngidam itu sebetulnya bisa diatasi, karena di kantor banyak kerjaan yang menyita waktu kita. Memang terasa mudah ngantuk…tapi inipun bisa diatasi kok….

    Dan…jika kita aktif, maka kehamilan lancar, anaknya juga aktif nantinya.
    Saya hamil 5 bulan, masih mengajar berdiri di depan kelas dari pagi jam 7 sampai jam 5 sore…hasilnya anak bungsuku hobi sekolah, dari umur 2,5 tahun sampai sekarang (ambil S3…jadi udah 23,5 tahun sekolah terus).

    Yang penting jangan lupa kontrol ke dokter.
    edratna selesai posting 3.Menunaikan Rukun Haji:g.Thawaf Wada-Jeddah dan kembali ke Jakarta

  8. iya mbak,,say sekarang udah hamil 8 bulanan..hm..rasanya kalo jam 9-10 maunya molor mulu,,,minimal di tidurkanlah badan….tapi yang pasti masalah nyidam alhamdulillah kemarin-kemarin ga begitu,, malah yang suami yang nyidam,,maunya apa mesti diturutin,,kalo ga jadinya manyun (lho yang hamil sapa nich??hihihi) tapi itulah senengnya mbak… selamta ya udah hamil….welcome to new motherhood,, hihihihih

  9. Waaahhh..seneng banget baca critanya..jadi pengeenn hehehe..saya kebetulan baru nikah 4 nov 2012 kmrn..dan ga pgn nunda punya momongan..kebetulan seminggu lalu saya ngerasa ad yang beda ama body..selain tambah ndut#haddeehh..lebih sering pipis dan kadang cuma dikit2,pinggang,punggung,perut bawah sakit..ga tiap hari juga sie..nafsu makan meningkat drastis.saran dari temen test pack aja..tanggal 4 des kmrn coba ehh..negatif..?ΒͺΒͺ U?Βͺh pikir saya,saya coba lagi deh ntar..lagian bulan des ini baru tanggal mensnya sekitar tanggal 13an..doain yaaa..biar “jadi”..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge