Bahagianya Saat Hamil Muda

Rasanya deg-degan ketika tepat sebulan yang lalu saya terlambat menstruasi. Saat itu, saya sedang tugas selama 4 hari ke luar kota. Dan nggak langsung ngasih kabar ke suami kalau sudah terlambat. Masih belum mau seneng duluan, eh, ternyata besoknya nongol. Sehari sebelum kepulangan saya ke rumah, saya baru mengabarkan kalau sudah tiga hari terlambat. Dan sebelum sampai rumah, saya mampir mini market buat beli testpack.

Pagi harinya, saya test sendiri, hasilnya meragukan. Ada satu garis merah yang nyata, dan satu lagi garis samar berwarna pink. Dari hasil baca-baca di websitenya pabrikan testpack tersebut, dijelaskan bahwa hasil test bisa saja false positive. Waduh, belum bisa seneng dulu nih. Tapi dalam hati saya sudah yakin, kalau ini bakalan positif hamil. Lima hari berikutnya, saya ke laboratorium buat ngecek kehamilan. Ternyata, hasilnya sama saja, masih meragukan, dan saya diminta datang lagi tiga hari kemudian.

Hari Jumat, 9 Desember 2011, barulah hasil test yang ketiga bisa disimpulkan bahwa saya positif hamil. Itu berarti, kalau menurut hitung-hitungan, saya mulai hamil sejak sekitar tanggal 18 November 2011. Hari ini, 18 Desember, berarti tepat satu bulan usia kehamilan saya. Masih sangat muda sih, masih rentan kata dokter. Nasehat-nasehat yang diberikan ke saya lumayan banyak -dan standar-, diantaranya nggak boleh kecapean, jangan makan yang terlalu pedes, nggak boleh naik turun tangga, rutin minum vitaminnya dan “istirahat” dulu ya.. icon wink Bahagianya Saat Hamil Muda

Saya sih udah lumayan rajin browsing segala hal yang berhubungan dengan masa-masa hamil muda. Dan untungnya, kehamilan saya ini nggak terlalu bikin repot. Yang pasti, saya nggak ngalamin yang namanya morning sickness. Sama sekali nggak mual-mual seperti bayangan saya akan orang hamil muda. Sinetron dan film kan selalu menggambarkan kehamilan, terutama kehamilan yang tidak diinginkan dengan muntah-muntah di wastafel. Dan kepergok sama mamanya, baru deh ketahuan kalau lagi hamil, hehe.. Saya sama sekali nggak mual. Alhamdulillah.

Soal ngidam, ini sih sebenernya mungkin bukan juga ngidam. Cuma manja dikit aja. Pengen ini itu, maunya dituruti. Seperti mau dibeliin gorengan, bubur ayam, atau pempek, yang akhirnya malah nggak jadi dimakan. Udah susah-susah dibeliin, akhirnya suami juga yang ngabisin.

Yang nggak bisa saya hindari adalah kebiasaan minum kopi, walaupun dengan berat saya kurangi dosisnya. Pada minggu-minggu awal kehamilan, saya ingat betul saat di luar kota itu, dalam satu hari saya bisa mengkonsumsi 3 cangkir kopi, setiap hari. Belakangan ini, sudah jauh berkurang, bisa dua hari satu kali minum kopi. Kalau teh manis, tetep jalan terus.

Efek hamil muda yang paling berat saya rasakan adalah mudah lelah dan mudah ngantuk. Jam biologisnya juga jadi kacau. Menguap dan kantuk tak tertahankan datang di jam 9 pagi. Malu juga kan, di kantor nguap-nguap terus, padahal masih pagi. Dan saya yang biasa tidur hampir tengah malam, atau justru menjelang pagi, sudah bisa lelap di jam 8 atau 9 malam gara-gara lelah tingkat tinggi. Suami dapat tugas mijitin sampai saya tidur. icon lol Bahagianya Saat Hamil Muda Tapiii, jam 1 atau jam 2 dini hari, pasti terbangun dan susah tidur lagi sampai menjelang pagi. Padahal kan ya harus tetep bangun untuk kerja. Susah deh jadinya. icon sad Bahagianya Saat Hamil Muda

Soal makanan, saya jadi pemalas. Gampang bosan memakan yang sudah pernah dimakan. Nggak nafsu lihat makanan. Jadinya hanya sedikit yang masuk ke perut. Dan karena sejak dulu saya nggak suka buah-buahan, ya tetep aja pas hamil muda saya juga nggak suka buah. Konon katanya orang hamil muda suka makan buah yang asem-asem, seperti mangga muda atau belimbing, saya sama sekali enggak. Dan demi memasukkan buah ke dalam perut, saya beli jus dalam kemasan karton siap minum. Dapat teguran dari Bulik, katanya jangan minum jus yang seperti itu, banyak pengawetnya, lebih baik bikin sendiri. Weleh, repot amat ya, kalau harus blender sendiri, hehe..

Dari dokter, saya dapat dua jenis vitamin. Yang satu saya nggak ngerti apa itu, berwarna kuning bulet kecil, dan sepertinya generik. Yang satu lagi bermerk ForMom keluaran Pyridam, yang saat saya browsing ternyata itu adalah suplemen vitamin dan mineral selama kehamilan dan menyusui. Kalau dibeli di pasaran harganya Rp. 1.500,- per butir, diminum sehari sekali. Kandungannya antara lain beta karoten, kalsium laktat, tembaga sulfat, vitamin B1, B2, B6, B12, C, dan vitamin D. Mantap deh. Oiya, saya juga minum CDR. *bukan iklan*

Meski bikin mudah lelah dan badan rasanya aneh karena perubahan hormon di dalam tubuh, ya harus tetep dinikmati deh masa-masa hamil muda ini. Bahagia rasanya karena akan menjadi ibu. Semoga sampai saatnya melahirkan nanti nggak merepotkan prosesnya. Buat teman-teman yang sedang menanti dianugerahi jabang bayi di dalam rahimnya, semangat ya! Semoga bisa segera nyusul saya. Amiin.

58 comments on “Bahagianya Saat Hamil Muda

  1. ternyta harus mengurangi kopi ya mbak, plus mudah ngantuk :)
    arif selesai posting Rahmad Darmawan Mundur

  2. Saranku, selama hamil terlebih nanti ketika sudah melahirkan, jangan terlalu mudah percaya pada banyak informasi yang ditawarkan buku dan internet mengko malah mundhak bingung dewe koyo bojoku mbiyen jaman mbobot anakku.

    Percayalah dan selalu menjadikan ucapan dokter sebagai pedoman.

    Sekali lagi selamat ya! Nanti pas aku mudik aku wes iso nggendhong ponakanku :)
    DV selesai posting Sondang

  3. selamat yaa atas kehamilanya,smoga sehat selalu,
    oh ya jangan lupa kumpulin tenaga buat proses klahirannya hehe………….
    “jadi pengen cepet punya momongan juga nich” haha..
    erwin juanda selesai posting Diabetes Bukanlah Penyakit Gula Darah

  4. Selamat ya mbak, semoga selalu sehat.
    Minum kopinya kurangi secara bertahap dan berlanjut.
    Salam hangat dari Surabaya
    CakCholik in BlogDetik selesai posting 5 Cara Ampuh Melariskan Dagangan

  5. ya kalau bisa segala bentuk jus jangan mbak, kecuali jus amma, itu baik buat si bayi. kalau buah2 an mending tubuh sendiri yang proses jangan mesin blender.
    Kalau makan daging kelinci boleh ga mbak?
    Hehehehe
    semoga semuanya sehat walafiat
    Aditya Eka Prawira selesai posting Tampilan Baru FACEBOOK

  6. Rutin saja periksa kehamilan ke dokter ataupun bidan.Semoga lancar saja Mbak,sang jabang bayi nantinya jadi anak sholeh atau sholehah yang berbakti pada kedua orang tuannya,amin.

  7. selamat mbak, smoga kehamilannya lancar sampai tujuan nya nanti :D

  8. asyyiikkk c.ayahnya dapet ade,,semoga dapet anak yang soleh dan lancar ya lahirinnya

  9. senengnyaaaaaa. semoga lancar djaja ya is!
    nengbiker selesai posting Kangen RBT Sephia

  10. Selamat ya atas kehamilannya!!! :)

    Mudah-mudahan kehamilannya lancar-lancar terus aja!! :)
    Zilko selesai posting #1006 – Saturday Story

  11. nanti kalo mulai masuk bulan 6./7 mulai dirawat ya payudaranya dengan masase ya
    Ami selesai posting Anak adalah aset keluarga dan bangsa

  12. Pengalaman ikut Pelatihan Guru dan Orang Tua tempo hari, Pola hidup ibunya selama kehamilan sudah mulai mempengaruhi kecerdasan anaknya mba

    Musti selektif dah :-)
    @bangsaid selesai posting Konsisten Itu Penting Untuk Resolusi

  13. Yea… selamat atas kehamilannya Mba :)
    Ada makan-makannya nggak nih? hehe… :p

  14. Wah… keren mbak, semoga semuanya lancar sampai masa kelahiran. Pasti itu masa yang paling di tunggu2 suami untuk menjadi seorang ayah.. :D
    masyhury selesai posting Animasi | Resolusi Tahun 2012

  15. Waahh komen byk jowonya.. aku ora ngerti..

    Taoi bnran.mbak gak boleh naek tangga? lah wong aku di rumah ma dikantor naek tangga gt loh.. itu gimana? *ya elah nikah aja blm lo niee* hehehehe..

    • gpp Niee, anggap aja mewakili saya pertanyaannya itu :D
      soale saya juga tiap hari naik turun tangga, wong rumahnya tingkat jeee :(
      mosok ndadak bikin lift di rumah sih ahahahaha

    • Sama, Niee, Mbak Nique, saya juga dua lantai, dan kamar di atas. Tapi karena dokter bilang gitu, dan hampir semua orang yang sudah tua (tetangga, Bulik, Mama) juga ngingetin hal yang sama, makanya saya langsung boyongan ke bawah. Sementara lantai dua nggak berfungsi.

      Berhubung di rumah cuma berdua sama suami, lantai dua jadi sarang debu karena nggak pernah dibersihin. Kalaupun terpaksa harus naik ke lantai dua, tak lebih dua kali maksimal dalam sehari, Mbak..

  16. Alhamdulillah mbak Is. Aku turut bahagia sekali. Semoga kandungannya baik-baik saja yaaa
    Oia itu minum kopi dikurangi pelan-pelan yaa, gak baik! :)
    Rusa selesai posting Menjadi Kreatif dan Inovator Pengubah Dunia

  17. murah2 ya mba obatnya, beruntugn banget :D
    hla saya obat biar hamil aja mencapai 7 digit … matek ga tuh :D

    seneng ya klo hamilnya ga rewel, sering kasian sih liat yang lagi hamil oek oek
    bikin lemes badan hehehe
    nique selesai posting BATUK 30 HARI

    • Waduh, ngeri juga ya harganya , Mbak. Berarti beruntung banget ya yang langsung hamil secara normal tanpa harus bayar segala.

      Semangat, Mbak! Semoga segera berhasil program punya momongannya..

  18. selamat ya mbak, takperlu harap2 cemas lg hehe :)

  19. Selamat ya mbak.
    semoga anaknya jadi anak yang baik-bak.
    salam kenal mbak.

  20. Owww…. sedanng hamil thooo…..
    Selamat, yaaa…. Semoga janinnya sehat-sehat aja…
    Dijaga kandungannya, jangan terlalu cape, jangan makan duren, minum air kelapa ijo, kurangin ngopinya….
    (halaaahhh…. koq gw jadi bawel kayak ibu mertua. Hehehehe…….)
    Nando selesai posting Money Game (part #2)

  21. hihi, pernah baca tweetnya om gie.
    udah beli makanan banyak tapi malah gak kemakan :D
    airyz selesai posting Kopdar Dot’s “bikin social media kamu laris & jadi duit”

  22. mintarsih on said:

    alhamdulillah, selamat mbak. kata si mbokku ngak boleh berbuat yang jelek jelek. santai saja mbak aku dah hamil empat kali baru bisa makan kalau kehamilanku masuk usia tujuh bulan dan puasa penuh satu bulan tetapi alhamdulillah bayi sehat. berat lahi mereka ada yang 3,5 kilo, 3,4 kilo, 3,2 kilo, dan 4 kilo.

  23. obat nyeri sendi alami on said:

    selamat ya semoga anaknya menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya amiin makasih

  24. Wah, selamat ya udah berisi. Satu lagi, jangan lupa ikut senam ibu hamil. :)
    Tongkonanku selesai posting Amerika Ricuh Akibat DISKON Holiday Shopping

  25. Selamat atas kehadiran calon babynya ya mbak, joss tokcerr tenan mas Gie…
    dHaNy selesai posting Tampilan Facebook Timeline Mobile di HP

  26. Beny Kadir on said:

    ikutan senang dengarnya mba. moga aman dan sehat

  27. Berat juga ya jadi ibu yang hamil muda itu mbak. . .
    Semoga aktifitasnya tetap lancar mbak.
    :D

  28. subhanalloh.. ikut senang mbak membacanya, selamat ya mbak, semoga lancar dan sukses kehamilannya hingga melahirkan kelak..

    btw saya juga sedang dag dig dug ser mbak menunggu terlambat haid, saya ikut amini doanya semoga lekas menyusul hamil..

    subhanalloh.. bahagianya..
    drg.nella selesai posting Gigi Sensitif: Penyebab dan Perawatannya

  29. Selamat ya Is….
    Semoga kehamilannya lancar..
    Pengalamanku, kalau kita aktif bekerja….ngidam itu sebetulnya bisa diatasi, karena di kantor banyak kerjaan yang menyita waktu kita. Memang terasa mudah ngantuk…tapi inipun bisa diatasi kok….

    Dan…jika kita aktif, maka kehamilan lancar, anaknya juga aktif nantinya.
    Saya hamil 5 bulan, masih mengajar berdiri di depan kelas dari pagi jam 7 sampai jam 5 sore…hasilnya anak bungsuku hobi sekolah, dari umur 2,5 tahun sampai sekarang (ambil S3…jadi udah 23,5 tahun sekolah terus).

    Yang penting jangan lupa kontrol ke dokter.
    edratna selesai posting 3.Menunaikan Rukun Haji:g.Thawaf Wada-Jeddah dan kembali ke Jakarta

  30. Mbaa…selamat yah..
    semoga sampai nanti melahirkan kehamilannya baik2 aja :)

  31. iya mbak,,say sekarang udah hamil 8 bulanan..hm..rasanya kalo jam 9-10 maunya molor mulu,,,minimal di tidurkanlah badan….tapi yang pasti masalah nyidam alhamdulillah kemarin-kemarin ga begitu,, malah yang suami yang nyidam,,maunya apa mesti diturutin,,kalo ga jadinya manyun (lho yang hamil sapa nich??hihihi) tapi itulah senengnya mbak… selamta ya udah hamil….welcome to new motherhood,, hihihihih

  32. Selamat ya Mbak, atas kehamilannya….
    Semoga sehat semuanya…
    Mas Gie juga tentunya
    marsudiyanto selesai posting Alasan

  33. Selamat ya mbak Nunik, semoga selalu sehat dan serba mudah hingga nanti sang bayi lahir. Selamat menikmati masa-masa kehamilan…

  34. selamat buat mbak IS, semoga kehamilan dalam keadaan sehat dan ibunya juga dalam keadaan fit. Jaga kondisi selalu deh…khususnya utk trimester pertama apalagi ini kehammilan yang pertama khan??
    necky selesai posting Kebanggaan Orang Tua

  35. jadi tak sabar ingin melihat istri saya nanti hamil, ^_^
    Farobi selesai posting Resolusi Luar Biasa Sang Juara

  36. Semoga sehat sampai hari H, hehe

  37. jadi sensi ma misua nggak mbak? Hamil sebulan itu dah kerasa njendol di perut blom ya mbak? hehehe
    dosko selesai posting Mencoba Merubuhkan Mental Block di DOC V 2011

  38. BLOGGER-NDESO on said:

    Selamat ya mbak

  39. selamat mbak :>

  40. selamat iia mba…
    sinta selesai posting Tas Wanita Louis Vuitton Daily PM

  41. KUnjungan pertamax salam kenal bu,
    yandira cnb@info google pagerank dihapus 2012

  42. Ikut Senang dan bahagia membaca berita ini …

    Semoga sehat-sehat selalu ya Mbak Is …
    Jaga kesehatan …

    Mas Gie bilang ngidam jalan-jalan ke Situ Gunung ya ? :)

    Salam saya
    nh18 selesai posting NINE FROM THE LADIES 2011 (#2)

  43. istri saya juga hamil muda, sharing nya sangat berguna sekali mba

  44. Salam kenal, sebagai ibu muda saya ingin banyak belajar dari para ibu atau siapapun yang lebih berpengalaman menjadi orang tua, lewat dunia maya ini semoga saya bisa mengambil manfaat dan belajar untuk menjadi seorang ibu yang bijak.
    kalender kehamilan selesai posting Tanda-Tanda Kehamilan Pada Wanita

  45. yang kuning bulet kecil itu mungkin folat, atau vit B6 buat kurangi mual, atau.. :mrgreen:

    Selamat menikmati kehamilan mbak, semoga sehat dan lancar :)
    nandini selesai posting Jatuh Cinta Berkali-kali

  46. Waaahhh..seneng banget baca critanya..jadi pengeenn hehehe..saya kebetulan baru nikah 4 nov 2012 kmrn..dan ga pgn nunda punya momongan..kebetulan seminggu lalu saya ngerasa ad yang beda ama body..selain tambah ndut#haddeehh..lebih sering pipis dan kadang cuma dikit2,pinggang,punggung,perut bawah sakit..ga tiap hari juga sie..nafsu makan meningkat drastis.saran dari temen test pack aja..tanggal 4 des kmrn coba ehh..negatif..?ªª U?ªh pikir saya,saya coba lagi deh ntar..lagian bulan des ini baru tanggal mensnya sekitar tanggal 13an..doain yaaa..biar “jadi”..

  47. selamat atas kehamilannnya… semoga sehat dan mudah dalam persalinan..
    resep kuliner selesai posting Sayur Nangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

17,394 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge