Benarkah Ngeblog Harus Fokus?

Seberapa banyak bacaan yang mengajarkan kepada blogger untuk fokus, fokus dan fokus? Ngeblog itu harus punya tujuan, katanya. Menulis itu harus konsisten. Fokus pada satu tema tertentu. Dan masih banyak nasehat yang lain, yang mungkin diantaranya pernah teman-teman temukan di blog saya juga.

Tapi, lama-lama, termasuk saya sendiri yang nggak konsisten. Karenya ternyata, untuk fokus itu benar-benar susah. Untuk tetap menulis tentu saja lebih mudah, tetapi menjaga tulisan agar tetap menarik padahal yang diomongkan cuma “itu-itu” saja, jadi bagian yang paling sulit.

Masih mendinglah, daripada mati total sama sekali, saya mencoba putar haluan, kembali menuliskan yang remeh-temeh. Tidak bisa lagi fokus pada satu tema tertentu. Apalagi, waktu saya juga lumayan tersita di twitter, meskipun tidak secara aktif berkicau setiap saat.

Tidak Fokus Bukan Berarti Tidak Bermanfaat

Meskipun nggak fokus lagi pada satu tema, bukan berarti juga menurunkan standar tulisan terlalu rendah, kan? Tetap berusaha untuk memberikan manfaat buat yang datang dan membaca blog ini.

Informasi yang saya ingin bagi saat ini adalah lomba yang diadakan oleh XL. Teman-teman bisa membacanya di sini atau di sini.

Selain bisa menulis di blog, bisa juga mengikuti lombanya di Facebook dan Twitter. Jika menulis di blog, tema yang harus diangkat antara lain (pilih salah satu):

  • Regulasi pemerintah bidang telekomunikasi dan konsekuensi bagi industri selular
  • Kovergensi IT dan Telekomunikasi dan keuntungan bagi masyarakat
  • Menyambut lahirnya teknologi 4G di pasar Indonesia
  • Dampak investasi di sektor telekomunikasi selular terhadap pertumbuhan ekonomi daerah
  • Dampak tarif telekomunikasi yang murah terhadap upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia
  • Pengaruh perkembangan telekomunikasi seluler dan perkembangan industri kreatif di Indonesia
  • Industri telekomunikasi seluler di Indonesia pada saat ini dan bisnis model yang tepat
  • Pembangunan jaringan dan penyediaan layanan jasa telekomunikasi di wilayah terpencil dan daerah perbatasan melalui dana dari operator telekomunikasi
  • Peran operator dalam memajukan pendidikan dan perekonomian di daerah pinggiran kota dan pedalaman.

Fokus Nulis Blog Aja Yuk

Bukan nyoba cari teman sih, tapi saat ini saya berprinsip, yang penting fokus tetep nulis aja. Apapun itu yang ditulis. Eh, tapi kalau temanya pun fokus dan berkualitas, itu lebih baik lagi. Ngacung yuk, siapa yang blognya masih tetep fokus!

62 thoughts on “Benarkah Ngeblog Harus Fokus?

  1. kalo saya sih kk, yang penting sih bisa muasin hasrat nulis saya. Masa bodo dibilang orang blognya ga fokus pada satu tema/topik. Yang penting mah, nulis, nulis, dan nulis. Toh masih banyak yang masih suka tulisan saya. Kalo mau ngeblog, yah ngeblog aja kak. Ga perlu mikirin mesti fokus ato ga. Justru di situ bikin ilang feeling buat nulisnya. Nulis ato ngebog jadi kayak kerjaan bukan hobi.

  2. selamat pagi.

    tentu saja saya fokus dengan tulisan2 saya yg ngawur dan gak jelas arah tujuannya 😛
    wkwk.

    yg penting dijadwal, biar kalo lagi males nulis gak jadi hiatus.

    terima kasih dan mohon maaf 😮

  3. Fokus tema dan nulis? Sama beratnya, sama susah ngejalaninnya 😀
    Kalau saya, biar update tuh blog, bikin draft sebanyak mungkin, jadi berasa ada hutang yg musti dibayar:D

  4. wah.. pertanyaan maut nih mbak.

    saya rasa, fokus dalam konteks tertentu tetap di perlukan. untuk mengemas blog kita tetap memiliki khas. tapi ya itu, dalam perjalanannya, ada saja penyelewengan yang terjadi.
    Fadly Muin selesai posting Selera Humor Extrim

  5. Untuk fokus di satu tema tertentu bagi sebuah blog memang agak sulit sis apalagi buat seorang blogger yang baru mengenal blogosphere. Walaupun ngga fokus terhadap suatu tema asalkan pengunjung blog mendapatkan manfaat dari tulisan yang disajikan oleh narablog itu yang lebih baik dari pada memaksakan diri untuk blogging pada satu tema.
    eserzone selesai posting Pentingnya Menggunakan Contact Form

  6. kalo menurut saya tergantung jenis blog kita. kalo itu blog personal, pasti isinya bisa bermacam-macam tema. karena kita akan menulis apa saja yang menurut kita menarik. Tapi kalo blog itu temanya lebih spesifik(misal blog kuliner, blog TI) maka isinya pun harus sesuai dengan temanya. Gak mungkin khan blog ber-tema TI tapi terdapat artikel tentang kuliner.
    andinoeg selesai posting Berkeliling Kota

  7. Saya kembali lagi nih mbak, udah lama nggak comment. Sekarang saya udah punya domain sendiri, baru beli tanggal 6 kemarin. Goodbye blogspot…. Sekarang sih bakalan fokus….. Soalnya isi postingannya tinggal copy paste aja…. Silakan lihat ke TKP mbak… Blog mbak yang saya tulis pertama… fans berat sama blog mbak siih 🙂
    Rahman selesai posting BehindTheBloginfo

  8. saya setuju gan. Saya pribadi kalau fokus banget suka mati gaya utk bahas topik lagi ;d yah, karena belum ada berita juga masih jadi kendala

  9. Saya juga merasa sulit jika nulis di blog yang judulnya itu2 terus. Lebih enak mempunyai 1 blog dgn bnyk tema, agar lebih berwarna gmna gitu…hehe 😀

  10. saya hanya bisa fokus menulis tapi tidak bisa fokus pada tema tertentu…makanya blog saya berisi tulisan gado-gado…meski tak bagus untuk SEO tapi minimal orang yang datang dari latar belakang berbeda bisa merasa manfaat dari mengunjungi blog kita yang mirip centang perenang itu.

  11. Wah, blog jadi ajang curhat buat saya, blognya ngga fokus deh :p
    Eh, maaf baru mampir, dulu pernah mampir blog saya, sudah berkunjung balik siy. Cuma belum sempat baca2x

  12. I’m still focus.
    Biar ga itu-itu aja, biasanya sih tak ambil dr kejadian sehari-hari yg bs dipetik hikmahnya.

    tapi setuju jg kok dg pernyataan mbak. Yg penting fokus nulis di blog 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge