Berburu Hotel Murah Masa Libur Sekolah

Liburan Sekolah Ke Luar Kota
Kangen bisa jalan-jalan ke luar kota saat masa libur sekolah.

Beberapa waktu belakangan ini, kami sekeluarga sudah mulai jarang liburan ke luar kota. Jadi kalau ada keinginan buat liburan, biasanya kami memutuskan untuk staycation saja di dalam kota. Budget liburan bisa lebih dihemat, dan dananya ditabung buat persiapan masuk SD Diana tahun depan. Maklum, biaya masuk sekolah impian kami tidak bisa dibilang murah untuk ukuran kantong. Mau tidak mau, harus menahan keinginan liburan yang terkadang muncul menggebu-gebu.

Staycation tidak terlalu banyak memerlukan biaya. Toh, posisinya masih di dalam kota saja. Hanya ‘pindah tempat tidur‘, dan menghabiskan hari di dalam hotel, menikmati fasilitas yang ada, yang tentunya berbeda situasi dari kegiatan sehari-hari di rumah. Biaya yang dikeluarkan bisa dibilang hanya untuk membayar hotel saja, tidak diperlukan biaya lainnya.

Meskipun cukup hanya mengeluarkan biaya hotel, tapi tetap dong ya, ingin mendapatkan harga menginap yang termurah. Dulu, saya belum tahu caranya, jadi kalau mau menginap, paling pesan hotel satu minggu sebelumnya saja. Saya hanya membandingkan harga sesama hotel dalam satu klasifikasi hotel. Misalnya memilih hotel bintang 4 dengan rentang budget Rp. 750.000 hingga Rp. 1.000.000. Tanggal sudah ditetapkan di awal, jadi kami hanya membandingkan saja dengan mengeluarkan biaya tersebut, fasilitas apa sajakah yang akan kami dapatkan? Selama ini, saya bersyukur karena selalu puas dengan pilihan hotel kami. Ini juga tak lepas dari bantuan teman-teman blogger yang menuliskan review setelah menginap di sebuah hotel.

Masa libur sekolah kali ini bakal diisi dengan staycation saja.
Masa libur sekolah kali ini bakal diisi dengan staycation saja.

Selain mencari info review dari para traveler, saat ini saya menggunakan sebuah fitur yang bisa membatu pencarian harga hotel terbaik, yaitu dengan Best Price Calendar, Traveloka. Fitur tersebut akan membantu kita untuk membandingkan harga hotel setiap harinya, dengan begitu memilih waktu liburan yang tepat bisa lebih mudah dan murah.

Best Price Finder Traveloka

Memasuki masa libur sekolah Diana, saya sudah mulai mencari-cari hotel buat liburan bersama keluarga. Harus dari sekarang mencarinya, karena masa libur sekolahnya hampir berbarengan dengan libur akhir tahun, yang biasanya harga-harga penginapan naik karena peak season. Liburan nanti, saya berkeinginan mengajak Diana mengunjungi lebih banyak museum. Diana sudah mulai tertarik dan saya kenalkan dengan beberapa museum yang ada di Jakarta, seperti Museum Gajah, Museum Wayang, Museum POLRI dan Museum Sejarah Nasional. Museum yang ingin saya kunjungi bersama Diana selanjutnya adalah Museum Basoeki Abdullah. Langsung deh buka Traveloka dan mencari hotel di seputaran Simatupang dengan memanfaatkan fitur Best Price Calendar.

Cara penggunaannya mudah, kita hanya perlu melakukan tahap layaknya memesan hotel. Pertama, masukan nama hotel tujuan. Setelah itu, buka calendar saat mengisi tanggal menginap. Dalam calendar, terdapat tombol show lowest rate/tunjukan estimasi tarif terendah yang dapat diaktifkan. Saat diaktifkan, calendar akan otomatis memperlihatkan perbandingan harga kamar setiap harinya. Kita bisa lihat perbandingan harga hotelnya di bawah tanggal, dan harga terendah ditunjukkan dengan warna hijau. Dari hasil tersebut, kita bisa tentukan kapan waktu yang tepat untuk berlibur.

Sebagai contoh, saya coba mencari harga terendah untuk tiga hotel yang ada di daerah Simatupang, Jakarta Selatan. Mendapatkan harga hotel termurah ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit saja. Singkat, tapi langsung bisa tahu harga menginap yang termurah. Untuk Hotel Swiss-Belinn Simatupang Jakarta, bulan November ini harga terendah ada di hari Jumat, 24 November 2017 yaitu Rp. 605.000 per malam. Harga terendah di bulan Desember ada di tanggal 23 dengan harga Rp. 581.000 saja!

Untuk Hotel Aston Priority Simatupang, harga terendah bulan ini yaitu Rp. 837.000 per malam, di hari Sabtu tanggal 25 November 2017. Untuk Hotel Mercure Jakarta Simatupang harga terendah adalah Rp. 729.000 per malam di week end tanggal 25 November 2017, jauh lebih murah dari hari-hari sebelumnya yang berharga Rp. 1.052.000 di week day!

Asyik banget kan fitur Best Price Calendar ini? Langsung deh saya pesan Mercure Jakarta Simatupang untuk staycation di tanggal 25 November 2017, hehehe. Lumayan murah dibandingkan rate hotel tersebut di hari biasanya. Fasilitas hotelnya juga maksimal, dan lokasinya nggak jauh dari rumah. Harganya juga masih bisa didiskon lagi karena saya masih punya point yang bisa ditukar. Seneng deh kalau bisa dapetin harga murah.

Teman-teman ada yang punya pengalaman pakai Best Price Calendar? Atau mau berbagi pengalaman cara mendapatkan harga hotel termurah?

9 thoughts on “Berburu Hotel Murah Masa Libur Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge