Berpartisipasi Dalam Proyek Blogger Lain

Kini, ngeblog tidak lagi sekedar menulis di blog sendiri dan dilanjutkan dengan blogwalking mengunjungi blogger lainnya, meninggalkan komentar, dan berharap dikunjungi balik, lantas sudah. Titik. Jika memang hanya sekedar itu, lama-kelamaan pasti akan muncul kejenuhan. Apa asyiknya jika terus-terusan begitu?

Nah, yang semakin banyak dilakukan oleh teman-teman blogger kini adalah dengan berbagi ke sesama blogger lainnya. Seperti PakDhe Cholik yang sering menyelenggarakan semacam perlombaan atau kontes yang memberikan tali asih, seperti Jambore on the Blog. Sebuah usaha yang bagus, selain untuk mendekatkan diri dengan blogger yang lain, kita juga bisa bisa memanfaatkannya sebagai sebuah sarana dengan ikut bergabung.

Semata-mata bukan demi mendapatkan tali asihnya, tetapi lebih kepada berpartisipasi dan meramaikan acara blogger lain. Dengan demikian, akan terbentuk sebuah komunitas pertemanan yang lebih akrab dengan blogger sesama peserta. Kita juga belajar melihat dari kacamata orang lain dalam memandang persoalan.

Manfaat lain yang saya peroleh adalah tidak lagi terpaku pada topik bahasan tertentu saja yang saya baca, menjadi lebih bervariasi daftar blog bacaan saya. Menemukan blogger-blogger hebat lainnya yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Dan masih banyak lagi.

Untuk rekan-rekan blogger yang saat ini menyelenggarakan acara menulis puisi, mohon maaf, saya belum pernah berhasil rasanya menulis sebuah puisi yang bisa dengan bangga saya perlihatkan kepada umum, meski sewaktu SMP pernah juga puisi saya dimuat di sebuah majalah. Itu satu-satunya puisi saya yang bahkan sekarang pun saya pasti akan malu jika membaca ulang. Jadi dengan ketidakpedean saya menulis puisi, saya belum bisa meramaikan dan berpartisipasi dalam acara yang Anda buat.

Jika rekan-rekan blogger ada yang menyelenggarakan hajatan di blognya, atau mengetahui informasi tentang acara di mana blogger lain bisa berpartisipasi [meski tidak ada tali asihnya sekalipun], silahkan memberitahu saya. Dengan senang hati saya akan mencoba meramaikan dan berpartisipasi. 😉

33 thoughts on “Berpartisipasi Dalam Proyek Blogger Lain

  1. Mau ngasih tau dulu Mbak, kalo komentar di postingan terbaru saya udah saya buka. Nggak sengaja ketutup soalnya pas selesai upgrade ke wp 2.9.2.

    Oya, soal kontes blog, ada kontes review di www bi2t dot kom
    .-= iskandaria selesai posting Tentang Wacana Mengambang dan Terlalu Normatif dalam Mengemukakan Gagasan =-.

  2. Soal ikutan kontes, saya setuju jika bisa menghilangkan kejenuhan, selain sebagai ajang unjuk kemampuan kita juga sih. Dari situ kita bisa menakar diri untuk topik tulisan tertentu.
    .-= iskandaria selesai posting Tentang Wacana Mengambang dan Terlalu Normatif dalam Mengemukakan Gagasan =-.

    1. Whuaaaa, tertantang juga buat ngikutin kontes yang ini. Mumpung waktunya masih lama, saya kontak Mama dulu supaya belanja ke pasar dan beli buah-buahan…

      Saya semangat kembali ke dapur nih.

  3. Kini, ngeblog tidak lagi sekedar menulis di blog sendiri dan dilanjutkan dengan blogwalking mengunjungi blogger lainnya, meninggalkan komentar, dan berharap dikunjungi balik, lantas sudah. Titik. Jika memang hanya sekedar itu, lama-kelamaan pasti akan muncul kejenuhan.

    Anas sepakat mbak, kalau yang kita lakukan hanya itu-itu saja rasanya ngeblog itu membosankan, makanya Anas mencari aktifitas yang lain tapi juga ada manfaatnya.

  4. Kadang yang paling balik adalah cukup turut membaca dan meresepi apa yang ditulis, tidak perlu memaksakan diri untuk memberi tanggapan jika mungkin sudah satu suara satu kata 🙂

    Apalagi jangan sampai terpaksa meminta orang untuk kunjungan balik 😀
    .-= Cahya selesai posting TOS Yang Kerap Terlupakan =-.

    1. Bli Cahya sih nggak pernah maksa, tapi saya sendiri yang nggak enak, wong sampeyan sudah tiga kali bolak-balik ke sini, sedangkan saya belom maen-maen ke sana beberapa hari ini…

  5. mbak saya ikut mendukung untuk ikut acara lomba memasak di PakDhe … saya akan tiru nanti resepnya he he
    Salam sukses selalu 🙂

  6. Untuk Saya Pribadi mah motivasi yg paling utama ngeBlog adalah Silahturahim nya Teh, bagi Saya tdk akan ada kata jenuh untuk mencari teman2 baru 🙂

    1. Ya, hampir sama sih sebenernya, karena blog diluaran sana buanyak banget dan ilmu-ilmu baru yang belom kita ketahui juga amat banyak, jadi rugi kalo kita lewatkan.

      Terkadang kejenuhan datang menghinggapi, tapi harus fokus lagi sama tujuan ngeblog kita…

  7. Sepakat Mba, yang penting berpartisipasi, itung2 hapdate blog, juga akan di dapat banyak hal lainnya. jika puisi satu bait, dan asbu..asal bunyi saya bisa Mba, tapi kalau sudah berbait-bait, saya juga nyerah.

    nih Mba…contoh puisi satu bait yang mungkin asbun:
    “Cintamu membuat jariku kaku, dari hati yang membisu,” halah…betul2 asbun..

  8. nice postingan… mbak.. saya setuju sekali … dengan mengadakan lomba2 di blog kita secara otomatis menaikan alexa dan menambah pengunjung di blog kita…

  9. tetapi untuk sekarang saya belum mampu melakukannya hanya mampu memposting di log sendiri dan BW … heee … mau sih mengadakan lomba tetapi masih belum mampu (baik segi ilmu dan dana)… heee jadi malu…

  10. Saya salut sama Mbak Ninuk yang RAME RAME…
    Rajin Menulis + Rajin Merespon…
    Dan Ilmu Rame2 ini relatif ampuh, seampuh Ilmu SEO…

    (Nanti kalau ada kabar seperti yang dimau itu, saya pasti akan memberi tau…
    Atau kalau Mbak Ninuk yang tau dulu, gantian saya yg diberitau)
    .-= marsudiyanto selesai posting Link Warna Custom =-.

  11. kapan yahhh Mba Nunik menyelenggarakan kontes atau sejenisnya di blog ini?

    Untuk Pak Dhe Cholik, saya sangat salut karena ternyata tidak pernah tidak bereksplorasi; selalu ada yang baru dari blogger kawakan itu
    .-= munawar am selesai posting Kebesaran Hati Manusia Mungil =-.

  12. alhamdulillah, bunda orangnya suka sok kepedean gitu, jadi maunya ikut2 saja kalau ada teman2 yg bikin acara he he 🙂
    wong gak bisa ngereview ikut2an saja semampunya dgn gaya sendiri, padahal belepotan he he , bisa sekalian belajar maksudnya Mbak. 😳
    Nah, salah satu blog yg bunda jadikan patokan utk belajar ,ya blognya Mbak Nunik ini.
    salam.
    .-= bundadontworry selesai posting Segerakan Bersedekah =-.

  13. Saya malah belum pernah ikut kontes-kontes review. Soalnya, dulu kebanyakan syaratnya adalah banyak-banyakan komentar, bukan kualitas tulisan (walaupun tulisan saya juga tidak bagus-bagus banget, hihihi,..)

    Btw, saya sedang ada ide yang bakal melibatkan banyak blogger. Kira-kita Mbak Is mau gak ya berpartisipasi kalau ide tersebut sudah matang dan siap dieksekusi? 😀
    .-= Bung Eko selesai posting Mimpi yang Jadi Kenyataan =-.

  14. ikut dalam sebuah acara di blog lain memang bisa jadi salah satu obat kejenuhan, tetapi buat blog yang punya niche tertentu akan sedikit kesulitan, apalagi jika pemiliknya tidak mau merusak niche-nya dengan membuat sebuah kategori baru …
    akhirnya cuma bisa menjadi penonton kecuali kalau mau membuat blog baru,
    tetapi banyak juga yang membuat blog baru khusus untuk kontes, terutama kontes SEO … (hehehe, bikin penyataan sendiri ditanggapi sendiri )
    .-= hpnugroho selesai posting Persahabatan itu tak kenal Ruang Waktu =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge