Bikin Bandeng Cabut Duri Yuk

Saatnya masak-memasak teman-teman. \m/

Bukan, saya bukannya mau jadi saingan chef Farah Quinn, tapi lagi pengen aja nulis soal masakan, sesuatu yang jarang banget saya tulis di blog ini. Lagipula, diantara banyak kerjaan, memang sama sekali nggak pernah masuk dapur, sekalipun buat ngupas bawang bantuin Mama masak. Masak air aja juga paling kalo lagi sakit dan perlu mandi pakai air hangat, selain itu, nggak pernah. 😆

Berhubung saat buka-buka album foto ada kegiatan membuat bandeng tanpa duri, coba ditulis di blog ah. Waktu itu saya belajar langsung dari fasilitator Departemen Kelautan dan Perikanan (sekarang Kementerian Kelautan dan Perikanan). Lupa, namanya Bapak siapa, yang pasti udah pernah praktek langsung juga.

Bandeng cabut duri ini pernah sekilas saya tulis di postingan Memberdayakan Ekonomi Rakyat. Saya bilang: Ikan Bandeng memiliki cita rasa yang enak, tetapi terkadang masyarakat malas mengkonsumsinya karena banyaknya duri yang ada. Selain dengan metode Presto yang membuat tulangnya lunak, bandeng dapat diolah dengan metode ”Cabut Duri”. Meski jumlah durinya banyak, sebenarnya posisi duri mudah untuk dipelajari dan dicabut. Jumlah duri Bandeng adalah 164 buah, dan dapat dicabut tanpa merusak ikan bandengnya. Bandeng yang telah dicabut durinya, dapat masuk dan diterima oleh supermarket dan harganya beberapa kali lipat bila dibandingkan sebelum dicabut durinya, padahal prosesnya hanya singkat untuk mencabut ke-164 duri tersebut. Pengetahuan sederhana, tetapi dapat meningkatkan pendapatan rakyat kecil, khususnya istri-istri nelayan di sekitar pantai.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk mencabut duri bandeng sangat sederhana: pisau tajam, pinset, alat pembuang sisik. Bandeng segar kita pilih, kemudian hilangkan sisik-sisiknya dengan cara mengerok atau dengan alat pembuang sisik, dari pangkal ekor hingga ujung kepala. Lakukan hingga benar-benar bersih. Setelah itu, sayatlah bagian punggung bandeng dengan pisau yang tajam. Penyayatan dilakukan dari ekor sampai kepala bandeng. Lanjut dengan membuang isi perut bandeng dan insangnya dan kemudian cucilah bandeng tersebut hingga bersih.

Bandeng

Bandeng

Seperti pada gambar, tulang bandeng itu sebenarnya cuma ada 164 buah. Dan kalau sudah tau tempatnya, bakalan gampang dihilangkan. Cabut saja tulang-tulang rongga perut 16 pasang duri yang besar. Pada punggung bagian tengah dan perut bandeng irislah memanjang dengan ujung pisau yang tajam. Jangan sampai duri-duri terputus. Cabut duri-duri dengan pinset pada irisan tersebut satu persatu. Dibagian punggung terdapat 42 pasang duri bercabang, bagian tengah terdapat 12 pasang duri cabang, bagian perut terdapat 12 pasang duri. Total duri yang dicabut haruslah 164 buah. Jangan sampai tersisa ya.

Ayo, ada yang mau nyobain di rumah? Jangan dihancurin ya, bandengnya. :p

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

37 thoughts on “Bikin Bandeng Cabut Duri Yuk”

  1. Kalau di tempat saya Mba, ada yang namany “Kembung Betelor”
    Makanan Khas, ikan kembung yang dagingnya diambil tanpa merusak ikannya, bahkan masih utuh
    Daging diolah dengan campuran telor ayam trus dimasukin lagi ke dalam ikannya

    Jadinya Ikan kembung utuh tanpa duri/ tulang tapi dagingnya sudah dicampur telor
    Digoreng, dan sangat Maknyuzzz
    bangsaid selesai posting RUMAH ZAKAT UTUS RELAWAN KE MENTAWAI

  2. Anakku gak doyan bandeng gara gara akeh erine ( banyak durinya), dengan bandeng cabut duri ini mudah mudahan anakku doyan bandeng.

  3. Saya punya rumah makan, salah satu menunya adalah Bandeng Tanpa Duri, tapi akhir-akhir ini kesulitan pemasok padahal sudah banyak penggemarnya. Bgaimana ya solusinya?

  4. pengen nyoba dirumah soalnya anak saya doyan banget ikan bandeng,selama ini makan ikan bandeng presto,kalo bisa cabut duri ikan sendiri kan bisa bikin menu bandeng yang lainnya selain presto. ..mudah mudahan bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge