Blog Action Day 2010: Bagaimana Cara Anda Menghemat Air?

Sebenarnya saya sudah tahu Blog Action Day tahun ini adalah soal Air, dan blogger seluruh dunia yang peduli akan isu global tentang air diharapkan menuliskan di blognya masing-masing pada tanggal 15 Oktober. Tulisan diharapkan dengan tema ide, gagasan dan aksi nyata seputar air. Tapi, yah, berhubung alasan kesibukan offline, tulisan itu tidak bisa saya publikasikan pada tanggal 15 Oktober. Saat saya menulis (dini hari) kalender sudah beranjak ke tanggal 16 Oktober. Apa boleh buat.

Air? Siapa manusia yang tak membutuhkannya? Mulai dari mandi, minum, memasak, ibadah, mencuci piring dan pakaian, mencuci kendaraan, bercocok tanam, memproduksi barang-barang, semuanya memerlukan air.

Bagaimana cara saya sebagai individu menghemat air dan berusaha seminimal mungkin mencemari sumber air bersih yang ada? Saya tidak mau muluk-muluk. Belum banyak yang bisa saya lakukan kecuali dengan kadangkala menghemat membuang air saat mandi. Ya iyalah, lha wong mandinya lebih sering sekali sehari daripada dua kali sehari. 😆 #pengakuan

Selain dari itu? Entahlah. Malah saya bingung antara isu kesehatan (yang mengkampanyekan minumlah air yang benar-benar terjaga kebersihannya) dengan isu penghematan air. Jadi, ada bacaan (lupa di mana) yang menyebutkan bahwa untuk menghasilkan satu botol minuman mineral dalam kemasan, air yang dihisap dari dalam tanah dan limbah yang dihasilkan sangatlah besar. Mau sehat, ya minum air kemasan dari merk yang sudah besar namanya itu. Tapi kabarnya, sumber-sumber air bersih yang ada di pegunungan-pegunungan habis disedotnya. Sekian puluh tahun kemudian akan habis. Jadi, pilih mana? (Dan terbukti penurunan air tanah di Jakarta saja bisa mengakibatkan amblesnya jalan dan membuat heboh ibukota)

Nah, sekarang giliran Anda cerita, apa yang telah dilakukan untuk menghemat air?

~~~

Saya googling sebentar, dan mendapatkan beberapa blogger yang menulis juga tentang Blog Action Day, Water:
1. Pak Alwi ~ Air, Tema Global Blog Action Day 2010
2. Bang Brad ~ Hemat Air Bersih Mulai Dari Rumah Sendiri
3. Pak Sawali ~ Isu Tentang Air Bersih Dalam Blog Action Day
4. Mas MT ~ Blog Action Day: Air
5. Mas Alamendah ~ Blog Action Day 2010; Air Bersih

Monggo sila dibaca-baca juga bila sempat. :p

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

40 thoughts on “Blog Action Day 2010: Bagaimana Cara Anda Menghemat Air?”

  1. Hemat listrik hemat air, kran2 yg bocor harus segera diperbaiki ……

    Pengalaman waktu tinggal di Jakarta Utara, merasakan betapa bernilainya air bersih karena untuk mendapatkannya harus beli ke PDAM, dan paasokannya juga sering gak lancar (sering mati2)

    Mari kita action untuk menjaga alam ini tetap lestari, alami dan indah. Sungai bukan tempat membuang sampah, hutan bukan sarana untuk dieksploitasi, illegal logging de el el
    mudah2an para pembuat kebijakan bisa lebih serius memikirkannya …..
    Alwi selesai posting “Air”- Tema Global “Blog Action Day 2010”

  2. Hemat air merupakan salah satu cara termudah dan bisa dilakukan oleh semua orang dalam melestarikan kualitas dan kuantitas air bersih.
    Terima kasih atas backlinknya, Mbak. Tulisan yang itu sebenarnya lebih sebagai ajakan kepada para sobat blogger untuk menulis postingan tentang air yang saya post beberapa hari sebelum tanggal 15. Yang pas tanggal 15 Oktober ada lagi.tapi memang tidak memakai keyword BAD.
    alamendah selesai posting Krisis Air Bersih di Indonesia yang Kaya Air

  3. Baru tahu saya ada BAD. Konsepnya sangat bagus dengan memberitahukan melalui para blogger pentingnya penghematan air.

  4. Kebetulan saya suka berkebun Mbak. Jadi cara saya hemat air ya dengan menyiram tanaman secukupnya. Terus kalau ada space kosong saya tanami bibit pohon, biar bisa menyimpan air.

  5. Wah, kalo saya pun udah dipastikan mandi sekali sehari 😀 Qkqkqkq
    Tapi soal minum saya bisa 2-3 liter sehari. Bahkan mungkin lebih

    oya, keknya pemakaian toilet spt di Kantor dan Mall diganti aja ke model lama [nyiram sendiri]. Soalnya sekali tekan, air yang terpakai untuk menyiram kloset sangat berlebihan 😀
    bangsaid selesai posting Film Indonesia yang Memprihatinkan

  6. segala hal yang sepele ga da gunanya kalo tidak di ikuti oleh kebanyakan orang…itu sih menurut aku mba’e…..
    jadi walaupun udah kita lakukan sekarang dan saat ini dan jika hanya kita tanpa ada orang lain yang mengikuti agak kurang berpengaruh 🙂
    ghe selesai posting Segalanya Butuh Proses

  7. Saya pernah membaca sebuah artikel (di majalah) kalau di masa depan orang hanya akan minum 2 gelas sehari karena terbatasnya air. Jadi miris membayangkannya, belum lagi gimana nanti mandi, PUP, nyiram pohon dan lain-lain 🙁

    BTW, saya menghemat air dengan cara mandi 1 kali sehari :D. Pokoke™ save the water, drink coffee (eh ini mah air juga ya 😆 )
    Aris FM selesai posting WordPress Tips- Memaksimalkan Fungsi functionsphp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge