Blog, Bloging, Blogger Dan Alasannya

Semua orang sudah tahu, internet adalah sumber informasi, sarana komunikasi dan hiburan. Banyaknya pengguna internet didunia tentunya memancing reaksi orang-orang berjiwa bisnis sehingga kegunaan internet bertambah yaitu menjadi lahan dan peluang bisnis yang sangat potensial.

Lihatlah Facebook, salah satu situs sosial yang paling digemari didunia. Hampir semua hal yang dibutuhkan orang di internet ada di Facebook, dari mulai pertemanan, komunikasi, hiburan dan yang terakhir peluang bisnis.

Dari sekian banyak hal yang bisa ditemukan di internet, salah satu potensi yang menarik banyak minat adalah mendapatkan penghasilan. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan potensi ini, dan salah satu caranya adalah dengan memiliki blog.

Lalu pertanyaannya, ada apa dengan blog? Kenapa harus punya blog?

Setiap blogger tentunya memiliki alasan tersendiri mengapa mereka membuat blog dan melakukan aktifitas blogging. Ada yang sekedar ingin tahu, untuk mengisi waktu, dsb.

Ketika menghayal sebelum tidur, Blogger Addict menemukan lima alasan yang menjadikan seseorang menjadi blogger dan memiliki blog. Hasil penerawangan itu tentunya membatalkan niat untuk tidur. Meski sudah pukul 2 pagi, Blogger Addict bangkit dan menyalakan laptop untuk mengurai kelima alasan tersebut kedalam artikel. Kenapa harus ditulis malam itu juga? Karena jika menunggu sampai besok pagi, takut keburu lupa dan idenya bubar buyar.

Ini dia lima alasan yang mendasari seseorang membuat blog dan menjalankan aktifitas blogging.

1. Blog Merupakan Sarana Belajar

Ada banyak pelajaran di internet. Kaitannya dengan blog adalah seorang blogger akan sangat sangat banyak belajar jika ingin memiliki blog yang baik dan benar. Proses pembelajaran itu mengharuskan blogger untuk menggali semua informasi tentang teknologi informasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan blog. Bukan cuma itu, pemilik blog juga harus menambah wawasan dan pengetahuan tentang tema dari blog yang ia buat. Hal ini tentunya mengharuskan blogger untuk keluar masuk situs dan blog lain guna mencari informasi dan berita-berita terbaru. Jadi, blog merupakan sarana belajar dan menjadi blogger menjadikan seseorang terus belajar.

2.Β  Blog Meningkatkan Kemampuan Menulis

Memiliki blog tentunya tidak terlepas dari kegiatan menulis dan dengan memiliki blog, frekuensi menulis seseorang akan bertambah. Tidak ada aturan baku tentang cara dan gaya penulisan artikel di blog. Semuanya bergantung pada kemampuan – termasuk wawasan – dan gaya blogger tersebut. Biasanya blogger akan menulis hal-hal yang disukai karena lebih menguasai atau hal-hal yang dialami sehari-hari. Apapun tema tulisan itu, jika dikemas dengan baik dan gaya bahasa yang menarik, artikel tersebut akan mendapatkanΒ  banyak perhatian dari pengunjung blog.

3. Blog Merupakan Sarana Berbagi

Dengan memiliki blog, seseorang seperti memiliki rumah sendiri untuk menyajikan informasi, berkomunikasi, bahkan menjalin pertemanan. Tentunya blog akan dijadikan media sharing. Jadi tidak hanya mengandalkan situs sosial populer seperti Facebook dan Twitter. Dengan blog, seseorang bisa menulis pengalaman, opini, hasil penelitian, konsep pemikiran, dan berbagai hal yang bisa dibagikan ke orang lain.

4. Blog Untuk Personal Branding

Apa mungkin seseorang bisa terkenal hanya dengan memiliki blog? Jawabannya, tentu saja bisa. Contoh: tahukah kawan siapa pemilik blog yang menampilkan tulisan ini? Saya yakin kawan tahu jawabannya. Jika belum, coba cari tahu di menu Tentang Saya. Dan bukan hanya kawan yang sedang membaca artikel ini yang tahu, masih ada ribuan orang lagi yang mengenal siap pemilik blog ini. Bagi saya pribadi, personal branding Isnuansa sudah sangat melekat di kepala. Meski belum pernah bertemu secara langsung tapi tulisan-tulisan beliau dengan gaya yang sederhana dan natural menjadikan saya tertarik untuk kembali dan kembali ke blog ini.

5. Blog Untuk Mendapatkan Penghasilan

MonetizeBlog! Ya, menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Tidak sedikit orang yang bisa mengubah kesenangan dan hobi menjadi sumber penghasilan, begitu juga dengan blog. Banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog, contohnya penayangan iklan, affiliasi ataupun membuat artikel yang merupakan review dari sebuah produk/website/blog baru. Cara-cara yang lebih mendetail tentang monetize blog –  rencananya – akan Blogger Addict bahas di artikel-artikel lain yang akan di posting di kolom blog milik Blogger Addict.

Rasanya sudah cukup lima alasan ini untuk dijadikan pemicu awal bagi seseorang untuk membuat blog, melakukan aktifitas blogging dan menjadi blogger. Tentunya masih ada alasan-alasan lain yang belum terpikirkan oleh Blogger Addict. Sebab itu, kepada semua pembaca, diharapkan kesediaannya untuk memberi alasan-alasan lain di ruang komentar.

No body is perfect dan dua kepala akan lebih baik dari satu kepala. Mari berbagi pengetahuan, pengalaman dan opini untuk kemajuan bersama.

~~~

Tulisan ini karya Surya Yusman <Blogger Addict>, pemilik blog Kolom Pemuda. Jika Anda ingin menulis di Isnuansa.Com, baca ketentuannya di halaman Guest Blogger.

38 thoughts on “Blog, Bloging, Blogger Dan Alasannya

  1. Lima alasan di atas benar-benar menjadi sebuah role model kalau dikaitkan dengan blogging.

    Blog sebagai sarana untuk belajar? Yes. Disini kita bisa belajar banyak hal, dan jangan lupa dengan pepatah ‘ikatlah ilmu dengan menuliskannya’. Jadi dengan mem-publish pengalaman kita dalam belajar, secara langsung kita telah mematri ‘sesuatu’ yang bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi kita sendiri maupun pembaca blog.

    Blog meningkatkan kemampuan menulis? Jelas. Seperti yang mbak Isnuansa bilang: tugas blogger adalah menulis. Jadi mau ngga mau kita ‘dipaksa’ untuk terus menulis. Dengan begitu lambat laun kita akan makin ‘prigel’ dalam menuangkan gagasan di sebuah tulisan dan dapat menemukan ‘gaya’ menulis yang pas dengan karakter dan tema yang kita usung. Ini perlu disiplin juga sebenarnya.

    Blog merupakan sarana berbagi? Bisa jadi. Arti ‘berbagi’ atau sharing memang bisa diartikan secara luas. Bila berbagi itu diartikan sebagai membagikan pengalaman sehari-hari layaknya buku harian online, tak akan jadi masalah selama narablognya enjoy. Yang repot adalah jika kita merasa ‘dipaksa’ tuk menulis sesuai dengan apa yang diinginkan pembaca, lalu jadi ‘down’ ketika ternyata responnya kurang. Tapi saya kira ini bisa diatasi jika kita memiliki konsep atau misi blogging dalam jangka panjang, betul?

    Blog untuk personal branding? Ini bagian favorit saya. Karena saya percaya, bahwa tiap pribadi itu unik dan masing2 memiliki potensi untuk menyebarkan keunikannya itu di media blog. Contoh, seamburadul-amburadulnya blog, pasti ada sisi unik di dalamnya. Ya mungkin ‘amburadul’nya itu hehe.

    Blog untuk mendapatkan penghasilan? Hmm, penjelasan di atas sebenarnya sangat teknis sekali. Pasang iklan, atau afiliasi, atau review, dapat bayaran. Lalu bagaimana yang dapat penghasilan lewat blog tanpa cara-cara itu? Seperti halnya saya yang dapat order desain cover buku? Inilah kekuatan blog yang sebenarnya. Aksi ‘personal branding’ di atas bukan hanya dapat me-narsis-kan potensi diri kita, tapi juga mampu meraih sesuatu, baik itu berupa apresiasi maupun materi/penghasilan.

    Dan nobody is perfect? Dua kepala lebih baik dari satu kepala? Setuju sekali! πŸ˜€
    Dendy Darin selesai posting Review Buku: Melejitkan Otak Lewat Gaya Menulis Bebas (Freewriting) 2 – Kuncinya, Rileks Dan Santai

    1. Maaf pada kawan2 yg lain, dari sekian banyak komentar, Blogger Addict paling tertarik mengomentari komentar mas yang satu ini, terutama dibagian Blog untuk mendapatkan penghasilan.

      Inilah yang Blogger Addict maksud dengan dua kepala lebih baik dari satu kepala. Blogger Addict tidak memiliki pengalaman tentang sistem monetize dari blog ataupun personal branding selain tata cara diatas, tapi disini mas menambahi bahwa mas memiliki pengalaman mendapat orderan karena pesonal branding mas yang bagus dan itu didapat melalui pengalaman mas menjadi blogger.

      Hmm.. ini juga bisa dijadikan bukti bahwa blog memang wadah untuk berbagi, baik itu dalam artian luas ataupun kita menjadikannya lebih spesifik.

      Satu lagi, saya suka selera humor mas. Amburadulnya sebuah blog justru menjadi keunikan blog itu sendiri.. saya terpingkal membacanya.. Sense of humor yang cerdas.
      Blogger Addict selesai posting Kuasai Kecerdasan Emosi-mu Kawan

  2. qiqiqiqi.. ngikiik baca komen mas Gie :)… kelima alasan itu sudah yang paling dasar ya mba. aku sendiri punya kepentingan untuk poin 4 & 5 untuk blog keduaku, tapi untuk blog utama, memperluas networking menjadi salah satu pemicu kenapa aku mau ngeblog. TFS mba, tulisannya inspiratif
    @yankmira selesai posting Your Blog Makes Us Smile | Really?

  3. Saya sangat setuju sekali dengan kelima poin di atas. Apalagi pada poin yang kedua, sangat-sangat megang sekali untuk diri saya. Ngeblog bukan hanya sebagai rutinitas, tapi dibalik ngeblog terdapat banyak sekali manfaat dan juga keasyikannya. Hehehe, keep blogging and sharing (pesan dari saya) ;).
    Nice post mbak…
    danyf5habibi selesai posting Hilangnya Semangat Ngeblog!

  4. Dulu alasan utama saya bikin blog adalah yg kedua, yakni belajar menulis. Dan karena kebiasaan itulah kemampuan menulis saya lebih baik dari sebelumnya, dan karena kemampuan itu saya bisa diterima bekerja di tempat kerja yg sekarang, hehe… Syukur alhamdulillah πŸ™‚

  5. Dulu alasan utama saya ngeblog adalah pengen curhat dan media dokumentasi hasil belajar saya… dan memang sampai sekarang seperti itu adanya.. monetise itu bonus, gak begitu addict kesana.. mungkin momennya saja belum kesana, nanti kalau sudah sampai pasti konsen cari duit,hehe…
    Dani Setiyawan selesai posting Posting Awal Tahun Serba 11

  6. Kalo aku komen di sini tentu mudah ditebak, aku menyoroti poin kelima.
    Monetize blog adalah hak dan aku menghormati hak itu. Aku juga sangat setuju dengan istilah “Tidak sedikit orang yang bisa mengubah kesenangan/hobi menjadi sumber penghasilan” karena kenyataannya memang semakin banyak blogger yang mengubah blognya dari hobi yang nikmat dibaca dan indah dilihat menjadi sosok robot yang harus nurut pada pemberi penghasilan yang harus bisa menuliskan produknya secara indah ketimbang obyektif.

    Menarik sekali memang.. saya dukung monetizing blog πŸ™‚
    DV selesai posting Prei Sik Yo…* (2011)

  7. Setiap blogger tentu memiliki alasan sendiri mengapa ikutan membuat blog. Dan bagaimana dia ngeblog, mau diapakan blognya, sampai kapan dia akan ngeblog, saya rasa tidak sama antara satu blogger dengan blogger lainnya. Semua kembali kepada pemilik blog.

    Cuma satu yang perlu diingat, sebaiknya jangan tergiur oleh janji muluk bahwa memiliki blog dapat menghasilkan banyak uang. Memang bisa, tapi semuanya tidak mudah. Betul?

    Btw, saya baru sadar ketika membaca sampai di tengah tulisan bahwa ini adalah Guest Post.
    imadewira selesai posting Tips Mencegah Batu Ginjal

  8. Bangun pagi-pagi langsung ngidupin laptop (sambil nunggu sesuatu berkumandang)
    Bukannya buka blog sendiri tp si tikus yg berwarna-warni maunya mbuka menu bookmarks dan langsung klik isnuansa.com

    Mungkin karena pengen tau seberapa besar minat kawan2 tuk kasi komen di tulisan ini
    Hmm.. Ternyata banyak jg ya..

    Coba tulisan ini sy posting di blog sy sendiri, yakin deh sy gak bakalan sebanyak ini komen nya. Maklum, blog nya masih baru, masih butuh perjuangan tuk bisa nongol dan dapat simpati.

    btw sy lupa ngucapin makasi buat mbak Isnuansa krn dah bersedia memuat tulisan sy di blog ini.

    MAKASI YA MBAK
    Blogger Addict selesai posting Perbedaan Itu Indah

  9. Model pembelajaran dalam blog bisa langsung diterapkan oleh si empunya. Misalnya, kemampuan menulis. Saya juga makin terasah belakangan ini dengan makin banyak baca, dan rutin mengunjungi banyak blog.
    Indonesia Revive! selesai posting Suka-Duka Freelancer

  10. Dulu saya menulis cuma 200 kata, lama kelamaan terbiasa. dan merangkai kata itu menjadi mudah seperti mengenakan baju. Ini semua gara2 blogging lho,…
    Jadi, blog bukan hanya untuk nyari duit, tapi juga menghaluskan permukaan personal branding kita πŸ™‚
    Kaget selesai posting Lahan Parkir Gratis, Stok Terbatas!

  11. Menambahkan yang terakhir (khusus pebisnis) blog berfungsi sbg DISPLAY | PERSONAL SELLING.
    Succes untuk POSTINGnya + menjadi BERKAH.

    Internet Selling Skill | Strategi PEMASARAN ONLINE – Strategi PEMASARAN INTERNET | 081 328 738 736
    Internet Selling Skill selesai posting 7 TIPS Memasarkan PRODUK Lewat Internet

  12. Bagi saya, walau ada facebook dan lain-lain, menulis di blog masih menyenangkan. Selain untuk relaksasi, blog memang untuk meningkatkan kemampuan menulis, juga secara tak langsung merupakan tempat menulis catatan harian (tentu saja yang sudah dikemas sehingga bermanfaat bagi orang lain), juga catatan pekerjaan. Tulisan yang spesifik di blog, ternyata bermanfaat saat saya membutuhkan padahal sedang di luar kota.
    edratna selesai posting Mencoba makanan Korea di β€œChaesundang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge