Blog Di Blogspot Banyak Dihapus, Bagaimana WordPress?

Awalnya saya membaca postingan dari rekan Toni Jauhari melalui feed yang mengabarkan blognya dihapus oleh Blogger tanpa ampun, padahal sudah lama dikelola, dengan jumlah postingan yang sudah ribuan.

Blog-blog yang ‘menumpang’ memang lebih rentan dihapus oleh pemiliknya, jika melanggar ketentuan yang telah disepakati dalam TOS [Term of Services].

Beberapa rekan blogger yang lain, menyusul Toni, menulis bahwa Blogspot juga menghapus blog-blog mereka. Pertanyaannya, mengapa?

Ada yang berspekulasi karena menghilangkan navbar Blogger. Jika itu masalahnya, maka akan banyak sekali yang kena razia oleh Blogspot, karena seingat saya, ada banyak bloger yang menulis tutorial cara menghilangkan navbar di Blogspot dan pasti banyak pengikutnya.

Saya pikir saya cenderung percaya bahwa penghapusan blog oleh Blogspot disebabkan pelanggaran berat. Semacam spamming dan blog yang memuat auto content.

Nah, itu blog yang numpang di Blogspot. Bagaimana dengan blog yang di WordPress?

Saya masih ingat ketika itu [tahun 2007?] blog-blog di WordPress dihapus massal gara-gara mengikuti kontes SEO. Jadi untuk Anda yang belum tahu bahwa mengikuti kontes SEO adalah haram hukumnya bagi pengguna WordPress, maka jangan gunakan blog Anda untuk ikutan mendukung kontes SEO ya.

Selain itu tentu Anda sudah sangat paham, jika blog wordpress dilarang untuk nyari duit.

Untuk pengguna TLD [top level domain], domain blog berbayar, ruang gerak Anda cenderung lebih leluasa, meski tetap harus hati-hati dalam mengelola blog.

52 thoughts on “Blog Di Blogspot Banyak Dihapus, Bagaimana WordPress?

  1. aku baru tau mbak. dulu aku pakai blogspot cuma satu doang. setelah itu langsung pindah ke wordpress karena enginenya lebih ‘bersahabat’ bagiku. hehe
    .-= wahyurez selesai posting Mercusuar: β€œDilarang Berbuat Mesum” =-.

  2. Terimakasih,infonya Mba.
    Kemarin saya dengar tentang itu,tapi belum jelas benar.
    Ternyata,blog itu kena razia karena melanggar ketentuan.
    Wajar saja,kalo tuannya marah.

  3. Saya punya 3 blogspot tp yg keurus cuma satu, semoga tidak ikutan di raxa karena sejauh ini saya main aman-aman saja.

  4. serba salah ya.. kalo pake penyedia layanan blog gratis semacam blogspot, kita emang gak perlu pusing sama masalah hosting dan bandwidth, tapi resikonya ya blog kita dihapus dengan semena2, apalagi kalo blog itu sudah punya “penghasilan” sendiri..

    kalo pake hosting sendiri, walau sudah tidak pusing masalah space dan bandwidth (pakai yang unlimited), masih takut kena suspend semena2 oleh pihak hosting..

    paling enak ya pake server sendiri (dedicated), tapi.. mahal! πŸ™
    .-= jimmy selesai posting Diet Golongan Darah =-.

  5. Saya sudah pernah baca informasi serupa Mba. jadi tambah yakin deh….
    .-= Badruz selesai posting Nama Blog =-.

  6. thanks bgt sob untuk sharing-nya, alhamdulillah belum ada penghapusan jd kemungkinan masih aman. πŸ™‚
    .-= The Fachia selesai posting Download Disk Sorter for Windows Systems =-.

  7. Saya percaya bukan karena navbar penghapusan blog itu terjadi, karena navbar (bilah navigasi) rasanya tidak secara spesifik disebutkan dalam TOS blogger.com (karena blogger mendukung tinggi kebebasan – bahkan lebih bebas dari wp.com).

    Kemungkinan karena kontennya, atau menggunakan script yang bebannya berlebih dan tidak ada hubungannya dengan blogging.

    Kalau wordpress.com sudah jelas sangat ketat, jangan harap deh pengalihan trafik bisa diloloskan kalau ketahuan, setiap harinya ada puluhan hingga ratusan blog wordpress disuspend karena pelanggaran konten dan macam-macam.
    .-= Cahya selesai posting Memperkaya Langgan Blog Via Email di Feedburner =-.

  8. Wah, kalo karena penghapusan navbar, saya jadi khawatir kalo gitu. Apalagi ada satu konten blogspot saya yang isinya link donlot mp3. Mau saya hapus, tapi itu adalah salah satu sumber trafik terbesar blog kafe28 saya.

    1. Konten download MP3 bajakan setahu saya juga ‘haram” bagi Google. Tapi masih ada banyak blogger yang menulis serupa, aman-aman saja sampai saat ini. Nggak tahu kedepannya.

  9. Sebenarnya blog berbayar pun tetep tidak punya kebebasan kalo menurut saya mbak. KIta harus tunduk pada aturan yang dibuat oleh provider hosting. Misalnya dari sisi konten, beban server, link yang ada pada blog kita, dsb.

    Tapi kalo baca TOS-nya, bikin puyeng juga. Soalnya banyak banget. Nggak tau kalo hosting blog mbak Nunik ini..

  10. πŸ˜† Sekitar pertengahan tahun 2009 saya pernah membuat 3 blog pribadi juga di blogspot, namun karena saya agak kesulitan (karena gaptek pula) menata tampilan (themes blog), jadi saya nonaktifkan sendiri (autodelete, dihapus selamanya). Makanya sekarang hanya fokus pada domain berbayar ini. Semoga bisa konsisten ngeblog dan tetap mengikuti TOS.. 😎
    .-= TuSuda selesai posting TANGGAPAN PRESIDEN DAN WAPRES PASCA HASIL PARIPURNA DPR =-.

  11. Sebelum dimusnahkan oleh kekejaman penyedia hosting dan semacamnya, blog saya harus segera diselematkan. Oleh karena itu, saya larikan isinya ke server cadangan. Jadi kalaupun musnah, dia tetap bisa saya hidupkan.

    Kan ada backupannya!

  12. ini nih yang bikin blogger Indonesia jadi jelek di mata google. =P
    .-= dimasangga selesai posting Mengapa Saya Memilih Do Follow? =-.

  13. Sebaiknya memang semua blogger bisa mengerti istilah dimana langit dijunjung disitu bumi berpijak. Kalo memang tuan rumahnya membuat sejumlah aturan, mbok ya jangan dilanggar. Kalo pengen bebas ya bikin rumah sendiri alias beli hosting dan domain sendiri, “lebih leluasa”…

  14. Sedih pasti bila itu terjadi padaku, kadang kita tidak sadar kalau tindakan kita melanggar ketentuan pemilik.

  15. apakah waktu dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya atatu peringatan dulu gtu? gawat juga ya kalau blognya tiba2 dihapus gtu,,,
    ——-
    yosbeda.com dah update teh..
    silahkan mampir…

  16. Alhamdulillah, blog saya masih selamat. Setahu saya, blog yang dihapus oleh Blogger karena memuat konten porno, konten rasial dan menebarkan fitnah atau kebencian, serta terlalu banyak menulis review yang bisa dianggap sebagai spam oleh Blogger. Saya pernah diingatkan oleh admin Blogger karena banyak backlink yang mengarah ke EzineArticles, sebab blog itu postingnya emang pure kopi-paste dari EA. Untungnya tida dihapus. πŸ˜€
    .-= Bung Eko selesai posting Pemberi Komentar Terbanyak Februari 2010 =-.

    1. Owh, dikasih peringatan dulu ya? Teman yang dihapus itu bilang nggak ada peringatan dulu.

      Jadi bisa jadi juga tergantung derajat kesalahannya kali ya? Kalo hanya melanggar sedikit, mungkin diperingatkan terlebih dahulu, tetapi jika keterlaluan, ya langsung dihapus kali ya?

  17. seumur-umur saya ngeblog, saya belum pernah baca tuh TOS nya. πŸ™„ Jadi ngga tau apa yang boleh apa yang enngga? :mrgreen:

    Nanti kalaun blog saya dihapus saya akan bilang sama om gugel “sori om, saya ngga tau” πŸ˜†

  18. ono rego ono rupo, kata orang jawa.

    kalo gratisan yang begitu, harus tunduk sama aturan bos-nya.

    πŸ™‚
    .-= iip albanjary selesai posting Top 20 cleanest countries by 2010 EPI =-.

  19. Penghapusan blog oleh Blogspot karena memang ditenggarai melakukan pelanggaran terhadap TOS. Jadi wajar saja. Hal ini tidak tertutup kemungkinan pada WordPress.com
    Bukannya ingin merendahkan atau apalah, Blogspot dan WP sudah menyediakan blog gratis, mestinya ikutilah aturan main yang ada.

  20. Blog saya yang di blogspot diblokir dan tak bisa diakses publik, tapi untuk login masih bisa. Contact admin gak banyak membantu karena sampai sekarang tetap saja begitu.

    Kemudian saya pindah ke WP pernah kena blokir juga tapi setelah menghubungi adminnya langsung di tangani dalam waktu singkat… sekarang sudah beres
    .-= HALAMAN PUTIH selesai posting Bahan Makanan Berkhasiat Di Sekitar Kita =-.

  21. Konon ada yang menggunakan WP untuk cari duit dgn cara review. saya nggak tahu apa batasan yang boleh dan nggak boleh mbak. Tapi saya nggak mau coba2 kok karena sudah punya 2 wadah untuk cari dolar kecil2an.
    Salam rindu selalu

  22. Donate…., please?
    jangan ngasal pakai yang gratisan terus tidak tahu diri dengan si empunya. kalau sudah berpenghasilan, mbok yaa kasih Donate begitu buat pengembangnya πŸ™‚
    .-= munawar am selesai posting Akses Internet Itu Hak Asasi Manusia; Globescan Internet Poll =-.

  23. wahh..bengong-bengong deh saya baca tulisan mbak,,aku awam banget neh soal beginian..thanks ya mb infonya menarik..aku pemain baru neh di dunia perblogan..hehe..
    .-= bundanaura selesai posting Emas : Alternatif Investasi yang Makin Diminati =-.

  24. Ngeri juga mendengarnya.Blog sudah dengan ratusan postingan dan telah mendatangkan uang dihapus dalam sekejab.Harus lebih berhati-hati nih dan selalu deh backup postingan kita.
    .-= blogpopuler selesai posting Kisah Hasim Dan Pramugari Cantik =-.

  25. menurut saya blog dihapus selama yg saya alami karena iklan banyak, terus url di redirect kesitus lain atau juga situs dewasa tetapi tidak menggunakan warning ban pada blog loe serta itu utk semua jenis kategori situs dgn jenis spam,menyebar link yg tdk wajar,spamming keyword,bnyk artikel tdk updated,serta copy paste situs orang dan pokoknya hindari semua itu agar selamat aja,dan sy juga ada 2 situs trafik 100k perhari ke2 nya situs forum bos dan nyesel gue gak backup dulu loe hehe, saya juga ada situs dewasa nie gan, dan kalau suka di add ya dan kalau tidak suka jgn tersinggung ok karena semua harus peace hehe dan juga makasi artikel anda yg bagus ulasannya dan tetap semangat ok berbloging ria karena saya juga begitu hehe, makasi waktunya bos thanks gbu.
    ngewe.in
    3tiga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge