Blog Itu Apa?

BLOGBlog Itu Apa? Berkat Facebook, teman saya 17 tahun yang lalu kembali bisa ketemu [Jadi malu, ketahuan umur saya sekarang sudah berapa…]. Entah dari siapa dia menambahkan saya menjadi daftar temannya.

Karena saya memang sengaja tidak memasang fasilitas dinding, maka pilihannya adalah mengirimkan surat, atau menulis komentar di catatan facebook saya.

Teman saya memilih cara yang kedua. Diantara pertanyaan standar yang diajukan kepada seorang teman yang lama tidak bertemu [seperti Sekarang di mana? Kerja di mana?], satu hal tambahan yang dia tanyakan adalah: “Blog itu apa?”

Kebetulan postingan [yang otomatis saya import ke catatan Facebook] yang terakhir adalah “Terimakasih Rekan Blogger”. Di situ saya menulis banyak pengunjung blog ini yang direferensikan dari blog teman-teman.

Gubraks! Ternyata, masih banyak juga orang di luar sana yang sudah melek informasi dan memanfaatkan teknologi internet, tetapi masih belum mengetahui juga ‘mahluk’ yang namanya BLOG.

Mereka online untuk sekedar mendapatkan informasi dan menghabiskan banyak waktu untuk memelototi status Facebook teman-temannya. Dan tentu saja, saya yakin, main games.

“Blog itu apa?” Secara singkat saya menjawab kepada teman saya blog adalah website yang dimiliki oleh pribadi, alamat blog saya di www.isnuansa.com. Nggak mungkin saya menjelaskan pengertian blog seperti yang saya temukan di tempat lain, seperti blog adalah sebuah online jurnal, sebagai tempat menuliskan pengalaman pribadi, dan lain sebagainya. Nanti dia malah kebingungan sendiri.

Dengan adanya pertanyaan paling sederhana dari teman saya sendiri tentang apa itu blog, saya menjadi yakin bahwa masih banyak di luar sana masyarakat kita yang juga belum mengerti apa itu blog sebenarnya.

Buat teman-teman bloger, menjadi tantangan tersendiri untuk memberikan edukasi kepada para pembaca blog kita agar lebih memahami apa itu blog, sehingga suatu saat [kita sama-sama berharap] lebih banyak lagi orang yang memiliki sebuah blog.

Jangan khawatir jika akan menuliskan tentang hal-hal sederhana seputar blog, entah itu “Cara Membuat Blog”, “Panduan Menulis Blog”, atau hal-hal yang remeh-temeh yang [mungkin] memunculkan rasa malu pada diri sendiri ketika akan memulai menulisnya, muncul keragu-raguan apakah akan ada yang membacanya, percayalah, itu semua tetap layak untuk Anda tuliskan.

Teman, apakah Anda pernah juga ditanya: “Blog itu apa?”

——————————————————-

Tulisan lain yang perlu Anda baca:

14 thoughts on “Blog Itu Apa?

  1. baru tadi sore aku ditanya njlimreet ama temanku blog itu apa? bahkan yang namanya google saja iya tidak tahu..panjang kali lebar aku menjelaskan iya manggut2 kebingungan..iya nanya email..facebook..deeleel…

    Terangin aja dengan sabar. Siapa tahu dapet orderan bikin blog. Lumayan kan? 😆

  2. iya malah nanya hal yang lebih sederhana dari itu “apa itu internet dan bagaimana kita bermain internet?”
    dengan sabar aku menjelaskan menggunakan perumpamaan..akhirnya langsung ajah kupraktekan dengan browsing melalui hape kesayangan..

    Mantep deh… Berarti udah bisa jadi guru.

  3. iya,,, msh banyak sekali masyarakat kita yg belum mengerti apa itu blog, kita sebagai yg lebih mengerti duluan,,, mari saling melengkapi 😆
    .-= Lendra Andrian´s selesai [nulis] ..Ikuti KUIS “Arti SUKSES”, Hadiah PULSa total Rp. 225.000 =-.

    Melengkapi 😆 Kayak mo kawin aja, saling melengkapi… 😳

  4. hebat bisa jawab, wempi aja bingung mo jawab apa itu blog. lebih enakan bilang kunjungi website wempi ya di blablabla, lebih banyak yang ngerti. laksana menjelaskan karyawan itu adalah pekerja saja, huehehue…

    pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara buatnya…?

    Kok, ngasih tugas sih?

  5. suatu saat tmenQ ke warnet, dia browsing2 dan selalu ga2L, complain ma penjaga warnetny, lalu dia dsuruh coba buka google, tnyta ttep ga bs.. lalu apa komentar penjaga warnet itu? ‘o.. google itu kn pusatny internet, jd kL google ga bs dbuka, yg laen jg ga bs’.. fiuwh…

    Hehehehe, sejak kapan semua situs bisa dibuka kalo Googlenya juga bisa… Ada-ada aja tuh penjaga warnet.

  6. Saya sudah berusaha memenuhi permintaan untuk membaca artikelnya lebih dulu. cuma ini format paragrafnya agak beda, lebar banget spasinya.

    ini kommentnya:

    ada yang bilang, BLOG itu Better Listing On Google.
    kalau ada yang tanya Google itu apa? Jangan suruh searching di Yahoo atau Bing. Nanti malah jadi tambah Bing-ung.
    .-= Kang Nawar´s selesai [nulis] ..Blog Action Day 15 Oktober 2009 | Anda Sudah Punya Rencana? =-.

    😆 Kang Nawar bisa saja… 😆

    Soal Spasi, itu karena terakhir saya ngutak-ngutik CSSnya, maklum, lagi belajar, jadi coba-coba ngartiin sendiri. Nggak tahunya jadi begitu. Padahal sudah saya tunggu beberapa saat supaya terlihat pengaruhnya, eh, saya refresh tampilannya baik-baik saja, pas ditinggal kok jadi luebyar bangets begitu. 👿

  7. pernah, dan jawaban saya persis seperti jawaban di tulisan ini.
    .-= wira´s selesai [nulis] ..Kuta Karnival 2009 di Bali =-.

    Mantep deh.

  8. Sya pernah di tanya apa itu blog, dan kayaknya memang masih banyak yg belum tahu (punya) blog… 😯

    btw, ini kok jarak antar barisnya jauh sekali ya mbaq?…. apa di setting begitu?…
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Ngecek Jumlah Error kode HTML pada Blog =-.

    😆 😆 Saya main-main CSS kemarin, gaya, tapi jadinya ancur. Tak benerin lagi deh…

  9. mari menulis dan coret coret hingga titik tinta terakhir kekekekkkk….

    ada sih yang nanya, saia jawab aja “blog itu selingkuhannya aura kasih” kekekekekkk

    Aura kasih mulu yang dibawa-bawa… Gw kek, sekali-kali… 😆 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge