Blog Versi Mobile Terlihat Sama

Sejak awal saya menyadari jika tampilan blog versi mobile yang saya pilih akan terlihat sama dengan yang lain [yang memakai mobilepress] ketika diakses melalui hand phone.

Hal ini saya ketahui dari setingan di plugin dimana hanya ada dua pilihan theme yang dapat dipilih, yaitu theme default dan theme khusus untuk iphone. Karena pengguna iphone di Indonesia yang masih terbatas, ya sebaiknya memang diseting theme default saja. Tentu ini yang menyebabkan blog versi mobile yang menggunakan plugin mobilepress karya Aduity menjadi tampak sama jika diakses melalui hand phone.

Saya sendiri tetap akan mempertahankan pemakaian plugin ini supaya blog menjadi ringan ketika dibuka lewat hp. Toh, pengunjung blog kecil kemungkinannya mengunjungi banyak blog yang menggunakan plugin mobilepress sekaligus.

Ada alternatif lain, karena wordpress menyediakan banyak plugin untuk membuat tampilan blog menjadi versi mobile. Salah satunya adalah Carrington yang memiliki lebih dari satu pilihan theme. Saya sudah pernah mencobanya, tapi tidak berhasil di blog ini. Makanya saya memutuskan memilih merubah tampilan blog menjadi versi mobile menggunakan plugin mobilepress.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

28 thoughts on “Blog Versi Mobile Terlihat Sama”

  1. sayangnya blog ku bukan wp… tapi saya juga sedang usahaken untuk tampilan mobile nya….

    mbak, manjawab pertanyaan di blog saya:
    bahwa tidak ada maksud untuk pelit terhadap backlink, toh buktinya banyak kok yg gak error. Saya sangat berterimakasih telah diingatkan mengenai hal tersebut, karena sebetulnya error itu sudah lama hanya saja saya belum sempat membenahinya. Saya akan segera benahi, mbak….
    Thnx ya, mbak… Maaf atas ketidaknyamanan di blog saya…. 😀
    .-= mayasaridotnet selesai posting Pikirkan Sebelum Posting =-.

    1. Saya memang menulis merubah blog versi mobile untuk wordpress. Untuk platform lainnya, saya nggak tahu caranya.

      Soal jawabannya, terimakasih ya.
      Meski saya nggak tahu kenapa ada yang bisa linknya keluar [normal], ada juga yang ketumpuk dengan alamat blog Anda sendiri. Jika memang begitu, sebagai pemilik blog, bukannya bisa direvisi secara manual [jika mau]?

      1. sudah saya benahi script nya….
        revisi secara manual gak bisa, harus ubek2 script lagi….

        link nya mbak sudah beres…. 😀
        .-= mayasaridotnet selesai posting Pikirkan Sebelum Posting =-.

        1. Trims berat, saya kok ya tumben mencet link saya sendiri. Biasanya nggak pernah saya lakukan ketika meninggalkan komentar di sebuah blog.
          Dan ternyata kok nggak bisa, makanya saya [sedikit] protes. 😉

          Meski terkesan cerewet, itu semua demi blog Anda juga kan? [Jujur, saya bertekad nggak akan dateng lagi selama masih bermasalah, hehehe] Dateng sih, tapi baca aja…

  2. Saya juga makai mobilepress dulu tpi saya ganti ke carrington krn mobilepres membuat tabel bru di database yg sdikit brat di load dripada carrington…Just my opinion 🙂

    1. Iya, ada settingan tersendiri di dashboard khusus untuk mobilepress-nya. Soal menambah berat, saya belum tahu, tetapi setidaknya jika diakses melalui hand phone menjadi lebih ringan blognya.

    1. Sepertinya kalo pake plugin, hanya yang berbayar. Tetapi, saya lihat, justru yang gratisan sudah lebih banyak theme yang mendukung mobile version.

      Saya kepengen memiliki blog yang ringan dibuka justru dari blogwalking melihat blog teman-teman yang di wordpress gratisan, Mbak Yana.

  3. Sekarang saya coba pake opera mini,loadingnya lbh lancar dan nyaman.
    Halaman depan cuma 2 kb,hlmn komentar 8-10 kb.
    Murah-meriah,Mba. Moga makin banyak pengunjungnya.

  4. Mas, blog saya pake mobilepress, tapi ketika diakses melalui pc, tampilan blog tetap saja versi mobiel…
    Kenapa ya?

  5. Saya punya blog di wordpress.com,apa bisa dipasang plugin mobilepress?saya udah download mobilepress yang 1.1.5 terus bagaimana menguploadnya?mohon bantuannya.

  6. Waduh barusan udah baca malah udah lebih 3 kali,termasuk yang chatting itu.malah tu halaman udah ku simpan di opera mini.yang jadi masalah menguploadnya itu gak tau caranya,gimana mau melangkah ke tahap berikutnya.tapi barangkali kerusakan ada pada sistem berfikir saya.soalnya biasa pegang cangkul kok mau ngeblog segala.satu lagi ni mbak waktu masuk ke dasboard saya lihat gak ada tulisan plugin,letaknya dimana ya?

    1. Yang namanya Plugin ya dibagian kiri, Mas. Satu bagian sama navigasi Pages, Comment, Tools, Setting, dll.

      nah Mobilepress itu punya setting tersendiri, dibagian kiri bawah. Makanya, biar nggak cuma pegang cangkul, itu mbok alamat blognya dimunculin, jangan cuma ngetes saya doang. Saya kok ngerasa situ master yang coba-coba ngerjain saya ya. Sekian, nuwun. Kalau nggak ada alamat blognya, mohon maaf nanti saya delete ya komentarnya.

  7. Maaf,jujur saya memang benar pemula banget,sejak kecil mainnya cuma patok lele dan kelereng,jauh banget sama teknologi.saya gak tampilkan blog karena memang gak ada postingannya.email dan blog itu saya buat dari hp dengan opera mini 4.2 setelah baca2 artikel di google.oh ya kemarin saya jumpa artikel yang bilang untuk blog saya gak bisa dipasang plugin karena berakhiran wordpress.com apa ia.setelah saya lihat2 memang saya belum jumpa blog dengan akhiran wordpress.com yang tampilannya seperti ini.semoga suatu saat saya bisa jadi master.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge