Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?

Beberapa waktu yang lalu, muncul pertanyaan dari beberapa teman, bagaimana caranya bisa mendapatkan undangan untuk menghadiri event-event yang diadakan untuk pers, dan juga blogger? Teman-teman tersebut sepertinya pengen juga merasakan kumpul-kumpul dan ketemuan dengan blogger yang sebelumnya hanya kenal di dunia maya.

Sebenernya sih, nggak ada rahasia khususnya. Semua bisa saja diundang, kok. Hanya, ya memang yang paling utama adalah kebanyakan acara tersebut diselenggarakan di ibukota Jakarta, dan beberapa kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Bandung. Selain itu, masih sangat terbatas, sejauh yang saya tahu. Maka berbahagialah blogger yang bertempat tinggal di kota-kota tersebut, karena bisa mendapatkan undangan untuk menghadiri acara gathering atau launching produk, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk kopdar. Nah, yang tinggal di pelosok, meskipun ketika di dunia maya petualangannya bisa tak berbatas, kesempatan berkumpul secara nyata memang lebih sedikit.

Trus, dari mana dapat informasinya?

Rajin-rajin berjejaring. Ngeblog jalan terus, blog tetap diisi dengan tulisan-tulisan baru, sambil aktif juga di sosial media seperti Facebook dan Twitter. Gabung ke dalam komunitas blogger yang ada di kota tempat tinggalnya, minimal. Trus, bisa juga masuk komunitas dengan minat khusus, menjadi anggota group-group di facebook dan follow teman-teman blogger yang memang suka berbagi informasi tentang acara-acara yang lagi nge-hits.

Kita nggak pernah bisa memprediksi secara pasti, dari mana pertama kali bisa mendapatkan sebuah infomasi tentang kegiatan dan undangan, kecuali undangan tersebut adalah sebuah acara yang secara reguler diadakan. Bisa saja muncul di forum, milis, group facebook, bahkan tweet dan retweet-an yang tanpa sengaja bisa kita temukan di timeline. Yang pasti sih, siaga dan pasang mata serta telinga secara awas.

Pentingnya halaman kontak. Ayo, cek blog masing-masing!

Halaman Kontak Blog

Soal pentingnya halaman kontak, mungkin beberapa blogger banyak yang belum menyadari dan memasangnya di blog. Buat apa? Mungkin itu yang ada di pikiran. Lhah, bagaimana mau dapat undangan, kalau alamatnya saja nggak jelas? :mrgreen:

Semua orang yang perlu menghubungi kita, pasti akan mencari halaman kontak, di manakah Anda bisa dihubungi?

Yang sudah memasang halaman kontak, pasti pernah merasakan kejutan-kejutan yang tak terbayangkan sebelumnya. Penawaran “pekerjaan“. Penawaran test produk. Dan lainnya. Meski saya belum pernah ngaku secara detail di blog ini tentang apa saja yang saya dapatkan dari halaman kontak, yakinlah bahwa nggak ada ruginya memasang halaman kontak di blog Anda!

Atau, setidaknya, tulislah di halaman tentang saya, alamat email di mana teman-teman secara personal bisa dihubungi. Atau, akun Facebook dan Twitter. Atau nomer handphone. 😳

Dan saya pernah punya pengalaman khusus. Perlu untuk “mengumpulkan” beberapa blogger dengan “spesifikasi” khusus. Pas saya googling, hampir semua blog yang saya temukan, nggak ada halaman kontaknya. Butuh waktu setengah hingga sejam buat ngubek-ngubek banyak halaman, sampai saya bisa mengontak blogger tersebut. Untung saya baik hati, tidak sombong dan rajin menabung sabar dan mau melakukan pencarian. Kalau seandainya ada brand besar mau menghubungi Anda dan dia nggak bisa menemukan halaman kontak, apa kira-kira mereka mau “berbaik hati” meluangkan waktu mencari. NO! Banyak blogger yang bisa mereka kontak yang menunggu antrian selanjutnya di daftar. 😆

So, sudah ada bayangan? Atau malah makin pusing?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

87 thoughts on “Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?”

  1. Setuju. Tapi sekarang, siapa pun bisa menghubungi kita (eh, kita? *ngikik*) gak hanya lewat blog atau contact form di blog. Lebih sering dicolek2 lewat twitter kalo ada yg mau ngirim undangan gathering atau nawarin kerjaan.

    Come to think of that, berarti nyantumin akun social networks (atau pasang widget) di blog menjadi wajib hukumnya, yes?

    Suka artikel ini 😀

  2. Saya sudah punya bayangan tapi untuk ukuran blog saya sekarang, apa itu bukan suatu pemborosan dalam menyediakan fasilitas2 yg bisa pengunjung hubungi saya sebagai admin blog tersebut. Untuk kedepanya mungkin hal ini juga akan menjadi fasilitas yg wajib dipasang di blog saya jika memang itu sdh memungkinkan untuk memasangnya.. 😀
    Siplah atas gambaran pentingnya halaman kontak untuk blog…
    Agung Talaga selesai posting Kumpulan Cara Mengatasi Hanya Di Cara-Mengatasi.Com

  3. hahahahaha, saya sudah merasakan mbak manfaat memasang kontak di blog kita,
    selalu senang ketika mendapat kejutan ajakan kerjasama dari brand2 nasional,
    kendala yang saya hadapi saat ini paling soal domisili aja, dimana saya seiring menolak undangan menghadiri sesuatu karena harus ke jakarta :(, jenis pekerjaan saya di dunia nyata tak memungkinknan untuk bepergian seenaknya, hehehe
    Blogger Indonesia selesai posting Saudara-Saudara Kita yang Lagi Belajar Puasa Jangan Dinyinyirin Ya

    1. Nggak heran kamu dapet undangan. Berarti bener, kan, ada kendala geografis. Pasti mikirnya: “Seandainya saya tinggal di Jakarta, enak kali ya, dapat undangan tinggal melipir aja”…

  4. ayo ayo, cepat pada buat form kontaknya.. sebentar lagi akan datang undangan dari Mba pembawa rezeki buat kita semua…

    Ide tulisan penting buat semua blogger nih… Mba kalau saya titip kabar kalau ada kumpul kumpul blogger saja. nanti diberitahu ya… salam.

    1. Itu sudah pasti. Jadi sibuk ditanyain ini itu yang sebenarnya nggak perlu juga, karena di Google juga sudah ada. Tapi gimana lagi, orang malas itu kan susah juga dihindari. :mrgreen:

    1. Menurut saya, yang lebih besar berpengaruh menentukan apakah brand akan memilih blog kita adalah kualitas blog, bukan halaman “About Me”nya.. 😆

      Contact Form menjadi penting, kalau di halaman About Me nggak ada alamat email. Tapi kalau saya melihatnya dari segi kepraktisan saja. Kadang, buat mencari alamat di halaman About Me saja orang malas lho, jadi, kalau ada halaman kontak kan tinggal ketik saja..

  5. setuju, kalau tinggal di kota besar punya kesempatan lebih mudah karena lokasinya. tapi masalahnya kesempatan itu kan bisa kita buat atau prediksikan.
    saya yang tinggal di pinggiran bekasi belum pernah mendapatkan kesempatan diundang, dst nya. tapi ada teman2 yang tinggal di kota kecil justru sering mendapatkan undangan, walau pun ga bisa datang juga.

    1. Hihihi, belum pernah dapat undangan ya? Yap, kesempatan memang ada saja, bahkan untuk blogger yang ada di kota kecil, hanya saja jarak dan [mungkin] biaya untuk menghadiri undangan tersebut yang jadi kendala bagi blogger di daerah.

    1. Betul. Kadang geregetan kan ya, kalau tahu kesempatan buat blogger di Ibukota lebih banyak daripada di daerah. Bisa-bisa aja sih ikutan, tapi kan berat di ongkos.. 😉

  6. memang cukup baik mencantumkan kontak email di blog kita, namun yang terpenting lagi adalah pendekatan kita terhadap marketing communication dari sebuah produk, seperti blogger otomotif sering saya lihat di acara-launching sebuah produk. namun ini tergantung kita pendekatannya kepada marketing communcation setiap produk tersebut, kadangkala markom perusahaan produk tersebut selektif dalam memilih media yang di undang dan menurut saya itu berlaku juga dengan para blogger
    nah sarannya bikin mereka bahwa blog kita dapat diperhitungkan sebagai media publikasi produk mereka.. cuma share sesama kuli tinta aja …

    1. Soal selektif, tentu kalau kapasitas undangan terbatas, ya dipilih siapa saja yang bisa memberikan dampak positif bagi pengundangnya.

      Kadang, undangan memang tidak bisa disebarkan karena hanya untuk satu orang. 🙂

      Sip sarannya: “Buatlah blog kita dapat diperhitungkan”.

  7. Malam mba, apa kabarnya sekarang…sudah tarewehan khan…?

    Data satu kata yang penting untuk kebutuhan. Karena tanpa data, semuanya tidak bisa berjalan dengan baik. Seperti ariel yang sekarang sudah bebas. karena di dalam datanya memang harus dibebaskan tahun ini.

    Untuk data pribadi, apa yang disampaikan disitu memang akan menggambarkan ciri khas dari personality si pembuat data.

    Semoga saya bisa membuat data pribadi yang baik.

    Salam mba,
    Dykapede selesai posting Puisi Kupu-kupu

  8. saya buat halaman kontak buat pemesanan jasa desain yang saya punya..Memang banyak manfaat yang saya terima dari halaman kontak saya..kalau job selain jasa desain yang saya terima, ada yang cuma minta benahin blognya (Error blognya)–>enak ternyata kesalahannya cuma penulisan coding di function.php,

    Kalau dari teman2 surabya, mending ikut komunitas tugu pahlawan, teman2.
    Syaiful selesai posting Bagaimana Cara Memasang Kode Tracking Google Analytics (Video)

  9. Huwaaaa, memang penting meninggalkan kontak atau memunculkan kontak yang bisa dihubungi, salah satunya bisa di blog dan ketika meninggalkan komentar, minimal email atau malah nomor handphone, tapi kalo handphone sepertinya terlalu beresiko ya email saja, hehe,

    Tapi aku malah pasang nomor telpon dan email di blog, ya siapa tahu ada saja yang membutuhkan bantuan 😀
    azizhadi selesai posting Buka Puasa bersama UICS & SSCHILD Surabaya

  10. “Punya Misi untuk menyatuka bisnis online dalam 1 blog,menciptakan 1 blog dan menyediakan fasilitas group forum dan group chat blog untuk saling tukar ilmu dan mensupport masing2 bisnis online yang mereka jalani + sekaligus bertukar pikiran tentang bisnis…maka dari saya ciptakan blog PBS (Private Business Space) semoga bermanfaat dan tujuannya tercapai..

  11. Yak, sudah ada gambaran mak. Asli jealous sama blogger ibu kota. Sy tinggalnya dipinggir rawa Pekanbaru. Jangankan acara kopdar atau launching, belajar ngeblognya aja otodidak dr blogwalking gini. Thanks for sharing.
    Lusi selesai posting Ibu-ibu Cantik Di Mal

  12. Terimakasih informasinya.
    Sementara saya hanya perlu berkarya terlebih dahulu. Masih belum minat menghadiri event2 sprt itu dan nggak bakalan mungkin juga ada yg mau ngundang apalagi merasa perlu utk diundang.

    salam,
    RichiDellan.com

  13. memang betul di jakarta banyak event event jakarta yang mengajak para bloger untuk bertemu atau berjaring , selain itu event event di jakarta juga banyak yang melakukan promosinya menggunakan jaringan jarinagan sosial seperti blog, twitter dll

  14. Saya setuju banget dengan pendapat Mbak, blogger yang berasal dari Pulau Jawa memiliki peluang lebih besar untuk hadir di even-even besar karena umumnya kegiatan2 tersebut diselenggarakan disana. Kalau blogger2 pinggiran seperti saya, nunggu dapat rejeki nomploklah baru bisa berangkat alias diundang. Hehehehe… Btw, diblog saya udah ada page Contact Us nya kok Mbak. Mungkin mau kirim sesuatu??? 😛
    Dwi Wahyudi selesai posting Cara Membuat Aplikasi Blog di Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge