Blogilicious Milad Jakarta

Sabtu Minggu kemarin saya datang ke Blogilicious, padahal sebelumnya saya menggoda @indobrad dan @mubarika_d bahwa saya pengen lihat Indonesia Open, pertandingan badminton yang biasanya saya tonton. Tapi ya nggak mungkinlah saya memilih Indonesia Open, dibandingkan gaweannya Idblognetwork! Udah nggak bisa bantuin, eh, nggak dateng pulak, bisa dikutuk jadi Malin Kundang nanti kalo gitu. Untuk bisa sampai ke Gedung Telkom Jakarta Selatan yang ada di Jalan Sisingamangaraja, sebenernya perjuangan banget karena dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari rumah saya di Cikarang. Acara dimulai jam 9 pagi, itu berarti saya harus ke luar rumah jam 6 pagi kalau nggak mau telat sampai di lokasi. Mana bisaaaa? Akhir minggu begitu, biasanya saya istirahat di rumah, atau setidaknya akan bangun siang kalaupun ke luar rumah ya siang sampai malam hari.

Blogilicious Jakarta Hari Pertama

Blogilicious Milad Jakarta
Saya dan @Giewahyudi di Blogilicious Jakarta Hari Pertama

Jam 07.30 saya meluncur ke Jakarta, dan di atas bis dengan mata sedikit masih lengket, saya membaca update tweet @amriltg bahwa Blogilicious sudah dibuka dengan tarian Betawi. Yaah, sudah resmi bakalan telat kalau begini, soalnya posisi masih di Jati Bening, Bekasi. Tragedi terjadi ketika saya salah memilih bis. Setau saya, patas AC 121A akan melewati depan Gedung Telkom, tempat pelaksanaan Blogilicious Jakarta, tetapi ternyata tidak. Hanya bis 121 (tanpa A) saja yang lewat Jalan Sisingamagaraja, sehingga pas sampai di lokasi, materi Etika Blogging sudah selesai disampaikan oleh @Risahart. Dari hard copy materi yang diberikan, ada 3 yang paling penting dalam etika blogging, yaitu mencantumkan sumber, meminta ijin, dan bebas menulis tetapi tidak melanggar hak orang lain.

Saya kebagian materi Amril Taufiq Gobel yang menyampaikan tips-tips bloggingnya dipandu @Anjarium. Salut dengan pencapaian @Amriltg yang konsisten ngeblog sejak 8 tahun lalu, dan sederet prestasi yang membanggakan seperti tulisannya yang dibukukan, disinetronkan, beberapa award dan kini aktif menjadi kontributor di Yahoo OMG.

Blogger @hazpohan, yang juga mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, menyampaikan soal kelanjutan ASEAN BLOGGER, yang akan mengadakan kegiatan pada bulan Agustus dan November mendatang. Udah nggak sabar nunggu blogger-blogger dari negara tetangga mengunjungi kita di Jakarta Agustus mendatang.

Julian dari Berniaga.com memberikan informasi tentang situs jual beli online dengan sistem customer to customer, dimana penjual dan pembeli berhubungan secara langsung. Berniaga.com tidak memungut bayaran jika kita mengupload barang dagangan kita di situs mereka, bahkan sebagai blogger anggota idblognetwork malah kita bisa mendapatkan penghasilan dengan cara memasang banner yang akan dibayar per action (setiap ada upload barang yang akan dijual dan telah diapprove oleh Berniaga.com). Ada juga kontes Berniaga.com ajak-ajak teman yang hadiahnya bikin ngileeeer: Macbook White, Samsung Galaxy Tab dan iPod Nano. Mauuuu… *lap iler*

Blogilicious Milad Jakarta
Saya dan teman-teman di Blogilicious Jakarta Hari Pertama

Kalau materinya @Kuncoro, beneran deh nyerah juga, ilmunya terlalu tinggi bo’, buat saya. Tapi yang pasti, saya adalah pelaku mobile blogging. Saat di rumah sepulang dari Blogilicious, saya mengetik entri ini juga dari hand phone Nokia N8 saya. #bukaniklan

Blogilicious Milad Jakarta
Saya dan alat mobile blogging, N8

Setelah makan siang, Blogilicious dilanjutkan dengan materi Social Media oleh @Nukman yang bikin saya ketawa mulu. Bos Virtual yang kaya dan ganteng ini emang pinter bikin kelas nggak ngantuk. Saya ngakak dari awal sampai akhir materi. Data yang menarik adalah, dari 4 juta blogger yang ada di Indonesia, 70% tidak update lagi blognya dalam 3 bulan terakhir. Waktu yang dihabiskan di WordPress dalam satu hari, turun dari 20 menit menjadi hanya 8 menit per hari. Jauh bila dibandingkan waktu yang dihabiskan orang Indonesia di Facebook dalam satu hari (30 menit) dan di Twitter (16 menit). Buat saya sendiri sebagai blogger, data itu menjadikan semangat tersendiri. Di saat banyak orang beralih ke social media yang lain, terutama Twitter, saya masih bisa tetap secara berkala mengupdate konten di blog saya. Tentu dengan juga memanfaatkan social media yang saya miliki, Facebook dengan 5.000 teman, dan Twitter dengan 1.300 follower. *sombong dikit* *ditimpukin kue ulang tahun* Dan benar yang disampaikan oleh @nukman, setelah saya cek Google Analytics, Facebook membawa pembaca lebih banyak ke blog kita, sedangkan Twitter memciptakan pembaca yang lebih loyal. Sedikit berbeda dengan URL Shortener yang digunakannya, bit.ly, saya menggunakan goo.gl yang juga bisa dilihat analyticsnya.

Hari pertama Blogilicious, saya ketemu beberapa teman yang sudah dikenal, dan juga banyak teman baru yang pertama kali ketemu. @vavai, pembicara blogpreneur malah nyamperin saya dan memperkenalkan diri. Dulu beberapa kali baca dan komentar di blognya, dan saya juga berlangganan planet terasi via feed reader (meski sekarang sudah nggak pernah buka feed reader lagi). Di materinya @vavai saya sempat menyampaikan pertanyaan soal AGC yang diterapkan blogger dalam membangun blognya untuk memperoleh penghasilan. Dan jawabannya memang tidak direkomendasikan.

Selesai Blogilicious hari pertama molor dari yang dijadwalkan. Jam 17.30an baru pulang, dan saya mampir di Jababeka buat makan di angkringan Klaten. Ambil dua bungkus nasi kucing, dua buah tempe goreng, satu buah sate telur puyuh dan satu gelas besar susu jahe, bayarnya Rp. 10.000,- saja. Kenyaaang. *elus elus perut* Sampai di rumah sudah jam 21.00 lebih, dan masih ngerjain ini itu, baru merem setelah lewat jam 12.00, dan jam 03.00 kebangun. Mempraktekkan apa yang dilakukan @nukman kalo bangun: ambil HP dan molai ngetwit!

Blogilicious Jakarta Hari Kedua

Blogilicious Milad Jakarta
Saya dan @Giewahyudi di Blogilicious Jakarta Hari Kedua

Berangkat dari rumah jam 8 pagi, beruntung karena bis bergerak cepat dan jalanan tanpa macet, bisa sampai lokasi jam 10 lewat dikit. Seperti hari pertama yang terlewat satu materi, blogilicious hari keduapun saya kelewat materinya @Ajengkol, SEO. Padahal saya pengen banget nih, bisa menang bersaing di Google dengan kata kunci yang ditarget. Lagi-lagi, soal SEO ini ada pertanyaan soal blognya Jevuska yang sukanya muterin pengunjung nggak ada juntrungannya. Om Jevuska, bukan saya lho yang bilang. Jadi jangko ngamuk-ngamuk lagi nah, nda’ baikki marah-marah.

Materi @frenavit, saya nyerah. Intinya sih ngerti, supaya kita selalu waspada terhadap blog kita, jangan sampai dikerjain orang iseng, tapi caranya itu yang masih pusing, hehe… Biasa saya langsung telpon @satryawp kalo ada masalah dengan teknis blog.

Dan yang ditunggu-tunggu adalah kehadiran @mubarika_d dan @kukuhtw untuk menyampaikan materi blog monetizing. Peserta langsung duduk manis, pengen mendengar langsung keterangan dua bos idblognetwork ini bagaimana cara mendapatkan job review yang bayarannya maknyus itu. Dan pembagian 4 job review untuk 2 orang anggota IBN dan 2 orang non anggota IBN, salah satunya jatuh ke @arul__ yang masuk IBN atas Reco saya. Satu lagi diterima oleh @BangAswi, blogger Bandung yang datang ke Blogilicious Jakarta dan sempat memberikan buku karyanya, Tribute To Mom, buat saya. Makasih ya!

Dan acara Blogilicious Jakarta tidak sampai di situ saja. Berbeda dengan 6 kota sebelumnya, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Jogjakarta, dan Palembang, di Jakarta IBN bermitra dengan Blogger Depok (deBlogger) yang sedang berulang tahun (milad) ke dua. Milad ke dua deBlogger ini diselenggarakan lumayan meriah diantaranya dengan Blogger Idol yang pesertanya keren-keren suaranya. Saya sendiri karena ngefans sama @Fadlypadi13, kalo ditanya siapa yang harus menang Blogger Idol kemarin, ya pasti jawabannya yang menyanyikan lagu Semua Tak Sama. Selamat ulang tahun ya buat deBlogger, semoga makin ngehitz komunitasnya!

Kalau komentar saya soal Blogilicious sendiri, sudah keren. Untuk acara yang baru pertama diselenggarakan, gelaran ini cukup sukses, bisa diikuti oleh blogger yang sudah lama ngeblog seperti @Priyadi (2003), maupun blogger yang baru saja memulai kegiatan ngeblognya. Pembicaranya juga sudah beragam, mulai dari dasar sampai dengan ke teknis ngeblog. Sayang ya yang di Jakarta nggak sempat praktek langsung, terutama yang materi security blog. Doanya sih, semoga nggak hanya di 7 kota itu saja bisa diselenggarakan, nantinya supaya bisa dinikmati juga oleh teman-teman blogger di Kalimantan dan Papua. Amin. Sukses terus buat IBN dan terima kasih buat narasumber yang sudah berkenan berbagi ilmunya dengan saya. Salam juga buat seluruh peserta, yang mungkin belum sempat berkenalan secara personal. *cium virtual satu per satu*

Blogilicious Milad Jakarta
Foto bareng seluruh peserta Blogilicious Jakarta

Seluruh foto di slideshow (atas) adalah hasil jepretan saya. Seluruh foto yang di sela-sela tulisan, hasil jepretan Priyadi. Diambil tanpa minta ijin terlebih dahulu dari galeria-nya. \m/ *dijejelin kertas materi etika blogging sama @Risahart*

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

101 thoughts on “Blogilicious Milad Jakarta”

  1. Pertamax!

    Capek juga ya ngetik 1250 kata. Pengen ngetest aja, saya nggak nulis Blogilicious Milad Jakarta di postingan di atas, bisa masuk 20 besar nggak nantinya. *sembunyi di belakang @ajengkol*

      1. saya juga ikut Rusa,
        dari seluruh isi postingan, senyum bahagia yang saya lihat, adalah koleksi photo berduanya 🙂

  2. @rusa: sepertinya sih begitu. cuma ini kayanya pelanggaran etika blogging yang lebih besar daripada hanya sekadar ngambil gambar punya saya. harusnya kan bukan cuma diblogkan, tapi juga ada makan2nya *siul2*

  3. Tahu ngga, Mbak,
    Saya udah mendaftar dan pengen banget ikut, tiba2 ada ujian dadakan pada hari sabtu. Hari minggu mau dateng tapi takut ketinggalan karena hari pertamanya ngga ikut.
    Menyesal sekali!!!! -____-

    1. Kenapa nggak SMS Den, tanya-tanya dulu ke aku?

      Banyak kok yang cuma datang sehari. Ada yang sehari di awal, ada juga sehari di akhir. Harusnya datang aja, kemarin.

  4. pengen ikut yg begini, karena saya baru jadi blogger kurang 3 bulan, tapi sayang lokasi tidak menunjang untuk saat ini.

  5. walaupun ngerumpi2 positif bareng isnuansa, giewahyudi dg narasumber mbak indahjuli, kita bisa multitasking ya 😀 hehe

    btw mari kita buktikan ilmunya mbak ajeng 😀 hehe

  6. Penyampaian yang padat dan berisi, khas Mbak Is nih. Thanks buat laporan pandangan matanya. Andaikan saya nggak datang di Blogilicious, saya tidak akan ketinggalan materi kalau baca blog ini, hehehe…

  7. itu toh para master nya 😮 selama ini cma kenal acc twitter nya aja, tapi ttp aja saya kmren cuma nyumput sendirian 😀 salam kenal semua 🙂

    1. Asyik kan? Boleh dicek, saya bener-bener ngandelin content tanpa trik SEO. Ya emang dasarnya saya juga nggak terlalu paham.

      Mudah-mudahan sih masih tetep bertahan di halaman 1 Google.co.id ya.

  8. saya kemarin suka malu klo mo nyapa duluan..hehe
    untungnya mba isnuansa duduk2 dket saya..jd berani memperkenalkan diri seh..
    hhihi..dan untungnya lagi mba isnuansa tau saya..haha

    seneng liat blogger2 beken hadir disitu.

    dan seneng jg ada poto saya disitu..hihihi..

  9. ihh… senengnya kumpul2… pengen deh…

    btw soal prajagar, Di hari pertama saya kenalan dengan Prajagar ini, saya udah langsung tanya artinya mba. katanya Prajagar itu (lupa2 inget. moga ga salah ingetannya) compassion to knowledge, trus ada hubungannya dengan Dewa Wishnu gitu. bermakna titisan gitu kali yak maksudnya hehe…

  10. salam kenal ya mbak isnuansa….seneng juga ya ikut acara ini, walaupun saya bukan dari komunitas blog yang ada, maklum masih newbie nih…hehe

  11. saya pengen banget hadir. hmmm gimana caranya yahhhh. entar kalo di indo mudah mudahan ada lagi yah. seru ketemu banyak blogger gitu.

    wihhh foto yang dua duaan cocok banget tuh

  12. nyesel euyyyy gak dateng hemmm kendala oh kendala ….

    ramai sekali yah mba tapi kemaren ketemu bloger benteng gak mba ?

  13. mba isnuansa ^_^ ….betah juga negblog via phone….kalau sy wah rasanya kurang puas dengan tombol phone yg mini-mini tu.

    untuk miladnya…wah ngiri…kapannya…kota kami kebagian begitu…

  14. Waaahh,, seru banget mbak acaranya.. Sampe mupeng gitu pingin ikutan.. Soalnya aku dari kalimantan, entah kapan IBN ngadain di sini yak! Palingan kalimantan duluan biasanya kaltim, kalbar entah kapan *hiks*

    Soal etika ngeblog itu, aku seh udh sering nyantumin sumber yak! Tapi belom pernah minta ijin sm orangnya langsung, rada ribet, hehehe.. 😛 *dilempar*

    1. Capek! Tapi karena tantangannya gede, justru mengasyikkan.

      Kadang bermanfaat kalo kita lagi nggak tau musti ngapain dan bengong di sebuah acara. Daripada ngantuk, mending ngetik buat posting di blog. \m/

  15. Penampakan dua orang Klaten hahaha.. semoga langgeng ya…
    Btw acaranya sepertinya menarik dan padat penuh dengan ide dan materi…
    Selamat!

  16. waduuuhhh bacanya sampe ngos-ngosan nih… minum dulu aaaahh… 🙂 tapi asik banget kok… banyak ilmu didapat, maklum yg komen ini gaptek… qiqiqiqi…

  17. ulasan keren nih, saya sebagai nubi merasa tertantang utk mengulas juga, walaupun kehadiran saya sekedar meramaikan blogilicious Jakarta 🙂 salam kenal dari blogger jalanan

  18. acaranya seru banget yach….
    untung mbak gak nekad nonton badminton soalnya pasti nyesel Indonesia kalah semua gak dapet apa-apa…

  19. hahaha..
    postingnya segar sekali neh..
    terasa ikt blogilicious lagi . .
    seru abis pasti ketemu mas nukman .. .
    Tapi koq banyak poto2 sama giewahyudi ya mbak ?
    lainn kali kalo ktemu saya poto2 ya ^_^

    1. Kayaknya Blogilicious bukan kompetisi antar daerah deh. Pasti ada ples minesnya di masing-masing kota diselenggarakannya event ini.

      Jogja rame ya Blogiliciousnya?

  20. seru bgd emng mba acaranya,moga bisa diadain lagi.

    ko poto saya yg lagi makan ga di upload sekalian mba,,hehehehehe

    1. Hihihi, saya sempat ambil foto yang lagi makan ya?

      Maklum, ngambilnya pakek kamera HP, jadi banyak juga yang buram. Itu ditampilin yang bagus dan cerah saja. 😆

  21. owww hari kedua rame banget yaaa. aku cuma bisa hadir di hari pertama aja mba. sayang kita ga sempet berfoto yaa, *bukan blogger kl ga narsis pan. thanks sharingnya yaa, aku malah belom update. *lap keringet

  22. hualah mas isnuansa….oooopsss salah, mba isnuansa 😀 :peace:
    blognya nangkring d posisi 3 besar melulu…btw bisikin donk plugin seo nya
    hihiihihhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge