Blogwalking; Arti, Tujuan, Manfaat

Apa arti blogwalking?

Hayoo, siapa yang belum tahu artinya blogwalking? Siapa yang nggak suka blogwalking? Siapa yang datang ke blog ini karena kesasar?

Menurut saya, arti blogwalking adalah sebuah aktivitas yang kompleks, meliputi kunjungan pada satu blog ke blog yang lainnya, membaca postingan [tulisan] blogger lain dan meninggalkan sapaan pada shoutbox atau komentar pada tulisan yang telah dibacanya tersebut [meski bukan suatu keharusan].

Alamat blog yang dikunjungi bisa diperoleh dari daftar blogroll, alamat blog pada kolom komentar, shoutbox, widget lain seperti mybloglog, search engine, RSS Feed reader dan iklan banner yang ada pada sebuah blog.

Bagi seorang blogger, aktivitas blogwalking ini menjadi sangat penting. Hampir semua blogger melakukannya. Hampir dipastikan, pada umumnya blogger melakukan dua hal terpenting dari ngeblog yaitu: menulis [update postingan] dan dilanjutkan dengan blogwalking.

Tujuan blogwalking antara lain:

1. Mencari Informasi.

Saya biasanya melakukan blogwalking untuk mencari informasi dan kejadian hangat yang sedang berkembang saat itu. Berawal dari sebuah kata kunci yang saya ketikkan di search engine, saya blogwalking menelusuri blog-blog yang menuliskan tentang informasi yang saya butuhkan tersebut.

Jika saya membutuhkan informasi tentang dunia blogging, saya sangat senang jika menemukan sebuah blog yang memasang plugin related post. Dengan adanya post-post sejenis yang disuguhkan dalam sebuah blog, itu akan menghemat waktu saya dalam blogwalking.

2. Sekedar Bersosialisasi.

Beberapa blogger melakukan aktivitas blogwalking untuk sekedar bersosialisasi. Menyapa teman-temannya melalui fitur shoutbox. Menunjukkan bahwa dirinya masih secara rutin berkunjung ke ‘rumah’ teman-temannya.

Menjalin hubungan yang baik dengan blogger lain merupakan salah satu hal yang musti kita lakukan. Komunikasi menjadi sangat penting, dan salah satunya bisa kita lakukan dengan blogwalking.

3. Mempromosikan Blog Baru.

Blogwalking menjadi sarana yang sangat efektif untuk memperkenalkan keberadaan blog baru yang kita miliki. Dengan meninggalkan jejak [alamat blog] kita pada blog yang telah lebih dahulu ada, membuat kita memiliki kemungkinan untuk dikunjungi balik oleh pemilik blog dan ditemukan juga oleh pengunjung lain blog tersebut.

4. Mengharapkan Kunjungan Balik dan Komentar.

Blogger melakukan aktifitas blogwalking sebagai sebuah usaha untuk mendapatkan kunjungan balik dan juga komentar pada postingan yang telah mereka tulis.

Dengan mengunjungi lebih banyak lagi jumlah blog dalam blogwalking, mereka berharap blogger yang telah dikunjungi dapat meluangkan waktu mereka untuk melakukan kunjungan balik.

5. Menambah Jaringan.

Daftar blogroll yang kita miliki, sedapat mungkin jangan sampai menghalangi jumlah blog yang kita kunjungi dalam blogwalking. Blogwalking dapat memperluas jaringan yang kita miliki. Caranya dengan mengklik link yang terdapat pada blogroll blog lain, sehingga jaringan kita dapat bertambah luas.

6. Menjalankan Bisnis.

Ini mungkin ada hubungannya dengan point nomer 5. Dalam menjalankan bisnis, terutama yang dibutuhkan adalah jaringan. Tentu tidak bisa langsung melakukan hard selling begitu saja: menawarkan produk setiap saat. Akan lebih baik jika kita telah memiliki kepercayaan dari jaringan yang telah dimiliki, baru melakukan bisnis dengan jaringan tersebut.

Dari pengalaman saya blogwalking ke beberapa blog, saya merasakan setidaknya ada dua manfaat besar yang saya peroleh.

Manfaat blogwalking yang saya rasakan:

1. Menemukan Blog Bagus.

Banyak blog bagus yang saya temukan dari blogwalking. Biasanya saya akan segera memasukkan alamat blog bagus tersebut ke dalam feed reader saya. Supaya ketika mereka melakukan update, saya bisa segera mengetahuinya.

Aktifitas blogwalking membuat saya dapat mengambil manfaat dan ilmu yang ditulis oleh blogger lain. Jika ada yang bagus, saya dapat mengadopsi atau meniru ilmunya.

2. Personal Branding.

Usahakan untuk meninggalkan komentar yang berkualitas. Hal ini akan memberikan personal branding yang baik pada diri kita. Jika kita hanya meninggalkan komentar yang sembarangan dan seadanya, tentu blogger lain juga berpikir bahwa kita adalah orang yang sembarangan dan biasa-biasa saja.

Mungkin itu yang dapat saya tuliskan tentang blogwalking. Memang seperti sebuah hal sepele, ngapain sih, nulis arti blogwalking? Tetapi mungkin ada sedikit gunanya untuk blogger yang baru memulai aktifitas ngeblognya.

Ada yang mau menambahkan?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

78 thoughts on “Blogwalking; Arti, Tujuan, Manfaat”

  1. Bicara komentar yang berkualitas, ini yang saya sulit mba. saya akan senang sekali jika komentator mempunyai identitas yang jelas, ya minimal ada avatar dan nama yang jelas. jika terjadi diskusi khususnya di blog saya, saya akan merasa dekat. terjadi dialog, mereka kembali pada satu topik yang sama. disinilah saya merasa efektif berbagi informasi dan pengalaman. semakin menambah lengkap tulisan yang saya posting itu.

    Jarang mba, saya jumpai terjadi dialog. kebanykan komentator hanya memberikan tanggapan atau komengnya satu kali setelah itu kembali lagi besok pada judul yang berbeda. saya tetap menghargai mereka yang sekeder hello dan salam kenal. ini bagian yang tidak bisa saya tolak, karena saya kadang juga melakukan yang demikian jika blog yang saya kunjungi topiknya tidak nyambung. dengan harapan mereka bisa mengunjungi balik, siapa tahu mereka nyambung dengan topik dalam blog saya.

    tujuan saya ngeblog pada prinsipnya mencari dan mengamati tehnik menulis yang bagus. kemudian mencari informasi yang saya butuhkan dan sosialisasi diri dengan berinteraksi dengan sesama blogger, kalau saya newbie kencur 🙄

    Blog yang bagus jelas membuat saya untuk kembali. saya tidak mempunyai banyak waktu untuk mengunjungi blogger2. blog mba nunik ini salah satu yang membuat saya ingin selalu kembali 🙄
    salam.

    Komentar seperti Mas Badruz inilah yang saya tunggu-tunggu. Tapi jarang munculnya seperti yang begini ini…

    Makasih banyak, Mas. Saya usahakan untuk berkunjung balik selagi bisa.

  2. semua itu, kalau menurut Yaro Starak, masuk dalam prinsip-prinsip dasar strategi blogging; yang jelas, blogwalking pasti selalu menemukan hal yang baru; ide, pikiran dan makna yang baru,
    .-= munawar am´s selesai [nulis] ..Google Basa Jawa =-.

    Makasih yaaa… Kang Nawar sudah blogwalking ke blog saya…

  3. blog walking untuk curi ilmu baru, kadang senyum-senyum klo ada yang lucu, pokoknya bundo cinta bw gitu deehh 🙂

    Bundo eksis ke mana-mana saya liat BWnya…

  4. tujuan blogwalking..?
    intinya sih saya selalu penasaran dengan hal-hal baru yang biasanya saya dapat informasinya dari teman-teman blogger.
    SEdangkan dari blogwalking sendiri kadang dari situlah saya menemukan sebuah inspirasi baru, terutama dari blog ini..
    benerann..!

    Tenane… *becanda Om*

  5. Semua tujuan diatas ingin saya capai kecuali yang untuk bisnis. Banyak manfaat yg bisa diambil baik ilmu pengetahuan maupun arti/makna sebuah tulisan.
    Silaturahmi juga penting.
    Salam hangat dari Cimahi
    .-= Pakde Cholik´s selesai [nulis] ..Tip Haji : Haji Juga Manusia =-.

    Maaf PakDhe belom bisa silaturahmi. Masih di Cimahi ya?

  6. Diawal-awal saja, nanti lama kelamaan capek sendiri. kan sudah ketemu contohnya (di sana lho… bukan di sini) 😆

    Tujuannya: Buat ngabis-ngabisin waktu dan ngabisin quota dari telekompret yang sudah terlanjur teken kontrak 😆

    Manfaat: waktu dari pagi hingga sore bisa berjalan dengan cepat. gak perlu ngomel lagi. “lama banget ya nungguin jam lima? 😆

    kek nya gak ada list tujuan dan manfaat yang sesuai dengan wempi dari artikel di atas.
    .-= Wempi´s selesai [nulis] ..USB Hub, IrDA, Bluetooth =-.

    Malas blogwalking jika sudah merasakan nikmatnya trafik dari search engine [kebanyakan trafiknya nanti, nggak enak juga].

  7. Bloghicking (saya lebih suka BH ketimbang BW, he…he…) sudah hampir menjadi kebutuhan sehari-hari. kalau gak rasanya tubuh jadi pegel-pegel semua.
    Wualaaaaaaah…

    Butuh BH juga? 😆

  8. Iya mbak Is… memang itu tujuan saya kalau BLOGwalking, tepat seperti apa yang mbak tuliskan… cuma yang nomor 6 nya aja yang belum saya lakukan 🙂
    .-= Rizal´s selesai [nulis] ..Sometime… Wanita Juga BODOH… =-.

    Yoi, mantep deh.

  9. petromaxxxx (bkn pertamax) … kata itu yg kugunakan jika menjadi yg pertama;
    mega mustikaaa … jika menjadi “Bukan yg Pertama”

    Emang Mega Mustika kenapa bukan yang pertama?

  10. sambil mengucapkan :

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    😆

  11. Banyak sekali mBak keuntungan blog walking yaaaaaaak.. yang terutama banyak teman dan sahabat.. bahkan jadi banyak tempat bertanya tuh
    salam sayang
    .-= KangBoed´s selesai [nulis] ..Kebesaran dan Keajaiban ALLAH =-.

    Temannya banyak ya Kang…

  12. Kalo saya sepertinya blogwalking dengan tujuan hampir semua yang mbak tulis di atas (kecuali menjalankan bisnis, coz saya belum mau fokus bisnis online).

    Kalo waktu lagi mepet, mungkin sekedar membalas kunjungan/komentar. Kalo mengharapkan kunjungan balik emang iya banget sih :mrgreen:

    Pokoknya blogwalking sangat bermanfaat deh. Sebab tak jarang saya menemukan ilmu-ilmu baru di blog lain.
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..Memasang Menu Top Komentator pada Blog, Perlukah? =-.

    Iyaaa deh, saya berkunjung balik. 😛

  13. Assalamu’alaikum,
    Mbak, saya mengucapkan terima kasih, atas kunjungan dan komentarnya di blog saya, selama saya tidak aktif ngeblog. InsyaAllah akan saya usahakan untuk bisa segera aktif ngeblog kembali. (Dewi Yana)
    .-= Dewi Yana´s selesai [nulis] ..Telah Terbit Buku CUKUPLAH ALLAH =-.

    Selamat kembali blogging, Mbak Dewi Yana!

  14. setujuh ampe langit ketujuh hehe..
    blogwalking… jalan2 sambil nyari sruputan kopi malam

    Kalo kopi saya punya… Ayo ngopi bareng yuk! Ketemu di mana kita? Senayan? 😆

  15. Selain yg sudah disebut, saya rasa dgn banyak blogwalking maka akan banyak artikel yang dibaca, dengan banyaknya artikel yg dibaca maka secara tak sadar perbendaharaan kata di benak kita akan bertambah… Bener tak Mbaq?… 😀
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Tentang Patung Hiu Buaya, Monkasel, dan Tugu Pahlawan di Surabaya =-.

    Bener Mas. Perbendaharaan kata yang makin banyak menjadikan kita makin lancar dalam menulis.

  16. blogwalking itu jalan2 dari satu blog ke blog yang lain, hehe

    ada yang menganggap blogwalking itu wajib buat blogger, terutama blogger pemula seperti saya 😀
    .-= wira´s selesai [nulis] ..Cara Meningkatkan Jumlah Komentar di Blog =-.

    Kalo Bli Wira pemula, saya berarti apa? 😥

  17. Dan juga, dapet backlink… Hehehe
    .-= Hangga Nuarta´s selesai [nulis] ..Download One Piece Episode 423 =-.

    Yap, betoool, Ngga. Dapet backlink, terlepas apakah nofollow, ataukah dofollow. 😉

  18. Blogwalking is derived from the word blog and walking,which mean paying a visit to a friend’s or colleague’s blog
    .-= David´s selesai [nulis] ..How to Wrap Google Adsense in Blogger Blog Posts =-.

    Yup, you’re right…

  19. menurut saya, blogwalking = cuci mata.

    sebenarnya saya punya istilah sendiri, namanya blogdiving. mehehe. kayaknya lebih keren 😎 . artinya menyelam. menyelami blog orang. kalo blogwalking mungkin cuma sekedar lihat lihat. kalo asyik kasih komentar, kalo rada nggak oke ya ditinggal. nggak mau kasih komentar cuman buat nitip link.

    oh ya, saya kesasar di sini setelah melihat daftar feed dari blognya om Badruz (daftar nomer satu lho). makanya, kayaknya blognya mbak isnuansa oke banget nih. isi dari komentar2nya juga bermutu.

    oke. saya niatkan buat menyelami lebih dalam blog ini. apalagi baru sebulan ngeblog. semoga isinya tidak menyesatkan dan bisa mengantarkan saya menjadi blogger yang dicintai oleh emak dan bapak saya.

    salam kenal
    :mrgreen:

    Salam kenal juga. Wah, tau dari blognya Maz Badrus ya? Ayo, silahkan dibaca-baca…

  20. blogwalking itu menurut saya adalah sebuah keharusan bagi yang punya blog. Dimana seperti mbak isnuansa bilang paling tidak ada 2 manfaat yang bisa kita diperoleh. Dan rata-rata pemilik blog yang serius, dan mempunyai pagerank yang tinggi, mereka biasanya menggunakan nama domain dan hosting sendiri. Uang yang mereka keluarkan tidaklah murah. Jadi wajar jika para blogger melakukan blogwalking untuk mencari harga domain dan hosting murah untuk memenuhi kebutuhan hosting blog mereka dengan kualitas yang handal.
    .-= Bakrie´s selesai [nulis] ..Welcome =-.

    Hmm, domain sendiri itu cuman biar nggak kepanjangan ekstensinya, kok…

  21. salam kenal 😛
    .-= Faris Arifiansyah selesai posting Hari Yang sangat sangat melelahkan !!! =-.

  22. Jujur aja sih mba, semua yang mba tulis itu pasti akan dilakukan oleh setiap blogger diseluruh dunia ini karena point-point itu adalah langkah yang memang harus dan akan dilakukan demi menambah nilai dari blog atau website si blogger itu sendiri.

    Saya salut dengan pemikiran mba tentang blogwalking. Saya tunggu artikel berikutnya…
    .-= Henry selesai posting Bagaimana Menghasilkan Dollar Dari Menjual Jasa Pembuatan Website =-.

  23. Bagus banget tulisannya mba, sangat bermanfaat. meskipun sepintas slalu materinya biasa-biasa saja, namun cukup krusial untuk menambah pengetahuan bagi para pemula blogger termasuk saya. tirms
    By. Ar. Patiwi. You see it!! You Get it!!..

  24. Salut kang, tulisannya membangun, pertama masuk blog ini karena ada pengunjung blog saya bilang gini :”blogwalking ya” makanya dicari via google dan ketemu dirimu.

    Apapun terimakasih. sekalian juga nih kami (ogkarir.co.cc) sebagai pendatang baru mengundang agan sekalian untuk ke blog kami, info lowongan kerja kalimantan timur kalimantan pada umumnya dan download ebook gratis 1x klik selesai.

    silahkan tempatkan pula link kalian di blog kami, gak usah saling tunggu deh isi aja kan jaman sekarang udak pada otomat.

    salam kami (ogkarir.co.cc)

  25. tujuan dan manfaat blog walking menurut saya : untuk mencari teman atau sekedar mencari traffic, tapi saya juga mencoba tetap mencari artikel yang menarik yang bisa saya komentari, ya seperti yang saya lakukan saat ini.

    oya.. gimana kalo blog walking diganti dengan blog reading tentunya aktifitas blog walking akan semakin bermanfaat. selain dapat informasi dari blog sahabat kita juga dapat memberikan tambahan pageview untuk blog yang kita kunjungi, gak hanya sekedar salam sapa di chatbox..!

    yang pasti yang punya blog akan sangat senang jika blog nya di komentari, apalagi jika terjadi perbincangan atau perdebatan melalui media komentar pasti akan menjadi lebih menarik hehe..

    salam kenal
    Aryan selesai posting Cara mempercepat loading blog

  26. Selama ini saya sudah melakukan yang namanya blogwalking, tapi mungkin sampai sekarang saya tidak akan tahu apa itu blogwalking seandainya tidak ada pengunjung blog saya yang nulis di shoutbox kata blogwalking. barulah pada saat itu saya nyari arti dari blogwalking ini. Dan pertama kali saya menemukan arti blogwalking di blog ini.
    terimakasih Mas…. ini bukanlah hal sepele yang seperti mas tulis di atas. sekali lagi terimakasih… salam dari New Blogger.
    Ihsan selesai posting Manfaat CCTV

  27. Assalam’alaikum!!
    Jujur dari jemarin saya muter2 nyari info tentang BW tp blom ada yang bisa membuat saya faham betul. Tapi alhamdulillah setelah baca artikel di atas, saya akhirnya sudah sedikit memahami arti dam tjuan dr BW. Tapi ada satu pertanyaan yg masih membuat saya bingung, yaitu bagaimana cara yg baik dan benar menyisipkan link dr blog kita di laman komenar. Apa kita masukan link utuh (http) ny atau bagaimana? Mohon jawabannya!!
    Thanks!
    Salam kenal, by Nurwanti.
    Nurwanti selesai posting 5 Hotel dan Resort Paling Recomended di Kota Serang dan Cilegon Banten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge