Cara Blogwalking Dengan Efisien

Tulisan ini hasil karya Wira Utama, pemilik blog imadewira.com. Add Facebooknya, atau follow Twitternya. Jika Anda ingin menjadi Guest Blogger baca peraturannya.

~~~

Bagi blogger pemula, blogwalking merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan trafik blog. Blogwalking adalah aktifitas mengunjungi blog lain dan biasanya sambil meninggalkan komentar pada tulisan yang ada di blog tersebut. Hampir semua blogger mengakui bahwa blogwalking memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Dengan blogwalking kita dapat menambah teman, mendapat ide untuk tulisan dan tentu saja kunjungan balik dari pemilik blog. Terkadang komentator lainnya di tulisan tersebut juga ikut mengunjungi blog kita. Masih banyak lagi manfaat blogwalking yang bisa kita dapatkan.

Pada awalnya, blogwalking biasanya dilakukan dengan mengunjungi satu persatu blog yang ada pada daftar blogroll. Ketika menemukan blog baru, kita biasanya menambahkan blog tersebut di daftar blogroll (tukar link), untuk nantinya akan kita kunjungi ketika blogwalking. Tetapi cara blogwalking seperti ini akan menimbulkan masalah karena tidak efisien.

Cara blogwalking seperti ini tidak efisien karena seringkali blog yang kita kunjungi ternyata belum terdapat tulisan baru, sehingga bisa dikatakan kita rugi datang kesana. Ini berarti cara blogwalking ini tidak efisien dan sering membuang waktu. Cara blogwalking yang lebih baik adalah dengan menggunakan bantuan sebuah software yang nantinya akan memberitahu kita ketika sebuah blog terdapat tulisan baru. Software ini biasa disebut dengan RSS Reader. Contohnya adalah FeedDemon (aplikasi desktop) atau Google Reader (online/berbasis web). Jadi ketika menemukan blog yang menarik, kita cukup menambahkan RSS Feed dari blog tersebut ke aplikasi RSS Reader kita.

Untuk anda yang sering berganti komputer saat blogwalking saya sarankan menggunakan aplikasi RSS Reader online seperti Google Reader. Sedangkan untuk anda yang selalu menggunakan komputer yang sama (komputer pribadi) ketika blogwalking anda dapat menggunakan aplikasi RSS Reader desktop seperti FeedDemon. Dengan cara ini, aktifitas blogwalking akan menjadi lebih efisien. Konten yang ditampilkan pada RSS Reader umumnya berupa ringkasan, hal ini juga sebuah keuntungan karena dengan membaca ringkasan tulisan (post) tersebut kita dapat memutuskan untuk mengunjungi tulisan pada blog tesebut atau tidak.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

67 thoughts on “Cara Blogwalking Dengan Efisien”

  1. selain google reader wempi langganan rss via email untuk blog2 dengan ulasan yang wempi minati dan harus full feed. jadi tulisan dapat tersimpan dalam outlook dan dapat dibaca kembali suatu ketika.

    hehe… judulnya blogwalking yang diulas kok rss feed.
    .-= Wempi´s selesai [nulis] ..Asmara Raja Chatting di Internet =-.

    Feed saya FULL deh. Bebas dibaca dari reader tanpa harus dikunjungi… 😆

  2. OOT: nunik, klo ga salah bulan ini blognya nunik ultah yaa..? **nakjaDimande.com pengen ultah bareng 🙂

    Iya Bundo, makan-makan yuk… Di rumah masing-masing, hihihi…

  3. Saya juga pake rss, cuma waktu itu sempat gak pegang kompie… alamak… banyaknya yg harus dibaca. Jd pusing sendiri apalagi klo banyak banged yang harus dikunjungi :)..

    Nggak semuanya juga kan Mbak harus dikunjungi. Manfaatnya feed, kita nggak ketinggalan tulisan-tulisan yang nggak sempat terbaca ketika kita nggak online.

  4. nice post 😀

    tapi kalo saya sih mendahulukan teman-teman saya yang sudah meninggalkan komentar dulu.. nah apabila semua sudah terbalaskan (kunjungannya) baru deh ke teman yg baru selesai posting

    Jadi urutannya yang komentar dulu, baru baca feed reader ya?

  5. Terima kasih tipnya yang jitu dan jelas. Saya langganan pake email mas, langsung muncul di laptop kalau ada email baru.
    Salam hangat dari Surabaya

    owh, ini yang Mas Casrudi bilang PakDhe salah komentar ya? Mungkin maksudnya PakDhe, karena ini tulisan bukan saya yang buat, jadi dia kasih komentarnya pada Mas Wira gitu…

  6. Saya mengkombinasikan beberapa cara.
    Selain menggunakan blog pemantau, juga lewat kunjungan balik…

    Yang ketiga memang sengaja mendatangi blog yg menurut saya punya daya tarik, meskipun pemiliknya jarang2 ke tempat saya… 😀
    .-= marsudiyanto´s selesai [nulis] ..Credit Repair Services =-.

    Ini bukan sindiran tho Pak Mars? Hihihihi… 😳 Maaf ya, kalo saya lebih jarang jalan-jalan. Tapi saya baca tulisan Pak Mars yang lucu-lucu itu lewat Feed Reader lho…

  7. Hmmm… kayaknya saya yang paling buruk kalau masalah BW, suka ngendon di blog tertentu berlama-lama… baca artikel + baca komentar yang masuk… Seperti sekarang, ada yang salah dengan komentar Pak De, mgkn saya juga mau manggil Mbaq isnu dengan sebutan Mas… 😀
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Lain Ladang Lain Belalang, Lain Lubuk Lain Ikannya =-.

    Gyahahahaha, ngendon baca komentar? Pantesan jadi tau semuanya… 😆

  8. saya memantau blog teman2 dng google reader dan buat semacam blog agregator yg saya kasih nama circle of guskar

    Jadi dipantau dari feed reader ya Gus?

  9. saya gak paham RSS feed dan apapun teman2nya. maklum, masih newbie. ntar belajar ah.

    saya pribadi seh masih seperti biasa, blogdiving. haha 😎
    .-= alisnaik´s selesai [nulis] ..alasan saya menggunakan theme Mistylook =-.

    Ya, pelan-pelan aja. Nanti lama-lama juga sampai. 😉

  10. Jujur aja mbak, dengan menggunakan google rss reader kadang justru membuat saya menjadi malas blogwalking. Tapi blogwalking hukumnya untuk pemula adalah wajib.

    Ya, jujur saya juga begitu Mas Aldi. Dengan memiliki 500+ halaman website yang saya ikuti feednya, menjadikan saya seringkali hanya membaca lewat feed reader saja. Skip skip skip, hehehe…. Tanpa meninggalkan komentar. Tetapi jumlah ilmu yang di dapat bisa lebih banyak.

    Tergantung kebutuhan saja. Jika dirasa butuh orang lain datang dan mengomentari tulisan kita, ya memang wajib hukumnya buat blogwalking….

  11. salam
    mmhhh bisa dicoba… kalo seperti itu kita bisa tau headline blog yang akan kita kunjungi… sehinggga kita secara ga langsung tau apa komen yang akan kita tuliskan nanti…

    Sambil nunggu loading, otak kita pun loading komentar ya? 😉

  12. bener juga mbak, jadi enak deh. gak perlu capek capek. saya juga masih pake cara lama yang sama sekali gak efisien

    Karena harus bolak-balik ceklak ceklik, belom tentu ada apdetan…

  13. kalau bunda kok lebih suka mengunjungi saja langsung blognya, karena terasa lebih berwarna dgn nuansa masing2 blog.
    kalau via rss feed kok rasanya semua blog sama saja ya.
    salam.
    .-= bundadontworry´s selesai [nulis] ..Tali Asih dari Surabaya. =-.

    Iya, Bunda, kalo baca lewat RSS Feed, kelihatannya semua blog sama.

  14. Baru bulan kemarin aku manfaatin gugel raider ini.. hasilnya lumayan efisien.
    .-= H´s selesai [nulis] ..Miris! =-.

    Memang benar Mas Deddy, feed reader memudahkan membaca blog yang terupdate.

  15. Betul mbak, sayangnya di ndotcomku belon kupasang RSSnya, sementara aku masangnya di ndotpressku. Makasih sudah mengingatkan ya 😆
    Saiki blogke ijo royo-royoik 😀

    Kembali kasih Pak guru Wandi. 😳

  16. Howdy sister! my first visit here, please visit me back..! 🙂
    .-= Gadgetsholic´s selesai [nulis] ..Iron Samurai LED Bracelet =-.

    Sip!

  17. blogwalking bgus,tapi haru stau arah tujuannya juga hehe.. nice posting
    .-= firdol selesai posting Battlefield:Bad Company Installation and Fixing Error =-.

  18. terima kasih info nya, kalo saya sering klik “Next Blog” pada navbar blogger, atau ga rajin komen setiap nemu blog. menurut anda, pengunjung kurang lebih 60 orang/hari bagus ga ya, atau kurang…?

    terima kasih
    chandra selesai posting Realtek Audio Driver 60 1

  19. ikutan setuju mang…
    blogwalking membuat kita keringetan tapi sehat. pake rss feed sih ide yang oke, tapi yang penting, pemilik blog yang kita kunjungi juga mau mengunjungi blog kita juga. jadi dua arah tho…
    coba nih mo ngetest tua rumah, mau berkunjung ke blog aku enggak??

    Naga212Geni selesai posting Terminal Kampung Rambutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge