Cara Cerdas Menjadi Blogger Handal

Menjadi seorang blogger dengan penghasilan lumayan tentu menjadi idaman banyak orang. Jika Anda melihat atau membaca kisah-kisah sukses blogger lain tentu hati kecil Anda tergugah untuk ikut mencobanya. Jangan khawatir, memiliki keinginan seperti itu merupakan hal yang wajar. Sebagai manusia Anda tentu akan terinspirasi atas keberhasilan orang lain.

Pertanyaan paling lazim adalah bagaimana caranya?

Sebelum Anda mengetahui jawabannya sangatlah penting untuk mengetahui apa yang ada di pikiran Anda pada saat mendengar “blogger? Jawabannya pasti bermacam-macam. Mengapa hal ini penting? Pemahaman Anda akan mempengaruhi karir blog Anda untuk jangka panjang.

Menjadi seorang blogger tidak membuat diri Anda berbeda dengan orang yang bekerja di kantor atau menjalankan bisnis offline pada umumnya. Anda harus berhadapan dengan deadline, jadwal, komitmen, dedikasi dan sebagainya.

Satu keuntungannya adalah Anda melakukan itu semua dengan senang hati. Jika Anda melakukan apa yang Anda suka tentu hasilnya akan lebih baik.

4 Tips Cerdas Menjadi Blogger Yang Handal

Untuk menjadi sukses tentu Anda harus tahan banting. Bagaimana agar Anda bisa seperti itu?

1. Pahami Aturan Mendasar Komersialisasi Blog

Apapun blog Anda entah itu personal atau bukan Anda perlu memahami hal ini. Mulai dari penentuan nama, topik bahasan, tampilan blog. Jika Anda sudah terlanjur mempunyai blog, maka Anda bisa melanjutkan ke tips no.2.

Nama yang baik dan mudah diingat tentu dapat mengangkat popularitas blog Anda jangka panjang. Pilihlah topik bahasan yang menjadi hobi Anda, dan buatlah tampilan blog yang sederhana (jangan terlalu banyak pernak pernik apalagi banner iklan).

Terkadang banyak blog personal berubah pikiran di tengah jalan dengan memulai usaha monetasi blog karena tegiur kisah sukses blog lainnya. Tidak ada salahnya Anda mempersiapkan diri sejak awal agar blog Anda komersil.

2. Buatlah Postingan Artikel Secara Teratur

Perhatikan kemampuan Anda dalam membuat artikel. Cara termudah mengukur hal ini adalah dengan melihat berapa banyak artikel orisinil yang dapat Anda hasilkan dalam satu minggu, buatlah rata-rata.

Jangan membuat postingan dengan perbedaan kuantitas yang mencolok setiap minggunya. Hal ini bermanfaat bagi blogger yang belum begitu ternama untuk memancing pengunjung setia selalu datang. Dengan menerapkan hal ini pengunjung akan mengetahui bahwa setiap minggu Anda pasti akan memuat informasi baru.

Postingan artikel yang teratur tidak hanya bermanfaat untuk mendapatkan pengunjung setia tapi juga akan membuat blog Anda bersahabat dengan Google, Yahoo atau mesin pencari lainnya.

3. Banyak Membaca

Jika Anda ingin selalu maju sebagai blogger mau tidak mau Anda harus banyak membaca. Membaca merupakan solusi cerdas untuk sumber inspirasi Anda.

Semakin banyak Anda membaca semakin banyak hal yang ingin Anda tuliskan melalui blog Anda.

4. Jangan Lupa Istirahat

Menjadi blogger merupakan hal yang melelahkan. Apalagi saat ini banyak blogger-blogger baru bermunculan, akibatnya …. ? Persaingan semakin ketat.

Jangan terlalu memaksakan diri membangun blog Anda. Pikirkan istirahat, berikan penyegaran pada pikiran Anda untuk memacu motivasi blogging Anda. Ingat kesuksesan tidak terjadi dalam sekejap.

Selama Anda sudah menerapkan tips no. 1 sampai 3 tetaplah konsisten, jangan terlalu khawatir, Anda hanya perlu luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran Anda.

Bagaimana praktiknya?

Tips yang telah saya sampaikan tersebut merupakan tips mendasar untuk membangun blog jangka panjang. Namun demikian dalam menjalani karir Anda sebagai blogger pasti ada tantangannya.

Apa tantangannya dan bagaimana jalan keluarnya ?

1. Inspirasi Tidak Datang Setiap Saat

Dalam satu bulan, terkadang inspirasi banyak sekali datang pada minggu pertama dan tidak demikian pada minggu selanjutnya. Ini wajar. Lalu bagaimana menyiasatinya? Manfaatkan fasilitas “scheduled publish” yang terdapat pada admin dashboard.

Kuncinya adalah konsistensi. Jika Anda dapat menjaga konsistensi, itu merupakan langkah awal Search Engine Optimization yang baik untuk blog Anda.

2. Sulit Untuk Menjadi Konsisten

Buatlah rencana tertulis baik itu di komputer, laptop, atau buku. Jika perlu Anda print rencana tersebut lalu tempelkan di tempat yang mudah terlihat di kamar Anda.

Percaya atau tidak pengingat jenis ini sangat ampuh untuk menghindari diri Anda keluar jalur rencana blogging Anda.

Rencana yang Anda buat ibarat “petunjuk arah” yang ada dijalanan. Bisa dibayangkan langkah Anda akan semakin mudah jika Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.

Dengan adanya rencana, Anda dapat mengukur mana kekuatan dan mana kelemahan Anda sebagai blogger.

3. Krisis Percaya Diri

Ada waktunya Anda menemukan artikel yang akan Anda publish telah dimuat di blog orang lain. Apa yang harus Anda lakukan? Jangan tunda lagi. Ingatlah … selama Anda membuat artikel itu atas jerih payah Anda sendiri maka artikel Anda pasti berbeda.

4. Blog Anda Sepi Pengunjung

Saya yakin mayoritas dari Anda sudah memiliki akun Facebook maupun Twitter. Pergunakan kedua media ini dengan baik untuk memperkenalkan diri Anda sebagai blogger. Berikan link artikel blog Anda lewat update status di kedua akun social media tersebut untuk memudahkan pengunjung menjangkau blog Anda. Siasatilah waktu yang tepat untuk memuat link Anda. Pilihlah waktu senggang agar pengunjung leluasa membaca artikel Anda.

Gunakan peluang menjadi guest blogger sebaik-baiknya. Jika Anda mau jangan tunda-tunda, segera buatlah artikel terbaik Anda dan kirimkan.

Jika memungkinkan lakukan wawancara dengan blogger lainnya. Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan melalui wawancara ini dari sekedar meningkatkan jumlah pengunjung atau popularitas blog Anda.

Terakhir tinggalkan komentar terbaik Anda pada blog lain. Semakin baik komentar Anda semakin baik imbas yang akan Anda terima.

5. Kurang Motivasi

Mintalah dukungan pada orang terdekat Anda. Bisa pacar, suami/istri, atau sahabat. Motivasi sangat diperlukan agar Anda tetap semangat menciptakan artikel yang berkualitas.

Nah sekarang bagaimana dengan rencana blogging Anda ke depan? Ada yang ingin disampaikan? silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom yang disediakan.

Tentang penulis :

Oktorian S Hakim adalah blogger dari Jakarta, freelance writer, dan pendiri notordinaryblogger (blog tentang tips mudah dan cerdas membangun sebuah blog untuk bisnis)

74 comments on “Cara Cerdas Menjadi Blogger Handal

  1. Rencana ke depan? Pengen teratur update :)) ini rencana dari tahun jebot tapi gak terlaksana juga sih -_-

  2. Kapan-kapan kalau sudah mapan dulu, baru serius jadi narablog, #eh :D.
    Cahya selesai posting Melasti Dalam Hikayat

  3. artikel yang sangat menarik! memang betul dalam ngeblog itu semangatnya naik dan turun, naik lagi, turun lagi.. tinggal bagaimana menjaga motivasi untuk mencapai tujuan..

    atau jangan2 ngeblog ndak punya tujuan? hehehe…
    budiono selesai posting Cara Cepat Untuk Sukses

  4. Terima kasih Mba Nunik, semoga bermanfaat ya untuk pembaca lainnya … Sukses selalu
    Okto selesai posting Tips Sukses Mengikuti Kontes SEO “Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia”

  5. berarti aku kurang motivasi nih tapi pengennya pacar, pacar gk punya !!
    jolan selesai posting ride your computer with horny

  6. Ke depannya saya sih pengennya bisa konsisten update blog. Oya saya baru sadar sama scheduled publish, bisa jadi solusi tuh. Selama ini jeda update blog saya masih gak karuan :lol:

    Trims mas.
    Faisal selesai posting WordPress.com atau WordPress.org?

  7. Uh ternyata cara cerdas untuk menjadi blogger berbayar… salah baca saya. Ternyata Handal = berbayar :D
    Imelda selesai posting Achievement

  8. Wih..bener juga ya.
    Terutama soal menjaga kesehatan.
    Kadang kalo udah ngurus blog, sampai2 lupa istirahat dan jatuh sakit.
    Brarti antara kesehatan dan blog itu harus seimbang :D
    Btw, kapan2 kayaknya asik ya kalo jadi guest blogger di blognya mba Is :P
    Zippy selesai posting Sotoji, Kreasi Jamur Dalam Semangkuk Soto

  9. belum punya pengalaman bikin web, hanya sekedar suka dibidang design grafis dan tukang dandani komputer. sulit ga sih bikin web itu…? bagaimana aku mesti melangkah pertama kali, kan aku ga ngerti ilmunya. makasih… :)
    pressanykey selesai posting Bermain imbang 2-2 lawan AC Milan, Juventus melaju ke Final Coppa Italia

  10. Abed Saragih on said:

    Saya setuju dengan petikan diatas,banyak membaca bisa banyak menimbulkah suatu inspirasi yg dapat kita tuangkan dalam blog.Kemudian diikuti dengan posting secara teratur setuju banget nih saya.Thks udh berbagi.
    Abed Saragih selesai posting NetWorx,Aplikasi Untuk Melihat Pemakaian Bandwidth Kamu

  11. Mantap tipsnya,Motivasinya nich yang harus dicari biar bisa eksis blogging terus dan tetap konsisten ngeblognya. :D

    Kalau masalah teratur update itu kayaknya dalam waktu dekat ini hanya aku dan tuhan yang tahu deh :mrgreen:
    grandchief selesai posting Mencoba Berkunjung ke Perpust Kota Batu

  12. *bukmark*
    airyz selesai posting Drunken Marmut mendarat

  13. Harusnya diawal membangun blog, postingan seperti ini yang pertama saya baca,
    bukannya bla-bla akan menghasilkan apa-apa,
    untuk saat ini, blog menjadi sebuah catatan dulu dan pasti akan terus belajar, walaupun emak-emak :)
    ysalma selesai posting Arti Kata Menjerang

  14. Izin di save ya, kak. Untuk aku baca-baca lagi, manakala ada yang mau memakai jasa aku. Hehe. Tapi aku suka pas “Apa Tantangan Dan Jalan Keluarnya”. Benar-benar berguna sekali. *sungkem yang buat artikel*
    Aditya Eka P selesai posting SOTOJI : Soto Yang Baik Untuk Vegetarian

  15. Iya tuh, menjadi konsisten itu sulit banget, pasti banyak banget godaannya di tengah jalan :D
    Rusa selesai posting Jalan-Jalan ke Tempat Wisata Kota Semarang

  16. Yang paling penting dari tips diatas menurut saya adalah Motivasi. Saya sendiri termotivasi mengelola blog karena menurut saya blog adalah media untuk membangun reputasi online, yang nanti diharapkan menjadi faktor pendukung suksesnya mendapatkan uang dari dunia online.

    Namun demikian, jangan hanya termotivasi karena tujuan mendapatkan penghasilan online jutaan misalnya, karena setelah nantinya beberapa tahun kemudian kita tetap tidak mendapatkan materi apa-apapun dari kegiatan blogging, semangat akan kendor dan akhirnya berhenti menjalani proses untuk mencapai tujuan ngeblog, sebuah kerugian besar.

    Karena itu galilah alasan yang menjadi pembenaran anda tetap konsisten menjalani proses ngeblog. Saya sendiri meyakini ada banyak alasan yang membuat saya tetap ngeblog setelah kini berada di tahun ke tiga sebagai blogger.

  17. ada-akbar.com on said:

    Kalau ngeblog sambil bisnis online(diluar blogger) sepertinya akan lebh sulit memanage. .. kecuali kalo ada hubungannya dengan blogging :D
    ada-akbar.com selesai posting Stoking Sekarang Dapat Digunakan Untuk Pria

  18. pengen jd blogger handaal..#teriak
    tp suka mandek d ide nulis paan, he

  19. Untuk tips kedua sepertinya bagi saya cukup meragukan, dan yang ketiga kebetulan sedang tergila-gila buku apa saja dari perpustakaan pusat punya pabrik di lantai bawah.

    BTW, saya pribadi ngeblog itu untuk mengeluarkan uneg-uneg, syukur-syukur ada yang mengambil manfaatnya. Belum bakat cari uang lewat situ :)
    Fiz selesai posting Trip to Malang

  20. @Fiz : Tips kedua? Posting secara teratur ya … menurut saya itu bagian dari marketing online. Dengan melakukan posting secara teratur itu menunjukkan jika diri kita berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk pembaca. Pembaca dapat mengetahui bahwa setiap minggu pasti kita memuat informasi baru. Mereka akan percaya jika kita serius bukan sekedar coba-coba.

    “Lakukan sekarang adalah yang terbaik”. Apapun blog kita apapun tujuannya jangan tunda lagi untuk nge-blog. Menurut saya semua jenis blog (personal atau bukan) bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan alternatif asal digunakan secara tepat.

    Komitmen dasar yang sangat penting jika kita berniat untuk membangun sumber penghasilan dari blog. Jika banyak pembaca melihat komitmen yang baik dari pemilik blog tentu akan menumbuhkan kepercayaan, dengan begitu produk yang kita tawarkan dapat diterima oleh pembaca.

    Salah satu cara menunjukkan komitmen yang paling praktis ya … memuat posting secara teratur setiap minggu-nya.

    Terima kasih share pengalamannya, sukses selalu
    Okto selesai posting Tips Sukses Mengikuti Kontes SEO “Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia”

    • Oke, maksud saya meragukan bagi saya sendiri yang tidak lagi produktif nulis seperti saat blog masih “lebih jaya” daripada mikriblog. Sekarang, satu bulan satu posting saja sudah untung. Posting lebih banyak berupa foto dalam galeri flickr yang sekali hangout bisa dapat 5 hingga 10 gambar.
      Fiz selesai posting Trip to Malang

  21. semoga saya tetap konsisten dengan blog saya. Amin :D

  22. Menurut saya, judul artikel ini agak aneh.. cara cerdas menjadi blogger handal? Menurutku blogger handal ditempuh dengan ketekunan, terlepas cerdas apa nggak cerdas sih.. IMHO :)
    DV selesai posting Bensin

  23. Cerdas ini juga banyak aspek lho yaa.. jadi CERDAS apanya dulu? Dan kalau sudah Cerdas? dan Kalau belum Cerdas?

    #eh
    Jauhari selesai posting Peluang Bisnis Herbal Tahun 2012

  24. @DV dan Jauhari : Yang saya suka dari blogging adalah kita bisa berbagi pengalaman. Saya setuju untuk menjadi blogger perlu ketekunan.

    Dan memang cerdas itu banyak artinya.

    Tapi untuk mencapai ketekunan ada tantangannya. Cara cerdas dan praktis menjawab tantangan tersebut adalah belajar dari pengalaman sesama blogger :)

  25. kalau mba nunik sendiri sudah merasakan manfaatnya yah,…jelas..
    saya juga mulai menekuni perbloggeran semenjak dikenalkan sama yang sudah senior ngeblog, hasilnya lumayan meskipun harus banyak belajar lagi..

  26. wah boleh banget tuh tips’y gan, saya juga masih dalam tahap belajar nih :)

  27. huuuumt terima kasih atas tipsnya gan
    hanggarps selesai posting Manfaat Masa Kecil Kurang Bahagia

  28. BloggerAddict on said:

    Mungkin bisa ditambahkan sedikit dalam hal penentuan nama dan topik bahasan, usahakan sebisa mungkin sesuai dengan passion kita. Namun, banyak blogger yang tidak memahami benar passionnya (termasuk saya hehe..). Jadinya, postingan serba-serbi tanpa ada batasan-batasan pembahasan.

    Padahal, kita tahu bahwa gugel lebih senang dengan blog yang berisi postingan-postingan yang saling berhubungan dan saling mendukung.

    Tapi ya sudahlah, saat ini ngeblog aja dulu dan berharap suatu hari nanti bisa menemukan jawaban tentang topik bahasan mana yang paling sesuai dengan karakter dan pengetahuan saya.

  29. guest blogger disini
    main berkualitas aja tulisanya.

    btw tentang inspirasi
    memang tidak datang setiap saat sih
    saya saja sedang mati ide nih.

    tetapi seminggu sekali sih diusahakan update
    khususnya pada pembahasan yang selalu laris
    ketika update mingguan.

    awalnya buat penelitian dulu
    artikel jenis apa yang paling disukai di blog
    setelah itu perbanyak pembahasan tentang hal yang disukai itu.
    Fakry Naras Wahidi selesai posting Pentingnya Memperluas Wawasan

  30. yg terpenting itu, istirahat yg cukup :D
    emang lagi sakit atau barusan sakit
    Kurnia Septa selesai posting NGONOO Sumber Informasi Sosial Media & Tips Trik Online

  31. bagi saya yang susah adalah mencari inspirasi dan waktu…itu yang paling sering saya alami
    nur abidah selesai posting Tips Berbusana Untuk Pinggul dan Perut Besar

    • @nur abidah : Saya sudah menulis tentang ” Is Part-Time Blogger a Good Decision?”. Kenyataannya 99% blogger adalah part-time. Dan menjadi part-time blogger itu lebih sulit daripada full-time blogger, kenapa? Karena seorang part-time blogger punya waktu yang lebih sedikit, dan fokus yang harus terbagi.

      itu sebabnya jika kita mempunyai “rencana tertulis” akan sangat membantu meringankan masalah waktu.

      Kalo soal inspirasi …. ya memang ini hal yang tidak bisa dirumuskan. Tapi jika memang kita menulis sesuatu yang kita suka biasanya ada saja inspirasi yang datang untuk ditulis. :)
      Okto selesai posting Keyword Density : Friend or Foe ?

  32. wwaaahhh jadi apa selanjutnya? kuknya udh diikutin semua deh tips nya tp blm menghasilkan juga :p

  33. @niee : menghasilkan sesuatu yang kita kejar akan bergantung dari apa target yang sudah kita tetapkan. Jadi kembali lagi ke pentingnya memiliki “rencana tertulis”.

    Mungkin sebenarnya bukan belum menghasilkan … Mungkin hanya tidak menyadari atas apa yang sudah dicapai sejauh ini, karena memang tidak ada rencana jadi sulit untuk mengukur perubahannya. Sukses selalu …. hapy blogging.
    Okto selesai posting Keyword Density : Friend or Foe ?

  34. kurang konsisten dan motivasi menjadi musuh terbesar saya dalam blogiing. mungkin bisa di tambahin rasa iri melihat kesuksesan orang lain. ini bisa membutakan potensi kita sebgai blogger.
    erik selesai posting WordPress Sebagai Website Multifungsi

  35. @Erik : setuju, rasa iri memang bisa membuyarkan konsistensi. Tapi kalo kita memang punya rencana itu bisa sangat membantu.

  36. Saya kira tiap-tiap blogger hendaknya memiliki tujuan pencapaian blognya secara personal. Karena blog adalah persoalan individu. Semisal, seorang blogger menargetkan bisa mendapatkan uang dari sana, tentu saja harus mengetahui step by stepnya. Seorang blogger Honeylizious pernah berkata pada saya kalau pencapaiannya dia hanyalah bisa mengisi blognya setiap hari dengan tulisan apapun. Nah, persoalan seorang blogger itu part-time atau full-time tidak menjadi persoalan jika memiliki tujuan dan perencanaan tertulis yang bisa diaplikasikan secara jelas. Jika tidak? Mau part-time atau full-time sama-sama tidak bisa mewujudkan cita-cita tentunya. Saya salah seorang full-time yang tidak memiliki tujuan yang jelas. Karena itu blog saya masih sembarangan.
    Makasih artikelnya bisa buat aplikasi saya nih :D
    Lilih Prilian Ari Pranowo selesai posting Alasannya Kenapa Brutu Bikin Lupa

  37. wahhh tipsnya bagus-bagus.
    kebetulan butuh banget motivasi biar tetap konsisten nge-blog.

    salam kenal

  38. mantap…nice info
    nung selesai posting Menghitung Selisih Jam Menggunakan Excel

  39. Benar-benar masukan yg super lengkap dari seorang master blogger.
    Bagi saya konsistensi mas ya yg rada harus di jaga…
    Cara menjadi blogger master selesai posting Cara membuat lempeng

  40. Tips-nya bagus. sangat bermanfaat. Terima kasih.

    salam kenal
    Mo

  41. contenya sangat bermanfaat,,,thx info dan tipsnya…….

  42. masukan yang keren :)
    firly selesai posting misteri dari bau menyengat (misteri)

  43. Bismillah. Jazakillahu khairan, terima kasih atas tipsnya. Yang terpenting adalah berdoa kepada Alloh agar menjadikan semua yang kita lakukan dengan blog itu bermanfaat di dunia dan akhirat.

  44. Setelah membaca ini saya baru sadar.. ternyata saya belum begitu cerdas :(

  45. makasih gan infonya… blogku masih berumur 2 mgu… jadi perlu beberapa tips meningkatkan visitor :D

  46. satu yang susah bagi saya yaitu menjalani semuanya dengan konsisten, hehe…

    artikelnya keren sob, salam kenal!

  47. waw inspiratif sekali…… terimakasih artikelnya sangat bermanfaat terutama bagi pencari tau tbagaimana memulai menjadi blogger…..

  48. Mantap sekali bang artikelnya.. dan juga jadi suatu motivasi tersendiri buat saya.

  49. boleh juga tips nya, di pahami dulu nih secara bertahap.

  50. doanya moga bisa konsisdalam ngeblok

  51. doanya aja biar konsis dalam ngeblogg
    Afan selesai posting KEBERSAMAAN ADALAH SEJARAH TERINDAH KETIKA SUDAH TERPISAH

  52. Bermanfaat Mas…

    Konsistensi yang benar-benar harus dijaga..

    Trims buat share nya..
    Aliems selesai posting SHORTCUT KEYBOARD BUAT PROGRAM MS EXCEL

  53. makasih banyak ya atas saran dan tipsnya.. semoga bisa continue..
    resep kuliner selesai posting Bubur Ayam Pedas

  54. Bermanfaat banget artikel ini, bisa jadi motivasi saya sebagai blogger pemula.
    iyan selesai posting Aplikasi Social Network yang Banyak di Download Pengguna iPhone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

19,734 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge