Cara Efektif Agar Pengunjung Blog Meningkat

Pengunjung Blog

(Penulis Muhammad Nur Ilham dari situs www.galerihp.com)

Di era modern ini, banyak sekali blogger yang berkerja keras agar blognya kebanjiran pengunjung. Memang, bagi sobat yang baru saja memulai karir di dunia blogging akan pusing sekali memikirkan bagiamana pengunjung pada blog sobat meningkat.

Yang terpenting adalah sobat jangan bermalas-malasan dan terus berkerja keras membuat artikel, tentunya dengan cara ini, seiring berjalannya waktu pengunjung pada blog sobat akan meningkat.

Namun jika sobat adalah blogger yang malas yang bisanya cuma copas sana sini jangan berharap pengunjung pada blog sobat dapat meningkat. Tentunya sobat harus benar-benar sabar dan konsisten dalam membuat artikel agar blog menjadi ramai. Satu hal lagi yang terpenting, sobat harus belajar bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas hingga dapat bersaing di halaman pertama Google.

Untuk lebih jelas mengenai bagaimana cara meningkatkan visitor pada blog, silahkan simak artikel berikut.

Cara Meningkatkan Visitor Pada Blog

  • Membuat Konten Berkualitas dan Internal Link

Cara sederhanya agar sobat bisa mengetahui apakah konten yang sudah sobat buat berkualitas atau belum adalah dengan cara melihat bounce rate pada blog sobat. Pengertian dari bounce rate sendiri adalah presentase pengunjung yang meninggalkan blog sobat setelah membaca suatu artikel pada blog sobat. Konten pada blog sobat bisa dikatakan berkualitas jika angka bounce rate rendah, artinya jika ada pengunjung yang membaca artikel pada blog sobat, setelah selesai membaca artikel tidak langsung meninggalkan laman tersebut, tetapi lanjut membaca artikel lain pada blog sobat.

Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bounce rate sendiri antara lain; konten sangat berkualitas sehingga pengunjung betah berlama-lama membaca artikel pada blog sobat dan internal link yang rapih pada blog sobat.

Internal link sendiri adalah sebuah link internal menuju artikel  lainya. Contohnya sobat membuat artikel ‘manfaat buah mangga’ lalu pada akhir artikel sobat berikan internal link yang mengarah ke artikel ‘efek samping buah mangga’ otomatis jika ada pengunjung yang penasaran dengan apa efek samping buah manga, maka tidak langsung meninggalkan blog sobat melainkan membacanya terlebih dahulu.

Keuntungan yang akan sobat dapatkan jika angka bounce rate rendah yaitu meningkatkan reputasi blog di mata Google, hal ini tentu dapat membuat google menaikkan posisi artikel sobat di halaman 1 Google atau bahkan posisi 1, tentu jika hal ini terjadi akan meningkatkan pengunjung blog sobat.

  • Memperbanyak Artikel

Ada seorang blogger yang saya temui di Facebook ia memiliki visitor ratusan ribu per hari, dan ketika saya tanya, dia hanya fokus membuat artikel berkualitas sehari dua kali, dan itu di lakukan secara konsisten selama hampir satu tahun dan ia juga tidak menggunakan backlink sama sekali.

Jadi untuk blogger pemula, pesan saya adalah perbanyak artikel terlebih dahulu. Untuk SEO? Cukup pelajari dasar-dasarnya saja. Dengan membuat artikel setiap hari, hal ini akan memancing search engine untuk memperhatikan blog kita. Selain itu jika blog sobat kaya akan konten, membuat pengunjung bentah berlama-lama di blog sobat, hal ini pastinya akan berpengaruh pada bounce rate, bounce rate akan semakin rendah dan tentunya akan meningkatkan page authority.

Sekian artikel ini, semoga  dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat mendapatkan banyak pengunjung. Terima kasih.

5 thoughts on “Cara Efektif Agar Pengunjung Blog Meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge