Cara Membuat Laporan Google Analytics Per Judul Tulisan

Hai teman-teman yang sampai saat ini masih bingung cara membuat laporan dari Google Analytics untuk tulisannya yang dibayar, mari ke mari, ayo cara saya ini boleh dicontek lho. Tentu saya berpedoman bahwa teman-teman semua sebagai blogger sudah memasang Google Analytics di blog masing-masing. Bagi yang belom, kasihan deh lo ya Googling dulu cara masangnya bagaimana.

Buka Google Analytics Anda

Sidebar Google Analytics
Sidebar Google Analytics

Klik tombol Access Analytics, lantas klik view report untuk blog yang akan anda buatkan laporan. Maka akan muncul halaman dashboard dari Google Analytics anda. Lihat pada bagian sidebar sebelah kiri atas, akan seperti pada gambar. Ada pilihan Intelligence, Visitors, Traffic Sources, Content dan Goal. Semua ada kegunaannya masing-masing.

Buka Content

Content Google Analytics
Content Google Analytics

Karena yang akan kita laporkan adalah data Google Analytics dari salah satu judul blog saja, maka langkah selanjutnya adalah klik pada bagian Content. Setelah itu akan muncul menu dibawahnya, yaitu Overview, Top Content, Content By Title, Content Drilldown, Top Landing Pages, Top Exit Pages, dan In-Page Analytics. Silahkan klik Content by Title.

Filter Page Title

Sidebar Google Analytics
Sidebar Google Analytics

By default, akan ada 10 judul tulisan yang otomatis muncul ketika Anda mengklik Content by Title. Itu adalah 10 judul dengan page view tertinggi dari blog Anda selama 1 bulan terakhir. Nah, jika tulisan yang akan Anda laporkan ada di salah satu daftar dari 10 tulisan tersebut, gampang: tinggal klik saja pada judulnya.

Pertanyaannya. Gimana kalau tulisannya sepi pengunjung, sehingga nggak masuk 10 besar? Atau, tulisan yang akan dilaporkan sudah lama, karena Anda nggak tau caranya bikin laporan? 😆 Gampang juga. Arahkan pandangan ke bagian paling bawah. Akan ada filter page title. Ketikkan saja kata kunci dari tulisan yang akan Anda cari.

Lihat Hasil Data Google Analytics-nya

Hasil Data Google Analytics
Hasil Data Google Analytics

Taraaaa! Muncullah data statistik yang Anda butuhkan untuk laporan data Google Analytics khusus dari judul tulisan tertentu. Tinggal disampaikan saja, berapa Page Views, berapa Unique Page Views, Average Time on Page, dan jumlah komentar dari tulisan tersebut. Biasanya data seperti itulah yang dibutuhkan sebagai laporan.

Atau, ada yang memiliki cara lain dalam menyiapkan laporan sebuah tulisan yang dilihat dari Google Analytics, yuk dibagi di kolom komentar.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

52 thoughts on “Cara Membuat Laporan Google Analytics Per Judul Tulisan”

      1. saya masih penasaran sama cara hitungnya google analytics ini apa perlu diaktifkan apanya lagi ya? koq tiap hari cuman ada 1visitor bahkan utk keseluruhan blogku saja, beda kalkulasi dg statistik wordpress.. hmm…
        aRuL selesai posting Autis

  1. magnum cafe banyak juga ya yg bacanya.. ternyata pembaca isnuansa.com lebih menyukai artikel2 yang ringan dan sedikit ngebuat orang penasaran 😀

    1. Itu salah satu kegunaan Google Analytics. Bisa tahu mana artikel yang ramai dicari orang, dan mana yang sudah kita tulis dengan susah payah, malah jarang dibaca orang. 😀

  2. Suer takewer2 mbak, saya malah baru tau kalo bisa di sort by title, wkwkwkwk…
    Aduh..parah ya, udah lama pake Google Analytic tapi baru ngeh sekarang 😀
    Malu aku, malu, hahahaha….. 😆
    Zippy selesai posting Dilema Uang Jajan

  3. Mbak is, kemarin tim support IBN kontak loh.
    KAtanya format laporannya dalam bentuk excell spt contoh :

    Tgl Impression Jumlah Klik
    1 Juni 100 5
    2 Juni 300 10

    Nah gimana tuh ngecek per harinya? -___-” ada solusi ngga?
    masih bingung soalnya

    1. *pentung2 Arief*

      Lha gambar terakhir itu apa kalo bukan yang Arief tanyain? Itu gambar kan berisi jumlah klik dari pembaca yang menuju tulisan.

      Tinggal di hover di masing-masing titik, keluar angkanya sendiri: tanggal 1 misal baru dipublish, masih 10 doang yang klik.

      Tanggal 2 ada 120, tanggal 3 ada 250. Itu grafik naik turun itu apa kalau bukan angka?

      Grafik ke kanan menunjukkan tanggal per hari, ke atas menunjukkan jumlah klik.
      Tulisan Magnum Cafe itu diklik hampir di atas 200 orang per hari. (Perhatikan angka 250 dan 500 sebagai batas) 😆

        1. Kalo bikin laporannya pake Google Analytics, setau saya sih, nggak ada “impresi” di sana. CMIIW.

          Yang ada adalah Page View dan Unique Page View di Google Analytics, sesuai dengan yang nampak pada screenshot di atas.

          Kalau menghitung jumlah klik menuju website pemasang iklan, perlu disetting terlebih dahulu Google Analytics-nya dengan cara seperti yang Om Arief EW tulis: http://ariefew.com/seo/google-analytics-untuk-tracking-sasaran-tujuan-url/

          Dan sttt, selama ini laporan saya baik-baik saja dengan cara di atas. 😳

          1. nah… itu dia aku bingungnya. Impresinya ga nemu-nemu setelah ubek-ubek google analytic.

            Tapi gpp deh. setelah membaca :

            Dan sttt, selama ini laporan saya baik-baik saja dengan cara di atas

            jadi agak tenang nih. Maklum, nubie nih di IBN :p

  4. Ini klo gak gara-gara IBN saya males banget buka Analytics. Tapi untung ada hikmahnya, saya sekarang jadi tau gimana cara pake Analytics. Malahan jadi tambah rajin melakukan riset di sana.
    Hihihi..
    🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge