Cara Minum Obat

Bagaimana cara Anda meminum obat? Lhah, memangnya penting ya, bagaimana cara kita meminum obat. Tinggal telan kan sudah. Masuk kerongkongan. Tapi beberapa orang yang saya tahu, memang memiliki cara tersendiri untuk memasukkan obat ke dalam perutnya. Termasuk saya, yang mungkin berbeda dengan cara Anda.

Bagi anak kecil, cara yang paling umum tentu saja dengan menumbuk [membuat obat menjadi bubuk], menyeduhnya dengan air di sendok, dan meminumnya seperti minum obat yang berbentuk syrup. Tidak sedikit pula orang dewasa yang masih menerapkan cara tersebut. Beberapa karena sudah kebiasaan.

Cara yang paling umum, ya tinggal glek saja dengan air. Masukin obatnya ke dalam mulut, gelontor deh dengan air. Masuk ke perut.

Saya punya teman yang harus mencari pisang dulu untuk minum obat. Obatnya dimasukin ke dalam pisang, pisangnya langsung di telan. Ini sih, namanya bukan minum obat, tapi makan pisang dicampur obat. Ada juga yang pake nasi. Caranya hampir sama, nasi dikepel masukin obat di dalamnya, baru nasinya dengan agak susah payah ditelan. Yang masuk kategori ini, mungkin memang memiliki trauma tersendiri dengan yang namanya obat. Alias takut pahit.

Saya sendiri, dulunya biasa saja meminum obat, dengan air. Kebiasaan baru berubah setelah melihat cara teman saya. Dia selalu mengunyah dulu obat dengan giginya, baru kemudian minum air. Ketika pertama lihat, saya tanya, pahit nggak? Ya tentu saja pahit, apalagi sisa obat yang menempel di gigi, pasti ada meskipun sudah minum air. Rasa penasaran membuat saya mencobanya. Sampai sekarang jadi kebiasaan. Soalnya, saya merasakan bedanya waktu yang dibutuhkan untuk sembuh bila dibandingkan menelannya bulat-bulat. Mungkin karena lambung nggak perlu bekerja keras dulu baru mendistribusikan obatnya. Kan sudah halus ketika ditelan.

Nah, kemarin, saya baru melihat cara lain lagi orang meminum obat. Ketika itu saya lagi naik angkot. Di depan saya, ada seorang ibu membuka bungkus obat sakit kepala dan minuman gelas. Diminumnya minuman tersebut. Lhah, kok, obatnya nggak di masukin mulut bareng dengan air. Saya perhatiin terus. Rupanya, obatnya diemut seperti cara ngemut permen!

2 thoughts on “Cara Minum Obat

  1. Tiap obat kan ada macam-macam cara minum obatnya mbak, mesti diperhatikan juga tuh. Misalnya ada obat yang langsung ditelan, yang diemut kayak permen, yang dikunyah, yang ditempel dibawah lidah, atau bahkan ada juga yang dimasukin ke dubur/vagina. Jangan sampe salah minum obat yang mestinya masuk dubur malah ditelan…hehehe…
    Selain itu, dosisnya juga, misalnya ada obat mencret yang mestinya diminum tiap kali mencret 2 tablet dan bukan 3 kali sehari masing-masing 1 tablet. Kalau ingin cepat sembuh dan sembuhnya bener emang kudu merhatiin dosis dan cara pemakaian obatnya…
    Semoga lekas sembuh…
    Nasir selesai posting Iklim Berubah, Kesehatan Semakin Terancam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge