Cara Update Blog

Ada yang bertanya kepada saya, “Wah, sekarang sudah jadi Full Time Bloger ya? Kok, rajin sekali, setiap hari selalu posting.”

Wah, bloger seperti ini sepertinya sudah begitu lama berhenti ngeblog -sehingga-tidak-mengetahui-adanya-kemajuan-fasilitas-penjadwalan-postingan-yang-bisa-dilakukan-dengan-sangat-mudah-.

Ini hanya soal kebiasaan saja. Saya biasa menulis begitu ada ide di kepala. Tetapi saya belum bisa sembarangan mengupdate postingan karena blog saya belum begitu ramai, jadi belum memungkinkan mengupdate dua atau lebih postingan dalam waktu yang berdekatan.

Sehingga beberapa tulisan tersimpan di draft, dan bisa dijadwalkan untuk dipublish setiap harinya, masing-masing satu kali postingan. Ini juga karena saya belum mampu terhubung setiap saat dengan internet. Jadi walaupun blog saya terlihat selalu update, belum tentu saat itu saya online. Hampir semuanya adalah postingan terjadwal.

Ini juga bisa dijadikan tips untuk penulis blog yang isinya tidak tergantung oleh waktu, bisa diposting kapan saja, jam ini, besok, lusa, atau minggu depan. Daripada mempublish tulisan dalam 1 jam 3 judul, lalu ‘istirahat’ 1 minggu, lebih baik jika dijadwalkan setiap 2 hari sekali.

Kadang saya menulis 5 judul dalam 1 waktu, tetapi saya akan publish hanya 1 judul setiap harinya. Ini untuk memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berkomentar. πŸ™‚

——————————————–
Bagaimana cara Anda mempublish postingan?

16 thoughts on “Cara Update Blog

  1. Hmm…bener juga…kadang juga gitu mbak…posting di draft dulu…klo pengen tinggal di-publish…tapi tetep aja masih males2 nulis….he3… πŸ˜›

  2. Kalo aku belum pernah menjadwal postingan meskipun udah tau caranya dr dulu2 πŸ˜›
    Rasanya masih lebih enak begitu tulis langsung publish. πŸ˜€
    tp bagus jg sih metode itu utk orang yg ga selalu terhubung dgn internet dan ga punya byk waktu utk ngeblog.

  3. Tehnik ini pernah saya pakai waktu saya masih ngeblog di blogsome dulu…
    Tapi waktu itu karena lagi belajar (dan samapi sekarang gak pinter-pinter)saya hanya jadi pengepul tutorial aja πŸ˜€

  4. kiat yg bagus.
    saya akan coba juga mbak.
    karena biasanya, 2 atau 3 postingan saya publish pd waktu yg sama.
    paling tidak dgn kiat yg mbak nunik beberkan,saya jadi banyak belajar.
    terima kasih.
    salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge