David July Dot Blogspot Dot Com

Yang bersangkutan -David-Khoirul-nama-aslinya-saya-rasa-meskipun-sekarang-menulis-dengan-namaDavid-July, secara pribadi meminta saya untuk mereview blognya, davidjuly.blogspot.com, melalui kolom komentar yang ada di postingan saya.

Entah bagaimana saya pertama menemukan blognya. Saya menitipkan komentar, dan seperti biasanya, beliau akan mengunjungi kembali blog yang telah memberikan komentarnya.

David –meskipun-tidak-ada-di-dalam-profilnya-tetapi-saya-menyimpulkan-berasal-dari-Tuban-, sekarang sedang menyelesaikan skripsinya mengenai mnemonics [-yang-saya-sama-sekali-tidak-tahu-artinya-apa!-].

Meskipun masih menumpang di Blogspot, dan hanya online menggunakan hand phone-nya, termasuk yang produktif, dalam 2,5 bulan menghasilkan 71 postingan [saat tulisan ini dibuat].

Satu yang saya perhatikan; saya agak kesulitan dengan tombol navigasi di blognya. Di side bar, saya tidak bisa menemukan daftar judul posting terbaru. Saya bisa mengetahui judul-judul artikelnya bukan dari sidebar tetapi di bawah setiap postingannya. Tentu untuk yang tidak terlalu familiar dengan berbagai macam desain website, akan lebih kesulitan lagi menggunakannya.

David menulis postingannya dalam 3 bahasa, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Penasaran? Langsung ke lokasi aja deh! 😉

david-july

[I] : Sejak kapan Anda ngeblog?
[DK] : Saya mulai ngeblog sekitar 2007. Blog pertama saya saat itu adalah http://davidkhoirul.blogspot.com yang sampai sekarang pun masih bisa dibuka, meski tak keurus. Saya baru secara aktif ngeblog pada April 2009.

[I] : Berapa jumlah blog yang Anda kelola?
[DK] : Sekitar 10, termasuk blog-blog yang tak penting. Mereka umumnya adalah blog-blog yang menautkan blog utama saya, dan semuanya dicipta serta dikelola dari ponsel.

[I] : Berapa jam per hari waktu yang Anda habiskan untuk memanage blog?
[DK] : 10 menit hingga satu jam. Ini sudah waktu yang cukup bagi saya, mengingat saya hanya melakukan mobile blogging dengan nokia 6020 yang jadul. Ingin tahu nokia 6020? Klik disini.

[I] : Apa kendala terbesar dalam ngeblog?
[DK] : Kendala terbesar saya tentunya adalah proses pemostingan. Saya terkadang harus kesakitan di jempol karena kelamaan memencet-mencet tombol HP. Kendala kedua adalah semangat. Bila sedang malas, seringkali blog dianggurkan selama berhari-hari sehingga postingpun sepi.

[I] : Apa topik favorit Anda?
[DK] : Jurnalisme dan Javanese Article. Saya ingin mempopulerkan budaya ngeblog dengan Bahasa Jawa dan Inggris. Keduanya bisa dikemas dalam jurnalisme. Inilah yang menyebabkan blog saya menggunakan tiga bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris.

[I] : Pernah melakukan copy paste content blog lain?
[DK] : Tidak pernah! Saya sangat tidak suka melihat blog yang postingannya adalah hasil penyalinan.

[I] : Berapa page view yang Anda dapatkan per hari?
[DK] : 90 hingga 500

[I] : Berapa kali dalam seminggu rata-rata Anda posting?
[DK] : Saya posting hampir setiap hari. Bila sedang menggebu-gebu, saya bisa menulis hingga 5 kali dalam sehari untuk blog saya. Paling malas, sekali seminggu.

[I] : Berapa banyak komentar rata-rata tiap postingan?
[DK] : 4 komentar. Blog saya termasuk salah satu blog yang sepi komentar!

[I] : Berapa banyak postingan yang Anda komentari rata-rata dalam satu
hari atau satu kali blogwalking?

[DK] : Saya jarang sekali blogwalking. Kebanyakan pengunjung yang datang ke blog saya hanya dari mesin pencari saja. Dalam seminggu belum tentu ada blogwalking.

[I] : Pendapat tentang komentar: “PertamaX”?
[DK] : Ini serupa dengan spam. Komentar seperti ini menurut saya sangat tidak penting.

[I] : Mengunjungi balik blog komentator Anda?
[DK] : Ya! Saya selalu mengunjungi blog orang yang berkomentar di halaman saya

[I] : Seberapa banyak pelanggan feed Anda?
[DK] : Sekitar 15 saja

[I] : Apa saja yang Anda lakukan untuk promosi blog?
[DK] : Blogwalking (yang jarang saya lakukan) dan kirim email ke teman.

[I] : Anda menerapkan SEO?
[DK] : Ya!

[I] : Apakah Anda memonetasi blog Anda?
[DK] : Beberapa waktu lalu memang ya! Tapi sekarang tidak. Iklan hanya mengganggu pembaca blog saya saja, namun saya tetap punya kemungkinan untuk memonetasi di suatu hari

[I] : Jika iya, jenis monetasi apa saja yang Anda ikuti?
[DK] : Dulu saya memakai adsensecamp dan kumpulblogger

[I] : Berapa lama sejak Anda memonetasi blog Anda, bisa menghasilkan?
[DK] :Hanya 2 minggu

[I] : Penghasilan pertama Anda?
[DK] :Rp.10.000 (haha)

[I] : Penghasilan rata-rata saat ini dari blog?
[DK] : Tidak ada

[I] : Apa kesalahan terbesar yang Anda lakukan selama ngeblog?
[DK] : Melakukan keyword stuffing, yaitu menyembunyikan sejumlah kata kunci dengan menseragamkan warna teks dan latar halaman untuk keperluan SEO. Ini menyebabkan Google memberi sandbox effect pada blog saya.

[I] : Jika Anda bisa memberikan nasehat untuk bloger yang baru memulai
kegiatan mereka, apa nasehat Anda?

[DK] : Tetap semangat untuk menulis! Dengan blogging, kita bisa menyuarakan apa yang kita rasakan dan ini merupakan bentuk kemajuan peradaban baru

8 thoughts on “David July Dot Blogspot Dot Com

  1. Terimakasih untuk reviewnya! Saya tidak menyangka bila ini akan diterbitkan hari ini juga. Tadi pagi, saya baru menerima email wawancaranya dan mengirim jawabannya sekitar pukul 11 siang. Sekarang artikelnya sudah mampang.

    Oh ya, kata “July” juga merupakan bgian dari nama belakang saya: David July Khoirul.

    Terimakasih!

  2. -Mbak Is,saya salut kepada sahabat saya arek Tuban ini,begitu gigih menyalurkan pikiran2nya dalam suatu blog,walau jempolnya mungkin kapalen karena mencet2 huruf di HPnya.Insya Allah kelak dia bisa menyusul mas Arswendo atau Cak Nun dengan menghasilkan ertikel yang sederhana,mudah dimengerti dengan bahasa yang tidak muluk namun isinya maknyus.

    -Salut juga kepada mbak Is yang kober-kobernya menyusun review.
    -Maju terus dengan artikel yang menarik dan bermanfaat ya mbak
    -salam

    1. Iya, saya juga ngebayanginnya begitu. Kalo hp-nya qwerty sih, mungkin agak lain, karena semua huruf ada. Tapi kalo harus pencet-pencet, apa nggak capek ya? Kalo saya pasti sehari baru bisa ngetik satu postingan. Trus, kapan blogwalkingnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge