21 thoughts on “Efektifkah Facebook Sebagai Sarana Promosi Blog?”

  1. Belum pernah mencoba untuk beriklan di Facebook. Tapi kalau melihat jumlah penggunjung dengan beragam latar belakang, lokasi, dan sebagainya. Seharusnya bisa facebook bisa menjadi sarana promosi.
    .-= mbak maya´s selesai [nulis] ..Logo Baru Telkom =-.

    Bukan iklan berbayar, lho maksud saya.

  2. Referal tertinggi wempi berasal dari networkedblog/facebook. mengakibatkan trafic tinggi, nyedot bandwith. anggaran buang-buang uang wempi nampaknya perlu disesuaikan lagi angka nominalnya untuk tahun depan… :mrgreen:

    supaya pengguna facebook bukan blogger berkunjung ke blog. biasanya tuh artikel wempi gantung dikit, hehe… sehingga membuat penasaran dan harap-harap mereka mengklik link full article.
    .-= Wempi´s selesai [nulis] ..Uang Kuno =-.

    Berarti buat Wempi efektif dong ya?

  3. Saya termasuk orang yang tidak menggunakan Facebook mba. pernah punya. males saja rasanya. lebih enak blog mba.

    Sama, saya juga lebih senang blogwalking, dari pada facebookan.

  4. Seperti yang pernah ditulis mas Wandi.. diantaranya use FB sangat sedikit yang juga blogger. Mungkin kemudahan FB yang membuat orang lebih “friendly” dengan FB dibanding blog. Gitu ngkali ya..

    Benar, diantara sekian ratus pengguna Facebook, hanya sedikit yang juga merangkap sebagai blogger.

  5. wah. mba ini memberikan tanggapan pada yang komentarnya “mungkin” bagus. he..he.., saya sih nggak masalah.

    saya belajar banyak dari tulisan anda. OKI itu, saya pasang alamat anda–feed di blog saya mba. nggak perlu ijin kan?

    Dengan senang hati, silahkan.

  6. Kadang2 saya share ke facebook… ada juga sih yg nge-klik 3-10 org… 😛

    Ttg efektif atau tidaknya tergantung, mgkn untuk blog yg punya konten menarik akan sangat efektif karena menunjang untuk traffik. Buat blog biasa aja macam blog saya ya hasilnya biasa aja, bisa disebut jauh dari efektif… 😛
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Angkat Topi Untuk Pengarang Buku =-.

    Sekali share 3 sampe 10 klik, kalo sehari lima kali share, lumayan juga tuh kliknya… Kan onlinenya lama toh? Jadi bisa share berkali-kali…

  7. Pernah mencoba, nyimpen link blog di fb. efeknya lumayan, banyak tamu yang mampir ke blog saya lewat fb.Berarti efektif2 menurut sayah mah 😆
    .-= maryam´s selesai [nulis] ..Padahal Tinggal Selangkah Lagi … =-.

    Kalo saya hanya sedikit referrer dari Facebook. Terimakasih Mbah Rahmah, mampir ke blog saya.

  8. saya sih setiap posting baru pasti saya tulis di status melalui link
    .-= wira´s selesai [nulis] ..Selamat Bekerja Pak Presiden =-.

    Kalo saya jarang melalui status, Bli.

  9. lumayan efektif jg ko, walaupun komntarnya malh di catatan facebooknya, tp kan link blog kita dicantumin juga.. jd orang tau alamt blog kita..
    .-= yosbeda´s selesai [nulis] ..Hayley paramore, titisan Dolores The Cranberries =-.

    Ok, dicatet…

  10. Saya jujur aja sampe sekarang belum daftar di facebook mbak. Belum tertarik soalnya. Belum butuh juga sih. Masih lebih suka ngeblog soalnya.
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..Kelebihan Blog Do Follow dari Sisi SEO =-.

    Meski sedikit, saya merasakan manfaatnya mempunyai akun facebook. Perlahan sekali, mereka mulai membaca dan memperhatikan tulisan saya. Meski jika dipersen nggak ada 1% pertambahannya dari waktu ke waktu.

    Untuk long term, bagus juga menurut saya berpromosi tentang blog kepada pengguna facebook. Karena cepat atau lambat mereka akan bosan dengan mainan yang itu-itu saja dan membutuhkan mainan baru. Kita akan dibutuhkan sebagai orang yang lebih dahulu tahu soal blog untuk memberikan pencerahan kepada mereka.

  11. Hmm.. ternyata mbak nunik butuh juga komentar di blog ya? :mrgreen:

    Kira-kira lebih suka mana mbak, seseorang yg menyukai tulisan mbak dg membacanya secara serius di feed reader tanpa berkomentar, atau seseorang yang “dipaksa” hadir utk berkomentar? 😆

    Yah seperti mbak nunik sendiri, saya pada dasarnya lebih suka komentar di facebook (di notes mbak) daripada di blog, karena saya rasa blog ini agak berat diakses. Berbeda dg di notes facebook.

    Menurut saya promosi di facebook kurang efektif bila kita melakukan promosi secara manual. Tapi lumayan bila dilakukan secara otomatis, menggunakan netwokblogs, atau layanan feed di facebook.

    Ya iyalah, Mas. Kan rumah utama tetep di Blog.

    Suka yang mana? Dua-duanya nggak ada masalah. Dibaca di feed juga baik. Saya sering melakukan hal itu sampe-sampe diprotes banyak orang karena berkali-kali mengunjungi blog saya dan berkomentar, tetapi tak juga mendapatkan kunjungan balik… Lebih suka lagi, tentu jika blog saya juga dikunjungi. Meski saya tidak pernah “memaksa” lho… Datang tak diundang, pulang tak diantar. 😉

    Berat beban blog ini, saya sendiri amat sangat gaptek dalam urusan teknis. Jadi, what can i do?

    Trimzzz ya…

  12. justru saya harus banyak berterima kasih kepada om Facebook. karena dari fitur ‘note’ itu. saya kembali berminat untuk menulis lagi (awalnya sering nulis yang aneh aneh, bukan diary picisan, pas SD dan SMP. sekalian juga iseng2 ngegambar komik).

    sekitar 4 bulan saya menulis di note yang frekuensinya 1-2 tulisan perminggu. jarang ada tulisan yg saya tag ke teman. seringnya sih tidak ditag.

    dari tulisan tulisan itu, saya menemukan teman teman yg cukup tertarik dengan yg saya tulis. meski teman teman itu sebenarnya teman masa sekolah, namun kurang begitu akrab.

    lalu ada teman yg nyaranin kenapa nggak bikin blog aja. setelah berpikir sedikit, ya akhirnya bikin juga.
    blog pun dibikin, dan saya menggunakan trik pancingan, tulisan baru saya dipajang di note FB cuma separo, trus kasih link ke blog untuk membaca lanjutannya.
    yah walau temen2 FB tetep komen di note dan gak komen di blog, tapi tulisan itu mendapat peringkat tertinggi.
    strategi yg lumayan berhasil.

    wadowh… nulis komentar udah kayak nulis buat blog aja, panjaaanng banget. hehehe. maaf kalo kepanjangan, udah terlanjur semangat nulis nih, termotivasi dengan tulisan oke dari mbak Nunik
    :mrgreen:
    .-= alisnaik´s selesai [nulis] ..Bahasa Indonesia dan burung garuda pancasila =-.

    Kehormatan besar dapat komentar panjang seperti dari jenengan ini…

  13. Menurut saya efektif juga, apalagi networkedblog bagus juga rank nya dimata oom gugel…
    .-= tukangpoto´s selesai [nulis] ..Tips memotret pengantin tradisional =-.

    Sayangnya, meski kita dapat link dofollow dari Facebook yang PRnya sudah 8 [mungkin], tetapi tidak akan berpengaruh pada PR kita karena Om Gugel tidak bisa mengindeksnya. Untuk mengakses Facebook, dibutuhkan login terlebih dahulu. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge