Guest Post: Blogger Menulis Di Blog Lain

guest-postSaya telah membaca beberapa artikel dari blogger luar, bahwa partnership atau hubungan sesama blogger yang paling bagus adalah melalui sebuah guest post; menulis postingan untuk blogger lain.

Selama ini Anda mungkin berpikir bahwa ‘content is the king’ sehingga untuk apa sebuah tulisan yang dengan susah payah sudah kita tulis, diberikan begitu saja kepada orang lain?

Di dunia perdagangan, orang juga percaya LOKASI. Sama-sama jualan bakso, yang satu dijual dengan gerobak, yang satu di kios sebuah pasar yang ramai dan strategis, apa akan sama hasilnya? Selain content, blogger juga perlu lokasi.

Dalam guest post, seorang blogger yang menawarkan blognya sebagai tempat mengupload tulisan blogger lain, memberikan beberapa keuntungan dari segi lokasi seperti link yang berkualitas dan trafik menuju blog penulis.

Tentu saja tulisan yang akan dimuat juga harus memenuhi syarat dan tidak hanya sekedar menawarkan beberapa link menuju blognya saja.

Buatlah tulisan yang berkualitas, sehingga orang yang membaca tulisan Anda secara otomatis berpikir untuk mengetahui tulisan Anda yang lainnya.

Guest blogging bisa Anda manfaatkan sebagai sebuah sarana untuk berpromosi. Mengenalkan kualitas tulisan Anda kepada pembaca blog lain, yang bisa menjadi pembaca loyal blog Anda juga.

Ya, tentu Anda bisa berpromosi dalam bentuk iklan, banner, bertukar link dan lain sebagainya, dan karenanya Anda bisa mendatangkan ribuan pengunjung ke blog Anda, tetapi percayalah, guest post lebih dahsyat dari itu semua. Karena orang datang menuju blog Anda setelah ‘membaca pikiran Anda’.

Bagaimana Cara Menulis Guest Post?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan blog mana yang akan Anda target sebagai tempat untuk guest post.

Pertimbangkan untuk memilih blog yang sudah memiliki pembaca loyal yang stabil dan statistik yang cukup bagus. Karena blog tersebut akan memberikan keuntungan dari segi ‘lokasi’ bagi ‘content’ yang Anda berikan.

Pelajari bagaimana cara pemilik blog menulis postingan secara reguler: topik apa yang diangkat, bagaimana caranya menulis dan lainnya.

Tulislah sesuai dengan topik yang dimiliki blogger tersebut. Jangan lupa untuk memberikan link kepada beberapa tulisan lama blogger tersebut yang sesuai dengan topik yang Anda tulis. Memberikan link menuju blog Anda jika sesuai dan berguna untuk pembaca tentu diperbolehkan, tetapi jangan ‘dimanfaatkan’ semata-mata mencari backlink sebanyak-banyaknya. Pemilik blog biasanya menolak hal tersebut.

Jangan lupa menambahkan gambar yang dibutuhkan ke dalam tulisan Anda.

Daftarkan Tulisan Anda

Kirimkan tulisan Anda melalui email kepada pemilik blog yang Anda target. Bahkan jika mereka tidak menawarkan kepada blogger lain untuk menjadi Guest Blogger sekalipun, tidak ada salahnya Anda coba.

Toh, tidak ada ruginya Anda menulis, skenario terburuk yang Anda dapatkan, jika semuanya menolak, Anda masih bisa tetap mempublish tulisan di blog Anda sendiri.

Tetap Promosikan Tulisan Anda

Meskipun Anda telah mentargetkan tulisan Anda muncul di blog yang ‘lebih besar’ dan memiliki pembaca yang setia, tentu akan semakin banyak yang ingin mengetahui siapa Anda dan tulisan-tulisan Anda yang lain jika Anda juga melakukan promosi seperti melalui email atau shoutbox di blog lain.

Jawab Komentar

Pemilik blog biasanya akan memberikan kesempatan kepada penulis untuk menjawab komentar yang masuk. Karena itu tulisan Anda, jawablah semua komentar yang diberikan kepada Anda.

Tertarik menjadi Guest Blogger? Saya ingin Anda menulis di blog ini.

—————————————————————
Posting Terkait:
1. Posting Blog: Seperti apa sih postingan blog yang baik?
2. Tujuan Ngeblog: Apa yang telah Anda tetapkan sebagai tujuan Anda dalam ngeblog?
3. Etika Menulis: Batasan apa yang diperbolehkan dan dilarang dalam menulis blog?
4. Mengenal Objek Wisata di Pandeglang, Banten: Apa saja objek wisata di Pandeglang yang Anda tahu?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

20 thoughts on “Guest Post: Blogger Menulis Di Blog Lain”

  1. Saya sudah beberapa kali masuk ke blog ebo itu tapi kok komentar saya nggak bisa di send tho ya. Ini saya alami ketika post comment di blog-2 berbasis blogspot je. Tahu kenapa mbak ?

    Tulisan sbg blogger tamu sudah saya baca tadi, tapi yaitu nggak bisa snd comment.

    Salam hangat dari Surabaya

    Memang agak susah buka Blogspot akhir2 ini Pakdhe, berat.

  2. Wah seru nih, aku perlu belajar nulis lebih jauh lagi. Seperti GusKar sudah memulai beberapa artikel bikinan Alia Makki, memang Alia penulis yang kreatif.. Ok, deh ntar klo aku dah mampu, aku mau nitip artikel disini.. agree?

    Dengan senang hati 😉

  3. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuullllllllllllllllllllll
    .-= KangBoed´s selesai [nulis] ..Renungan Ramadhan : Tipuan Dunia =-.

    Love u too.

  4. hihihihi.. sapa yaaa yang mau terima tulisan acakadut kaya saya.. mendingan saya yang ditulisin saja hehehe
    .-= KangBoed´s selesai [nulis] ..Gempa Yogyakarta =-.

    Bener nih? KangBoed mau ditulisin?

  5. Wah seru nih, aku perlu belajar nulis lebih jauh lagi. Seperti GusKar sudah memulai beberapa artikel bikinan Alia Makki, memang Alia penulis yang kreatif.. Ok, deh ntar klo aku dah mampu, aku mau nitip artikel disini.. agree?…

  6. Sebenarnya bagus banget seperti itu. Bisa saling menguntungkan antara pemilik blog dan guest bloggernya. Tapi, yang jadi masalah, banyak blog yang blum terbuka untuk umum. Termasuk blog saya juga. Hehe!
    .-= pushandaka´s selesai [nulis] ..Hukum Kita, Racun Dunia.. =-.

    Blog saya terbuka nih, ayo silahkan kalo mau.

  7. Ide yg bagus,,,
    Tapi terkadang mLes juga naruh tulisan kita di blog lain dan bLm banyak blog yg mau menerima untuk umum.. 😥
    .-= Hanster´s selesai [nulis] ..Logo Hari Besar Google yang Ditolak =-.

    Di sini diterima dengan dua tangan terbuka kok.

  8. Hmm… ide yang sangat menarik…
    Dan dulu saya sudah pernah melakukannya sih… tapi di BLOG yang mengupas soal daerah kami…
    Lebih menarik karena pengunjung BLOG itu adalah anak – anak satu daerah, jadi bisa berbagi pandangan soal daerah…
    Moga aja para Pejabat di PEMDA sini suka nge-blog… kali aja bisa sampai ke sana… he he he…

    Kalo saya menerima tema blogging 😉

  9. blog saya sdh beberapa bulan lalu membuka diri untuk artikel tamu, saya jadualkan setiap kamis. sejauh ini tanggapan dari pembaca saya bagus..krn tulisan yg disajikan cukup menarik.

    Kalo saya sebenarnya yang susah bukan menulis, stok saya bisa dibilang cukup, tetapi waktu yang sangat minim dalam mengelola blog akhir-akhir ini…

  10. Ok deh Nun … lain waktu aq jadi guest blogger-mu. Lagi kupelajari ke mana arah tulisanmu. Sebelumnya aq pernah nulis di rmh yg kutumpangi (mas GusKar)

    ditunggu, ditunggu.

  11. ada seorang blogger yang justru menawarkan menjadi guest post. bagaimana cara kerjanya ya? apa kita membayar dia karena telah menyumbang tulisan? atau imbalannya hanya dia ingin mempromosikan blognya sendiri?

    tolong dibalas ya, thanks 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge