Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Blog Tutorial

Ingin membuat blog tutorial? Kalau begitu saya ucapkan selamat kepada Anda yang tergerak hatinya untuk membangun blog tutorial. Kenapa? Karena membangun blog tutorial sangatlah mulia, disamping kita menyalurkan hobi menulis, kita juga bisa membagikan ilmu pengetahuan kepada orang banyak. Jangankan membangun blog tutorial, membuat artikel saja tidak semua orang mau melakukannya. Apalagi jika hati kita tergerak untuk membangun blog tutorial, maka Anda adalah orang terpilih.

Untuk membangun blog tutorial, niat saja tidak cukup. Bukan berarti itu tidak penting, niat itu penting akan tetapi selain niat ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan sebelum mengambil langkah untuk terjun didunia blogging. Jika kita tidak siap, maka nantinya cepat atau lambat kita akan tergolong kedalam kelompok blogger Muntaber yaitu MUNdur TAnpa BERita.

Baiklah, disini saya akan berbagi pengalaman kepada Anda tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membangun blog tutorial. Sebelumnya kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu arti dari istilah “Tutorial“. Tutorial adalah sebuah panduan, bimbingan, pelatihan, arahan, motivasi dari seorang tutor kepada siswa ataupun mahasiswa. Jadi, jika Anda ingin membagun blog tutorial berarti Andalah gurunya.

Setelah kita mengerti apa itu arti dari istilah tutorial, selanjutnya kita akan mempersiapkan hal-hal lainnya yang lebih lanjut. Adapun persiapan sebelum membangun blog tutorial adalah:

  • Tentukan Niche
    Ketika kita ingin melakukan pemeriksaan kesehatan mata, maka kita cendrung memilih dokter spesialis ketimbang dokter umum dalam memberikan pelayanan kesehatan. Mengapa? Karena kita bisa menjamin informasi yang akan kita dapatkan mengenai kesehatan mata lebih akurat sebab disampaikan langsung oleh orang yang telah ahli dibidang tersebut. Begitupun dengan membangun blog tutorial. Tentukan niche yang ingin kita ambil di dalam membangun blog tutorial, jangan dicampur dengan artikel lain dengan topik yang berbeda. Karena blog tutorial adalah blog ilmu pengetahuan, pengunjung lebih memilih blog niche ketimbang blog campur.
  • Tentukan Alamat Blog
    Setelah kita menentukan niche apa yang ingin kita gunakan di dalam konten blog kita nantinya, selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah menentukan alamat blog. Tips untuk menetukan alamat blog adalah gunakan nama yang mudah diingat dan usahakan yang sesuai dengan konten kita. Jangan gunakan nama yang sulit dibaca terlebih lagi jika dikombinasikan antara huruf dan angka (4L4Y) itu sangat tidak disarankan.
  • TLD atau Gratisan?
    Top Level Domain atau domain gratisan adalah dua buah pilihan yang harus kita pilih satu diantaranya. Tidak sedikit blogger yang memilih untuk menggunakan domain gratisan dengan berbagai alasan diantaranya tidak memerlukan biaya untuk menggunakan domain, tidak perlu memikirkan kontrak hosting, dan juga unlimited bandwith. Namun jika Anda ingin terkesan profesional dan berkelas, TLD adalah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan TLD Anda akan terpancing untuk serius didalam mengelola blog. Trust me..! Biaya yang dikeluarkan tidak begitu merogoh kocek, bahkan banyak pelajar yang mengelola blog dengan TLD.
  • Periksa Kembali Diri Anda
    Menentukan niche, sudah… Memilih alamat, sudah… Menentukan domain juga sudah… Yang terakhir adalah periksa kembali diri Anda sebelum benar-benar terjun ke dunia blogging tutorial. Sekali lagi saya tekankan, membangun blog tutorial tidaklah mudah, kecuali itu adalah hobi anda. Jika Anda adalah “orang baru” yang ingin terjun kedunia blogging, maka persiapkan secara matang baik secara ilmu maupun komitmen.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membangun blog tutorial. Di luar dari point di atas, blog tutorial adalah panduan yang membahas secara detail mengenai suatu pembahasan. Untuk itu persiapkan pula alat yang diperlukan seperti jika Anda ingin membahas tentang aplikasi komputer, maka alat yang diperlukan adalah aplikasi screenshot untuk merekam step by step yang akan dimuat ke dalam blog tutorial Anda. Jika Anda membahas tentang tutorial bongkar rakit komputer dan alat elektronik lainnya, maka kamera adalah alat yang harus Anda gunakan untuk mengambil gambar step by step.

Mari kita tingkatkan ilmu pengetahuan untuk masyarakat di Indonesia dengan membangun blog tutorial. Ilmu tidak akan pernah habis jika kita bagi kepada orang lain untuk itu manfaatkan ilmu yang kita miliki sebaik-baiknya.

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu RahmanBatopie, M.gs, pemilik blog Photoshopdesain.com. icon wink Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

22 thoughts on “Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Blog Tutorial

  1. Blogger muntaber :))))
    Aku gak sanggup kayanya mak jadi blogger tutorial…astaga jimboo, satu postigan itu kerjanya banyak bangeettt. salut dan terima kasih sebanyak-banyaknya buat yang fokus sama blog tutorialnya, benar-benar mencerdaskan anak bangsa… lanjutkan! :”)

  2. sebenernya tergantung pada masing2 blogger, kalo emang udah pasion memilih blog tutorial apapun kendalanya tetep jalan mulus kayak jalan tol. Btw tengkyu dengan reminder artikel di atasnya ya mba 🙂

  3. Memang, blog tutorial akan menuntun utk mendapatkan informasi secara detail tentang solusi dan tips yg bisa bermanfaat bagi para pencari informasi. Blog yg begini seharusnya perlu di perbanyak utk membantu memberikan solusi bagi para pembacanya.

    Terima kasih
    hyden selesai posting Blogger Sukses Butuh Mental Kuat

  4. yang perlu di cermati dalam membangun sebuah blog tutorial adalah, konten dari tutorial haruslah di uji coba terlebih dahulu sebelum di share ke public.

    saya sendiri sedang membangun web/blog jenis ini, dan tantangannya tidak hanya dituntut membuat konten yang menarik atau yang ramai dibicarakan, tapi juga bagaimana menyampaikan isi dari tutorial agar bisa benar-benar diterima oleh publik (dengan tulisan yang mudah dipahami)

    Salam kenal

  5. bagi blogger tutorial saya sarankan pakai tambahan video, banyak blogger pemula yang kadang masih kurang faham dengan konten tutorial khusnya blogging. di Indo saya liat-liat masih sangat sedikit blogger yang menyertakan video tutorial di blognya, padahal itu sangat membantu sekali (sekedar masukan).
    Abi Denizar selesai posting Agama dan Media: Relasi dan Mutualisme

  6. Sering googling tutorial karena aku bodo tp pengin bisa ngoprek blog sendiri. Sayang, untuk tutorial blog banyak yg copasan, susah cari yg orisinil di page 1, kudu klik smp bbrp halaman.
    Mohon disampaikan ke mak Is, blog ini kok nggak bisa sy masukkan ke blog list ya?

  7. Terkadang membuat blog tutorial itu tidak mudah, bagaimana caranya untuk menyampaikan metode atau pejelasan dengan cara yang sistematis, kelengkapan gambar step by step juga sangat membantu untuk membuat blog tutorial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge