Hari Gini Masih Ada Yang Nggak Tahu Blog?

Dahulu, awal-awal tahun 2005 saya mulai mengenal blog. Setiap kali mengetikkan sesuatu di mesin pencari, muncul website-website yang ketika saya klik, isinya adalah cerita pribadi pemiliknya. Saya akhirnya menyadari, bahwa pemilik website tidak hanya sebuah perusahaan (dengan banyak karyawan dan dana besar), tetapi bisa dimiliki juga oleh perorangan.

Dengan rasa penasaran yang besar, bagaimana caranya seorang “manusia biasa” *hayyah* bisa memiliki website, saya terus mencari dan mencari jawabannya. Kan, saya pengen juga majang foto-foto narsis dan bisa dikomentari teman-teman. Saya pengen setiap jalan ke mana, makan apa, sama siapa, semua orang bisa tau… Pada akhirnya, saya tau bahwa website-website pribadi itu namanya blog, dan bisa dimiliki secara gratis!

Dari hasil membaca sana sini, akhirnya saya berhasil punya juga sebuah blog gratisan. Meskipun setelah itu jadi bingung sendiri, mau ditulisi apa ya? 😆

Proses yang panjang, akhirnya lancar juga menulis satu demi satu pengalaman yang tertuang di blog Murni Curhatannya Isnuansa ini. Dan dengan bangga juga menyebut diri sendiri seorang blogger. Pemilik Blog.

Kini, blog sudah bukan barang yang aneh lagi. Jumlah blogger yang mencapai 4 juta (Sumber: Pak Nukman di acara Blogilicious Jakarta) menunjukkan angka yang cukup tinggi, mengingat pengakses internet di Indonesia juga masih terbatas.

Yang saya geram, sampai saat ini masih banyak juga yang nggak tahu blog itu mahluk apa. Karena ada saja email-email yang masuk via kontak saya yang sangat menggelikan.

Bisa pesan yang ukuran 38? Kalau beli 4 harganya jadi berapa ya?

Ini pasti habis membaca tulisan saya tentang sendal Joger. Untung nggak pernah curcol tentang Bra, jangan-jangan itu ketuker sama ukuran… *PLAAAKK*

Lebaran besok masih melayani untuk ke Pulau Tidung?

Saya dipikir adalah agen tour and travel, padahal hanya berbagi pengalaman saja ke Pulau Tidung.

Blog itu tempat berbagi informasi, tapi bukan berarti si blogger itu tahu semuanya. Jangan sampai menuduh mengira blogger itu juga otomatis menjual dan menyediakan barang dan jasa yang ditulisnya. 😆 Mungkin juga pertanyaan-pertanyaan aneh itu muncul karena kebiasaan kita (ya, kita semua para pencari di search engine) yang hanya scanning, bukan reading informasi.

Teman-teman pernah punya pengalaman juga dengan orang yang nggak ngerti apa itu blog, padahal dia adalah pengakses internet?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

49 thoughts on “Hari Gini Masih Ada Yang Nggak Tahu Blog?”

    1. Tadi sempat mensyenan sama Mas @fanabis, kemungkinan pengaksess internet yang nggak ngerti blog adalah pengakses via hp [murah yang makin terjangkau]. Biasanya mereka baru tau internet itu sekedar facebook saja.

  1. mungkin masih “pemula” dalam menggunakan internet, jdi belum paham bedanya blog ama website. kalo saya sih pernah tentang sepeda onthel, ada yang pesan, tapi saya bingung nyarinya.

  2. wah, pengalaman saya parah banget mbak, mungkin semarang orang orangnya lebih tidak mudengan lagi ya apa? saat primbon saya ini masih ada halaman kontak dan berisi nomor telepon barangkali ada pembaca yang mau beriklan, ehhhh…. bentar bentar ada yang telpon, pagi pak telkomsel?, pagi pak, indosat? pagi pak, cipaganti travel? pagi pak, bank bri syariah….. hadeh hadeh….. sehari bisa 5 kali…. ya sudah aku delete saja halaman kontak… 😀

  3. Bisa pesen es cendolnya 4 mbak?
    Oh..ya, sekalian dicantumin ya no.hapenya si Harry Potter, kyakakak… 😆
    Iya juga sih, banyak yang masih belum paham bener apa itu Blog 😀

  4. Kawan kawan di sekitar saya juga banyak yang nggak ngerti apa itu blog. Alhamdulillah setelah saya beri pengertian sederhana, mereka bisa memahami. Repotnya ya kalau ketemu orang yg nggak ngerti blog, tapi mendefinisikan seenaknya tentang seputar blog, hehe..

  5. Ngakak baca yang ini “Bisa pesan yang ukuran 38? Kalau beli 4 harganya jadi berapa ya?” haduh ada2 aja… ya mungkin pemahaman mereka tentang internet dan perbedaan anatara blog dengan website perusatahaan/e-commerce masih minim, mereka taunya apapun bisa dicari dengan internet, dengan internet dunia menjadi lebih dekat nah nyasar deh ngengan pesan sandal wakakakakaka……!!! :))

  6. Saya lebih aneh lagi, sering browsing di warnet sejak tujuh ataoa delapan tahun lalu, dan sering lihat buku berjudul “blog” di toko buku empat atau lima tahun lalu, namun baru mengenal blog dan bikin blog tahun 2009, itupun secara kebetulan.

  7. Saya ngeblog sejak 2002, dulu banyak orang tak tau blog…
    Awal mula dulu namanya juga bukan blog tapi web log, sebuah catatan yg kerap dipake para programmer IT untuk menyusun dokumentasi kerjaannya.
    Tapi seiring perkembangan jaman, dari “web log” menjadi “weblog” lalu diserobot oleh produsen jadilah “blog” dan sebutan pengisinya adalah “blogger”

  8. Tampaknya mirip sama saya mbak, saya ngomentari dan ngebahas sebuah produk malah banyak yang ngirim email dan telpon buat pesen produk tersebut. Geli dan bingung…hehehe

  9. memprihatinkan mba, banyak pengakses internet yang gak paham soal blog, rata2 tdk mau cari tahu, wah rugi bener netter gak ngeblog ya 😀

  10. biasanya yang seperti itu yang masih pemula jadi belum betul-betul paham dunia perinternetan… 🙂 jadi biarkan saja dia belajar dengan sendirinya… 😀

  11. Pernah mba, aku iseng nulis soal Seripik Kingkong oleh2 temen kantor, lgsg deh ada yg nanya berapaan 😆 pasti fast reading dan ga ngeh isi postingannya apa kan? 🙁

  12. wah, saya kenal blog sejak taun 2006 tapi baru mau ngeblog tahun 2009, hehee
    sampai saat ini sih belum punya pengalama menarik seperti yg mba alamin.. 😀

  13. Pernah mbak
    Jadi suatu malam teman saya sms, dia tanya gimana cara buat blog. Aku kasih tahu. Dan dia bilang “iya” dan “oke-oke” saja. Juga aku kasih tau alamat blogku, dia juga sudah melihatnya.
    Setelah lama ngobrol via sms dan bikin janji ke warnet dia sms lagi “Blog bisa dipake cari pacar nggak? Kayak facebook gitu.”

    Langsung deh gubrak, ternyata… :))

  14. hehehe..kalo dapat email seperti itu, saya belum pernah mbak.
    tapi, kalo saya sih akan jawab
    “jaka sembung bawa golok,…”
    lanjutannya tebak aja sendiri..hehehe

  15. Di kantor saya banyak mbak, bahkan pernah ikutan pelatihan saja masih sering tanya, gak ngerti apa itu blog dan caranya ngeblog, padahal main FB fasih sekali. Bahkan bikin emali aja masih suka bingung, padahal orangnya masih tergolong muda2.

    1. Facebook memang sepertinya lebih user friendly daripada ngeblog. Kalopun tahu yang namanya blog, banyak juga yang masih malas jadi pelaku [blogger] karena nggak tahu apa yang harus mereka tulis. 🙂

  16. yang lucu dulu tahun 2002 teman saya engga tahu apa itu internet. dia pikir sejenis komputer 😆 …. saya juga baru tahu blog dari angelina sondah yang katanya (katanya loh) merupakan selebriti indonesia yang pertama memiliki blog (CMIIW) itu sekitar tahun 2004 dulu deh … baru kepikiran ngeblog tahun 2009 😆 ternyata asik juga …

      1. TQ atas reply-nya. Maaf kalo saya terlalu tendensius. Tapi saya bisa jelaskan maksud komen saya di atas, yaitu Artikel ini terlalu Blogger Oriented. Hanya dari sudut pandang Bloger. Hidup itu bukan cuman Blog. Banyak urusan laen yg lebih penting. Sederhanya-nya Blog itu cuman “sunnah” bukan “Wajib”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge