Hiatus Dan Alasannya

Hiatus adalah A temporary pause in such activities as blogging or column writing.

Blogging adalah Authoring a blog, maintaining a blog or adding an article to an existing blog is called “blogging”.

[Menurut Wikipedia]

Hiatus bisa disimpulkan dalam rentang waktu tertentu, berhenti sejenak dari segala kegiatan ngeblog, seperti membuat postingan baru, blogwalking dan memelihara blognya.

Saya sengaja melakukan blogwalking dan membaca beberapa alasan yang dikemukakan oleh blogger di blognya masing-masing ketika akan melakukan hiatus, dan saya rangkumkan diantaranya alasan hiatus adalah:

1. Bosan.

Kebosanan yang dihadapi blogger, pada umumnya karena melakukan rutinitas yang itu-itu saja. Mereka ingin sejenak melakukan kegiatan yang berbeda dari biasanya. Hiatus!

Ada juga yang bosan dengan penampilan lay out atau template blognya, dan sudah mencoba beberapa kali mengganti tetap saja belum puas. Sudah terlanjur capek, dia mencoba untuk liburan sesaat.

2. Males Nulis.

Yang ini karena kehabisan ide, atau memang sedang tidak memiliki bahan postingan, stok tulisannya sudah mulai habis. Mending hiatus saja deh, cari ide di tempat lain dulu.

3. Koneksi Lambat.

Daripada terjebak dalam situasi stress gara-gara menunggu koneksi lancar kembali, lebih baik memang berhenti sementara waktu dari aktifitas ngeblog.

4. Bermasalah Dengan Hosting.

Misalnya tiba-tiba passwordnya nggak bisa dipakai, atau servernya mengalami down [tau kan, yang ini contohnya siapa?]. Ini disebut: terpaksa hiatus!

5. Urusan Hati.

Yang ini biasanya terjadi pada seorang blogger muda yang moody. Ketika patah hati, ketika hubungannya dengan pasangan bermasalah, mereka memilih mengurung diri di dalam kamar, merutuki nasip buruknya, hiatus, daripada melanjutkan aktifitas positif seperti ngeblog.

6. Banyak Kerjaan.

Ada alasan yang lebih ampuh lagi nggak, daripada pekerjaan di dunia nyata yang lebih membutuhkan perhatian kita sehingga aktifitas blogging terpaksa ditunda dulu selama beberapa waktu?

7. Ke Luar Kota.

Bisa jadi karena urusan kerjaan, atau memang sedang melakukan liburan, yang tidak ingin terganggu dengan aktifitas dunia maya.

8. Sakit.

Ooowwhh… Kasihan sekali jika kita sampai terbaring di rumah sakit, atau harus istirahat beberapa hari di rumah dan dianjurkan oleh dokter agar beristirahat penuh dari segala macam kegiatan.

Bahkan, kadang sakit kepala ringan atau demam saja juga sudah bisa mengurangi minat kita untuk blogging dan memilih untuk hiatus selama beberapa saat.

9. Tugas Sekolah / Kuliah.

Beberapa teman blogger saya terpaksa hiatus karena mengejar waktu menyelesaikan skripsinya. Sampai sekarang, ada yang belum selesai juga, dan blognya sudah hampir setahun terbengkelai karena hiatus!

Nieke, Nilla, Cempluk, ayo siapa lagi nyusul?

10. Bokek.

Buat yang ngeblognya masih harus melalui warnet, kadangkala harus terkendala dengan besar kecilnya dana yang kita miliki untuk bisa terhubung dengan blognya.

Meskipun keinginan untuk ngeblog lumayan tinggi, jika keuangan tidak mendukung, terpaksa deh, harus hiatus juga.

Anda yang pernah atau sedang merencanakan untuk hiatus, yang manakah alasan Anda?

—————————————————————–
Posting Terkait:
1. Guru Blogger: Memangnya Anda siapa? Mengajari blogger lain tentang apa yang ’harus dilakukan’ dan apa yang ’tidak boleh dilakukan’?
2. Sumber Ide Tulisan: Tenang. Ada 5 sumber yang bisa Anda andalkan untuk memperoleh ide segar menghasilkan tulisan blog Anda.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

20 thoughts on “Hiatus Dan Alasannya”

  1. Saya belum ada rencana untuk haitus, masih seneng nulis. Ini mau ikutan lomba menulis di Pesta Blogger 2009. Ikutan yuk mbak.

    Lha mbak Nunik kemarin nggak menongol lama gitu apa alasannya ? Nggak ngerti nek dikangeni yo mbak.
    Selamat datang lagi ya mbak.

    Salam kangen dari Surabaya
    .-= Abdul Cholik´s selesai [nulis] ..Tip enteng : Alexa dan Backlink Checker =-.

    PakDhe kangen ya? Saya sakit…

    Salam kangen juga dari Jakarta.

  2. Dan satu lagi, skripsi gak bikin saya hiatus. Wahahahaha. . .
    .-= http://www.davidjuly.co.tv´s selesai [nulis] ..Ramadhan Day 3 =-.

    Yang penting dua-duanya jalan bareng. Kalo skripsinya jadi tertunda gara-gara keasyikan ngeblog, ya perlu untuk hiatus…

  3. Oh abis sakit.. syukurlah dah bisa tampil lg. Ayo semangat jangan kalah sama pakdhe Cholik.. juga tugas utama jangan sampai lengah bisa ketinggalan bus non… SEMANGAT..!!
    .-= Vyan RH´s selesai [nulis] ..Seberapa cepatkah akses Internet anda? =-.

    Iya nih, habis sakit. Kerjaan sih nggak terlalu banyak. Makasih ya, sempat mampir ke blog saya meski nggak ada tuan rumahnya…

  4. alasan no. 6 sempat buat saya hiatus kemaren… 😆
    .-= frozzy´s selesai [nulis] ..PERTARUNGAN =-.

    Saya juga sering begitu. Tapi meski hiatus, saya tetep punya postingan terjadwal, jadi pembaca nggak kecele kalo maen-maen ke sini, karena postingan fresh tetep muncul walopun saya nggak ada. 😉

  5. Kalo saya mbak nunik, hiatus pas pulang kampung. jauh dari warnet, gak bisa online deh. lagian, dinda bestari bawaannya bete kalo tak ajak oline bareng. katanya eman-eman, lama gak ketemu kok dicuekin buat online. begitu mbak… He.he.

    Salam,

    Kojeng
    .-= kolojengking´s selesai [nulis] ..Dari Miss Universe, hingga pengemis. =-.

    Iyalah, lebih penting dindanya, doong…

  6. saya sempat mengalami hiatus ini mbak…
    gara-gara information overloaded…
    gara-gara setting mindset yang awalnya belajar blogging biar tahu dunia “bisnis online”…
    sudah 4 bulan ngeblog penghasilan tak kunjung datang… Selama masa hiatus, saya jadi rajin sholat malam… biar dikasih petunjuk sama Yang Maha Kuasa… Sekarang ini saya sudah mulai bisa menikmati yang namanya blogging…
    Suatu saat kalau saya terus berjalan pasti ketemu tentang bagaimana caranya berbisnis online…
    Terima kasih udah posting tentang Hiatus ini mbak…
    Saya pikir cuma saya yang pernah mengalami hiatus…
    🙂
    .-= hafiid´s selesai [nulis] ..Plugin untuk SEO dan People Optimization =-.

    Kebanyakan pengetahuan juga bisa bikin pusing ternyata ya? Baguslah kalo sudah bisa ngerti bahwa bisnis online tidak bisa dikerjakan dalam waktu instan.

  7. haddiirr mbak….

    sementara belum sampai taraf itu mbak… karena sejujurnya ngeblog banyak memberi hal positif utk saya… minimal utk killing time 🙂
    hehehe…

    cu…
    .-= perigitua´s selesai [nulis] ..Faza dalam Sayembara =-.

    Ngeblog adalah hobi yang positif kok. daripada kelayapan nggak jelas, mending bunuh waktu dengan ngeblog, ya nggak?

  8. saya sih hiatus nggak cuman ramadhan ini mengurangi jatah online.
    tisak seperti biasanya..

    Ramadhan nggak ramadhan tetep onlen kan Oom? Meski jatahnya sudah mulai dikurangi ya?

  9. saya biasanya point 3,6 mempengaruhi :mrgreen: :mrgreen:

    Gabungan antara koneksi lambat dan banyak kerjaan memang alasan yang paling masuk akal untuk hiatus.

  10. selamat pagi

    karena saya masih newbie, belom ada rencana buat hiatus.
    tapi akhir akhir ini ada firasat akan hiatus, entah kapan ??
    semoga hanya firasat

    terima kasih dan mohon maaf 😮
    .-= alisnaik´s selesai [nulis] ..sebuah foto jaman dahulu kala =-.

    Jangan dulu. 10 tahun lagi aja… 😆

  11. yang ada saya hiatus dari ngerjain skripsi mbak gara2 blog, hee … tp klo ada kerjaan yg gak bisa ditunda y kadang hiatus juga sih, tp alhamdulillah akan selalu balik lg, klo dah ada temen lingkaran setan dah susah lepas euy
    .-= KutuBacaBuku´s selesai [nulis] ..Hidupku Terasa Sesak … =-.

    Jangan atuh, kalo hiatus dari skripsi…

  12. ngga niat hiatus. tapi hiatus yang sering datangi saya. 🙂
    .-= dymas´s selesai [nulis] ..Mengapa anda harus hidup senang? =-.

    Itu sih, sama aja… Hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge